ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 IPAS
Rasional :
Tantangan yang akan dihadapi manusia akan semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Permasalahan yang dihadapi tentu saja akan berbeda di setiap tahunnya. Dengan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang, tantangan yang akan dihadapi dapat diatasi dengan baik. Oleh karena itulah, pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) sangat penting untuk disesuaikan dengan perkembangan zaman agar generasi muda dapat menyelesaikan tantangan-tantangan yang akan mereka hadapi di masa yang akan datang.
IPAS merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang makhluk hidup dan benda mati yang ada di alam semesta. IPAS juga mengkaji tentang interaksi setiap makhluk hidup sebagai seorang individu dan makhluk sosial. IPAS adalah pembelajaran yang menggabungkan ilmu pengetahuan alam dan pengetahuan sosial.
Dalam penerapannya, IPAS berperan penting dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. IPAS dapat membantu peserta didik dalam menumbuhkan rasa ingin tahunya terhadap fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Rasa ingin tahu inilah yang dapat memicu peserta didik untuk memahami bagaimana cara alam semesta bekerja dan berinteraksi dengan kehidupan manusia yang ada di alam semesta ini.
Dengan pemahaman inilah peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai macam permasalahan yang akan mereka hadapi di masa yang akan datang. Prinsip-prinsip dalam pembelajaran IPAS ini akan melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis, analitis, serta kemampuan dalam mengambil keputusan yang tepat.
Dalam proses kegiatan belajar, melalui pembelajaran IPAS peserta didik akan diajarkan mengenai cara menyelesaikan suatu permasalahan dengan memanfaatkan pengetahuan yang dimilikinya.
Pembelajaran IPAS pada kelas SD akan memberi kesempatan kepada setiap peserta didik untuk melakukan kegiatan eksplorasi, investigasi, dan mengembangkan pemahamannya terkait lingkungan yang ada di sekitarnya. Pembelajaran IPAS ini akan melatih peserta didik dalam mempelajari fenomena alam dan interaksi manusia dengan alam sekitarnya.
ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 IPAS
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta didik mampu mendeskripsikan
identitas diri dan orang di sekitarnya, peran, serta tanggung jawabnya sebagai
anggota keluarga/kelompok/sekolah sehingga dapat
menerima perbedaan yang ada di antara manusia. Peserta didik mendeskripsikan
diri serta keluarganya secara kronologis menggunakan
media yang dipilihnya. Peserta didik dapat mendeskripsikan benda-benda di
lingkungan sekitar sebagai bagian dari lingkungan alami dan buatan,
mendeskripsikan lokasi diri, serta membuat gambar denah sederhana di
lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mencerminkan perilaku hidup sehat
dengan turut menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di sekitarnya. |
Tujuan Pembelajaran |
-
Peserta
didik mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan tentang diri, lingkungan
rumah, dan sekolah serta mengidentifikasi permasalahan sederhana sehari-hari.
Pengenalan diri, lingkungan rumah, dan sekolah. -
Peserta
didik menjelaskan peran diri dan anggota keluarga lainnya yang ada di rumah
melalui wawancara anggota keluarga. -
Peserta
didik mengidentifikasi perubahan yang dialami sejak lahir hingga sekarang
melalui penelusuran informasi dari orang tua. -
Peserta
didik mengidentifikasi ciri-ciri benda hidup dan benda mati melalui pengamatan. -
Peserta
didik membandingkan ciri-ciri benda hidup dan benda mati melalui diskusi kelompok. -
Peserta
didik mengidentifikasi ciri-ciri siang dan malam melalui pengamatan. -
Peserta
didik membedakan aktivitas yang biasa dilakukan manusia di siang dan malam
hari. -
Peserta
didik menyebutkan nama-nama hari dalam satu pekan. -
Peserta
didik menyebutkan nama-nama bulan dalam satu tahun. |
Perkiraan Jumlah Jam |
18 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan
Singkat |
- Kata
Kunci : identifikasi - Topik
Inti : Pengenalan diri, lingkugan rumah, dan sekolah. - Penjelasan
Singkat : Peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana
dengan mengoptimalkan pancaindra. Peserta didik membuat prediksi mengenai
objek dan peristiwa di lingkungan sekitar. Peserta didik memahami konsep waktu
(pagi-siang-sore-malam), mengenai nama-nama hari, nama bulan, kondisi cuaca
dalam keterkaitannya dengan aktivitas sehari-hari. Peserta didik mampu
mendeskripsikan silsilah keluarganya, peran, dan tanggung jawab sebagai anggota
keluarga/kelompok/sekolah. |
Profil Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
Identifikasi : menentukan identitas
seseorang atau benda pada suatu saat tertentu, menganalisis secara lebih mendalam akan sebuah hal, suatu
proses atau benda. |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta didik mengamati fenomena dan
peristiwa secara sederhana dengan menggunakan pancaindra, menyusun, dan menjawab
pertanyaan tentang hal-hal yang ingin diketahui saat melakukan pengamatan.
Peserta didik juga mampu membuat prediksi mengenai objek dan peristiwa di
lingkungan sekitar. Dengan panduan, peserta didik berpartisipasi dalam
penyelidikan untuk mengeksplorasi dan menjawab pertanyaan. Kemdudian, juga melakukan
pengukuran dengan alat sederhana yang ada di sekitarnya untuk mendapatkan
data. Selanjutnya peserta didik menggunakan berbagai metode untuk
mengorganisasikan informasi, termasuk gambar dan tabel. Peserta didik mendiskusikan
dan membandingkan antara hasil pengamatan dengan prediksi. Dengan panduan,
peserta didik membandingkan hasil pengamatan yang berbeda dengan mengacu pada
teori serta mengkomunikasikan hasil penyelidikan secara verbal dan tertulis
dalam format sederhana. Peserta didik mengoptimalkan penggunaan panca indra
untuk melakukan pengamatan dan bertanya tentang makhluk hidup dan perubahan benda
ketika diberikan perlakuan. Peserta didik menggunakan hasil pengamatan untuk
menjelaskan pola sebab akibat sederhana dengan menggunakan beberapa media. |
Tujuan Pembelajaran |
- Peserta didik mengoptimalkan penggunaan
pancaindra untuk melakukan pengamatan dan bertanya tentang makhluk hidup dan
perubahan benda. - Peserta didik menyebutkan ciri fisik manusia
setelah melakukan pengamatan. - Peserta didik mendemonstrasikan fungsi
anggota tubuh manusia. - Peserta didik menyebutkan identitas dan
keunikan dirinya. |
Perkiraan Jumlah Jam |
18 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan
Singkat |
- Kata
Kunci : pengamatan - Topik
Inti : Menggunakan pancaindra untuk melakukan pengamatan - Penjelasan
Singkat : Peserta didik mengenal anggota tubuh manusia dan menjelaskan
fungsinya dan bagaimana cara merawatnya dengan benar. Peserta didik dapat
membedakan antara hewan dan tumbuhan sesuai dengan bentuk dan ciri-ciri
umumnya. Peserta didik mampu mendeskripsikan identitas diri (ciri-ciri fisik,
kegemaran) dan orang-orang sekitarnya sehingga dapat menerima perbedaan yang
ada pada diri manusia. |
Profi Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
Pengamatan : aktivitas terhadap suatu proses atau objek dengan maksud
merasakan dan memahami pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan
pengetahuan dan gagasan yang sudah diketahui sebelumnya agar mendapatkan
informasi-informasi yang dibutuhkan untuk melanjutkan suatu penelitian.
|