ATP Kurikulum Merdeka Kelas 6 Matematika

Sumber Materi 10 Mei 2024

Rasional Mata Pelajaran Matematika

sumber: https://www.pexels.com/

Matematika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang cara penyelesaian masalah dan melatih kemampuan berpikir logis. Kemampuan ini sangat dibutuhkan mansuai untuk bertahan hidup dan berkembang sesuai zaman. Sehingga bisa dikatakan bahwa Matematika berperan penting dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan dan memajukan daya pikir setiap manusia.

Dalam dunia pendidikan, Matematika dipandang sebagai materi yang harus dipahami oleh setiap peserta baik, sekaligus digunakan sebagai alat konseptual untuk mengonstruksi dan merekonstruksi materi pembelajaran, mengasah, dan melatih kemampuan berpikir untuk menyelesaikan permasalahan.

Jenis-jenis Multimedia Interaktif untuk Mata Pelajaran Matematika
Multimedia interaktif adalah aplikasi komputer yang berisi kombinasi teks, gambar, grafik, suara, video, animasi, simulasi secara terpadu

Dengan mempelajari Matematika, peserta didik dapat melatih kemampuannya dalam berpikir kritis, logis, analitis, sistematis, dan kreatif. Kompetensi-kompetensi tersebut dibutuhkan oleh setiap peserta didik untuk memperoleh informasi, mengelola dan memanfaatkannya untuk bertahap hidup dan berproses.

Pembelajaran Matematika mendidik peserta didik tentang cara berpikir, bernalar, dan berlogika melalui kegiatan-kegiatan yang membentuk alur berpikir yang berkesinambungan dan berujung membentuk alur pemahaman terhadap materi pembelajaran Matematika yang memuat fakta, konsep, operasi, prinsip, masalah, relasi, dan solusi penyelesaian masalah.

Capaian Pembelajaran Matematika Fase B

sumber: https://www.pexels.com/

Bilangan

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menggeneralisasi pemahaman mengenai urutan bilangan bulat dan nilai tempat, memperkirakan dan menghitung hasil penjumlahan dan pengurangannya dengan cara mengelompokkan menurut nilai tempat dan strategi perhitungan lainnya, serta melakukan operasi perkalian dan pembagiannya dalam konteks uang.

Peserta didik juga dapat memodelkan bilangan pecahan, persen, dan desimal dalam berbagai bentuk representasi visualnya, menentukan posisinya pada garis bilangan, menentukan hubungan, membandingkan, mengurutkan, dan menghitung hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagiannya.

Peserta didik juga dapat menghitung hasil pangkat dua dan pangkat tiga dari suatu bilangan desimal (satu angka di belakang koma), memodelkan bilangan bulat dan operasinya dalam berbagai bentuk representasi visual, dan mendeskripsikan konsep bilangan.

Aljabar

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menuliskan, menggambarkan, dan menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan sederhana menggunakan berbagai bentuk representasi visual, simbol, dan pernyataan matematika serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pola obyek atau bilangan, serta menggunakan rasio untuk  menentukan bilangan yang tidak diketahui.

Pengukuran

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menghitung luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, dan lingkaran) serta gabungannya, menghitung luas permukaan dan volume kubus dan balok serta gabungannya. peserta didik juga dapat menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda terkait dengan kecepatan dan debit serta menggunakan satuannya.

Geometri

Pada akhir fase C, peserta didik dapat mengklasifikasi berbagai bangun datar sesuai dengan ciri-cirinya dan membandingkan berbagai bentuk bangun ruang dari limas, kerucut, dan bola. Peserta didik juga dapat menghubungkan bangun ruang sederhana (kubus dan balok) dengan jaring-jaringnya.

Analisis Data dan Peluang

Pada akhir fase C, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, dan menganalisis data banyaknya benda dan data hasil pengukuran dalam bentuk gambar, piktogram, diagram batang.

Tujuan Pembelajaran Matematika Fase B

Kelas

Tujuan Pembelajaran

Kelas 6 : Bilangan

Bilangan Bulat Negatif

6.1 Memahami urutan bilangan bulat negatif

6.2 Mengidentifikasi bilangan bulat negatif dalam konteks kehidupan sehari-hari, contoh: penggunaan bilangan negatif pada termometer

6.3 Menghitung hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif 2 digit dengan menggunakan garis bilangan

6.4 Menghitung hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif lebih dari 2 digit

Kelas 6 : Aljabar

Rasio

 

 

6.1 Membuat sebuah perbandingan dan menuangkan dalam rasio dengan menggunakan kumpulan benda

6.2 Menjelaskan hubungan antara rasio dan pecahan

6.3 Menggunakan rasio untuk bilangan yang tidak diketahui, contoh: pada perbandingan besar persegi A dan B

Kelas 6 : Aljabar

Persamaan Linear Satu Variabel

6.4 Menyelesaikan persoalan aljabar dengan menggunakan operasi bilangan dasar

6.5 Menyelesaikan persoalan aljabar dengan menggunakan situasi dan simulasi dari kehidupan nyata

6.6 Menggunakan berbagai cara untuk menyeimbangkan sisi kiri dan kanan dari sebuah kalimat matematika

6.7 Memahami persamaan linear satu variabel

Kelas 6 : Pengukuran

Volume Bangun Ruang

6.1 Menghitung volume bangun ruang menggunakan kubus satuan

6.2 Menerjemahkan cara menghitung volume dalam rumus

6.3 Menghitung volume gabungan balok dan kubus

Kelas 6 : Pengukuran

Kecepatan dan Debit

6.4 Menyimpulkan makna kecepatan dan debit dari simulasi

6.5 Menghitung kecepatan dan debit

6.6 Membandingan dua besaran yang berbeda yang berkaitan dengan kecepatan dan debit,

Kelas 6 : Analisa Data dan Peluang Statistika

 

 

 

 

 

 

 

 

6.1 Mengidentifikasi mengidentifikasi pertanyaan inti masalah

6.2 Mengumpulkan data dengan menggunakan survey/pertanyaan tertutup dan semi terbuka (dengan pilihan)

6.3 Mengumpulkan data dengan menggunakan survey/pertanyaan tertutup dan semi terbuka (  dengan pilihan)

6.4 Memahami cara mengolah data yang dikumpulkan kedalam bentuk tabel (menggunakan tally mark

6.5 Menyajikan data data menjadi bentuk piktogram

6.6 Mengidentifikasi mengidentifikasi pertanyaan inti masalah

6.7 Mengumpulkan data dengan menggunakan survey/pertanyaan tertutup dan semi terbuka

6.8 Memahami cara mengolah data yang dikumpulkan ke dalam bentuk tabel (menggunakan tally mark)

6.9 Menyajikan data menjadi bentuk diagram batang

6.10 Mengidentifikasi masalah dan mengidentifikasi pertanyaan inti

Alur Tujuan Pembelajaran Matematika Kelas 6

6.1.1 Bilangan Bulat Negatif

Tujuan Unit

1.    Memahami urutan bilangan bulat negatif, contoh setelah nol (ke kiri) itu -1, -2, -3 dst

2.    Mengidentifikasi bilangan bulat negatif dalam konteks kehidupan sehari-hari

3.     Menghitung hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif 2 digit dengan menggunakan garis bilangan

4.    Menghitung hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif lebih dari 2 digit

Perkiraan JP

7 JP

Kata Kunci

Bilangan bulat negatif

Penjelasan Singkat

Peserta didik ditunjukkan gambar garis bilangan negatif dan belajar memahami urutan bilangan tersebut lalu belajar mengidentifikasi bilangan bulat negatif dalam kehidupan contohnya: penggunaan bilangan negatif pada thermometer, setelah itu menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat negatif

Profil Peserta Didik Pancasila

Bernalar kritis : Peserta didik menerapkan pemahaman dalam situasi berbeda, misal menggunakan operasi bilangan untuk memecahkan persoalan nyata

Glosarium

Bilangan bulat: bilangan yang terdiri atas bilangan asli (bilangan bulat positif dan Nol) dan lawan bilangan asli (bilangan bulat negatif)

6.2.1 Rasio

Tujuan Unit

1.     Membuat sebuah perbandingan dan menuangkan dalam rasio dengan menggunakan kumpulan benda

2.     Menjelaskan hubungan antara rasio dan pecahan

3.     Menggunakan rasio untuk bilangan yang tidak diketahui. Contoh: pada perbandingan besar persegi A dan B

Perkiraan JP

8 JP

Kata Kunci

Perbandingan, rasio

Penjelasan Singkat

Peserta didik diberikan beberapa jenis bangun datar dengan ukuran yang berbeda, mereka diminta untuk menjelaskan perbandingan besar antara beberapa bentuk tersebut. Menjelaskan lebih jauh tentang rasio, serta menjelaskan hubungan rasio dan pecahan.

Profil Peserta Didik Pancasila

Berpikir kritis: Peserta didik dapat memproses informasi, menghubungkan informasi dan menyimpulkannya, serta memecahkan masalah dengan menggunakan informasi yang didapat, contohnya menyelesaikan persoalan aljabar menggunakan situasi dan simulasi dalam kehidupan

Glosarium

Rasio adalah angka yang menunjukkan hubungan secara matematis antara suatu jumlah dan jumlah yang lain.

6.2.2 Persamaan Linear Satu Variabel

Tujuan Unit

1.      Menyelesaikan persoalan aljabar dengan menggunakan operasi bilangan dasar.

2.      Menyelesaikan persoalan aljabar dengan menggunakan situasi dan simulasi dari kehidupan nyata.

3.      Menggunakan berbagai cara untuk menyeimbangkan sisi kiri dan kanan dari sebuah kalimat matematika.

4.      Memahami persamaan linear satu variabel

Perkiraan JP

8 JP

Kata Kunci

Variabel, aljabar, operasi bilangan

Penjelasan Singkat

Peserta didik diingatkan tentang operasi aljabar bahwa aljabar bukan hal baru bagi mereka. Misal: jika 2x3 = 6 maka berapakah 1 x 27?, lalu mengajarkan peserta didik menyelesaikan masalah aljabar dalam kehidupan Misal: Berapa total sisi 24 menara yang akan dicat, jika menara tersebut memiliki 6 sisi?

Lalu menjelaskan tentang menyamaratakan nilaisisi kanan dan sisi kiri Contoh: 2+ 4= 1 + x Belajar tentang persamaan linear satu variable

Profil Peserta Didik Pancasila

Berpikir kritis: Peserta didik dapat memproses informasi, menghubungkan informasi dan menyimpulkannya, serta memecahkan masalah dengan menggunakan informasi yang didapat, contohnya menyelesaikan persoalan aljabar menggunakan situasi dan simulasi dalam kehidupan

Glosarium

Variabel: sesuatu yang digunakan untuk menyatakan atau mewakili suatu bilangan biasanya dinyatakan dengan huruf

6.3.1 Volume Bangun Ruang

Tujuan Unit

1.  Menghitung volume bangun ruang menggunakan kubus satuan,

2.  Menerjemahkan cara menghitung volume dalam rumus

3.  Menghitung volume gabungan balok dan kubus

Perkiraan JP

8 JP

Kata Kunci

Satuan kubus, balok, kubus, volume

Penjelasan Singkat

Peserta didik diberikan bangun ruang berbentuk kubus, lalu mereka belajar menghitung volume kubus tersebut dengan kubus satuan. contoh: 1 kubus = 1 kubus satuan, 3 kubus = 3 kubus satuan.

Peserta didik dijelaskan lebih lanjut tentang volume kubus dan balok menggunakan rumus.

Profil Peserta Didik Pancasila

Berpikir kritis: Peserta didik dapat memproses informasi baik membandingkan ataupun menyelesaikan masalah dalam kehidupan yang berhubungan dengan pengukuran,contohnya: memecahkan persoalan yang berkaitan dengan luas dan keliling dalam kehidupan nyata

Glosarium

-        

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 5 Bahasa Inggris
dalam pembelajaran bahasa Inggris, peserta didik difokuskan pada kemampuan menyimak, berbicara, memirsa, menulis, dan mempresentasikan sesuatu secara terpadu.

6.3.2 Kecepatan dan Debit

Tujuan Unit

1.  Menghitung kecepatan dan debit

2.  Membandingan dua besaran yang berbeda yang berkaitan dengan kecepatan dan debit

Perkiraan JP

10 JP

Kata Kunci

Membandingkan, debit, kecepatan

Penjelasan Singkat

Menunjukan simulasi berlari dengan waktu 1 menit dan jalan dengan waktu yang sama, menanyakan pada peserta didik mengapa dengan waktu yang sama tetapi jarak yang ditempuh berbeda? Lalu menjelaskan tentang hubungan jarak, waktu dan kecepatan, serta kecepatan (debit) air.

Peserta didik lalu diajarkan membandingkan dua besaran yang berbeda yang berkaitan dengan kecepatan dan debit contoh: 1/4 liter : 300 ml = 250 ml : 300 ml = 5 : 6.

Profil Peserta Didik Pancasila

Berpikir kritis: Peserta didik dapat memproses informasi baik membandingkan ataupun menyelesaikan masalah dalam kehidupan yang berhubungan dengan pengukuran,contohnya: memecahkan persoalan yang berkaitan dengan luas dan keliling dalam kehidupan nyata

Glosarium

-

6.5.1 Analisis Data dan Peluang Statistika

Tujuan Unit

1.      Memahami cara mengolah data yang dikumpulkan kedalam bentuk tabel (menggunakan tally mark)

2.      Menyajikan data data menjadi bentuk piktogram

Perkiraan JP

8 JP

Kata Kunci

Diagram batang, pictogram, diagram lingkaran, tabel, mengolah data

Penjelasan Singkat

Peserta didik mengidentifikasi masalah dan mengidentifikasi pertanyaan inti lalu diajarkan untuk mengumpulkan data dengan menggunakan survey/pertanyaan tertutup dan semi terbuka (dengan pilihan), seterusnya mengajarkan sisa cara mengolah data yang dikumpulkan kedalam bentuk tabel (menggunakan tally mark).

Peserta didik memahami cara mengolah data yang dikumpulkan kedalam bentuk persentase, pictogram, digram batang dan diagram lingkaran. Belajar menyajikan data menjadi bentuk diagram lingkaran, membaca diagram lingkaran dan menuangkan dalam bentuk penjelasan verbal atau tertulis serta memahami cara pengolahan data menggunakan mean atau rata-rata dan data sebarannya

Profil Peserta Didik Pancasila

Berpikir kritis: Peserta didik mampu menganalisis, investigasi berbagai gagasan dan informasi, mengolah dan menilai informasi dari berbagai sumber.

Contoh: mengumpulkan data- data sederhana dalam kehidupan sehari-hari seperti tinggi badan dan berat badan, dan mengolahnya kedalam bentuk grafik atau pictograph

Glosarium

Mean: Rata-rata

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.