7 Strategi Kreatif Pendalaman Materi Kepada Murid

edukasi 29 Mei 2024

Pendalaman materi dalam proses pembelajaran sangat penting. Oleh karena itu, guru perlu membuat beragam strategi kreatif dalam melakukan pendalaman materi kepada murid.

Pentingnya Pendalaman Materi

sumber: https://www.pexels.com

Dalam sebuah proses pembelajaran, khususnya saat akan menghadapi ujian, biasanya sekolah melakukan pendalaman materi. Pendalaman materi ini bertujuan agar murid-murid bisa memahami materi yang disampaikan.

Harapannya, jika murid sudah paham materi pelajaran, maka murid bisa menjawab soal-soal ujian dengan baik. Tak hanya itu, murid pun bisa mengaplikasikan materi yang sudah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Hambatan Pendalaman Materi

Meskipun pendalaman materi ini sangat penting, dalam prosesnya tidak berjalan mudah. Seringkali pendalaman materi ini tidak berjalan lancar. Ini membuat murid-murid tidak bisa menjawab soal-soal ujian dengan baik. Mereka juga tidak bisa mengaplikasikan materi pelajarannya dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa hambatan yang biasanya terjadi saat proses pendalaman materi ini adalah :

  1. Guru kurang bisa menyampaikan materi pelajaran dengan baik
  2. Murid kurang konsentrasi saat mengikuti pendalaman materi
  3. Gaya belajar murid yang tidak cocok dengan metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah
  4. Waktu belajar yang kurang, sehingga proses pembelajaran kurang optimal
  5. Beban belajar yang terlalu banyak, melebihi kemampuan murid
  6. Suasana belajar yang kurang kondusif
  7. Metode pembelajaran yang kurang variatif dan interaktif

Strategi Kreatif dalam Pendalaman Materi

sumber: https://www.pexels.com

Guna mengatasi hambatan-hambatan dalam pendalaman materi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka ada baiknya jika guru memikirkan strategi-strategi kreatif dalam pendalaman materi.

Penggunaan strategi-strategi kreatif ini harapannya bisa menjadi sebuah penyegaran. Biasanya, murid-murid lebih antusias bila bertemu hal-hal yang baru. Antusias ini nanti akan mampu membuat mereka lebih fokus dan semangat lagi saat melakukan pendalaman materi.

Mereview Pembelajaran Dengan Teknik Pomodoro
teknik Pomodoro adalah metode belajar yang menggabungkan antara periode fokus yang intens dengan periode istirahat yang singkat.

Dengan begitu, proses pendalaman materi ini akan berjalan sukses. Murid bisa memahami pelajaran sehingga mampu mengerjakan semua soal ujiannya dengan baik. Mereka juga nantinya bisa mengaplikasikan materi pelajarannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah 7 strategi kreatif pendalaman materi kepada murid yang bisa dilakukan oleh guru.

1. Membuat Peta Konsep

Selama ini, biasanya saat melakukan pendalaman materi, Guru lebih banyak meminta murid membaca buku dan catatan. Nampaknya, beberapa murid tidak bisa optimal melakukan pebelajaran materi seperti ini.

Membaca buku dan catatan yang seringkali banyak, makin membuat murid kesulitan. Mereka makin tidak kosentrasi.

Solusinya, Guru bisa meminta murid membuat peta konsep. Berdasarkan konsep Brain Management, membuat peta konsep adalah cara belajar yang bisa mengoptimalkan kinerja alami otak.

Metode peta konsep ini bisa  membuat kedua belah otak bekerja secara bersamaan, sehingga murid akan lebih mudah memahami konsep yang diajarkan.

Peta kosep bisa dibilang sebagai cara cepat dan sederhana dalam memahami materi pembelajaram.

Melalui peta konsep ini, murid bisa melihat konsep materi secara menyeluruh dengan lebih jelas, melihat keterkaitan antara satu bab dengan bab lain. Pada akhirnya, murid bisa lebih mudah memahami materi.

Apalagi jika murid memiliki gaya belajar visual, peta konsep yang menarik tentu akan membuatnya lebih fokus belajar.

Selain itu, dengan membuat peta konsep, murid-murid juga bisa berkreasi. Ini mengasah sisi kreativitas murid juga.

2. Menonton Video Pembelajaran yang Menarik

Bila dirasa metode ceramah kurang bisa dipahami oleh murid, maka guru bisa melakukan pendalaman materi menggunakan video pembelajaran yang menarik.

Murid-murid biasanya antusias belajar dari menonton video. Guru bisa membuat video yang terkait dengan pendalaman materi. Durasi video tak perlu panjang-panjang, cukup berikan video singkat namun bisa secara jelas membahas materi.

Semakin menarik video pembelajaran yang ditonton oleh murid, semakin mereka antusias dalam menyimaknya, sehingga materi pelajaran bisa dipahami. Proses pembelajaran pun menjadi lebih bermakna dan menyenangkan.

3. Kuis Interaktif

Saat melakukan pembelajaran online, akan lebih baik jika di akhir pelajaran guru memberikan kuis interaktif. Kuis interaktif ini tak hanya bisa mengukur sejauh mana pemahaman murid terhadap materi yang disampaikan saja, tapi juga bisa menjadi proses pendalaman materi.

Guru bisa membuat kuis interaktif melalui berbagai platform kuis online yang sudah ada banyak saat ini. Buat kuis yang didalamnya terdapat pertanyaan-pertanyaan seputar materi pendalaman materi.

Apalagi jika guru juga memberika reward berdasarkan hasil kuis yang sudah dilakukan. Pemenang kuis medapatkan reward, pastinya murid semakin senang dan bersemangat saat melakukan pendalaman materi ini.

4. Problem Based Learning

Problem based learning adalah salah satu strategi kreatif pendalaman materi kepada murid. Strategi ini bisa membuat murid lebih mudah memahami materi pendalaman materi.

Problem based learning ini membuat murid memahami materi dari masalah yang ada disekitarnya. Murid-murid diminta mencari solusi atas masalah yang ditemukannya.

Saat mencari solusi inilah mereka akhirnya melakukan elaborasi dari materi-materi pelajaran yang telah dipelajari. Pembelajaran menjadi lebih aplikatif.

5. Game Based Leraning

Game based learning atau metode pembelajaran gamifikasi menjadi cara yang meyenangkan untuk melakukan pendalaman materi. Belajar sambil bermain adalah hal yang sangat disukai oleh murid-murid. Cara ini juga bisa membuat murid lebih cepat memahami pelajaran.

Lakukan game based learning yang sederhana namun sesuai dengan materi pelajaran. Misalnya, bermain tebak kata, role play, teka-teki dan berbagai cara gamifikasi lainnya.

6. Project Based Learning

Project based learning adalah sebuah metode belajar berbasis proyek. Melalui project based learning ini, murid-murid diminta membuat sebuah proyek atau karya.

Tentunya proyek yang dibuat harus sesuai dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Project based learning menjadi strategi pendalaman materi yang kreatif, dibandingkan meminta murid mengerjakan banyak soal yang belum tentu bisa mereka kerjakan.

Project based learning ini membuat murid tidak hanya menghapal materi saja, melainkan mengaplikasikan materi yang sudah dipelajari. Metode ini membuat pembelajaran menjadi lebih kreatif dan aplikatif.

Beberapa contoh project based learning yang bisa dilakukan misalnya dengan membuat market day, agar murid bisa memahami pelajaran ekonomi dengan baik. Atau membuat pameran seni sebagai pendalaman materi seni yang sudah dipelajari.

7. Focus Group Discussion

Focus group discussion adalah metode belajar dengan cara diskusi kelompok. Guru bisa membagi murid-murid ke dalam kelompok-kelompok belajar. Setiap kelompok diminta berdiskusi masing-masing tema materi pelajaran.

Dengan diskusi ini, murid akan lebih memahami materi pelajaran. Focus group discussion membuat murid ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran bersifat dua arah, sehingga lebih interaktif.

Focus group discussion ini juga mengasah berbagai soft skill yang sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari, mulai dari berani menyampaikan pendapat, kemampuan bekerjasama hingga berpikir kritis.

Pembelajaran Discovery Learning dan RPP Discovery Learning
Discovery learning adalah model pembelajaran yang fokus terhadap pemahaman konsep, arti dan hubungan, melalui proses intuitif untuk mengambil suatu kesimpulan dari materi pembelajaran.

Demikian adalah tujuh strategi kreatif pendalaman materi kepada murid. Harapannya dengan strategi-strategi kreatif ini, pendalaman materi akan berjalan lancar. Murid mampu memahami materi dan berhasil mengerjakan soal-soal ujian. Juga bisa mengaplikasikan materi pelajaran yang sudah didapatkan.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.