ATP Kurikulum Merdeka Kelas 6 Bahasa Inggris
Rasional Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Salah satu bahasa global yang digunakan dalam bidang pendidikan, bisnis, ilmu pengetahuan, hukum, perdagangan, hubungan internasional, pariwisata, kesehatan dan teknologi adalah Bahasa Inggris. Dengan mempelajari bahasa Inggris dengan tekun, peserta didik memiliki peluang untuk berkomunikasi dengan setiap orang yang berasal dari negara dan latar belakang budaya yang berbeda.
Tidak hanya itu saja, dengan menguasai bahasa Inggris peserta didik juga berkesempatan untuk bersekolah dan bekerja di luar negeri, untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan wawasan yang baru, mempelajari berbagai macam keterampilan, dan memaham budaya-budaya yang beraneka ragam.
Dalam sekolah, peserta didik akan difokuskan pada penguatan kemampuan untuk menggunakan bahasa Inggris yang terdiri dari 6 keterampilan berbahasa yaitu keterampilan untuk menyimak, berbicara, membaca, memirsa, menulis, dan mempresentasikan informasi secara terpadu.
Adapun Capaian Pembelajaran (CP) yang terdapat pada pembelajaran bahasa Inggris yaitu mengacu pada Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment (CEFR) dan setara level B1.
Dalam penerapannya, Level B1 ini akan mencerminkan spesifikasi yang dilihat dari kemampuan setiap peserta didik yang berguna untuk:
- Mempertahankan interaksi yang dimiliki peserta didik dan mampu menyampaikan informasi yang diinginkan ke dalam berbagai konteks dengan artikulasi yang jelas
- Menyampaikan pemikiran yang dimiliki peserta didik secara komprehensif
- Menjalin komunikasi walaupun masih terdapat jeda
Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris
Elemen
Menyimak-Berbicara |
Pada akhir fase C, peserta didik menggunakan
kalimat dengan pola tertentu dalam bahasa Inggris untuk berinteraksi pada
lingkup situasi sosial dan kelas yang semakin luas, namun masih terdapat
prediksi. Peserta didik dapat menggubah/mengganti elemen kalimat untuk
berpartisipasi dalam kegiatan belajar, seperti membuat pertanyaan sederhana,
meminta klarifikasi dan meminta izin. Peserta didik menggunakan beberapa
strategi untuk mengidentifikasi informasi penting dalam berbagai konteks,
seperti meminta pembicara untuk mengulangi atau berbicara dengan lebih pelan.
Peserta didik mampu berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris. |
Elemen
Membaca-Memirsa |
Pada akhir fase C, peserta didik
memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dan memahami kata-kata
baru dengan bantuan gambar serta kalimat dalam konteks yang dipahami peserta
didik. Peserta didik membaca dan memberikan respon terhadap beragam teks
pendek, sederhana dan familiar dalam bentuk tulisan atau digital, termasuk
teks visual, multimodal atau interaktif. Peserta didik dapat mengeja kata ke
dalam bahasa Inggris sehingga mereka bisa lancar dalam membaca tulisan yang
dimuat ke dalam bahasa Inggris. |
Elemen
Menulis-Mempresentasikan |
Pada akhir fase C, peserta didik
mengomunikasikan ide dan pengalamannya melalui salinan tulisan. Peserta didik
mampu menghasilkan teks deskripsi, cerita, dan prosedur sederhana dengan
menggunakan kalimat dengan pola tertentu. Peserta didik menggunakan kosakata
yang berkaitan dengan lingkungan kelas dan rumah, peserta didik juga telah
mampu menggunakan beberapa strategi dasar seperti menyalin kata atau frasa
dari buku atau daftar kata, menggunakan gambar, dan bertanya mengenai
bagaimana cara menuliskan sebuah kata. Peserta didik juga telah mampu
mempresentasikan sesuatu ke dalam bahasa Inggris. |
Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris Fase C
Kelas |
Tujuan
Pembelajaran |
Kelas
6 : Pemahaman Menggunakan Kalimat dalam Berinteraksi dengan Lingkungan Sosial |
1. Peserta
didik menggunakan kalimat dengan pola tertentu dalam bahasa Inggris untuk
berinteraksi pada lingkup situasi sosial yang makin luas namun masih dapat
diprediksi atau bersifat rutin |
Kelas
6 : Memahami dan Menulis Recount Text |
2. Peserta
didik menggunakan beberapa strategi untuk memahami tujuan, ide pokok, dan
informasi detail dari recount text pendek, sederhana dan familiar dalam
bentuk tulisan atau digital, termasuk teks visual, multimodal atau interaktif
dalam konteks kelas dan rumah |
3. Peserta
didik menulis recount text sederhana sesuai dengan konteks dan tujuannya
menggunakan tanda baca dasar yang sesuai |
Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 6
6.1.1 Pemahaman Menggunakan Kalimat dalam Berinteraksi dengan Lingkungan Sosial
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik menggunakan kalimat dengan pola tertentu dalam bahasa Inggris untuk
berinteraksi pada lingkup situasi sosial yang makin luas namun masih dapat
diprediksi atau bersifat rutin Peserta didik menulis puisi lama menggunakan
kaidah penulisan puisi lama (rima, sajak, bait) |
Jumlah Jam Pelajaran |
12 JP |
Kata Kunci |
-
Pemahaman bahasa Inggris sederhana
untuk interaksi sehari-hari -
Menyimpulkan makna dari percakapan
sederhana bahasa Inggris |
Penjelasan Singkat |
Pada kesempatan ini, guru akan memulai proses
kegiatan pembelajaran dengan menceritakan bagaimana hubungan siswa dengan
keluarga dan lingkungan pertemanannya. Siswa akan diberi kesempatan untuk
menuangkan cerita tersebut ke dalam selembar kertas kemudian mempresentasikannya
di depan kelas. Setelah itu, guru akan melakukan kegiatan
diskusi dan mengobservasi kegiatan dan perilaku serta interaksi siswa dengan
lingkungan sosialnya. Apakah mereka tipe yang aktif atau cenderung pasif. Pada kegiatan pembelajaran ini, guru
dapat menggunakan film pendek yang menarik untuk meningkatkan pemahaman siswa
terhadap bagaimana cara berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Sebagai
kegiatan tambahan, guru dapat membuka kelas conversation dengan
menggunakan bahasa Inggris untuk meningkatkan skill siswa dalam berkomunikasi
dan bersosialisasi. Tugas ini bisa rutin diterapkan guru sebagai nilai
tambahan. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
Spelling,
speech, speaking, practicing, conversation |
6.2.1 Memahami Recount Text
Alur/Tujuan Pembelajaran |
Peserta didik menggunakan beberapa
strategi untuk memahami tujuan, ide pokok, dan informasi detail dari recount
text pendek, sederhana dan familiar dalam bentuk tulisan atau digital,
termasuk teks visual, multimodal atau interaktif dalam konteks kelas dan
rumah |
Jumlah Jam Pelajaran |
10 JP |
Kata Kunci |
Pemahaman pembuatan da isi dari recount
text pendek yang sederhana |
Penjelasan Singkat |
Guru terlebih dahulu menjelaskan tentang
apa yang dimaksud dengan recount text sederhana. Setelah itu, guru dapat
menjelaskan apa tujuan dari membuat recount text, ide pokok dan informasi
yang harus dimuat di dalam recount text. Pada kesempatan ini, guru dapat memberikan
tugas kepada siswa untuk menuliskan ide dan gagasan sederhana yang dapat
dituangkan ke dalam bentuk sebuah teks narasi. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
6.3.1 Menulis Recount Text
Alur/Tujuan Pembelajaran |
Peserta didik menulis recount text
sederhana sesuai dengan konteks dan tujuannya menggunakan tanda baca dasar
yang sesuai |
Jumlah Jam Pelajaran |
12 JP |
Kata Kunci |
Pemahaman terhadap pembuatan recount
text sederhana |
Penjelasan Singkat |
Setelah menjelaskan tentang apa itu
recount text, guru dapat memberikan tugas sederhana kepada siswa, seperti
menulis recount text sederhana. Dalam menulis recount text ini penting bagi
siswa untuk memperhatikan tanda baca dasar yang sesuai dengan EYD dan kaidah
kepenulisan. Untuk membuat recount text ini siswa
dapat menggunakan ide dan gagasan sederhana yang sudah dicari sebelumnya atau
menggunakan ide dan gagasan yang baru. Ide dan gagasan tersebut akan dimuat
ke dalam suatu teks narasi atau cerita. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |