7 Tokoh yang Banyak Menginspirasi dalam Dunia Pendidikan

pendidikan 6 Mei 2024

Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan, setiap orang berhak mendapatkan pendidikan tinggi. Tanpa adanya pendidikan, mungkin dunia tidak seperti sekarang, kebodohan masih merajalela dan pengetahuan belum berkembang.

Hadirnya pendidikan yang berkualitas saat ini, tidak lepas dari peran dan perjuangan guru yang terus mendidik atau mengajar siswa-siswanya menjadi orang hebat. Oleh sebab itu, guru disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Guru juga menjadi inspirasi perjalanan ilmu pengetahuan dan pendidikan, serta menjadi tauladan bagi siswa-siswanya. Guru menjadi motivator bagi siswa untuk menjadi orang yang sukses, berakhlak mulia dan ikut memajukan pendidikan di masa depan.

Pendidikan bukan hanya bermanfaat bagi diri sendiri untuk meraih kesuksesan, tetapi juga menjadi aset penting bagi sebuah bangsa, karena dengan pendidikan, masyarakat memiliki pola pikir yang baik, SDM berkualitas dan dapat memajukan bangsa. Oleh karena itu, pendidikan di Indonesia harus diutamakan dan tidak boleh dikesampingkan.

Sejarah Hari Pendidikan Nasional dan Esensinya
Hari Pendidikan Nasional merupakan hari untuk menghargai jasa para pendidik dalam meningkatkan kemampuan pembelajaran anak-anak

Beberapa tokoh terkenal di Indonesia juga ikut berbicara mengenai pendidikan dan menginspirasi dunia pendidikan Indonesia. Beberapa tokoh tersebut berasal dari kalangan tokoh pendidikan, pahlawan, guru, artis dan lainnya.

Peran mereka tentu sangat penting untuk menggerakkan kemajuan pendidikan Indonesia dan memotivasi atau menginspirasi para pelajar di Indonesia untuk mengenyam pendidikan tinggi.

7 Tokoh yang Menginspirasi dalam Dunia Pendidikan

Inspirasi bisa didapatkan dari mana saja, guru yang mengajar di dalam kelas pun dapat menginspirasi siswa untuk memulai kegiatan belajar dengan semangat. Bukan hanya itu, guru juga bisa sedikit menceritakan tokoh terkenal di dunia atau di Indonesia yang bisa menginspirasi siswa dalam dunia pendidikan.

Hal tersebut memberikan semangat dan menyadari siswa pentingnya pendidikan dalam kehidupan. Berikut merupakan 7 tokoh yang menginspirasi dalam dunia pendidikan Indonesia yaitu:

1. Ki Hadjar Dewantara

sumber: Kejarcita.id

Siapa yang tak kenal dengan sosok pahlawan yang berperan penting dalam dunia pendidikan Indonesia ini? Ki Hadjar Dewantara dengan nama asli Raden Mas Soewardi Soejaningrat adalah bapak pendidikan nasional Indonesia. Beliau lahir di Pakualaman, 2 Mei 1889 dan wafat pada di Yogyakarta, 26 April 1959.

Beliau adalah orang yang memperjuangkan kemerdekaan pada zaman penjajahan Belanda yang juga mempelopori pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia. Beliau adalah pendiri Taman Siswa yaitu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi masyarakat pribumi untuk memperoleh hak pendidikan yang layak seperti orang-orang Belanda maupun para priyayi.

Tanggal lahir Ki Hajar Dewantara ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional Indonesia. Semboyannya adalah Tut Wuri Handayani.

Ki Hajar Dewantara memang merupakan sosok yang sudah menginspirasi banyak orang, khususnya para pelajar. Perjuangannya dalam dunia pendidikan harus ditiru oleh anak-anak muda saat ini untuk ikut berperan dalam memajukan pendidikan. Guru bisa membagikan kisah inspirasi Ki Hajar Dewantara sebelum memulai pembelajaran untuk membangkitkan semangat siswa.

2. R. A Kartini

sumber: Kejarcita.id

Pahlawan perempuan Indonesia yang satu ini juga dikenal baik oleh masyarakat karena perjuangannya. R.A Kartini memiliki kepribadian yang baik, semangat memperjuangkan hak, cerdas dan menginspirasi banyak orang.

Raden Ajeng Kartini adalah tokoh pendidikan perempuan di Indonesia. Lahir di Jepara, 21 April 1879 dan tanggal tersebut sekarang menjadi Hari Kartini. Beliau dikenal sebagai seorang tokoh Jawa, Pahlawan Nasional Indonesia, dan pelopor kebangkitan dan pendidikan bagi perempuan pribumi.

R. A Kartini memiliki hobby yaitu membaca dan menulis. Lewat hal ini, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir wanita Eropa.

Setelah itu timbul keinginannya untuk memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya wanita Indonesia. Beliau ingin para perempuan tak sekedar berada di dapur, tetapi juga mempunyai ilmu dan berpendidikan. Sosoknya menyadarkan kita bahwa pendidikan sangat penting bagi setiap orang.

3. Seto Mulyadi

Tokoh selanjutnya bukan dari kalangan pahlawan Indonesia, tetapi beliau banyak menginspirasi dalam dunia pendidikan. Seto Mulyadi atau dikenal dengan Kak Seto awal dikenal karena menjadi pembawa acara berbagai acara TV bertema anak-anak. Pada 2017, Kak Seto mendirikan sekolah alternatif bernama Homeschooling.

Konsep dari Homeschooling adalah sebagai sekolah alternatif dengan sistem pendidikan atau pembelajaran yang diselenggarakan di rumah. Kak Seto memang sejak dulu sudah mencintai dunia anak-anak, sehingga beliau banyak menginspirasi anak-anak untuk meraih pendidikan.

4  Najelaa Shihab

Najelaa Shihab adalah sosok perempuan yang memiliki konsentrasinya ke bidang pendidikan yang besar. Baginya pendidikan adalah kekuatan utama untuk bisa mempengaruhi dan mengubah masyarakat.

Pada tahun 1999, ia mendirikan Sekolah Cikal. Saat ini, organisasi ini punya beberapa tempat belajar dan ada satu yang khusus didedikasikan untuk guru. Najelaa Shihab ikut berperan dalam memajukan dunia pendidikan Indonesia.

5. Butet Manurung

Mungkin beberapa orang belum mengenal Butet Manurung, namun perannya sangat baik dalam memajukan Pendidikan Indonesia. Saur Marlina Manurung atau dikenal dengan Butet Manurung adalah perintis dan pelaku pendidikan alternatif khusus bagi masyarakat terpencil dan terasing di Indonesia. Sekolah pertamanya dibuat untuk Orang Rimba (Suku Kubu) di sekitar Taman Nasional Bukit Dua Belas, Jambi.

Sekolah rintisan pertamanya dibuat untuk memberi pelajaran membaca, menulis, dan berhitung sambil tinggal bersama di daerah tersebut. Setelah menemukan program yang tepat, ia mendirikan Sokola Rimba untuk anak-anak di daerah tersebut.

Sokola rimba berdiri sejak 2003 dan merupakan konsep pendidikan untuk masyarakat adat atau suku terpencil di Indonesia. Sampai saat ini, sekolah rimba sudah berubah menjadi Sokola Institute, dan memiliki 17 program di seluruh Indonesia serta memberikan manfaat kepada lebih dari 15.000 masyarakat adat untuk mengenyam pendidikan formal.

Perannya dalam ikut memeratakan pendidikan ini bisa menjadi inspirasi bagi setiap orang untuk lebih peduli terhadap sekitar, karena pendidikan adalah hak setiap orang.

6. Nila Tanzil

Dulunya Nila Tanzil dikenal sebagai seorang jurnalis dan pembawa acara TV. Setelah berhenti, ia tinggal di Sumbawa dan menemukan ide untuk membangun perpustakaan gratis bagi anak-anak daerah tersebut. Kemudian, akhirnya ia mendirikan Taman Bacaan Pelangi.

Ia ingin membantu kemajuan pendidikan Indonesia melalui perpustakaan gratis tersebut. Ia mendatangkan 2.000 buku yang dibawanya langsung dari Jakarta untuk perpustakaan gratisnya. Sekarang sudah ada lebih dari 30 taman bacaan yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia.

7. Pak Kasur dan Ibu Kasur

Pak Kasur dan Ibu Kasur adalah tokoh legendaris guru di Indonesia. Beliau berdua di Indonesia menjadi pelopor pendidikan prasekolah. Setelah Pak Kasur pensiun pada 1968, diresmikan Taman Kanak-kanak Mini di rumah mereka.

Mengenal Konsep Pendidikan Ala Ki Hajar Dewantara dan Implementasinya
Konsep pemikiran Ki Hajar Dewantara dikenal dengan “Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani.

Selain itu, mereka berdua juga gemar menciptakan lagu anak-anak dan sudah ada sekitar 140 lagu. Lagu ciptaan mereka pastinya tidak asing bagi masyarakat, yaitu “Lihat Kebunku”, “Balonku”, “Dua Mata Saya”, dan lainnya. Lagu anak-anak yang diciptakan oleh Pak kasur dan Ibu kasur juga memiliki arti yang mengedukasi anak-anak. Bahkan lagu-lagu tersebut sering kali dinyanyikan di sekolah SD atau TK.

Itulah 7 tokoh yang menginspirasi dunia pendidikan Indonesia yang bisa Anda ketahui. Tokoh-tokoh tersebut juga bisa menginspirasi masyarakat untuk sadar pentingnya pendidikan.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.