Bagaimana Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini?

parenting 2 Nov 2022

Setiap anak memiliki bakat yang berbeda-beda. Maka dari itu, sangat penting bagi orang tua untuk memahami bagaimana cara mengetahui bakat anak sejak dini supaya orangtua bisa mengarahkan anak-anaknya dengan baik, serta dapat membantu mereka untuk mengembangkan bakatnya secara maksimal. Pada kesempatan ini, tugas orang tua bukanlah memaksa anak untuk mengembangkan bakat tertentu sesuai dengan apa yang orang tua inginkan, tetapi untuk membantu anak dalam menemukan bakat apa yang dimiliki anak.

Pentingnya Mengetahui Bakat Anak

Mengetahui bakat anak sejak dini adalah cara terbaik bagi orang tua untuk membantu anak dalam membentuk dirinya sendiri. Bakat yang dimiliki anak tidak hanya mampu membantu mereka dalam menemukan jati dirinya saja. Dengan bakat tersebut, anak dapat merencanakan masa depannya dengan kemampuan dan potensi yang dimilikinya. Selain itu, mengetahui bakat anak juga dapat membantu orang tua dalam mendukung kebutuhan belajar dan perkembangan anak. Orang tua juga dapat memahami apa jenis pembelajaran yang tepat untuk anak-anak mereka. Dengan begitu, perkembangan belajar anak dapat berjalan dengan baik.

Manfaat dari mengetahui bakat anak sejak dini antara lain adalah sebagai berikut.

- Dapat memudahkan orang tua dalam menentukan waktu yang tepat bagi anak untuk memulai pendidikannya, misalnya seperti mendapatkan pendidikan pra-sekolah ataupun sekolah lanjutan.

- Orang tua dapat bekerja sama dengan guru dalam memberikan kesempatan belajar untuk anak.

- Anak menjadi lebih mampu menghadapi dan mengatasi tantangan yang mereka temukan dalam kegiatan belajar.

- Orang tua dapat melakukan identifikasi peluang belajar bagi anak, misalnya pengambilan kelas atau melatih bakat yang dimiliki anak.

- Dapat membantu anak dalam mengembangkan potensi terbaik yang dimilikinya.

Cara Mengetahui Bakat Anak

Mengenali bakat anak perlu dilakukan sejak dini agar arah pendidikan anak bisa disinkronkan dengan baik. Masih banyak orang tua yang berpikir bahwa bakat adalah sesuatu di mana anak terlihat maksimal dengan potensi yang dimilikinya, padahal itu bukanlah definisi yang tepat. Dikatakan sesuatu itu adalah bakat anak bukan dari hasilnya yang maksimal, tetapi ketika anak terlihat senang dengan apa yang mereka kerjakan, baik ketika hasil yang didapatkannya maksimal maupun tidak. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan orangtua untuk mengetahui bakat anak.

1. Mengenalkan Anak dengan Berbagai Macam Bidang

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui bakat anak, yaitu dengan mengenalkan anak dengan berbagai macam bidang, seperti mengenalkan seni, olahraga, sains, dan sebagainya. Dengan mengenalkan berbagai macam bidang, pemikiran anak menjadi lebih terbuka terhadap apa yang menarik perhatian mereka, dan juga pengetahuan anak terhadap sesuatu hal semakin berkembang. Apabila pemahaman anak terhadap sesuatu hal semakin berkembang, orang tua memiliki pandangan yang lebih jelas dalam menilai ketertarikan anak.

2. Melihat Apa yang Paling Anak Nikmati Kegiatannya dan Lihat Hasil yang Didapat Anak

Setelah mengenalkan anak terhadap berbagai macam bidang, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan orangtua yaitu dengan melihat apa yang benar-benar menarik perhatian anak. Kegiatan apa yang membuat mereka bahagia atau paling bisa mereka nikmati dengan hasil yang beragam. Hal yang perlu orang tua ingat bahwa tidak selamanya apa yang disukai anak akan memberikan hasil yang maksimal. Namun, apabila anak memang benar-benar menyukai kegiatan tersebut, maka mereka akan tetap bertahan dengan potensi tersebut dan berusaha untuk memaksimalkan apa yang disukainya.

Tips Guru Mendorong Siswa Menghasilkan Karya yang Bermanfaat bagi Masyarakat
Tips untuk mendorong siswa menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat adalah mulai memberi pertanyaan atau permasalahan untuk dipecahkan siswa.

3. Komunikasi dan Sosialisasi

Jika orangtua telah mengetahui bakat anak sejak dini, maka tidak ada salahnya jika Anda menanyakan perkembangan bakat anak. Ada baiknya orang tua berkomuikasi dengan anak, misalnya dengan menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan ketertarikan anak, kesulitan yang mereka miliki, maupun perkembangan bakat anak. Selain harus memiliki komunikasi yang baik dengan anak, orang tua juga dapat membantu anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan belajarnya. Anda bisa mengajak anak-anak Anda ke tempat pelatihan bakat.

4. Mengikutkan Anak dengan Berbagai Macam Kompetisi

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengikutkan anak dengan berbagai macam kompetisi. Sebelum mengikutkan anak pada kompetisi, ada baiknya orangtua memberikan pemahaman kepada anak-anaknya bahwa pada dasarnya kegiatan perlombaan dibuat untuk membantu anak dalam meningkatkan skill dan kemampuan yang mereka miliki. Menang atau kalah adalah bonusnya. Bisa dikatakan bahwa perlombaan adalah sarana belajar anak dari waktu ke waktu sehingga ada kesempatan saat anak akan mendapatkan hasil dan kualitas yang baik.

5. Membebaskan Anak untuk Menentukan Pilihan

Orangt ua cenderung ingin memberikan yang terbaik kepada anak-anaknya. Bahkan, mereka tidak jarang akan menentukan jalan hidup anak itu sendiri, bukan membebaskan anak untuk menentukan pilihan hidupnya. Orang tua sering memiliki obsesi untuk menekan anak menjadi A, B, atau yang lain, demi memuaskan ego atau obsesi orang tua itu sendiri. Bisa dikatakan bahwa orang tua ingin mewariskan cita-cita yang mereka miliki kepada anak-anaknya, dan itu bukanlah hal yang bijak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk membebaskan anak dalam menentukan pilihannya masing-masing. Dengan begitu, Anda dapat melihat bakat yang dimiliki anak.

6. Melakukan Tes Bakat

Adapun cara yang cukup mudah untuk dilakukan orang tua untuk mengetahui bakat anak, yaitu dengan melakukan tes bakat. Hasil dari tes yang dilakukan anak tersebut bisa memberikan gambaran kepada orang tua tentang potensi yang dimiliki anak. Pada akhirnya, orang tua akan memilih apa yang paling sesuai dengan karakteristik anak-anaknya. Pada dasarnya, tes bakat ini dibuat untuk memastikan dugaan orang tua terhadap apa yang sudah mereka lihat di lapangan.

7. Konsultasi dengan Guru

Selain itu, Anda juga dapat mengetahui bakat anak dengan cara berkonsultasi dengan guru. Hal ini dapat dilakukan karena guru bertugas untuk mendidik dan mengajar anak-anak di kelas setiap harinya. Sebagian besar guru telah mengetahui dan memahami bakat terpendam yang dimiliki anak.

Tips Memberikan Ruang Eksplorasi Anak dalam Belajar
Eksplorasi diartikan sebagai sebuah tindakan mencari atau menjelajah untuk menemukan sesuatu atau daerah yang belum dikenal.

Itulah beberapa cara mengetahui bakat anak sejak dini. Setelah orang tua yakin apa bakat yang dimiliki anak, orang tua dapat mendukung dan memotivasi anak untuk mengembangkan bakat yang mereka miliki. Salah satu bentuk dukungan yang dapat orang tua lakukan, yaitu dengan memilihkan jalur pendidikan yang sesuai dengan bakat anak. Selain mendukung dan memotivasi anak untuk mengembangkan bakatnya, Anda juga dapat mengajarkan anak-anak Anda untuk bekerja keras terhadap potensi yang dimilikinya. Dengan kerja keras yang mereka lakukan tersebut mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang bijak dalam bertindak dan berperilaku.

Jika anak ingin mengembangkan bakatnya, Anda dapat memberikan kesempatan bagi anak untuk memperkarya pemahamannya tentang bakat yang dimilikinya tersebut. Misalnya anak Anda memiliki bakat bermain piano, maka Anda dapat membawa mereka ke beberapa konser piano untuk menunjukkan permainan piano dari para ahli. Dengan pemahaman yang luas, anak bisa merancang masa depannya dengan jelas. Mereka akan lebih paham terhadap apa yang harus mereka lakukan untuk bakat yang dimilikinya.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.