7 Rekomendasi Buku Pendidikan Menarik untuk Guru

edukasi 30 Nov 2021

Memilih profesi tenaga pengajar adalah satu keputusan yang luar biasa. Tanggung jawab guru tidak hanya mengajar secara konseptual. Ilmu yang diberikan harus mampu menjadikan peserta didik siap menjalani kehidupan yang begitu kompleks. Jadi, tidak heran jika guru dituntut untuk memiliki pengetahuan yang sangat luas, open minded, dan menjadi panutan yang baik untuk muridnya.

Guna memenuhi tuntutan-tuntutan tersebut, maka membaca adalah salah satu hal yang wajib bagi guru. Jangan berharap Anda dapat sharing ilmu dengan tepat tanpa punya kebiasaan membaca yang baik. Oleh karena itu, bacalah buku yang menunjang terhadap proses belajar mengajar sebagaimana yang akan kami rekomendasikan dalam artikel ini. Namun sebelum itu, Anda perlu untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya membaca.

Pentingnya Membaca Bagi Guru

Menumbuhkan minat membaca memang tidak instan jika tidak didukung dengan lingkungan dan circle yang positif. Namun apabila Anda dapat menaklukkan banyak buku untuk meningkatkan kualitas diri, maka metode mengajar Anda bisa menjadi lebih efektif dan tepat sasaran. Berikut ini alasan mengapa guru harus aktif membaca.

1. Buku adalah Sumber Pengetahuan

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa membaca buku memperkaya wawasan. Tidak hanya di artikel ini, di berbagai literatur pun berulang kali ditegaskan bahwa membaca adalah kebutuhan dalam belajar banyak hal. Anda akan lebih mudah dalam mengatasi problem belajar di dalam kelas yang berkaitan dengan merujuk pada banyak referensi. Tidak hanya untuk kebaikan murid, membaca buku juga sangat bermanfaat untuk diri Anda sendiri.

2. Membaca Membantu Guru Menjadi Bijak

Selain membuat guru semakin cerdas dan berwawasan luas, membaca juga dapat membentuk kepribadian yang lebih baik. Salah satunya adalah menjadi bijak dalam menghadapi masalah di sekolah. Baik masalah dengan murid, maupun dengan sesama guru. Hal itu karena di dalam buku, Anda akan menemukan banyak cerita dan insight baru yang tidak diajarkan di bangku pendidikan.

3. Mendorong Semangat Mengajar

Dengan buku bergenre fiksi yang diangkat dari kisah nyata, Anda akan melihat betapa masih banyak di luar sana yang belum beruntung. Melihat akses terhadap pendidikan yang belum merata serta ketertinggalan yang dialami para guru di daerah pelosok. Anda juga bisa terinspirasi dari perjuangan guru yang kreatif dalam membuat metode ajar. Dorongan semangat belajar akan muncul dari cerita-cerita tersebut.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Poin ini sangat penting dalam karir seorang guru. Daya ingat yang kuat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar. Dalam kehidupan sehari-hari pun di luar sekolah, hal ini sangat menguntungkan. Sebagaimana yang disebutkan dalam The Best Brain Possible, manfaat membaca buku adalah meningkatkan daya ingat pembaca. Neurobiologis yang ada dalam otak mencerna gambar maupun ucapan yang keluar ketika seseorang membaca. Bagian otak yang berperan dalam mengatur bahasa dan penglihatan melakukan teamwork agar pembaca lebih mudah mengingat apapun yang telah dibacanya.

Buku-Buku Pilihan untuk Guru Bertema Pendidikan

Setelah tahu mengenai pentingnya membaca buku bagi seorang pengajar, kini Anda harus tahu dan membaca tuntas buku-buku berikut ini!

1. Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela

Novel Jepang karya Tetsuko Kuroyanagi ini sangat menginspirasi dalam hal pendidikan. Kisah nyata yang tertuang di dalamnya adalah perjalanan dari penulisnya sendiri. Pencarian sekolah yang tepat di masa kecilnya begitu unik dan seru. Selain itu juga ada momen menyedihkan yang sangat menyayat.

Dalam buku Gadis Cilik di Jendela, diceritakan bahwasanya Totto-chan dipertemukan dengan satu sekolah yang dapat membuatnya enjoy untuk belajar. Sebelumnya, ia dikeluarkan dari sekolah lamanya karena sikap Totto-chan yang dianggap nakal. Ia punya kebiasaan duduk di dekat jendela dan melakukan sesuatu yang disukainya namun membuat jengkel guru yang sedang mengajar.

Perjuangan mama Totto-chan dalam mencari tempat belajar yang cocok akhirnya berlabuh pada sekolah bernama Tomoe Gakuen. Sekolah yang terbentuk dari 6 gerbong kereta dengan berbagai kegiatan menarik di dalamnya. Jadi pastikan Anda membacanya hingga tuntas!

2. Sokola Rimba

Kemudian rekomendasi berikutnya adalah Sokola Rimba yang juga merupakan sebuah novel dari kisah nyata. Dalam buku ini Anda tidak hanya menemukan fakta-fakta pendidikan, namun juga belajar tentang budaya masyarakat Rimba. Masyarakat yang berada di tempat terpencil dan belum banyak mendapatkan akses pendidikan secara layak.

Catatan perjalanan seorang antropolog dan dan pecinta alam selama mengajar orang Rimba memberikan sudut pandang baru untuk para guru. Namanya adalah Butet Manurung yang juga merupakan penulis dari buku ini. Tentu sangat tidak mudah dan penuh dengan pelajaran berharga. Apabila Anda merasa ingin menyerah untuk mengajar, maka cobalah untuk membaca kisah ini. Hal itu agar semangat berbagi ilmu tumbuh kembali.

3. Guru Aini

Nah, buku ini cocok sekali untuk Anda yang sedang berjuang mengajarkan ilmu matematika yang seringkali dianggap sulit. Pengorbanan dan perjuangan seorang guru bernama Desi serta siswa bernama Aini dalam mencintai Matematika menjadi kisah yang menarik. Aini yang terlahir dari keluarga tidak mampu sangat termotivasi untuk menaklukkan matematika. Tujuannya adalah untuk menjadi seorang dokter agar bisa menyembuhkan ayahnya yang sakit bertahun-tahun. Buku ini juga menunjukkan bahwa ilmu apapun yang dianggap sulit seperti matematika akan tetap bisa dipahami dengan metode yang tepat. Jadi, jangan lelah untuk bereksperimen seperti yang dilakukan oleh Ibu Desi, guru Aini.

4. Pendidikan Karakter di Era Milenial

Selanjutnya beralih pada buku-buku non-fiksi. Buku ini menjadi penting untuk dibaca karena guru punya peran dalam membentuk karakter siswa. Apalagi di era sekarang yang sudah jauh berbeda dengan zaman dahulu. Murid-murid milenial dan generasi Z butuh metode pembelajaran yang lebih atraktif, luwes, dan menyenangkan. Guru harus menggunakan pendekatan personal agar pendidikan karakter yang disampaikan lebih mudah diterima. Bagaimana caranya? Silahkan baca buku menarik karya Adi Suprayitno dan Wahid Wahyudi ini!

5. Psikologi Pendidikan

Menjadi satu kesatuan ketika mempelajari tentang karakter siswa dengan meningkatkan pentingnya psikologi pendidikan. Buku ini akan memberikan banyak sekali insight baru untuk Anda. Memahami kognitif siswa, menciptakan ruang belajar yang positif dan suportif adalah keharusan. Dalam karya Mahsup dan Yunita Septriana Anwar, dijelaskan beragam komponen yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak. Dengan begitu Anda dapat menjadikannya acuan untuk bisa lebih dekat dengan siswa.

6. 100 Ide untuk Guru SD: Menarik Partisipasi Orangtua

Kemudian saran buku yang bagus untuk dibaca adalah buku ini. Keterlibatan orangtua sangat dibutuhkan dalam proses perkembangan pendidikan anak. Meskipun sudah ada guru yang mengajar di sekolah, namun tetap saja orangtua juga berperan untuk mendukung belajarnya. Di buku ini, Anda akan menemukan banyak strategi untuk menarik partisipasi wali siswa dengan lebih praktis. Jangan biarkan Anda bekerja sendiri, karena hal tersebut tidak mungkin optimal untuk memberikan pendidikan berkualitas.

7. Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia

Dalam buku Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia, pembaca ditunjukkan beragam problem yang terjadi dalam pendidikan negara kita. Sistem yang dijalankan, tujuan yang dicanangkan serta berbagai aspek lain yang butuh perbaikan. Sebagai guru, anda tentu juga harus menyadari akan hal itu. Berusaha membuat perubahan meskipun tidak drastis namun bertahap menjadi lebih baik. Oleh karena buku karya Haidar Bagir ini wajib masuk list bacaan Anda!

Menjadi guru tidak hanya mengajar, namun juga terus belajar bersama peserta didik. Dan dengan membaca lah proses belajar mengajar itu akan lebih mudah. Semoga 7 rekomendasi buku tentang pendidikan di atas membuat Anda semakin tergerak untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Miela Baisuni

Freelance content writer & social media specialist, traveller.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.