7 Penugasan Kreatif kepada Siswa dengan Memanfaatkan Media Sosial

edukasi 18 Mar 2022

Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan banyaknya jaringan sosial yang tumbuh saat ini memberikan banyak manfaat bagi penggunanya, termasuk dalam dunia pendidikan. Seperti yang diketahui, semakin hari pengguna media sosial semakin meningkat, mereka berasal dari berbagai kalangan, termasuk para pelajar.

Media sosial mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, YouTube dan lain sebagainya telah cepat masuk ke dalam bagian kehidupan manusia sehari-hari. Salah satu alasan banyak orang yang menggunakan media sosial yaitu karena memiliki banyak manfaat, mulai dari sebagai media hiburan, berbagi, dan mencari informasi serta berinteraksi dengan orang lain.

Lebih dari itu, media sosial juga bisa digunakan sebagai bagian dari aktivitas pembelajaran. Mengingat banyak pengguna internet yang yang berasal dari kalangan pelajar dan guru, hal inilah yang mempengaruhi cara belajar mengajar.

Jika Anda memiliki akun media sosial, begitu pula dengan siswa-siswa Anda, cobalah buat inovasi baru dengan memberikan tugas yang melibatkan kegunaan media sosial. Tujuannya agar tugas lebih bervariatif dan siswa juga tarik mengerjakannya. Bukan hanya itu, cara ini juga bisa mengajak siswa bahwa media sosial harus digunakan sebaik mungkin.

Alasan Mengapa kejarcita.id Jadi Pilihan yang Tepat Sebagai Aplikasi Belajar
Kejarcita.id merupakan salah satu edutech terbaik untuk guru dan murid. Kehadirannya memberi inovasi dalam dunia pendidikan. Kamu bisa memanfaatkannya dimanapun dan kapanpun.

7 Penugasan Kreatif kepada Siswa dengan Memanfaatkan Media Sosial

Mungkin selama ini siswa merasa bosan dan jenuh jika hanya diberikan tugas melalui buku, seperti menulis atau mengerjakan soal di buku lalu dikumpulkan. Oleh sebab itu, sebagai guru, Anda harus lebih kreatif untuk memacu semangat belajar siswa.

Jika kebanyakan siswa Anda adalah pelajar milenial yang mengikuti perkembangan teknologi komunikasi dan media sosial, tak ada salahnya jika Anda mencoba melibatkan media sosial dalam memberikan tugas.

Mungkin hal ini terdengar asing dan jarang ada yang mencoba sebelumnya. Jika Anda masih bingung harus memberikan tugas seperti apa, yuk simak 7 penugasan kreatif dan inovatif pada siswa dengan memanfaatkan media sosial yang bisa Anda lakukan, di antaranya yaitu:

1. Membuat Karya Tulis yang Diunggah di Facebook

Saat ini sudah banyak platform yang tersedia untuk menulis berbagi informasi atau sekedar bercerita, seperti blog atau website. Namun, jarang pelajar yang bermain blog atau website, karena dinilai cukup sulit. Tapi, bagaimana dengan media sosial Facebook? Pasti hampir semua remaja milenial memilikinya.

Pasalnya, Facebook menjadi salah satu media sosial yang memiliki jutaan pengguna dari seluruh dunia. Di sini pengguna bisa menuliskan informasi atau apapun serta memanfaatkan fitur menarik lainnya. Anda bisa memanfaatkan Facebook sebagai media pengumpulan tugas siswa.

Beri siswa tugas membuat karya tulis seperti puisi, cerpen, biografi, dan lainnya, lalu unggah di akun Facebooknya masing-masing. Hasilnya, Anda bisa langsung melihat tulisan siswa dan menilainya tanpa harus mengumpulkan buku. Sebelum memberi tugas, pastikan Anda telah berteman dengan akun Facebook siswa-siswa Anda.

2. Tugas Prakarya; Membuat Kerajinan yang Divideokan dan Diunggah ke Tiktok

Salah satu aplikasi yang sedang booming dan populer digunakan banyak orang, khususnya remaja dan anak muda yaitu aplikasi TikTok. TikTok merupakan aplikasi video singkat yang berasal dari Negeri Jiran. Di sini, para pengguna bisa membuat kreativitas video ditambah musik yang menarik.

Anda bisa memberikan tugas pembuatan video singkat kreatif bagi siswa, misalnya membuat kerajinan. Biasanya anak-anak milenial senang diberikan tugas seperti itu, apalagi jika mereka sering bermain TikTok. Semakin kreatif kerajinan dan video yang dibuatnya, semakin bagus nilai yang Anda berikan.

3. Membuat Film Pendek Diunggah ke YouTube

Jika selama ini, penugasan drama dilakukan secara langsung di kelas atau di lapangan sekolah, Anda bisa memberi tugas pembuatan film pendek pada siswa lalu diunggah ke YouTube. Tugas ini mungkin bukanlah hal baru, mengingat di YouTube juga sering ditemukan banyak video film-film pendek karya siswa-siswa Indonesia dari berbagai sekolah.

Anda bisa membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, lalu berikan tema film yang harus dibuat. Jangan memberi tema film yang terlalu berat dan memakan waktu banyak, karena hanya akan membebani siswa. Biarkan siswa Anda menentukan tema film pendek yang dibuat bersama kelompoknya sendiri.

Adapun aspek penilaiannya bisa dilihat dari kekompakan, ketepatan waktu mengunggah tugas, kreativitas siswa, dan nilai moral yang ada dalam cerita tersebut.

7 Cara Menciptakan Lingkungan Belajar yang Berpihak pada Siswa
Bagaimana cara menciptakan lingkungan belajar yang bagus untuk perkembangan anak dan bisa meningkatkan semangat siswa dalam belajar?

4. Live Presentasi lewat Instagram

Instagram memiliki fitur live atau siaran langsung. Hal ini bisa Anda jadikan inspirasi untuk memberikan tugas kepada siswa, misalnya live presentasi melalui Instagram. Presentasinya tetap dilakukan di sekolah, namun siswa juga live di akun instagramnya, lalu dimasukkan dalam IG TV.

Cara ini juga bisa memancing siswa untuk memberikan hasil presentasi yang bagus dan maksimal, karena akan di-upload di sosial media mereka.

5. Tugas Bahasa Inggris; Story Telling

Tugas yang bisa Anda beri kepada siswa selanjutnya yaitu story telling. Tugas bahasa Inggris ini dapat melatih kemampuan berbicara siswa menggunakan bahasa Inggris, kepercayaan diri siswa dan ekspresi mereka membawakannya. Anda bisa meminta mereka untuk story telling di depan kamera, lalu videonya diunggah ke media sosial seperti YouTube, Instagram atau Facebook.

6. Tari Tradisional

Ketika memberi tugas praktik tarian tradisional, Anda bisa menyuruh siswa untuk menari di depan kamera lalu di-upload di sosial media, seperti Instagram, YouTube atau TikTok. Mereka bisa memilih tarian tradisional apa yang ditunjukkan.

Pasalnyam tak sedikit anak-anak muda yang menampilkan tarian tradisional bagus di akun sosial medianya. Cara ini juga menjadi salah satu upaya promosi budaya Indonesia.

7. Membaca Puisi

Jika Anda merupakan guru bahasa Indonesia dan ingin memberi tugas praktik membaca puisi, Anda bisa menyuruh siswa untuk mengumpulkan media sosial. Siswa dapat membaca puisi sekreatif mungkin tanpa terhalang waktu dan bisa ditambahkan dengan musik agar semakin menarik.

Itulah 7 penugasan kreatif pada siswa dengan memanfaatkan media sosial yang bisa Anda lakukan. Anda bisa berinovasi lagi untuk menciptakan tugas yang lebih menarik.

Pemanfaatan media sosial sebagai pengumpulan tugas dapat melatih kepercayaan diri siswa, di mana hasil kerja mereka bisa dilihat banyak pengguna yang bukan hanya teman-teman kelas mereka saja, tetapi pengguna media sosial lainnya.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.