Bagaimana Caranya Mengatasi Anak yang Malas ke Sekolah?

edukasi 20 Mar 2024

Saat anak malas ke sekolah, orang tua kebingungan. Orang tua mencari banyak cara agar anak tidak malas ke sekolah. Mulai dengan bujuk rayu hingga ancaman keras. Meski merasa semua cara sudah dilakukan, tak membuahkan hasil. Anak tetap malas ke sekolah. Ini membuat orang tua frustasi! Artikel ini selanjutnya akan membahas bagaimana caranya mengatasi anak yang malas ke sekolah.

Mengapa Anak Malas ke Sekolah?

sumber: https://www.pexels.com/

Saat anak malas ke sekolah, orang tua menjadi kebingungan. Orang tua bertanya-tanya, mengapa anaknya malas ke sekolah. Ya, anak yang malas ke sekolah menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua.

Anak malas ke sekolah tak hanya satu kali atau dua kali. Akan menjadi lebih mengkhawatirkan jika anak berkepanjangan malas ke sekolah atau akhirnya anak mogok untuk ke sekolah. Ini membuat orang tua semakin bingung. Bahkan, tak jarang orang tua bisa frustasi. Bila semua cara sudah dilakukan, tetapi anak masih malas ke sekolah.

Sebelum mencari cara mengatasi anak yang malas ke sekolah, orang tua perlu mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Akan sangat baik, jika orang tua bisa tahu dari anak secara langsung, mengapa dia malas ke skolah. Sayangnya, tidak semua anak mau bercerita. Mereka tidak selalu bisa mengungkapkan alasan mengapa malas ke sekolah. Jika sudah begini, orang tua perlu mencari tahu sendiri mengapa anak malas ke sekolah.

Mengapa anak malas ke sekolah? Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan anak malas sekolah. Apa saja itu? Berikut adalah beberapa faktor yang biasanya membuat anak malas ke sekolah.

1. PR yang Banyak

PR (Pekerjaan Rumah) yang banyak bisa jadi salah satu alasan mengapa anak malas ke sekolah. PR yang banyak membuat anak kelelahan, akibatnya anak pun ingin menghindarinya. Akhirnya, mereka pun malas pergi sekolah.

2. Lingkungan Sekolah yang Tidak Nyaman

Lingkungan sekolah yang tidak nyaman membuat anak malas pergi ke sekolah. Bagaimana anak bisa menghabiskan waktu berjam-jam di sekolah, jika tidak merasa nyaman. Mereka pun akhirnya malas pergi ke sekolah.

3. Rendah Diri

Anak yang merasa rendah diri atau minder, akan menghindar bertemu dengan teman-temannya. Anak pun malas pergi ke sekolah. Mereka merasa rendah diri jika harus bertemu dengan teman-temannya.

4. Tuntutan yang Berat

Terkadang, orang tua memberikan tuntutan terlalu berat ke anak. Mulai dari harus selalu meraih juara kelas, memenangkan beragam kompetisi di sekolah, dan lain sebagainya. Tuntutan yang berat ini membuat anak menjadi malas ke sekolah.

5. Sulit Bergaul

Anak-anak yang sulit bergaul akan merasa tidak nyaman saat di sekolah. Merasa tidak bisa berteman, sehingga malas ke sekolah.

6. Bullying

Bullying terkadang menjadi penyebab paling banyak anak malas ke sekolah. Bullying tentu membuat anak tidak nyaman saat di sekolah. Anak juga jadi takut saat di sekolah. Akibatnya, mereka menghindar dan malas ke sekolah.

7. Jarak Sekolah Terlampau Jauh

Jarak sekolah dengan rumah yang terlalu jauh membuat anak kelelahan. Anak pun jadi enggan berangkat ke sekolah.

8. Kurangnya Perhatian dari Orang tua

Terkadang, saat anak malas ke sekolah itu menjadi cara mencari perhatian dari orang tua. Ya, saat orang tua kurang memberi perhatian, anak pun bertingkah. Salah satunya dengan malas ke sekolah.

9. Rendahnya Motivasi Belajar

Saat anak mengalami penurunan motivasi belajar, saat itulah anak malas ke sekolah. Rendahnya motivasi belajar membuat anak malas ke sekolah.

Kolaborasi Sekolah dan Guru untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
sekolah bisa memberikan kebebasan kepada guru-guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan kegiatan pembelajaran. Guru bisa menggunakan model pembelajaran apapun yang disukai siswa

10. Terlibat Masalah dengan Guru

Saat anak terlibat masalah dengan guru, saat itulah anak bisa malas ke sekolah. Anak takut bertemu dengan guru, dia pun menghindar dengan cara tidak pergi ke sekolah.

Bagaimana Caranya Mengatasi Anak yang Malas ke Sekolah?

sumber: https://www.pexels.com/

Penyebab anak malas sekolah memang banyak. Setelah tahu apa saja penyebab anak malas ke sekolah, saatnya orang tua mencari cara bagaimana mengatasi anak yang malas ke sekolah. Berikut adalah beberapa cara mengatasi anak yang malas ke sekolah.

1. Bicarakan Baik-baik

Cara pertama untuk mengatasi anak yang malas ke sekolah adalah mengajaknya bicara baik-baik. Ajak anak bicara baik-baik, tanyakan kepada anak, apa yang membuatnya malas ke sekolah. Dengarkan penjelasan anak, tanpa memotong ataupun menghakimi. Anda harus tahu dulu apa penyebab anak malas ke sekolah.

2. Melakukan Pemeriksaan

Setelah tahu apa penyebab anak malas ke sekolah, lakukan pemeriksaan. Jika berkaitan dengan masalah kesehatan, ajak anak periksa ke dokter. Jika berhubungan dengan kondisi psikisnya, ajak anak berkonsultasi ke psikolog.

Pentingnya Bimbingan Konseling dalam Implementasi Kurikulum Merdeka?
Pentingnya bimbingan konseling dalam kurikulum merdeka yaitu untuk memfasilitasi perkembangan siswa agar mampu mengaktualisasikan potensi dirinya

3. Bantu Anak Melalui Kesulitannya

Ketika Anda tahu apa kesulitan yang dialami anak sehingga malas ke sekolah, bantu anak melalui kesulitannya. Misalnya, jika anak keseulitan mengerjakan PR-nya, maka Anda dapat mendampingi anak saat mengerjakannya.

Beri bantuan anak untuk mengerjakan PR-nya. Atau jika anak menjadi korban bullying di sekolah, berikan anak keberanian untuk melawan pelaku bully. Pelaku bully harus dilawan, agar tidak terus-menerus melakukan bullying. Saat kesulitan ini mampu diatasi, anak pun akan kembali belajar di sekolah. Dia tak lagi malas ke sekolah.

4. Beri Perhatian yang Cukup

Saat anak malas ke sekolah, berikan perhatian yang cukup, bila perlu lebih. Sebab, penyebab anak malas ke sekolah terkadang ingin mencari perhatian dari orang tuanya. Jika anak tidak kekurangan perhatian dari orang tua, anak tidak akan bertingkah. Termasuk saat malas ke sekolah.

5. Berikan Waktu

Saat anak malas ke sekolah, coba berikan anak waktu. Sesekali beri kesempatan pada anak untuk belajar di rumah. Mungkin saja anak merasa kelelahan, butuh rehat sejenak. Sesekali tidak apa-apa anak malas ke sekolah. Namun, pastikan hanya sesekali, bukan suatu kebiasaan.

6. Berkomunikasi dengan Guru

Cara terakhir untuk mengatasi anak yang malas ke sekolah adalah berkomunikasi dengan guru. Coba diskusikan dengan guru, mengapa anak malas ke sekolah. Kemudian saling bekerja sama untuk mengatasi anak yang malas ke sekolah.

Guru dan orang tua adalah partner dalam mendidik anak. Saat anak mengalami masalah belajar, malas ke sekolah misalnya, guru dan orang tua bisa saling berkomunikasi dan kerja sama untuk mengatasi masalah ini. Agar anak bisa kembali semangat ke sekolah. Tak lagi malas ke sekolah.

Terkadang, anak memang malas ke sekolah. Saat anak malas ke sekolah, yang perlu orang tua lakukan adalah tetap tenang. Tak perlu langsung memarahi anak. Tetapi mencari tahu apa yang menjadi penyebab anak malas ke sekolah. Kemudian, segera mencari cara mengatasi anak yang malas ke sekolah.

Demikian artikel tentang bagaimana cara mengatasi anak yang malas ke sekolah. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mengatasi anak yang malas ke sekolah.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.