Wajib Baca! Ini Rekomendasi Buku Inspirasi Pendidikan Buat Guru

edukasi 17 Agt 2022

Buku merupakan benda yang tak terlepas dan menjadi rujukan dalam mempelajari berbagai ilmu di segala bidang kehidupan. Seperti kata pepatah, buku sebagai jendela dunia. Dengan buku kita bisa memiliki banyak wawasan, menambah ilmu pengetahuan, mendorong pengambilan keputusan, bahkan mengubah cara berpikir maupun sudut pandang dalam melihat kehidupan.

Berdasarkan KBBI, buku berarti 'lembar kertas yang berjilid, berisi tulisan atau kosong'. Menurut H.G. Andriese, buku merupakan informasi tercetak di atas kertas yang dijilid menjadi satu kesatuan. Dalam bahasa Indonesia, terdapat kata kitab (كتاب), yang merupakan serapan Bahasa Arab. Kitab memiliki arti buku, yang ditujukan kepada sebuah teks atau tulisan yang dijilid menjadi satu.

Dalam dunia pendidikan, buku menjadi sumber belajar utama yang digunakan di sekolah. Sampai kapan pun, buku akan menjadi media belajar penting untuk membantu guru dalam mengajar maupun bagi siswa selaku pembelajar. Buku menjadi media pembelajaran paling efektif yang digunakan di sekolah, entah dalam bentuk cetak atau digital.

Buku bisa dibagi ke dalam beberapa jenis berdasarkan kreativitas dan isinya. Dilihat dari segi kreativitas, buku bisa berupa fiksi atau nonfiksi. Sementara itu, berdasarkan isinya, buku dapat berupa novel, ensiklopedia, antologi, biografi, buku panduan, dan lain-lain.

Rekomendasi Buku Inspirasi untuk Guru

Bagi guru buku yang utama digunakan sebagai referensi dalam mengajar, ialah buku teks pembelajaran. Meski begitu, tidak ada salahnya bahkan direkomendasikan bagi guru untuk membaca buku-buku jenis lainnya. Sebagai contoh, guru dapat membaca buku berisikan tema inspirasi pendidikan. Yuk simak buku berikut ini sebagai rekomendasi inspirasi pendidikan buat guru.

1. Totto-chan karya Tatsuko Kuroyanagi

Buku berjudul Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela merupakan buku dengan genre anak-anak yang ditulis oleh Tetsuko Kuroyanagi. Meski buku ini telah terbit pertama kali cukup lama pada tahun 1981. Namun, buku ini menjadi buku terlaris di Jepang. Kemudian, buku ini diterjemahkan pula dalam berbagai bahasa. Totto-chan mengisahkan tentang nilai pendidikan yang dialami secara nyata oleh Tatsuko Kuroyanagi di Tomoe Gakuen, SD di Tokyo yang didirikan oleh pendidik Sosaku Kobayashi selama Perang Dunia II. Totto Chan merupakan nama panggilan dari si penulis buku.

Kisahnya diawali ketika ibu dari Totto-chan mengetahui kabar bahwa putrinya dikeluarkan dari sekolah negeri. Di sekolah negeri, guru-guru dan kepala sekolahnya mengira Totto-chan anak yang nakal dan sulit diatur. Mereka tidak mengerti cara memperlakukan anak-anak seperti Totto-chan. Ibu Totto-chan menyadari bahwa anaknya membutuhkan sekolah yang tidak membatasi kebebasannya dalam berekspresi. Dia kemudian mengajak Totto-chan untuk menemukan sekolah baru untuknya. Ibu Totto-chan menemukan sekolah baru yang dikepalai oleh pak Kobayashi yang mengelola Tomoe Gakuen. Mulanya ibu Totto-chan merasa khawatir jika di sekolah baru itu respons terhadap putrinya kurang baik sama seperti sebelumnya. Akan tetapi, kedatangan Totto-chan bersama ibunya disambut hangat oleh kepala sekolah.

Penulis lantas melanjutkan kisahnya melalui gambaran peristiwa-peristiwa yang dialami Totto-chan, teman-temannya, pelajaran-pelajaran yang diterima, dan atmosfer hangat yang dirasakan di sekolah barunya itu. Buku ini ditutup dengan peristiwa Tomoe Gakuen yang terkena bom dari pesawat pembom dan sekolah ini tidak pernah dibangun kembali. Peristiwa ini mengakhiri tahun-tahun Totto-chan sebagai murid di Tomoe Gakuen.

Bagaimana Cara Menciptakan Siswa Pembelajar
Rasa ingin tahu inilah yang mendorongnya untuk terus belajar. Belajar mencari tahu tentang jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dari rasa ingin tahunya itu.

Dengan membaca buku ini, kita diajak melihat dari dua sudut pandang, yaitu orang tua dan guru. Sudut pandang orang tua mengenai pentingnya memahami kebutuhan serta potensi  anak dalam belajar. Di sisi lain, dari sudut pandang guru sebagai pengajar juga bisa menerima karakteristik peserta didik yang khas. Dengan demikian, proses pembelajaran bagi anak bisa terasa lebih menyenangkan.

2. Guru Aini karya Andrea Hirata

Buku terbitan tahun 2000 karya Andrea Hirata ini mengambil tokoh seorang pendidik di pelosok daerah bernama Bu Desi. Prekuel dari novel Orang-orang Biasa ini mengisahkan perjuangan guru Matematika untuk mengajar seorang siswa bernama Aini yang memiliki tingkat ekonomi rendah. Namun, ia bercita-cita menjadi seorang dokter agar dapat menyembuhkan ayahnya yang sakit.

Rupanya mengajar Matematika terlebih di sekolah pelosok menjadi tantangan yang tak mudah. Lebih-lebih, pelajaran Matematika kerap dianggap momok menakutkan bagi siswa. Begitu pula saat mengajar Aini, anak yang dikenal memiliki tingkat pemahaman belajar rendah, tetapi semangat juangnya sangat tinggi. Untuk membuat Aini memahami pelajaran yang diberikan, Bu Desi mencoba berbagai cara dan metode belajar.

Buku ini sangat menarik dan inspiratif untuk dibaca guru. Melalui buku ini, kita dapat menemukan ciri khas Andrea Hirata yang menuliskan kisah dengan mengambil latar belakang orang-orang biasa. Inspirasi cerita tersebut bisa ditemukan dalam kehidupan di sekitar kita sangat relevan dan dekat sehingga mudah dipahami. Pembahasan mengenai isu ekonomi rendah dan bidang pendidikan membuat buku ini sangat menginspirasi.

3. Laskar Pelangi karya Andrea Hirata

Laskar Pelangi merupakan buku  karya pertama Andrea Hirata yang diterbitkan pada tahun 2005. Buku ini termasuk best seller yang kemudian dibuat dalam film. Bahkan tercatat sebagai buku sastra Indonesia terlaris sepanjang sejarah. Laskar Pelangi menjadi novel yang menarik perhatian dan minat besar masyarakat karena kisah yang dituturkan didalamnya.

Menceritakan tentang 10 anak dari keluarga miskin yang belajar dalam berbagai keterbatasan, di sebuah sekolah Muhammadiyah (SD dan SMP) di Belitung. Meskipun dekat dengan kemiskinan, mereka tetap semangat dan bersungguh-sungguh dalam mengenyam pendidikan. Bersama Pak Harun dan Ibu Muslimah, mereka dibimbing dengan baik hingga berhasil menumbuhkan cita-cita, harapan, inspirasi serta kreativitas yang membuat orang berdecak kagum.

Cara mengajar yang menyenangkan serta melihat potensi dan minat setiap siswa berdasarkan karakteristiknya menjadi poin penting yang tersirat dalam novel. Pelajaran yang dapat diambil dari Laskar Pelangi ialah bahwa pendidikan yang baik dilakukan dengan ketulusan hati pada anak, bukan sekadar memberikan instruksi. Anak perlu diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi potensinya sehingga bisa dikembangkan menjadi prestasi cemerlang di masa depan.

4. Trilogi Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi

Negeri 5 Menara merupakan buku pertama dari trilogi novel karya Ahmad Fuadi. Buku kedua berjudul Ranah 3 Warna, sedangkan buku ketiga berjudul Rantau 1 Warna. Buku ini menginspirasi karena nilai semangat untuk menuntut ilmu yang dituturkan di dalamnya.

Negeri 5 Menara mengisahkan perjuangan Alif Fikri, pemuda dari tanah Minang yang kemudian merantau ke sebuah pondok pesantren modern di Jawa Timur untuk menuntut ilmu selepas lulus dari Tsanawiyah. Di sana, ia bersahabat dengan lima kawan yang berasal dari berbagai daerah lainnya yang bersungguh-sungguh belajar dan memiliki cita-cita hebat di masa depan. Mereka diajarkan dengan mantra "Man Jadda wajada” yang artinya siapa yang bersungguh-sungguh maka akan berhasil.

Kemudian, buku kedua yang berjudul Ranah 3 Warna melanjutkan kisah Alif Fikri setelah lulus dari pondok. Di buku ini, terdapat kutipan atau mantra inspiratif dalam memperjuangkan impian, yaitu "Man shobara zhafira”. Artinya, siapa yang bersabar akan beruntung. Ini mengisahkan perjuangan Alif untuk bisa melanjutkan pendidikan dan mendapatkan beasiswa.

Buku terakhir dari trilogi Negeri 5 Menara ialah novel Rantau 1 Muara. Setelah berhasil mendapatkan beasiswa dan kuliah di kampus impian, Alif mengenyam pendidikan lebih baik hingga merantau ke luar negeri. Di novel ketiganya ini, penulis melanjutkan mantra berikutnya “Man saara ala darbi washala” yang artinya siapa yang berjalan di jalannya akan sampai di tujuan.

Ketiga buku karya Ahmad Fuadi ini rekomendasi untuk dibaca guru. Perjuangan dalam menempuh cita-cita dan bersungguh-sungguh saat belajar bisa menjadi inspirasi yang dapat dibagikan untuk siswa.

5. Educated (Terdidik) karya Tara Westover

Buku ini mengisahkan perjalanan penulisnya, Tara Westover dalam mengenyam pendidikan. Ia lahir dari keluarga komunitas penyintas di pegunungan Idaho, baru menginjakkan kakinya pertama kali di ruang kelas berusia tujuh belas tahun.

Respon Guru dan Pihak Sekolah terhadap Perubahan Pendidikan
Sekolah dan guru memegang peran penting dalam menghadapi perubahan dalam dunia pendidikan.

Keluarganya sangat terisolasi sehingga tidak ada yang memastikan apakah anak-anak mendapatkan pendidikan, dan tidak ada orang yang peduli saat salah seorang kakak laki-lakinya melakukan kekerasan. Ketika seorang kakak laki-lakinya yang lain masuk perguruan tinggi, Tara memutuskan mencoba kehidupan baru. Pencariannya akan pengetahuan mengubahnya, membawanya melintasi lautan dan benua, ke Harvard dan Universitas Cambridge.

Buku ini menjadi memoar kisah penulis dalam melihat kesempatan akan pendidikan, menghadapi masalah keluarga yang tidak mendukungnya, hingga persoalan psikologis lainnya. Tidak hanya menginspirasi, buku ini mengajak kita untuk melihat sudut pandang kehidupan dari berbagai segi.  

6. Sang Guru karya Haidar Musyafa

Sang Guru merupakan buku novel biografi Ki Hadjar Dewantara karya Haidar Musyafa. Buku ini berisi kehidupan, pemikiran, dan perjuangan beliau dalam mendirikan Taman Siswa.

Memiliki nama asli Raden Mas Soewardi, Ki Hadjar Dewantara merupakan sosok yang terlahir dari keluarga bangsawan Pakualam, Yogyakarta. Asal keluarganya ini membuat beliau memiliki kesempatan mengenyam pendidikan, hingga bertemu dengan kaum cendekiawan lainnya di masa itu. Lika-liku kehidupan beliau dituturkan hingga akhirnya membuat sekolah umum yang juga menerima kalangan biasa/pribumi.

Melalui buku Sang Guru, kita diajak untuk mengenal lebih lanjut kehidupan dan perjuangan bapak pendidikan Nasional ini. Kisah hidup dan nilai yang dituturkan menjadi pelajaran serta inspirasi pengajaran di sekolah.

Itulah beberapa buku rekomendasi inspirasi  pendidikan untuk guru. Kira-kira Bapak/Ibu guru sudah baca yang mana saja?

Insani Miftahul Janah

Trying. Learning. Then Doing.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.