Apa Saja Dampak Peniadaan Ujian Akhir Akibat Wabah Corona

edukasi Jul 02, 2020

Penyebaran virus corona sampai saat ini terus meningkat. Hal ini berpengaruh terhadap berbagai sektor kehidupan negara dalam banyak aspek. Salah satunya yaitu pada sektor pendidikan yang menjadi tolak ukur penilaian kualitas bangsa. Tidak terkecuali dengan Indonesia yang merasakan perubahan tersebut. Semenjak penyebarannya yang begitu masif,pemerintah dan berbagai elemen pemerhati pendidikan ikut andil mengikuti perubahan tersebut.

Salah satunya kejarcita.id yang memberikan solusi untuk perkembangan pendidikan dalam situasi darurat ini.

Sektor pendidikan menjadi salah satu pokok pembicaraan paling utama karena berkaitan dengan masa depan sebuah negara. Walaupun dalam kondisi darurat penyebaran COVID-19 ini, pendidikan tetap harus berjalan dengan baik. Semenjak itulah pemerintah beserta jajarannya yang terlibat dalam mengatasi dunia pendidikan membuat berbagai perubahan pada sistem belajar mengajar. Salah satunya dengan keputusan peniadaan ujian akhir bagi para siswa. Dan pastinya ini akan memberikan banyak dampak baik bagi sekolah maupun siswa itu sendiri.

Peniadaan ujian akhir ini merupakan langkah yang diambil setelah adanya sistem  belajar mengajar yang diliburkan sejak maraknya virus corona di Indonesia. Hal ini dikarenakan untuk memutus rantai covid-19 yang penularannya lebih cepat antar manusia ke manusia. Libur sekolah menjadi alternatif untuk menghindari adanya kerumunan orang yang bisa saling menularkan satu sama lain. Akan tetapi, libur sekolah bukan berarti siswa tidak belajar, karena guru diharapkan untuk memberikan tugas pada siswa.

Perubahan utama yang dirasakan masyarakat Indonesia dalam sektor pendidikan yaitu bagaimana dunia digital bisa dimanfaatkan untuk tetap membimbing siswa dalam memperoleh ilmunya. Seperti kejarcita yang menjadi alternatif terbaik dalam memberikan ilmu-ilmu pengetahuan yang dibutuhkan semua siswa dari berbagai jenjang. Keputusan peniadaan ujian akhir juga tidak boleh menjadikan siswa tidak mendapatkan hak pendidikannya untuk terus menggali kemampuan diri. Siswa harus tetap mendapatkan tambahan ilmu melalui lembaga terpercaya yang menyediakan mentor mentor handal di bidangnya.

kejarcita.id menjadi pilihan tepat sebagai tempat untuk memperoleh tambahan ilmu yang lebih lengkap. Walaupun adanya peniadaan ujian akhir, siswa harus tetap siap dengan berbagai perubahan kondisi akibat virus corona. Oleh karena sistem pendidikan tersebut akan mengalami perubahan kembali jika keadaan sudah mulai membaik. Kemungkinan untuk penundaan ujian akhir atau adanya ujian akhir melalui sistem daring bisa saja menjadi keputusan berikutnya. Sehingga para siswa harus tetap belajar melalui pelajaran-pelajaran yang sudah disiapkan melalui kejarcita ini. Lalu, apa saja dampak peniadaan ujian akhir akibat wabah corona ini?

1. Adanya Kebingungan Menentukan Indikator dalam Penerimaan Siswa Baru

Perubahan pertama yang akan dirasakan oleh semua elemen di bidang pendidikan yaitu mengenai indikator baru dalam penerimaan siswa baru. Tentu ini menjadi hal yang harus dipertimbangkan baik bagi sekolah maupun para siswanya. Dan kementerian pendidikan harus lebih ekstra cepat untuk memberikan solusi terbaik yang bisa diterima oleh semua kalangan pendidikan. Karena jika tidak, maka masa depan siswa akan terbengkalai sedangkan ajaran baru akan segera datang.

Ujian akhir sudah menjadi nilai inti dalam menentukan kelulusan siswa. Di sini siswa bisa melihat seberapa jauh kualitas dirinya dan kemana harus melanjutkan pendidikannya. Hal ini tentu sudah menjadi hal yang biasa sehingga setiap siswa berlomba-lomba untuk terus belajar dalam meraih sekolah favoritnya nanti. Lalu, bagaimana jika indikator kelulusan ini berubah? Tentunya penyesuaian perubahan tersebut juga harus cepat dikomunikasikan kepada setiap siswa dan pihak sekolah.

Walaupun kementerian pendidikan dan kebudayaan sudah mengeluarkan surat edaran darurat dalam menghadapi wabah corona saat ini, tetap saja akan dikembalikan lagi kepada siswa dan sekolah dalam kesiapannya. Penerimaan peserta didik kali ini akan dilihat dari nilai rapot selama lima semester terakhir atau melalui prestasi akademik maupun non akademik siswanya. Dan ini menjadikan tugas sekolah lebih berat dalam melihat kualitas siswanya agar bisa lanjut ke jenjang pendidikan yang terbaik.

2. Adanya Kekhawatiran Orang Tua dalam mempersiapkan Anaknya Ke Jenjang Selanjutnya

Adanya peniadaan ujian akhir juga berpengaruh terhadap orang tua siswa. Tentunya akan muncul berbagai kekhawatiran mengenai kelanjutan pendidikan anak-anaknya. Orang tua menunggu kepastian yang jelas mengenai langkah selanjutnya pendidikan anak mereka. Serta antisipasi yang akan masuk, dan bisa diterima, sehingga pendidikan tidak terbengkalai. Butuhnya sistem pendidikan baru yang universal bagi semua kalangan sehingga dalam mengedepankan hak-hak mereka dalam mendapatkan pendidikan yang layak.

Seperti halnya mengenai sistem penerimaan siswa baru melalui zonasi ataupun dengan penerimaan secara umum tidak akan menjadi kendala apapun. Asalkan semuanya berada dalam aturan yang jelas dan mudah untuk dijalankan. Jika semua ketentuan dan keputusan pemerintah tersebut bisa diterima maka orang tua akan memberikan support yang lebih besar untuk tetap mendorong anaknya melanjutkan pendidikan.

3.  Adanya Perubahan Pola Pikir Terhadap Standar Kelulusan

Segala perubahan akan mudah diterima melalui proses yang tidak cepat. Butuh waktu yang lama agar semuanya bisa diterima oleh semua kalangan. Termasuk dalam dunia pendidikan yang sekarang membutuhkan solusi terbaik ketika adanya peniadaan ujian akhir. Guru dan siswa harus ekstra sabar untuk menghadapi berbagai perubahan yang ada. Mengubah pola pikir akan adanya UN sebagai standar kelulusan menjadi adanya sistem baru yang bisa dijadikan patokan kelulusan. Jika menginginkan perubahan tersebut lebih cepat diterima maka solusinya yaitu membuat keputusan yang lebih mudah dengan aturan yang jelas.

Jangan sampai pemerintah dan jajarannya tidak memberikan ketegasan mengenai langkah terbaik pengganti ujian akhir dalam penerimaan siswa baru. Karena hal ini akan memberikan dampak besar dalam bidang pendidikan. Paling parahnya menimbulkan kebingungan dan kecemasan sekolah dan orang tua.

4.  Semangat Belajar Siswa Bisa Menurun

Adanya peniadaan ujian akhir juga akan berpengaruh terhadap semangat siswanya. Tentunya dikarenakan hal ini sudah menjadi kebiasaan siswa untuk mempersiapkan ujian pada masa pembelajarannya. Siswa sudah diberikan dorongan untuk terus meningkatkan kemampuannya di setiap semester. Hal ini bertujuan untuk mencapai akhir kelulusan saat ujian nasional yang diselenggarakan nantinya. Akan tetapi, karena adanya perubahan secara mendadak ini, sekolah dan pemerintah harus bisa memperhatikan semangat belajar siswa.

Apalagi saat waktu waktu sebelumnya, sistem belajar mengajar secara langsung ditiadakan. Siswa harus belajar di rumah secara online dengan adanya pemberian tugas dari para guru. Entah itu efektif atau tidak, yang jelas bisa mempengaruhi kualitas belajar para siswa tersebut. Untuk itu pentingnya melibatkan berbagai elemen untuk bisa tetap meningkatkan semua siswa dalam urusan pendidikan mereka. Jika tidak ada pemerhati yang jelas, maka masa depan anak bangsa akan terabaikan.

Peniadaan ujian akhir memang menjadi solusi tepat untuk tetap melindungi semua siswa dari penyebaran wabah corona. Sehingga semua orang juga diharuskan untuk terbiasa dengan kondisi yang serba darurat tersebut. Untuk itu saling mendukung satu sama lain adalah jalan keluar yang paling tepat. Salah satunya dengan menyediakan tempat pembelajaran yang nyaman tanpa harus bertatap muka. kerjacita.id memberikan semua kenyamana untuk para siswa agar tetap belajar serta memperoleh semua ilmu pengetahuan yang dibutuhkan. Hal ini bisa tetap menumbuhkan semangat siswa untuk tetap belajar dalam meraih impiannya.

Melalui kejarcita.id ada banyak keuntungan dan kemudahan yang bisa didapatkan para siswa seperti :

-  Adanya materi latihan yang lengkap

Walaupun ujian akhir diadakan, setiap siswa harus tetap belajar untuk bisa mengasah kemampuannya. Melalui kejarcita.id siswa bisa mengikuti berbagai pelatihan soal yang lebih lengkap. Tentunya ini akan lebih memudahkan dalam mengulang semua mata pelajaran yang pernah diajarkan selama sekolah. Dari mulai semester satu sampai semester akhir, semua soal bisa di coba untuk diulang kembali dan dipelajari baik-baik. Jadi tidak akan ada mata pelajaran dan pembahasan yang terlewatkan.

-  Lebih cepat belajar dan hemat waktu

Pembelajaran yang membutuhkan waktu lama biasanya membuat siswa menjadi jenuh dalam belajar. Tentunya hal ini tidak akan dirasakan jika belajar bersama kejarcita,id karena semua soal latihan sudah disediakan dalam pembahasan yang terperinci. Lebih jelas dan singkat namun mengarah pada inti pembahasan yang akan diajarkan. Siswa tidak perlu lagi mencari buku-buku lama dari semester awal. Cukup dengan pembahasan yang telah disediakan, semuanya sudah merangkum berbagai tingkatan. Belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Dan pastinya tidak akan membuat para siswa menjadi cepat bosan.

-  Latihan soal gratis yang bisa diakses semua orang

Tidak perlu takut masalah biaya untuk bisa tetap belajar dengan mudah. Setiap siswa memiliki peluang untuk belajar nyaman saat di rumah bersama tanpa mengeluarkan uang sedikitpun. Dengan memilih latihan soal gratis, banyak sekali ilmu-ilmu yang bisa didapatkan sesuai dengan kurikulum yang selama ini dipelajari selama sekolah. Sehingga tidak akan ada pembeda antara siswa satu dengan yang lainnya. Setiap orang memiliki hak yang sama untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Apalagi saat wabah seperti ini, dimana segala sesuatunya membutuhkan pengertian dari seluruh elemen yang peduli akan pendidikan.

Serunya Berlatih Soal di kejarcita.id Bersama Teman
Anak juga kerap moody ketika diminta untuk belajar, bahkan tidak jarang anak menunjukkan banyak tingkah agar bisa menghindar dari kegiatan belajar. Oleh karena itu, memotivasi anak untuk belajar kelompok bersama teman adalah salah satu pilihan yang cerdas.

-  Lebih mudah untuk bertanya dengan tutor berpengalaman

Jika selama ini siswa tidak bisa mendapatkan pembelajaran dari gurunya, maka beda lagi jika belajar melalui kejarcita.id. Setiap soal latihan yang belum dipahami oleh siswa bisa ditanyakan langsung pada ahlinya. Di sini sudah tersedia guru-guru terbaik yang teruji di bidangnya. Sehingga tidak akan ada lagi kebingungan dalam menyelesaikan setiap soal yang tersedia. Siswa menjadi lebih cepat paham dalam belajar dan mengulang pembelajaran dari awal masuk sekolah. Semua pembelajaran yang sudah dilupakan akan mudah diingat kembali dengan penjelasan yang lebih gamblang dan mudah dipahami.

Menjelaskan Makna Pandemi Virus Corona pada Anak
Anak-anak, terutama anak di usia dini, masih belum paham terkait kondisi yang sekarang menimpa Bumi ini. Mereka tidak mengerti tentang pandemi virus corona jika kita tidak memberikan pemahaman yang baik.

Jadi dampak dari peniadaan akhir ujian memang akan dirasakan semua elemen selama wabah corona ini. kejarcita.id memberikan solusi terbaik untuk tetap meningkatkan kualitas para siswa.  Ini bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan yang tidak ingin dunia pendidikan mengalami kemunduran selama masa wabah berlangsung.

Enni Kurniasih

"Penulis, blogger, pemerhati pendidikan dan parenting"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.