6 Aplikasi Online Pengolah Grafis yang Praktis Digunakan

Des 15, 2020

Di era digital seperti sekarang, penyampaian pesan melalui wujud visual menjadi sangat dibutuhkan. Perkembangan zaman membuat manusia lebih menyukai informasi yang mudah diterjemahkan, seperti gambar atau video. Oleh karena itulah, istilah grafis semakin akrab di mata masyarakat. Sebenarnya, apa sih grafis itu?

Grafis: Sebuah cara memvisualisasikan pesan

Grafis adalah segala cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada banyak orang. Jenis – jenis grafis meliputi foto, gambar/drawing, line art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Tak jarang, grafis juga diwujudkan dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi, dan warna.

Ingin Merekam Layar untuk Kebutuhan Pembelajaran? Berikut 7 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Terbaik
Aplikasi perekam layar pada smartphone memudahkan Anda untuk merekam gambar atau video dengan hasil layar dan suara berkualitas HD. Aplikasi ini bisa menyimpan apa saja, mulai dari membuat video tutorial pada smartphone, menyimpan aktivitas video call serta memberikan materi pelajaran kepada murid.

Sedangkan desain grafis berarti merancang / membuat sebuah grafis. Desain grafis bermanfaat untuk mempercepat proses pekerjaan dengan cara menyajikan suatu pekerjaan dalam bentuk grafis sehingga mudah dimengerti oleh orang lain. Untuk mengolah grafis, anda butuh aplikasi-aplikasi pengolah grafis. Terutama bagi anda yang seorang pemula, sangat perlu untuk mengetahui aplikasi – aplikasi pengolah grafis yang praktis digunakan.

Berikut 6 aplikasi online pengolah grafis yang praktis digunakan:

1.      Canva

Jika anda ingin membuat sebuah desain yang menarik tetapi minim pengetahuan editing, anda dapat memilih Canva sebagai solusi. Pada pembahasan aplikasi online pengolah grafis yang praktis digunakan kali ini, Canva menjadi salah satu yang kini menjadi primadona bagi pemula untuk menuangkan kreativitasnya dalam sebuah desain. Hal ini dikarenakan Canva sangat mudah digunakan untuk pemula dan dapat diakses melalui perangkat desktop maupun mobile.

Canva mampu memfasilitasi pengolahan grafis untuk banyak tujuan, seperti membuat logo, poster, feature image blog, infografik, newsletter, konten media sosial, thumbnail YouTube, desain kemasan produk, invoice, hingga banner iklan. Walaupun Canva memiliki fitur gratis dan pro atau berbayar, tetapi anda masih sangat bisa untuk membuat desain yang menarik dengan fitur gratis-nya. Hal ini dikarenakan Canva menyediakan ribuan template untuk versi gratis.

Canva memungkinkan penggunanya unuk menyimpan rancangan desain mereka. Fitur ini tentu sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki format konten yang sering dipakai, karena anda hanya perlu mengubah suatu desain seperlunya ketika dibutuhkan lagi. Untuk versi gratis, Canva menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 1 gigabyte. Untuk versi premium, Canva menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 100 gigabyte.

Anda perlu membuat akun terlebih dahulu jika ingin menggunakan Canva. Caranya yaitu dengan klik tombol ‘sign up’ yang ada di sebelah kiri atau pojok kanan atas layar. Atau anda juga dapat mendaftar dengan akun Google, Facebook, atau alamat e-mail.

2.      PicsArt

PicsArt merupakan aplikasi online pengolah grafis yang praktis digunakan karena memuat berbagai fitur lengkap dari hasil kombinasi beberapa aplikasi pengolah foto sebelumnya. Hal ini menjadi alasan mengapa PicsArt hanya butuh waktu yang singkat untuk digemari masyarakat yang hobi mengolah gambar. Dengan demikian, PicsArt menjadi aplikasi dengan fitur paling lengkap.

PicsArt memiliki banyak sekali fitur fotografi dengan tampilan antarmuka yang mudah digunakan, di antaranya yaitu: filter, collage, frame, stickers, efek tulisan, grafik clipart, crop, rotate, adjust color, dan efek – efek artistik lainnya. Hasil olahan grafis pada PicsArt dapat diupload ke berbagai layanan yaitu Tumblr, Blogger, Facebook wall, Flickr, Picasa, Dropbox, FourSquare, Wordpress, atau mengirim melalui e-mail dan SMS.

Tak hanya itu, PicsArt juga menyediakan layanan photo sharingsendiri. Yang membuat anda harus bersabar adalah pada aplikasi ini terdapat iklan. Untuk menghapus iklan tersebut, pengguna bisa membeli item Ad Remover di menu Shop yang dijual seharga 100 koin atau senilai $4,99.

3.      Gravit Designer

Aplikasi pengolah grafis online ketiga yang mudah digunakan yaitu Gravit Designer. Gravit designer merupakan aplikasi atau software untuk membuat gambar atau ilustrasi berbasis vektor. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur menarik yang mampu mempermudah seorang desainer untuk mengolah grafis yang dibuatnya.

Gravit designer memiliki beberapa fitur unggulan, yaitu ilustratsi vektor yang memukau, tampilan web dan aplikasi dengan banyak template, preset media sosial, hingga editing gambar dan foto. Gravit designer mampu mengimpor dan mengedit format file PDF, SVG, EPS, Adobe Illustrator, dan Sketch. Software ini memiliki fitur editing seperti penyesuaian dan efek, color transformation, shadows, blur, dan masih banyak lainnya.

Aplikasi ini memiliki beberapa versi platform, mulai dari Mac, Windows, hingga Linux. Yang membuatnya menarik adalah aplikasi ini dapat diakses secara gratis atau tidak berbayar. Walaupun fitur gratis yang disediakan Gravit Designer tidak selengkap versi berbayar-nya, tetapi aplikasi ini dapat menjadi andalan software editing vektor gratis.

4.      Vectr

Sama seperti Adobe Illustrator dan CorelDraw, Vectr merupakan aplikasi desain grafis berbasis vektor. Aplikasi ini mampu membuat obyek vektor tidak akan pecah walau diperkecil atau diperbesar. Selain itu, ukuran berkas hasil olahan Vectr relatif lebih kecil dalam kondisi tertentu. Vectr sangat cocok untuk anda yang masih belajar atau hanya ingin membuat gambar vektor sederhana.

Vectr memiliki pages dan layer beserta pengaturan ukuran agar sesuai seperti keinginan pengguna. Beberapa alat gambar yang dimiliki Vectr yaitu bidang kotak, lingkaran, teks, path, dan ikon. Vectr mempunyai panel pengaturan warna border, background, bayangan, dan transparansi. Gambar atau ilustrasi yang diolah di Vectr bisa diedit dengan mode vertikal atau horizontal, mode memotong, menggabungkan, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga menyediakan grid pada workspace-nya beserta fungsi snap. Selain itu, pengguna dapat mengoleksi font online gratis dan mengimpor berkas Adobe Illustrator.

Vectr tersedia ke dalam beberapa versi platform, seperti Mac, Windows, Linux, Chromebook, dan online atau browser. Salah satu keunggulannya yaitu Vectr dapat berintegrasi langsung dengan WordPress dan dapat mengirimkan link desain untuk dilihat bersama.

5.      AirBrush

Aplikasi online pengolah grafis ke – lima yang praktis digunakan yaitu AirBrush. AirBrush adalah aplikasi buatan GPIG Meitu Inc., dimana pengguna dapat melakukan banyak hal untuk mengedit foto. AirBrush berfokus pada editing foto, sehingga cocok untuk anda yang ingin mendapatkan hasil foto yang memukau secara online.

AirBrush memiliki beberapa fitur seperti Whiten Teeth, Brighten Eyes, Perfect Skin, Slim, Reshape and Lengthen, dan banyak fitur lainnya. Oleh karena itu, aplikasi ini banyak digunakan pengusaha salon kecantikan atau kosmetik yang membutuhkan foto model wajah yang cantik dan bersih. Fitur unggulan AirBrush yaitu “tongkat ajaib”, dimana pengguna dapat menggunakan seluruh fitur secara otomatis sesuai kondisi foto wajah yang diunggah agar mendapatkan hasil maksimal.

6.      Snapseed

Yang terakhir, aplikasi online pengolah grafis yang praktis digunakan yaitu Snapseed. Snapseed merupakan aplikasi edit foto yang dibuat oleh pengembang Nik Software pada tahun 2011. Awalnya, aplikasi ini sangat populer di kalangan pengguna Ios, sampai akhirnya Snapseed dibeli oleh Google hingga saat ini. Snapseed termasuk aplikasi yang lengkap untuk membantu anda melakukan editing gambar dalam beragam kebutuhan.

Secara garis besar, Snapseed memiliki mode edit gambar yang terdiri dari 2 bagian yaitu edit menggunakan tools atau langsung dengan beragam kategori filter yang disediakan. Tools yang tersedia di Snapseed terdiri dari beberapa kategori, seperti Tune Image, Details, Crop, Perspective, Rotate, White Balance, dan lain sebagainya. Sedangkan Filter pada aplikasi ini terdiri dari efek Lens Blur, Tonal Contrast, Drama, dan lain sebagainya.

7 Cara Kreatif Menggunakan Power Point untuk Pembelajaran
Power point bisa dipakai menjadi media pembelajaran di kelas. Tulisan ini selanjutnya akan membahas bagaimana cara kreatif menggunakan power point sebagai media pembelajaran.

Keungguland dari aplikasi Snapseed yaitu ia mempunyai mode history atau catatan dari setiap mode edit yang sudah dilakukan pengguna. Fitur ini dapat anda gunakan untuk mengembalikan pekerjaan editing ke beberapa step yang sebelumnya sudah anda lakukan atau mungkin kembali ke gambar awal untuk mengulangi seluruh proses editing yang dilakukan. Mode ini mudah digunakan dan dapat diakses dari tampilan utama.

Demikian artikel mengenai 6 aplikasi online pengolah grafis yang praktis digunakan. Ikuti blog.kejarcita.id untuk mendapatkan kumpulan artikel seputar pendidikan jarak jauh, usaha sosial dan inovasi teknologi.

Anisa Cahyani

"Perempuan yang gemar merangkai kata menjadi tulisan dan juga pemburu matahari terbenam."

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.