5 Tips Agar Guru Selalu Tampil Menarik Ketika Video Call dengan Kelas

edukasi Feb 15, 2021

Wabah Covid-19 yang sudah berjalan selama 8 bulan terakhir ini  telah berdampak pada berbagai sektor kehidupan, seperti ekonomi, sosial, termasuk pendidikan. United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) pun menyatakan bahwa wabah virus corona telah berdampak terhadap sektor pendidikan. Di seluruh dunia, hampir 300 juta peserta didik terganggu kegiatan sekolahnya dan terancam berdampak pada hak-hak pendidikan mereka di masa depan.

Di Indonesia sendiri, dunia pendidikan ikut merasakan dampaknya. Jika kondisi seperti ini terus berlarut, bisa dipastikan dampaknya terhadap sektor pendidikan juga akan semakin meningkat. Dampak yang paling dirasakan adalah peserta didik dan instansi penyelenggara pelayanan pendidikan, seperti sekolah di semua tingkatan, lembaga pendidikan nonformal hingga perguruan tinggi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun mengeluarkan kebijakan memperpanjang waktu pelaksanaan belajar dari rumah. Ini membuat kegiatan belajar mengajar semua jenjang dilakukan di rumah peserta didik masing-masing. Guru melakukan proses belajar mengajar melalui media daring (online) dan menutup sementara sekolah dari aktivitas belajar mengajar.

Video Call Sebagai Metode KBM Online

Salah satu metode belajar yang digunakan saat KBM online adalah melalui video call. Video membuat guru dan murid bisa berinteraksi secara langsung meskipun melalui perantara daring. Beberapa platform yang digunakan untuk melakukan video call antara lain Zoom, Google Classroom, WhatssApp dan lain sebagainya.

Pada pembelajaran secara online melalui video call dapat membantu guru menjadi semakin kreatif dalam menciptakan proses pembelajaran yang menarik. Selain itu siswa pun akan mampu memupuk rasa mandiri dalam mencari materi yang akan dipelajarinya.

Siswa dan guru dapat berinteraksi secara langsung dan membantu siswa agar aktif berbicara, meskipun melalui video conference. Secara tidak langsung siswa akan mengembangkan kemampuan verbalnya dengan baik dan benar.

Oleh karena itu jika ingin pembelajaran menggunakan video call berjalan lancar, guru perlu melakukan beberapa persiapan, antara lain :

1. Workplace atau tempat kerja harus dibuat senyaman mungkin dan pastikan kebersihannya.

2. Persiapkan alat atau perangkat teknologi dengan lengkap yaitu laptop, HP, speaker, earphone, mouse, atau beberapa hal lain yang anda butuhkan.

3. Koneksi internet yang bagus adalah kunci kesuksesan video conference agar dapat berjalan dengan lancar.

4. Gunakan jam  sekolah untuk melakukan video conference yang bersifat formal.

5. Membuat bahan pembicaraan yang relevan dan membatasi pembahasan sehingga dilakukan dengan efektif dan efisien.

6. Menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan santun sehingga memupuk komunikasi yang baik antar guru dan siswa.

7. Berpenampilan menarik seperti layaknya mengajar di kelas.

Tips Agar Video Call dalam KBM Online Berjalan Efektif

Pembelajaran menggunakan video call tidak hanya butuh kelancaran saja. Guru juga harus memastikan bahwa video call bisa berjalan secara efektif, sebagaimana belajar di kelas pada umumnya. Ada beberapa tips agar video call dalam KBM online berjalan efektif, yaitu :

1. Persiapkan Materi Pembelajaran Anda

Sebelum menjadwalkan untuk kelas online persiapkan dengan baik materi yang hendak Anda berikan kepada peserta didik. Anda bisa gunakan format Powerpoint untuk memudahkan dalam penyampaiannya. Selipkan materi disertai gambar ataupun ilustrasi agar lebih mudah dipahami oleh anak didik Anda. Gunakan fitur screen sharing di aplikasi vicon untuk membagikan materi Anda kepada seluruh peserta.

2. Tentukan Jadwal Kelas Online Anda

Tidak semua siswa memiliki fasilitas jaringan internet yang baik. Oleh sebab itu alangkah lebih baik jika Anda sudah menginformasikan jadwak kelas online Anda jauh-jauh hari, agar orang tua murid maupun siswa dapat melakukan persiapan. Bagikan link tautan kelas online anda melalui group Whatsapp kelas agar semua bisa mengakses link tersebut.

3. Siapkan Peralatan Pendukung Video Conference

Siapkan peralatan pendukung seperti webcam atau kamera dengan kualitas yang bagus dan gunakan mic eksternal jika perlu. Atur pencahayaan dan lokasi video conference agar anak didik Anda dapat dengan jelas mengikuti percakapan Anda.

4. Ajak Anak Didik Anda untuk Aktifkan Tampilan Video Conference

Walau dengan tatap muka virtual, Anda tetap dapat mengawasi konsentrasi anak didik Anda pada materi yang Anda berikan. Bagi kelas baru, tatap muka virtual juga akan mempercepat Anda untuk mengenali semua anak didik Anda.

5. Satu Waktu Paralel Beberapa Kelas Secara Bersamaan

Jika Anda memiliki banyak kelas dan murid, pilih aplikasi vicon yang mendukung untuk melakukan parallel conference dalam waktu yang bersamaan. Jika tidak Anda akan terkendala dengan jadwal dan giliran guru kelas lain jika Anda hanya gunakan satu akun saja. Pastikan Anda cermati fitur ini sebelum memilih untuk menggunakan layanan berbayar.

6. History Participant Sebagai Pengganti Absensi

Fitur history participant akan secara otomatis mengumpulkan daftar peserta yang ikut dalam video call Anda. Anda tidak perlu lagi mengabsen satu-satu murid Anda untuk daftar presensi. Atau bisa juga membuat absensi dengan bantuan google formulir. Link google formulir bisa dibagikan pada fitur chat saat melakukan video call.

Tips Agar Guru Selalu Tampil Menarik Ketika Video Call dengan Kelas

Penampilan guru menjadi salah satu elemen penting saat proses KBM online melalui video call. Saat mengajar dengan video call, hendaknya guru berpenampilan menarik seperti saat mengajar di depan kelas. Berikut adalah 5 tips yang bisa dilakukan agar guru selalu tampil menarik ketika video call dengan kelas.

1. Cahaya alami

Penataan cahaya bisa membuat suasana jadi berbeda. Manfaatkan cahaya alami matahari yang ada di rumah. Pilih sudut rumah dengan pencahayaan yang cukup atau dekat dengan jendela. Usahakan agar cahaya jatuh di wajah Anda dan jangan sampai Anda memunggungi masuknya cahaya dari jendela.

2. Kenali sudut terbaik

Angle atau sudut kamera selama video call sangat menentukan penampilan Anda. Saat Anda sedang berada dalam obrolan resmi yang berhubungan dengan pekerjaan, cukup tampilkan wajah hingga bagian atas tubuh.

3. Latar bersih

Saat berkomunikasi via video call, orang kerap melupakan apa yang ada di belakangnya. Untuk komunikasi secara profesional, penting untuk memastikan latar obrolan. Latar belakang yang berantakan akan menimbulkan impresi buruk dari rekan bicara anda, dalam hal ini adalah para siswa.

4. Riasan praktis

Saat video call jangan lupa menggunakan riasan praktis, bagi guru perempuan.  Kunci untuk menimbulkan impresi baik saat video call adalah bagian mata, bibir, dan pipi.

Tonjolkan mata indah Anda dengan memperindah bulu mata. Gunakan penjepit bulu mata dan sedikit maskara. Sedangkan untuk bibir, cukup gunakan lip tint atau lipstik berwarna nude. Pilih warna yang mendekati tone warna kulit agar tidak terlihat menor. Agar wajah terlihat segar, sapukan blush on.

Fitur WhatsApp Yang Sangat Berguna Untuk KBM Online
Selama pandemi, KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dilakukan secara online. KBM online berjalan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, salah satunya menggunakan aplikasi WhatssApp atau yang lebih sering disebut WA.

Sedangkan bagi anda yang laki-laki, jangan lupa menyisir rambut anda. Anda boleh mengaplikasikan minyak rambut agar rambut anda tertatat rapi.

5. Perhatikan busana

Busana yang baik akan membuat Anda merasa baik dan terlihat sedap dipandang. Saat melakukan video call pastikan anda selalu menggunakan seragam kerja anda. Ini membuat anda terlihat sebagaimana proses pembelajaran di kelas.

5 Strategi Penyampaian Materi yang Lebih Menyenangkan Saat KBM Daring Selain Ceramah
Banyak penelitian menyebutkan, siswa akan belajar lebih baik ketika dia terlibat aktif dalam proses belajar daripada hanya pasif mendengarkan ceramah. kami akan membagikan 5 Strategi penyampaian materi yang efektif selama pembelajaran daring.

Demikian tips yang bisa anda lakukan agar memiliki penampilan yang menarik saat melakukan pebelajaran via video call. Semoga tips ini membantu anda agar mengajar secara efektif menggunakan video call.

Dian Kusumawardani

"Ibu rumah tangga yang suka menulis dan juga seorang konselor menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.