6 Kemampuan Komputer yang Harus Dikuasai Guru

teknologi 6 Mei 2022

Di era teknologi seperti saat ini menuntut banyak orang untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik, khususnya dalam bidang teknologi agar tidak kalah saing dan tertinggal zaman. Begitu pula dengan guru, di mana guru dituntut untuk memiliki kemampuan penggunaan komputer beserta fitur-fitur yang ada didalamnya untuk memudahkan kegiatan pembelajaran yang lebih maju dan modern.

Komputer sendiri merupakan salah satu perangkat atau komponen yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan belajar mengajar. Ada banyak hal yang dapat dilakukan guru dengan adanya komputer, mulai dari mengajar secara online, mencari materi pembelajaran lebih luas, membuat media pembelajaran yang menarik, dan lainnya.

Dalam komputer sendiri terdapat berbagai aplikasi yang menarik dan bisa dimanfaatkan oleh guru seperti Excel, Microsoft Word, PowerPoint, dan lainnya. Tersebut tentunya akan memudahkan guru dalam mengerjakan tugas, bukan hanya tugas mengajar, tetapi juga menyelesaikan tugas administrasi.

Misalnya ketika guru ingin menjelaskan materi pembelajaran, guru bisa merangkumnya dalam Power Point sebagai media pembelajaran yang lebih menarik. Pada aplikasi ini memungkinkan guru untuk menghadirkan teks bacaan dan visual yang menarik perhatian siswa.

Melalui komputer, guru juga bisa mencari materi pembelajaran yang dibutuhkan seperti jurnal dan lainnya. Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa guru sangat penting memiliki komputer dan kemampuan dalam menggunakannya.

Mengenal Faktor Internal yang Menghambat Siswa Dalam Belajar
Kegiatan pembelajaran harus diperhatikan dengan baik, untuk memastikan siswa bisa memahami dan menerima materi pelajaran dengan optimal.

6 Kemampuan Komputer yang Harus Dikuasai Guru

Umumnya belajar komputer tidak harus ke lembaga kursus komputer, karena saat ini ada banyak platform yang menyediakan pembelajaran untuk menguasai komputer secara otodidak. Guru juga bisa belajar dengan mencoba-coba fitur dalam komputer. Adapun berikut 7 kemampuan komputer yang harus dikuasai guru, yaitu:

1. Internet

Merupakan salah satu sumber informasi utama dalam mencari jawaban. Dengan internet guru akan lebih mudah untuk riset dan mencari jawaban dari pertanyaan yang mungkin tidak ada di buku. Bahkan internet juga menyediakan informasi yang hampir tanpa batasan, banyak jawaban yang sangat dibutuhkan oleh guru ada di internet. Apalagi jika seorang guru ingin membuat makalah, atau jurnal ilmiah internet menjadi solusi terbaik dan sangat bermanfaat. Maka dari itu, guru penting sekali memiliki kemampuan satu ini, karena hal ini termasuk sumber dari informasi apapun. Hal ini akan sangat memudahkan guru dalam mengerjakan, ataupun ingin mencari contoh soal.

2. Microsoft Word

Microsoft Word atau biasa disebut Ms. Word, ini merupakan salah satu aplikasi pengolah kata dan tulisan, bahkan dokumen. Guru akan sangat membutuhkan ini karena akan mempermudah guru dalam hal kepenulisan. Microsoft Word akan mempermudah guru dalam penulisan naskah, laporan, karya ilmiah ataupun soal yang harus dikirim dalam bentuk dokumen. Dengan Microsoft Word, guru cukup mengetik saja tanpa harus menulis secara manual, hal ini akan mempermudah kinerja guru dan membuat guru tidak ketinggalan jaman. Adanya Microsoft Word guru akan dengan mudah mengoreksi kesalahan penulisan, karena jika ada kesalahan penulisan akan muncul garis merah pada bawah tulisan. Hal ini akan memudahkan guru memperbaiki typo dalam beberapa tulisan.

3. Microsoft Excel

Berbeda dengan Microsoft Word yang berhubungan dengan tulisan, Microsoft Excel didesain khusus untuk mengolah data dan angka. Dengan bantuan tabel dan kolom, guru akan dengan mudah dalam pendataan siswa tanpa harus membuat tabel secara manual dengan kertas dan penggaris. Hal ini akan memudahkan guru dalam beberapa hal, seperti pendataan laporan keuangan, laporan kehadiran siswa, laporan absensi, dan lain-lain. Maka dari itu, guru harus memiliki kemampuan satu ini karena akan bermanfaat dalam pekerjaan guru. Dengan begitu guru akan mampu meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pendataan.

4. Microsoft Power Point

Jika di atas adalah Microsoft Word untuk mengolah kata, pada Microsoft Excel untuk mengolah angka dan satu lagi ada Microsoft Power Point.  Apakah Anda tahu, mengapa seorang guru harus menguasai Microsoft Power Point? Karena semakin maju pendidikan saat ini, sistem pembelajaran menggunakan prosesor dan lebih banyak presentasi. Maka dari itu penting sekali guru memahami dan menguasai penggunaan Microsoft Power Point.  Hal ini akan memudahkan guru dalam membuat templat materi untuk presentasi, atau pembuatan slide untuk laporan digital. Pembuatan template presentasi akan sangat mudah jika menggunakan Microsoft Power Point karena sudah memiliki beberapa templat yang bisa digunakan oleh guru.

5. Mencetak file

Mengapa mencetak file juga termasuk dalam kemampuan komputer yang harus dimiliki guru? Karena dalam beberapa kasus guru harus menguasai dan memahami penggunaan dan cara mencetak file. Karena biasanya guru juga diminta untuk mencetak dokumen ataupun file dengan tertulis. Banyak dari beberapa guru diminta mencetak file dengan kertas A4, namun ada yang masih menggunakan setting kertas berbeda. Hal ini akan membuat laporan kurang rapi. Maka dari itu sangat penting seorang guru memiliki ataupun menguasai kemampuan mencetak file.

6. Menguasai cara merawat komputer

Merawat komputer adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki guru, dalam beberapa hal penggunaan komputer sangat bermanfaat untuk pembelajaran. Maka dari itu penting sekali mampu menguasai cara perawatan komputer, karena jika ada kerusakan pada komputer akan memperlambat cara kerja guru. Selain itu juga akan membuat komputer cepat rusak dan tidak dapat digunakan. Hal ini termasuk dalam upaya menjaga dan merawat sarana dan prasarana dari pemerintah, untuk menunjang pendidikan generasi mendatang. Agar pembelajaran tetap berjalan lancar dan sesuai dengan kaidah pembelajaran seharusnya.

Hubungan Keterbelakangan Budaya dan Sarana Kehidupan dalam Permasalahan Pendidikan
Pendidikan adalah hal yang penting bagi suatu bangsa. Kemajuan sebuah pendidikan sangat berpengaruh dalam kemajuan sebuah bangsa.

Itulah 6 kemampuan guru dalam menggunakan komputer atau perangkat yang memudahkan kegiatan pembelajaran yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.