7 Platform untuk Membuat Media Pembelajaran Interaktif yang Mudah bagi Guru

edukasi 20 Feb 2021

Seorang pendidik memiliki tugas utama untuk menyampaikan materi dan informasi kepada peserta didik secara efektif. Agar proses pembelajaran efektif dan bisa menarik perhatian murid diperlukan berbagai macam persiapan dan juga kreativitas para guru.

Salah satu cara adalah dengan menyiapkan dan mengembangkan media pembelajaran yang cocok dengan materi dan karakteristik peserta didik.

Adapun media pembelajaran yang disiapkan untuk pembelajaran di era digital saat ini tentu saja perlu juga disesuaikan dengan tren dan perkembangan pembelajaran. Sehingga diperlukan kreativitas dari guru dalam mengembangkan sebuah media pembelajaran agar menjadi menarik dan interaktif.

Saat ini ketika proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh, maka media pembelajaran yang populer digunakan adalah multimedia interaktif seperti video pembelajaran, games digital, buku digital, power point dan lainnya.

Untuk mengembangkan dan menyiapkan multimedia pembelajaran yang baik tentu saja selain membutuhkan keterampilan juga memerlukan aplikasi dan software yang berfungsi sebagai alat untuk mengembangkan media pembelajaran tersebut.

Berikut ada beberapa daftar aplikasi dan software yang bisa dicoba oleh Anda untuk mengembangkan multimedia pembelajaran khususnya yang berbasis digital.

1.  Canva

Canva merupakan salah satu aplikasi pengolah grafis atau visual yang populer digunakan saat ini. Canva merupakan aplikasi pengolah grafis berbasis cloud sehingga apabila ingin digunakan Anda harus terhubung dengan internet.

Sebagai pendidik Anda bisa memanfaatkan Canva untuk keperluan desain visual media pembelajaran Anda, seperti membuat infografis, rangkuman materi, worksheet, brosur, poster, template presentasi, thumbnail YouTube dan kebutuhan grafis sederhana lainnya.

Membuat desain visual di Canva juga semakin mudah karena setiap tipe desain dikelompokkan berdasarkan kategori masing-masing. Terdapat setidaknya tujuh kategori yaitu media sosial, dokumen, personal, pendidikan, marketing, event, dan iklan.

Anda bisa langsung menggunakan aplikasi ini melalui website canva.com atau melalui aplikasi mobile-Nya yang tersedia di playstore dan apple store. Ingat, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi ini.

Kelebihan: 1). tampilan antarmuka sederhana; 2). Memiliki ribuan template; 3). Tidak perlu diinstal di komputer; 4). Menghemat pemakaian ruang penyimpanan; 5). Bisa digunakan melalui smartphone.

Kekurangan: 1). Tidak bisa diakses tanpa koneksi internet; 2). Tidak bisa eksport file sumber; 3). Tidak bisa eksport file dengan latar belakang transparan (fitur premium); 4). Tidak bisa export file GIF dan video ( fitur premium).

2.  Powtoon

Powtoon merupakan aplikasi presentasi dan video animasi interaktif. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk kebutuhan media pembelajaran seperti presentasi, video animasi, infografis bergerak, dan lainnya. Dengan menggunakan Powtoon penjelasan konsep materi Anda bisa lebih jelas dan bisa mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan indera.

Powtoon memiliki beragam fitur dan template yang akan membantu memudahkan proses pembuatan media pembelajaran. Anda bisa menambahkan character, text effect, animation, link, background, dan lainnya. Anda juga bisa sekaligus menggerakan karakter dan teks sesuai kebutuhan dengan hanya memilih effect dan pose yang tersedia.

Setelah mengedit Anda bisa langsung mempublikasi ke YouTube, Facebook dan lainnya. Anda juga bisa menyimpan atau export dalam beberapa format lainnya seperti MP4, PDF, dan PPT.

Anda bisa menggunakan Powtoon langsung dari web powtoon.com atau melalui aplikasi mobile-Nya.

Kelebihan: 1). Bisa membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif; 2). Penggunaanya yang praktis; 3). Memiliki karakter dan animasi yang menarik; 4). Menstimulus berbagai indera (penglihatan dan pendengaran); 4). Dapat digunakan dalam kelompok besar dan kolaboratif; 5). Dapat memberikan feedback.

Kekurangan: 1). Durasi yang terlalu singkat; 2). Proses pembuatan harus terhubung dengan internet; 3). Tidak bisa diberi musik latarbelakang; 4). Membutuhkan kreativitas lebih agar hasilnya lebih menarik.

5 Tips Agar Guru Selalu Tampil Menarik Ketika Video Call dengan Kelas
Pada pembelajaran secara online melalui video call dapat membantu guru menjadi semakin kreatif dalam menciptakan proses pembelajaran yang menarik. Selain itu siswa pun akan mampu memupuk rasa mandiri dalam mencari materi yang akan dipelajarinya.

3.  Prezi

Prezi merupakan aplikasi (software) untuk membuat dan mengelola presentasi secara online. Prezi memiliki kemiripan dengan aplikasi powerpoint maupun google slide.

Salah satu fitur utama yang dimiliki Prezi yaitu menggunakan Zooming User Interface (ZUI), yang memungkinkan Anda untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi secara fleksibel dan dinamis. Anda juga memiliki pilihan untuk membuat presenteasi dengan mode linear. Mode linear memiliki karakteristik slide yang berurutan.

Prezi dapat digunakan secara online maupun secara offline. Untuk akses online Anda bisa langsung mengunjungi prezi.com, sementara untuk akses offline Anda perlu menginstall masternya terlebih dahulu.

Fitur utama prezi diantaranya Prezi Present(untuk presentasi), Prezi Video (untuk video interaktif), dan Prezi Design(untuk desain). Dengan menggunakan prezi diharapkan bisa membuat kbm online Anda menjadi lebih menarik dan interaktif.

Kelebihan: 1). Tampilan tema dan templateyang lebih variatif dibandingkan PPT; 2). Lebih menarik dan interaktif karena menggunakan teknologi ZUI; 3). Lebih mudah dalam membuat animasi; 4). Kualitas pembelajaran lebih baik dan sistematis.

Kekurangan: 1). Terlihat monoton karena hanya menggunakan teknologi ZUI; 2). Instalasi dan penggunaan aplikasi membutuhkan koneksi internet; 3). Sulit memasukkan simbol matematika.

4.  Sparkol VideoScribe

Merupakan software presentasi video white board dengan menggunakan animasi tulisan tangan dengan latar belakang seperti papan tulis. Sparkol mampu menjadi alat pengembangan media pembelajaran yang interaktif karena memiliki kombinasi animasi dan template yang menarik.

Anda bisa menggunakan software ini secara online melalui videoscribe.co maupun secara offline. Untuk penggunaan gratis Anda diberi waktu percobaan selama 30 hari dan setelah itu diharuskan menggunakan versi berbayar. Terdapat banyak aset animasi, gambar, ikon, dan efek yang bisa membantu mempercantik dan memperjelas informasi Anda.

Kelebihan: 1).Memiliki aset gambar dan animasi yang beragam; 2). Tampilan antarmuka yang sederhana; 3). Bisa Memasukan musik dan voice over sebagai backsound dari sparkol maupun musik pilihan sendiri; 4). Dapat di export dengan format mp4 dan wav serta bisa langsung dipublikasi di media sosial.

Kekurangan: 1). Untuk memperoleh akses dan fitur penuh perlu berlangganan; 2). Perlu spesifikasi komputer / laptop yang baik agar tidak lambat dan bemasalah saat mengedit.

5.  Lectora

Merupakan software dan tool pengembangan e-learning. Lectore bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan pembelajaran terkhusus untuk pembuatan presentasi, kuis, bahkan game pembelajaran berbasis flash. Anda bisa menyisipkan video, gambar, game, soal-soal evaluasi, lembar tes, dan lainnya secara mudah.

Ketika menginstall Lectora sudah disertai dengan aplikasi pendukung seperti Camtasia (merekam layar), flypaper (menggabungkan gambar dan animasi) dan snagit (print/capture layar monitor).

Dengan menggunakan Lectora Anda dapat membuat media pembelajaran e-learning menjadi menarik. Anda bisa membuat materi presentasi, menambah contoh latihan soal, memasukkan gambar dan video, serta lainnya.

Kelebihan: 1). Mudah dipakai oleh siapapun 2). Multifungsi, yaitu bisa digunakan untuk membuat website, konten E-Learning, kuis, lainnya; 3). Menyediakan banyak library template, clipart dan efek; 4). Bisa dipublikasi dalam berbagai format gambar, audio dan video; 5). Ada fitur khusus membuat games berbasis flash yang disertai fitur evaluasi.

Kekurangan: 1). Membutuhkan spesifikasi komputer/laptop yang lumayan bagus; 2). Media pendukung cukup mahal; 3). Efektivitas penggunaan media tergantung materi dan penyaji.

6.  Sigil

Merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mengelola buku digital (ebook). Aplikasi ini selain gratis juga memiliki fitur yang lengkap. Anda bisa mengembangkan ebook yang menarik agar siswa lebih termotivasi dalam membaca.

Sigil merupakan salah satu Epub (electronic Publication) yang banyak digunakan karena mudah digunakan. Sigil juga mendukung beragam format seperti teks, gambar audio dan video yang bisa disisipkan dalam buku digital agar menjadi lebih interaktif. Format yang didukung juga sangat lengkap seperti Epub, HTML, dan lainnya.

Anda bisa memasukkan materi, kuis, video, audio, latihan soal SD dan jenjang di atasnya, serta konten lainnya dalam buku digital Anda agar lebih menarik.

Sigil bisa diakses melalui aplikasi dekstop, browser dan perangkat mobile. Anda bisa membuka output ebook melalui berbagai macam aplikasi pembaca buku digital.

Kelebihan: 1). Mendukung berbagai macam format; 2). Output bisa dibaca pada banyak platform (mobile dan desktop); 3). Open Source;4). Mudah digunakan dan bisa mengubah tampilan layar kerja; 5). Memiliki fasilitas terjemahan; 6). Publikasi yang mudah dan murah dan bersifat protable.

Kekurangan: 1). Masih sering terjadi bug dan masalah pada aplikasi; 2). Mudah disebarluaskan sehingga rentan terjadi penyalahgunaan hak cipta; 3). Butuh dukungan perangkat gadget yang memadai.

7.  Wondershare Filmora

Merupakan aplikasi editing video yang mudah digunakan bagi pemula namun memiliki fitur yang lengkap. Anda bisa menggunakan aplikasi ini utnuk mengedit media video pembelajaran Anda agar lebih menarik.

Filmora memiliki beragam template, efek animasi serta transisi yang keren dan menarik yang bisa digunakan secara gratis. Tampilan Filmora juga sederhana sehingga mudah digunakan. Output video di filmora  juga sudah mendukung beragam format. Filmora tersedia untuk versi gratis dan berbayar. Anda bisa akses dan unduh aplikasi ini melalui filmora.wondershare.com.

Kelebihan: 1). Memiliki tampilan sederhana dan mudah digunakan; 2). Ringan dan tidak mudah crash; 3). Banyak fitur, template, dan plugin gratis; 4). Mendukung banyak format output video; 5). Tersedia tutorial video lengkap; 6). Tersedia versi mobile dengan nama Filmora Go.

Kekurangan: 1). Berbayar jika ingin mendapatkan fitur penuh; 2). Kurang fleksibel dan kustomisasi dibandingkan premiere pro; 3). Membutuhkan spesifikasi PC/Lapotop yang bagus; 4). Template, efek, plugin, transisi, dan lainnya perlu diunduh lagi.

7 Tips Mengembangkan LKPD yang Menarik untuk PJJ
Lembar kerja murid (LKPD) merupakan salah satu sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif antara guru dan murid

Itu dia tadi rekomendasi beberapa aplikasi/software yang bisa dicoba oleh Anda untuk mengembangkan multimedia pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.

Jangan lupa untuk mencoba aplikasi di atas dan buatlah media pembelajaran Anda lebih menarik agar bisa disukai oleh para murid. Selain bisa menarik perhatian siswa dengan adanya media pembelajaran yang interaktif juga akan mampu meningaktan efektifitas dan kualitas pembelajaran Anda, lho.

Afandi Madjid

Educational Technology & Content Developer

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.