Apa Dampak Ujian Nasional Ditiadakan Bagi Siswa?

edukasi Sep 16, 2020

Secara harfiah, Ujian Nasional (UN) merupakan sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Dengan kata lain, Ujian Nasional merupakan nilai penentu kelulusan siswa selama menjalani pembelajaran di sekolah 6 tahun pada tingkat Sekolah Dasar, dan 3 tahun pada tingkat sekolah SMP dan SMA.

Pada dasarnya penyelenggaraan Ujian Nasional ditujukan guna mengukur pencapaian kompetensi lulusan peserta didik dalam jenjang satuan pendidikan. Ujian ini menjadi hasil dari proses pembelajaran sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Selain itu, hasil Ujian Nasional juga dapat dijadikan acuan sebagai pencapaian hasil belajar siswa di sekolah.

Pada tahun 2020, Ujian Nasional resmi ditiadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal tersebut berkaitan dengan adanya wabah COVID-19 yang dinilai membahayakan siswa apabila UN tetap dilakukan.

Selanjutnya, pada tahun 2021 UN akan diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter, sesuai dengan kebijakan program baru "merdeka belajar dan guru penggerak". Pengganti UN tersebut dirancang khusus sebagai perbaikan mutu pendidikan secara nasional dan fungsi pemetaan.

6 Target Merdeka Belajar untuk Pendidikan Dasar dan Menengah
Seperti yang sudah kita ketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (MENDIKBUD) Nadiem Makarim sedang melakukan upaya besar untuk memperbaiki kualitas pendidikan Indonesia. Salah satu terobosan baru bagi pendidikan Indonesia yang dicetus oleh Nadiem Makarim yaitu “merdeka belajar”.

Ditiadakannya Ujian Nasional bukan hanya memberi dampak pada guru dan sekolah, melainkan pada juga siswa. Dampak yang terjadi pada siswa dibagi menjadi dua, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Lalu, apa saja dampak-dampak tersebut?

Dampak Positif Ditiadakannya Ujian Nasional Bagi Siswa

Setiap kebijakan tentu memiliki dampak positif dan negatifnya tersendiri. Adapun berikut ini merupakan 5 dampak positif ditiadakannya Ujian Nasional bagi siswa, di antaranya yaitu:

1. Mengurangi Beban Pikiran Siswa

Rasa takut, deg-degan, khawatir yang berlebihan hingga stress seringkali muncul pada siswa menjelang Ujian Nasional. Dengan adanya kebijakan Ujian Nasional ditiadakan, maka memberikan dampak positif bagi siswa yaitu mengurangi beban pikiran mereka. Dimana mereka tidak perlu khawatir akan tuntutan nilai atau pencapaian Ujian Nasional.

2. Memberikan Waktu Luang bagi Siswa

Menjelang Ujian Nasional biasanya siswa akan belajar ekstra untuk mencapai nilai tinggi, mulai dari belajar di sekolah, tambahan bimbel di sekolah dan bimbel pribadi. Bahkan mereka sampai mengorbankan hal yang cukup penting untuk terus belajar.

Dengan ditiadakannya Ujian Nasional, maka dampak positif yang didapatkan oleh siswa yaitu waktu luang. Karena siswa tidak akan menjalankan ujian apapun yang akan mengambil waktunya untuk terus belajar. Waktu luang tersebut dapat digunakan siswa untuk mempersiapkan diri masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya.

3. Penilaian Terhadap Siswa Menjadi Lebih Fair

Rasanya tidak fair jika pencapaian atau penilaian siswa selama 3 tahun belajar di sekolah hanya ditentukan dalam 3 hari. Mengingat siswa harus membagi waktu antara belajar dengan kegiatan lain yang terkadang sulit mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Nasional.

Selain itu, pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional hanya beberapa saja. Bagaimana dengan penilaian siswa yang memiliki kemampuan di bidang pelajaran yang tidak diikutsertakan dalam ujian nasional?

4. Memberikan Rasa Keadilan bagi Siswa di Seluruh Indonesia

Dalam pelaksanaan Ujian Nasional, siswa di seluruh Indonesia diberikan bentuk soal yang sama secara nasional. Hal tersebut dinilai tidak bijaksana, mengingat pemerataan pendidikan di Indonesia belum sepenuhnya terealisasi secara kasat mata. Hanya sekitar 30% sekolah yang memenuhi standar nasional.

Hal tersebut tentu dapat menimbulkan rasa ketidakadilan bagi siswa yang belajar dengan sarana dan prasarana yang masih terbatas. Dimana mereka harus bersaing menjawab soal yang sama dengan siswa yang terpenuhi fasilitas pendidikannya dan berstandar nasional. Sehingga dampak positif ditiadakannya Ujian Nasional yaitu memberikan keadilan bagi siswa di seluruh Indonesia.

5. Memahami Makna Belajar Sesungguhnya

Banyak siswa yang masih salah paham dengan makna belajar sesungguhnya. Dimana belajar bukan hanya untuk mendapatkan nilai tinggi atau kelulusan, melainkan proses dimana yang awalnya tidak tahu menjadi tahu, yang awalnya tidak baik menjadi baik serta dapat membedakan antara yang baik dan buruk.

Mindset mengenai cara menilai kemampuan siswa hanya berdasarkan prestasi akademik yang pernah dicapainya saja harus diubah. Hal tersebut akan menimbulkan kekeliruan mengenai hakikat makna belajar. Jangan jadikan ujian nasional sebagai acuan apakah anak tersebut berprestasi atau tidak, dan apakah anak tersebut layak untuk melanjutkan pendidikan ke selanjutnya atau tidak.

Dampak Negatif Ditiadakannya Ujian Nasional Bagi Siswa

Berikut ini merupakan 3 dampak negatif ditiadakannya ujian nasional bagi siswa, di antaranya yaitu:

1. Menurunkan Semangat Belajar Siswa

Salah satu motivasi siswa rajin belajar yaitu untuk mempersiapkan diri dalam melaksanakan ujian nasional dan mencapai target kelulusan mereka. Sehingga pelaksanaan Ujian Nasional ini memberi efek pada siswa untuk semangat siswa belajar berprestasi.

Sehingga dampak negatif peniadaan Ujian Nasional, membuat siswa kehilangan semangat belajarnya. Mengingat siswa tidak mempunyai tantangan untuk kelulusan atau melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Meskipun begitu, siswa harus tetap diberikan latihan soal SD hingga soal SMA untuk mengasah kemampuannya.

2. Siswa Menjadi Acuh Tak Acuh ketika Belajar

Bukan hanya menurunkan semangat belajar, tetapi siswa juga akan menjadi acuh tak acuh ketika sedang belajar. Banyak siswa yang malas belajar dan menganggap bahwa belajar bukanlah hal yang penting, terlebih bila Ujian Nasional ditiadakan. Hal tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dan menyemangati siswa bahwa belajar itu sangat penting, meskipun ada atau tidak ada ujian nasional. Misalnya pada tingkat sekolah dasar, guru tetap bisa memberikan soal HOTS SD. Sehingga anak akan belajar untuk menyelesaikan soal tersebut.

5 Tips Menjadi Guru yang Banyak Disukai Murid
Menjadi seorang guru yang disukai murid di zaman milenial sekarang tantangannya cukup sulit. Ada beberapa tips menjadi guru yang bisa membua muridnya suka.

3. Menyulitkan Siswa untuk Mengenali Potensi Dalam Dirinya

Pasalnya Ujian Nasional bukan hanya dijadikan sebagai standarisasi nasional dalam mengetahui kemampuan siswa, melainkan menjadi tolak ukur kemampuan yang ada dalam pada dirinya. Artinya, melalui Ujian Nasional maka siswa dapat mengenali potensi dalam dirinya, apakah dalam matematika atau berbahasa.

Terlebih bagi siswa SMA yang sudah dibedakan berdasarkan jurusan, di mana dalam pelaksanaan ujian nasional tersebut terdapat satu mata pelajaran wajib yang sesuai dengan jurusannya. Dengan begitu, siswa dapat mengetahui apakah potensinya sesuai dengan jurusan belajarnya selama 3 tahun. Pasalnya hal tersebut penting diketahui guna melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Sehingga, dampak negatif dari peniadaan ujian nasional yaitu siswa akan kesulitan mengenal potensi dalam dirinya dan memetakan kemampuan untuk menentukan pilihan studi selanjutnya.

Itulah dampak positif dan negatif Ujian Nasional ditiadakan bagi siswa. Tentunya kebijakan ini diambil melalui proses yang panjang serta sudah dipertimbangkan dan dipikirkan dengan matang, untuk mencapai tujuan bersama yaitu memajukan pendidikan Indonesia dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Orangtua, siswa, guru dan sekolah harus bekerja sama dengan baik, untuk menciptakan pendidikan yang lebih maju sesuai dengan cita-cita bangsa. Meskipun Ujian Nasional ditiadakan, namun kegiatan belajar mengajar harus tetap aktif dan membuat siswa semangat belajar.

‌‌

Epin Supini

Writerpreuner.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.