Aplikasi Coding Sederhana untuk Murid SD

edukasi 13 Agt 2022

Di tengah perkembangan zaman yang semakin canggih, belajar coding sudah seperti pembelajaran biasa bagi anak muda zaman sekarang. Saat ini, tidak jarang orang tua mulai mencari beberapa les privat yang memberikan pembelajaran coding untuk anak-anak mereka, baik les yang dilakukan secara offline maupun online. Adapun beberapa aplikasi coding sederhana untuk murid SD yang bisa dipergunakan di rumah. Rekomendasi aplikasi tersebut akan dibahas pada artikel ini.

Sebelum membahas tentang aplikasi coding, Anda perlu tahu apa yang dimaksud dengan coding beserta manfaat aplikasi tersebut untuk murid. Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Coding

Coding adalah cara untuk berkomunikasi dengan komputer. Dalam pengaplikasiannya, coding berupa kode yang akan memberitahu komputer mengenai apa yang harus dilakukan. Dengan menuliskan kode-kode tersebut, komputer dapat beroperasi sesuai dengan instruksi yang sudah dituliskan.

Di era digital seperti saat ini, memiliki kemampuan dalam bidang teknologi akan memiliki peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan. Selain bermanfaat untuk masa depan, memiliki kemampuan coding dapat membantu Anda dalam membuat situs web dan membuat aplikasi, memproses data, serta melakukan banyak hal lainnya yang berhubungan dengan teknologi dan pemrograman.

Manfaat Belajar Coding untuk Murid

Mempelajari coding sejak dini dapat memberikan banyak manfaat untuk murid, terutama untuk mereka yang ingin berkarier di bidang teknologi. Namun, mempelajari codingtidak hanya terbatas untuk dijadikan pembelajaran yang serius saja, tetapi mempelajari coding juga dapat dijadikan sebagai hobi ataupun sekadar kegiatan yang ingin dilakukan murid dengan tujuan ingin menambah wawasan mengenai teknologi.

Walaupun hanya sedikit mempelajari coding, percayalah bahwa ada manfaat yang akan didapatkan oleh Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan murid dari mempelajari coding.

1. Dapat Mengembangkan Cara Berpikir

Belajar coding dapat membantu murid untuk mengembangkan cara berpikirnya. Hal ini disebabkan dalam mengoperasikan kode-kode di komputer atau menjalankan aplikasi coding sederhana, murid harus memiliki konsentrasi yang tinggi dan harus berpikir secara cepat untuk menemukan solusi dan menemukan masalah yang mereka temukan selama masa pengoperasian. Oleh karena itulah, tantangan yang ditemukan murid akan membuat cara berpikir mereka akan semakin berkembang.

2. Dapat Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Dalam belajar mempelajari coding, murid akan menemukan berbagai macam masalah yang harus mereka selesaikan dengan teliti, cermat, dan tepat. Belajar coding akan membantu murid untuk terbiasa dalam memecahkan berbagai macam permasalahan dan mencari langkah-langkah yang logis untuk membuat sebuah program dapat bekerja dengan baik. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa belajar coding dapat membantu murid dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

3. Dapat Membuat Website atau Aplikasi

Untuk membuatu suatu website atau aplikasi, seseorang harus memiliki kemampuan coding. Dengan belajar coding, Anda dapat mewujudkannya. Selain dapat membantu seseorang dalam membuat wesbite dan aplikasi, belajar coding juga dapat membantu Anda dalam mengotomatiskan spreadsheet atau membangun aplikasi yang sesuai dengan keinginan, tujuan, dan impianmu. Oleh karena itu, saat ini banyak sekali aplikasi-aplikasi yang dibuat untuk membantu manusia dalam belajar, bekerja, dan menumbuhkan kemampuannya.

4. Dapat Membantu Murid yang ingin Berkarier di bidang IT

Jika murid memiliki cita-cita ingin berkarier di bidang IT, mempelajari coding sejak dini sangat penting untuk dilakukan. Selain itu, saat ini banyak sekali orang yang tertarik untuk belajar coding untuk mendapatkan jenjang karier yang lebih baik di perusahaan teknologi ternama, misalnya seperti e-commerce maupun startup unicorn. Dikarenakan era yang sudah serba digital dan perkembangan teknologi yang semakin canggih, tidak menutup kemungkinan bahwa jumlah pekerjaan yang mengutamakan kemampuan coding akan semakin meningkat.

Cara Meningkatkan Cakap Media Digital pada Siswa
Cakap media digital adalah kemampuan menggunakan dan memanfaatkan digital dan teknologi dengan bijak.

Rekomendasi Aplikasi Coding Sederhana yang Dapat Digunakan Murid SD

Beberapa aplikasi coding sederhana untuk murid SD yang bisa dipergunakan di rumah, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Scratch

Scratch merupakan salah satu website yang menawarkan metode pengajaran programming untuk anak-anak yang berusia 8 sampai 16 tahun. Untuk memakai Scratch, Anda harus mendownload multiplatform Scratch berbasis web yang sudah lebih mudah digunakan.

Aplikasi Scratch bertujuan untuk memudahkan anak agar dapat membuat bahasa pemrograman visual. Di sana telah disediakan berbagai macam pilihan visual yang dapat murid pilih. Setelah memilih visual yang mereka inginkan, murid dapat memasukannya ke dalam area work space yang berfungsi untuk membuat animasi sprite. Dalam pengoperasiannya, orangtua maupun anak dapat menggunakannya secara gratis.

2. Tynker

Tynker merupakan aplikasi alternatif yang dapat digunakan murid jika ingin belajar coding sederhana. Secara garis besar, tampilan Tynker hampir sama seperti Scratch. Letak perbedaannya yaitu pada tujuan programnya. Dalam Scratch, murid akan diajarkan untuk bisa merancang suatu program, sedangkan pada Tynker, murid diajarkan pemrograman.

Fitur-fitur yang disediakan oleh Tynker di antaranya, yaitu pemilihan jenis materi pembelajaran, Classroom Management Tools, dan kasus-kasus sederhana yang sudah disiapkan untuk meningkatkan cara berpikir murid dalam mengenal pemrograman. Keunggulan yang dimiliki Tynker yaitu murid dapat mengoperasikan aplikasi ini dengan mengikuti instruksi yang telah diberikan secara mandiri, tanpa melibatkan pendamping.

3. Waterbear

Waterbear merupakan aplikasi yang menerapkan pendekatan bahasa pemrograman visual yang menarik dan menyenangkan untuk murid. Pada aplikasi ini, murid tinggal drag and drop box kode ke work space yang ada di layar utama. Untuk mempermudah murid dalam mempelajari coding, mereka dapat melihat beberapa referensi contoh atau kreasi di internet serta melihat dan memahami fitur-fitur yang disediakan aplikasi. Jangan lupa untuk membaca deskripsi dari setiap elemen yang digunakan. Memang terlihat merepotkan, tetapi dengan cara ini murid dapat memahami dasar dan memiliki ide ingin melakukan apa di step berikutnya.

4. Hopscotch

Pada aplikasi Hopscotch, murid akan diajarkan untuk mengasah kreativitas dan cara berpikir mereka. aplikasi ini bisa digunakan di perangkat iPad. Dalam pengaplikasiannya, Hopscotch memanfaatkan bahasa pemrograman visual yang menarik dan mengasyikkan untuk murid. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi Hopscotch, siswa dapat mengoperasikan aplikasinya langsung tanpa harus memiliki dasar penulisan kode program.

7 Kemampuan Komputer yang Harus Dikuasai Guru
Di era teknologi menuntut banyak orang untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik di bidang teknologi agar tidak kalah saing.

5. Code.org

Code.org merupakah salah satu aplikasi yang sudah digunakan orangtua sejak tahun 2013 untuk mendapatkan akses dalam mempelajari coding. Saat ini, sudah sekitar 45 juta anak berpartisipasi dalam Hour of Code yang diselenggarakan oleh Code.org.

Misi dari Code.org yaitu mengajar setiap orang untuk belajar ilmu komputer, khususnya pada pemrograman. Selain itu, misi dari Code.org yaitu untuk memperbanyak jumlah anak-anak perempuan serta anak-anak yang berasal dari negara tertinggal untuk bisa mempelajari ilmu komputer.

Itulah beberapa aplikasi coding sederhana untuk murid SD yang bisa dipergunakan di rumah. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat dilihat bahwa ada banyak sekali aplikasi yang dapat membantu murid untuk melatih kemampuan pemrograman sejak dini.

Selain beberapa rekomendasi di atas, adapun beberapa rekomendasi aplikasi coding sederhana lainnya yang dapat digunakan murid yaitu seperti GameStar Mechanic yang terdapat pada website, Move the Turtle yang terdapat pada iOS, Daisy the Dinosaur yang dapat digunakan pada Ipad. Semoga beberapa rekomendasi aplikasi di atas dapat membantu murid untuk meningkatkan kemampuannya dalam menjalankan pemrograman.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.