Alasan Guru Perlu Memiliki Kompetensi Cakap Media Digital

teaching 19 Nov 2021

Era digital seperti saat ini menuntut setiap orang untuk bisa beradaptasi dengan cepat dan memiliki kemampuan digital yang mumpuni, tak terkecuali guru. Apalagi guru merupakan komponen pendidikan yang utama, di mana sarana prasarana, kurikulum dan komponen pendidikan lainnya tidak berarti apa-apa jika tidak ada gurunya menerapkannya.

Guru adalah tenaga profesional yang membutuhkan berbagai persyaratan untuk menjamin profesinya, persyaratan profesi tersebut pun berkembang sesuai tuntutan zaman. Untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional, diperlukan kualifikasi akademik, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta kompetensi untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Berapa kompetensi yang wajib dimiliki guru mulai dari kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kini harus memiliki kompetensi cakap media digital.

Lantas, apa itu kompetensi cakap media digital, dan mengapa guru harus memilikinya?

Cakap Media Digital

Sistem pembelajaran konvensional tatap muka yang dialihkan ke sistem pembelajaran secara online, membuat kita semua sadar pentingnya penggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan. Untuk mencapai tujuan dan target pembelajaran, maka sistem pembelajaran model tersebut membutuhkan keterampilan dan kecakapan digital bagi guru maupun peserta didik.

Pasalnya, kecakapan digital juga menjadi salah satu tuntutan kompetensi pedagogik seorang guru abad 21, yaitu adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan serta dapat memanfaatkan teknologi dengan baik.

Pengertian kecakapan media digital yaitu pengetahuan atau kecakapan dalam menggunakan media digital, alat komunikasi, atau jaringan, untuk menemukan, menggunakan, membuat informasi, mengevaluasi serta memanfaatkan teknologi dengan bijak, baik, cerdas, cermat dan patuh hukum, dalam hal membina komunikasi serta interaksi di kehidupan.

Pasalnya, adanya teknologi digital dapat mempengaruhi dan membentuk pola interaksi yang semula personal jadi lebih impersonal. Bahkan teknologi digital juga dapat menghilangkan strata sosial, batasan umur, budaya, wilayah dan bahasa, di mana batas antara pengguna dengan teknologi digital membuat pergaulan antara manusia jadi lebih setara. Komunikasi manusia dengan dunia digital semakin intens, hal ini memberikan banyak manfaat sekaligus tantangan.

Cakap media digital bukan hanya harus dimiliki guru, tetapi untuk semua orang dan generasi Indonesia. Hanya saja memang kompetensi ini menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki guru era digital, agar guru bisa membimbing dan meningkatkan kemampuan media digital pada siswa. Tentu akan sulit membimbing dan meningkatkan kemampuan media digital pada siswa, jika gurunya tidak memiliki kompetensi tersebut.

Generasi zaman sekarang tentu memiliki cakap media digital namun masih belum paham dan menguasai kemajuan teknologi dalam kehidupan bermasyarakat. Bahkan sebagian masyarakat Indonesia juga masih sering menyalahgunakan penggunaan teknologi atau internet dengan konten-konten negatif, ditambah minat baca atau literasi yang masih kurang. Alhasil banyak masyarakat yang terjebak berita hoax, tidak mencerna informasi secara utuh, asal membagi informasi ke publik, dan lainnya.

Standar Kompetensi yang Wajib Dimiliki Guru
Keberhasilan proses pembelajaran juga ada di tangan guru, bagaimana mereka bisa membawakan kelas yang interaktif. Guru juga harus memiliki kemampuan kompetensi yang mumpuni.

Mengapa Guru Harus Memiliki Kompetensi Cakap Media Digital?

Menjadi guru memang tidak mudah, ada banyak kompetensi dan persyaratan yang harus dipenuhi, belum lagi tugas guru yang sangat banyak dan berperan penting untuk mencerdaskan anak bangsa. Tugas guru bukan sekedar memberikan dan menjelaskan materi di depan kelas, tetapi mendidik, membimbing, menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan siswa untuk masa depannya.

Di era digital, mungkin Anda akan menemukan berbagai karakter dan kemampuan anak yang luar biasa, karena perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat anak-anak kita belajar lebih mudah dan cepat. Sebagai guru, Anda tidak boleh kalah cepat dengan siswa-siswi, Anda juga harus update dengan perkembangan teknologi saat ini.

Cakap media digital menjadi salah satu kompetensi pedagogik yang harus dimiliki guru. Guru harus bisa memanfaatkan dan menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional dan memasukkannya ke dalam pembelajaran.

Seseorang yang hidupnya selalu mengikuti perkembangan zaman dan up-to-date pada teknologi digital tidak pernah berhenti untuk belajar, dan selalu menyediakan waktu, pikiran, tenaga untuk memahami hal tersebut. Itulah yang seharusnya guru lakukan, yaitu "tidak pernah berhenti belajar".

Lantas, apa alasan kompetensi cakap media digital penting untuk guru?

1. Menghadapi Berita Hoax

Dengan memiliki kompetensi cakap media digital, guru dapat menghadapi berita hoax dan membantu siswa-siswi untuk tidak termakan berita tersebut. Apalagi saat ini banyak berita hoax dan kait pendidikan seperti jadwal masuk sekolah, atau sekolah menjadi cluster penyebaran virus, dan lainnya.

Berita hoax ini tentu harus diperangi bersama, karena sangat merugikan dan memberikan dampak buruk. Oleh sebab itu, sangat penting memiliki kompetensi cakep media digital bagi guru dan siswa.

2. Menciptakan Pola Pikir dan Pandangan yang Kritis

Guru yang memiliki cakap media digital yang baik dapat membantu menciptakan tatanan masyarakat dengan pola pikir yang kritis dan kreatif. Di mana Guru dapat membantu meningkatkan literasi digital kepada siswa dan ilmu tersebut direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga masyarakat juga ikut tertentu agar tidak mudah termakan isu provokatif, korban penipuan, dan termakan berita hoax.

3. Meningkatkan Etos Kerja Keilmuan yang Tinggi

Dengan mengikuti perkembangan teknologi dan cakap media digital maka dapat meningkatkan etos kerja keilmuan yang tinggi, baik pada guru maupun siswa. Hal ini bisa kita lihat sendiri di mana negara-negara maju seperti Jepang, Amerika, Korea, Singapura, dan lainnya terus melahirkan serta mengembangkan teknologi.

4. Pengajar Mendapatkan Bahan Ajar Baru dan Up-to-Date

Di era digital ini, Anda akan mudah mendapatkan materi atau bahan ajar untuk disampaikan ke siswa. Materi pelajaran bukan sebatas pada buku, bisa mencari informasi tersebut di internet. Pasalnya ada banyak bahan ajar yang bisa Anda dapatkan, dan tentunya terbaru atau up-to-date dengan perkembangan ilmu saat ini.

7 Pembelajaran Digital untuk Guru guna Memudahkan KBM
Pembelajaran digital sangat bermanfaat bagi guru dan murid. Inovasi sistem belajar ini memberi ruang & definisi lebih luas dari belajar itu sendiri.

5. Menghindari Miskomunikasi

Dengan kompetensi cakap media digital Anda memiliki kemampuan memahami pesan yang baik, ini membantu Anda menghindari miskomunikasi satu sama lain. Sehingga jika ada informasi yang harus disampaikan kepada rekan guru atau siswa-siswi Anda, Anda bisa menyampaikannya dengan baik dan berkomunikasi secara efektif dengan orang lain dalam berbagai bentuk, baik lisan maupun tulisan.

Itulah beberapa hal mengenai kompetensi cakap media digital yang penting dimiliki guru. Dengan cakap media digital, guru bisa menciptakan, komunikasikan, kolaborasi serta pemanfaatan teknologi untuk mencapai tujuan pembelajaran dan memunculkan kesadaran etika penggunaan teknologi sehari-hari.

Selain kecakapan digital, tenaga pendidik juga perlu memiliki beberapa kompetensi seperti leadership skill atau kemampuan kepemimpinan, komunikasi, kecerdasan emosional, literasi digital, kewargaan global, entrepreneurship, kolaborasi dan kerjasama, problem solving dan critical thinking, dan lainnya.

Menjadi guru memang tidak mudah ya gurucita, maka kuncinya adalah "jangan pernah berhenti belajar!"

Kejarcita: pendidikan berbasis teknologi dan education partner untuk mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang baik dan efektif. Ikuti terus blog.kejarcita.id dan dapatkan informasi seputar pendidikan yang menarik lainnya.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.