7 Tips Mengoptimalkan Perpustakaan Sekolah bagi Pembelajaran

edukasi 8 Feb 2024

Buku adalah sumber dan gudang ilmu, begitulah ungkapan yang sering Anda dengar di dunia pendidikan. Berdasarkan ungkapan tersebutlah kita bisa mengetahui bahwa peran perpustakaan bagi sekolah begitu penting, karena sebagai tempat atau sumber ilmu, perpustakaan juga merupakan salah satu prasarana pendidikan yang begitu penting untuk dimiliki oleh setiap sekolah.

Namun, bagaimana cara atau tips mengoptimalkan perpustakaan sekolah supaya kegiatan pembelajaran dapat berjalan secara maksimal?

Sebelumnya, apa yang dimaksud dengan perpustakaan? Perpustakaan merupakan suatu tempat untuk mencari informasi, tempat untuk belajar dan juga sebagai sarana edukatif dalam dunia pendidikan.

Pada umumnya, perpustakaan berisi dengan berbagai macam kumpulan buku, baik buku pelajaran, fiksi, non-fiksi. Apabila kita melihat zaman dulu, perpustakaan hanya terdiri dari sekumpulan rak buku beserta meja dan kursi sebagai tempat membaca dan belajar, tetapi kini perpustakaan sudah diubah menjadi lebih modern dan menarik.

Hal ini bisa dilihat dari beberapa perpustakaan yang ada di kota besar, sebagaian dari perpustakaan tersebut sudah mengandalkan komputer sebagai tempat untuk pengisian identitas pengunjung, membantu pengunjung untuk mencari buku yang ingin dicari di perpustakaan tersebut, mencari di mana letak dan stok buku yang dicari di dalam perpustakaan serta terdapat beberapa buku digital yang dapat diaksesn dengan jaringan komputer.

Adapun jenis-jenis perpustakaan yang harus Anda tahu, yaitu sebagai berikut.

Jenis-Jenis Perpustakaan

sumber: https://www.pexels.com/

1. Perpustakaan Nasional RI

Perpustakaan Nasional RI berada di Jakarta, di mana perpustakaan tersebut memiliki jangkauan dan ruang lingkup secara Nasional. Selain itu, Perpustakaan Nasional RI merupakan salah satu Lembaga Pemerintahan Non Departemen yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI.

2. Perpustakaan Umum

Perpustakaan umum merupakan perpustakaan yang bertujuan sebagai lembaga pendidikan untuk masyarakat umum.

3. Perpustakaan Internasional

Perpustakaan Internasional merupakan perpustakaan yang memiliki koneksi menyangkut negara anggora atau negara yang berafiliatsi dengan lembaga dunia. Perpustakaan ini dikelola dan diselenggarakan oleh lembaga Internasional.

4. Perpustakaan Perguruan Tinggi

Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan perpustakaan yang terdapat di Perguruan Tinggi, baik berbentuk Universitas, Sekolah Tinggi, Akademi dan Institut. Adapun fungsi dari perpustakaan ini yaitu untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

5. Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan sekolah merupakan perpustakaan yang berada di sekolah. Perpustakaan ini dikelola oleh sekolah dan dibentuk dengan tujuan sebagai sarana kegiatan belajar mengajar, penelitian dalam skala sederhana, tempat untuk menyediakan bahan bacaan serta sebagai tempat rekreasi sederhana bagi setiap siswa ketika mengalami kejenuhan dalam belajar.

6. Perpustakaan Khusus

Perpustakaan khusus merupakan perpustakaan yang terdapat di lembaga pemerintahan dan swasta. Tujuan dari dibuatnya perpustakaan khusus yaitu sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan instansi induknya.

7. Perpustakaan Pribadi

Perpustakaan pribadi merupakan perpustakaan yang dibuat dan dikelola oleh perseorangan atau orang tertentu. Biasanya perpustakaan ini dibuat oleh para pecinta buku. Tidak ada tempat khusus dalam membuat perpustakaan pribadi, biasanya individu tersebut akan membuat perpustakaan pribadinya di salah satu ruangan khusus yang ada di dalam rumahnya, atau di ruang tamu, atau di tempat lainnya.

Selain itu, bisa dikatakan bahwa perpustakaan pribadi miliki seseorang adalah suatu cerminan dari pribadi pemilik perpustakaan tersebut.

Hal yang Dapat Dilakukan untuk Mengajarkan Menjaga Kebersihan pada Siswa
Diperlukan generasi yang sadar akan lingkungan dan bisa mengajak orang lain untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Guru dan orang tua memiliki peran penting untuk mengajarkan kebersihan lingkungan pada anak sejak dini.

7 Tips Mengoptimalkan Perpustakaan Sekolah  Bagi Pembelajaran

sumber: https://www.pexels.com/

1. Memperhatikan Tata Ruang dan Lingkungan Perpustakaan

Lingkungan yang bersih dan asri adalah salah satu kunci utama yang paling diminati oleh semua orang. Kunci utama ini juga berlaku pada perpustakaan, di mana semakin bersih dan nyaman lingkungan perpustakaan tersebut, maka semakin banyak pula siswa yang akan berkunjung dan betah menghabiskan waktu yang lama di dalam perpustakaan.

Apabila Anda melihat beberapa kondisi yang sering kita temui di beberapa sekolah, tidak jarang kita akan menemui ruangan perpustakaan yang tidak terurus dan jauh dari kata bersih. Nah, kita yang sebagai orang dewasa saja tidak betah untuk tinggal beberapa waktu di sana, lalu bagaimana dengan anak-anak?

Selain keadaan lingkungan yang nyaman, perpustakaan juga harus memperhatikan tata ruangannya. Misalnya seperti letak rak buku, meja dan kursi. Selain itu, usahakan buku yang ada di rak disusun berdasarkan kategori yang sudah ditentukan. Kemudian berikanlah beberapa hiasan dan bunga, agar ruangan perpustakaan lebih berwarna dan hidup.

2. Menetapkan Peraturan dan Tata Tertib

Salah satu tata tertib yang tidak boleh dilupakan yaitu jangan ada kegiatan makan dan minum selama di perpustakaan. Selain menjaga kebersihan, kita juga dapat bersikap waspada terhadap terjadinya kecelakaan kecil yang akan menimpa koleksi buku yang ada di perpustakaan.

Selain itu, akan sangat terganggu apabila ada kegiatan lain yang dikerjakan selain membaca dan belajar di dalam perpustakaan. Sangat tidak efektif dan mengganggu ketenangan pengunjung.

3. Mengetahui Bahan Pustaka atau Buku-Buku yang Dibutuhkan Siswa

Selain itu, usahakan untuk update mengenai buku-buku apa saja yang sedang dibutuhkan siswa. Karena jika koleksi buku di perpustakaan semakin lengkap, maka akan semakin rajin pula siswa berkunjung ke perpustakaan. Dengan begitu, Anda juga dapat meningkatkan literasi bangsa Indonesia.

4. Meningkatkan Mutu dan Kualitas Pustakawan Sekolah

Hal lain yang harus diperhatikan yaitu mutu dan kualitas pustakawan. Bisa dikatakan bahwa lancarnya perpustakaan yaitu karena adanya pustakawan yang bermutu. Berikanlah beberapa pelatihan sebelum benar-benar merekrut pustakawan tersebut.

Ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh pustakawan, yaitu rasa peduli terhadap pengelolaan pustaka di sekolah, peduli terhadap lingkungan sekolah, dan juga mampu bersikap ramah.

5. Dapat Mengikuti Perkembangan Teknologi

Jika kita melihat perkembangan teknologi yang ada di dunia, Anda bisa memastikan bahwa di setiap tahunnya akan ada peningkatan dan perkembangan. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda bisa mengikuti perkembangan teknologi dan tidak mau menutup mata dengan berbagai macam perkembangan tersebut.

Hal ini juga akan berpengaruh terhadap wawasan dan daya pikir siswa. Jika Anda sebagai guru berusaha untuk menutup mata, maka siswa Anda akan mengalami ketertinggalan terhadap dunia luar.

6. Guru Memberdayakan Perpustakaan Sebagai Sarana atau Sumber Belajar

Ada baiknya guru selalu memberdayakan perpustakaan sebagai sarana atau sumber belajar. Dengan begitu mereka tidak hanya terfokus pada buku pelajaran dan internet. Memang benar, dengan menggunakan internet kita bisa mengetahui banyak hal, tetapi ada baiknya kita, sebagai guru tetap mengenalkan berbagai macam buku kepada siswa agar mereka tidak buta terhadap literasi.

5 Kegiatan yang Dapat Menambah Ide Kreatif Guru untuk KBM
Guru harus senantiasa berpikir kreatif demi menunjang suksesnya proses pembelajaran di kelas. Guru perlu melakukan berbagai inovasi terhadap kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilakukan

7. Menumbuhkan Gerakan Hibah Buku

Hal lain yang dapat mengoptimalkan kegiatan pembelajaran yaitu dengan menumbuhkan gerakan hibah buku. Gerakan hibah buku merupakan kegiatan memberikan atau menghibahkan buku-buku yang sudah tidak terpakai, tetapi masih layak untuk dibaca ke perpustakaan yang ada di sekolah.

Dengan begitu, koleksi buku yang ada di sekolah semakin bertambah. Namun, ada hal yang harus diperhatikan, Anda harus menyeleksi buku bacaan yang telah dihibahkan tersebut, apakah cocok untuk dimuat di dalam perpustakaan atau tidak.

Nah, berdasarkan 7 tips mengoptimalkan perpustakaan sekolah bagi kegiatan dan proses pembelajaran, tips manakah yang sudah Anda terapkan? Kemudian, apakah Anda sering ke perpustakaan atau memiliki perpustakaan pribadi di rumah?

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.