7 Manfaat Disiplin dalam Kegiatan Pembelajaran

teaching 7 Apr 2024

Sikap disiplin adalah salah satu sikap yang harus dimiliki oleh setiap orang di manapun ia berada, baik dalam kehidupan sehari-hari, pekerjaan ataupun saat belajar di sekolah. Disiplin sangat dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran dan harus dimiliki oleh setiap warga sekolah, baik siswa, guru kepala sekolah ataupun staf-staf di sekolah.

Dalam pengaplikasiannya, disiplin berguna untuk mengukur kemampuan seseorang dalam mentaati aturan penting di sekolah untuk stabilitas kegiatan belajar mengajar.

Guru memiliki peran penting untuk menanamkan sikap disiplin pada siswa sejak dini. Hal ini berguna untuk masa depan mereka dan membentuk karakter yang tangguh, bertanggung jawab, tertib dan bisa diandalkan bagi seluruh pihak.

Disiplin dalam etika dan kesopanan juga menjadi salah satu hal yang penting yang harus ditanamkan kepada siswa. Apalagi di zaman sekarang ini etika dan kesopanan mudah luntur akibat pengaruh teknologi yang semakin mudah diakses.

Guru juga wajib memiliki sikap disiplin untuk mengefektifkan kegiatan pembelajaran sekaligus memberikan contoh yang baik kepada siswanya. Adapun contoh sikap disiplin guru yaitu tepat waktu masuk ke kelas, menepati janji, mentaati tata tertib sekolah dan lainnya.

7 Manfaat Disiplin dalam Kegiatan Pembelajaran

sumber: https://www.pexels.com/

Jika siswa dan guru sudah memiliki sikap disiplin yang baik maka proses pembelajaran akan berjalan dengan lancar dan efektif serta tujuan pendidikan bisa tercapai dengan baik sesuai yang diharapkan. Lantas apa saja manfaat sikap disiplin dalam kegiatan pembelajaran di sekolah? Berikut 7 manfaat lainnya, yaitu:

1. Lebih Siap dalam Banyak Hal

Berperilaku disiplin dalam kegiatan pembelajaran akan membuat Anda lebih siap dalam banyak hal. Misalnya, saat ada kuis atau ulangan dadakan Anda akan lebih siap, karena sudah mempersiapkan materi sebelum itu. Anda tidak akan kaget jika ada hal yang mendadak di luar rencana.

Hal ini akan mempermudah kegiatan pembelajaran. Begitu pula dengan siswa yang disiplin, di mana mereka akan lebih siap menghadapi hal-hal yang dinilai dadakan seperti ulangan harian dadakan tes lisan dan lainnya.

Tugas Eksperimen Sosial yang Bisa Guru Berikan kepada Siswa
ekperimen sosial digunakan untuk mengetahui bagaimana efektifitas sebuah program atau kebijakan yang ada di masyarakat

Sikap disiplin membantu guru dan siswa mempelajari materi yang akan dibahas di dalam kelas dengan matang, sehingga mereka memiliki bekal untuk mengikuti pembelajaran tersebut.

2. Percaya Diri

Guru yang disiplin berarti telah siap melakukan tugas sebagai seorang guru, sehingga mereka memiliki kepercayaan diri yang baik dalam mengajar di kelas. Begitu pula dengan siswa yang memiliki perilaku disiplin dan rajin akan lebih percaya diri dalam banyak hal.

Karena siswa yang disiplin selalu mempersiapkan terlebih dahulu sebelum ada kemungkinan yang terjadi, seperti ulangan mendadak. Siswa yang disiplin akan lebih percaya diri karena ia sudah belajar sebelumnya.

Dalam hal ini kedisiplinan sanggatlah penting dalam kegiatan pembelajaran. Karena kedisiplinan sangat berkaitan dengan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini juga akan membuat siswa berperilaku jujur dalam segala hal, karena ia memiliki percaya diri yang tinggi.

3. Menumbuhkan Kepekaan Terhadap Orang Lain

Seseorang yang berperilaku disiplin akan lebih peka terhadap orang lain, karena seseorang yang disiplin tidak akan segan membantu orang yang kurang paham. Saling membantu siswa yang kurang paham, hal ini akan membuat suasana pembelajaran lebih efisien.

Guru tidak perlu kebingungan karena harus menjelaskan berkali-kali. Karena adanya siswa yang disiplin akan sangat membantu guru dalam menjelaskan pada teman sebayanya. Maka dari itu ini adalah salah satu manfaat disiplin dalam kegiatan pembelajaran.

4. Membantu Perkembangan Otak

Perilaku yang disiplin dalam pembelajaran dapat membantu perkembangan otak, karena perilaku disiplin akan mempengaruhi cara kerja otak. Dengan berperilaku disiplin siswa akan lebih pandai dan cerdas dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini termasuk dalam manfaat disiplin dalam kegiatan pembelajaran.

Begitu pula dengan guru, disiplin dapat membantu guru lebih bersinergi, fokus dan konsentrasi dalam mengerjakan tugasnya. Sehingga hasil pekerjaan yang anda lakukan akan memuaskan dan optimal.

5. Menumbuhkan Rasa Aman dan Nyaman

sumber: https://www.pexels.com/

Kegiatan pembelajaran yang kondusif adalah impian semua guru dan murid, dengan menerapkan kedisiplinan dalam pembelajaran akan memudahkan dalam menimbulkan rasa aman dan nyaman. Rasa aman dalam pembelajaran dapat timbul di saat semua menerapkan perilaku disiplin dalam pembelajaran.

Dengan berperilaku disiplin akan membuat suasana kelas kondusif dan berjalan lancar. Hal ini akan menumbuhkan rasa aman dan nyaman pada semua warga sekolah.

6. Melatih Keterampilan dalam Lingkungan Sosial

Nah, salah satu manfaat disiplin tidak hanya dalam pembelajaran, tetapi juga memiliki manfaat dalam lingkungan sosial siswa. Dengan menanamkan perilaku disiplin siswa akan lebih terampil dilingkungan sosial. Sangat pentingnya kedisiplinan karena akan bermanfaat untuk pribadi dan orang lain.

Kedisiplinan di lingkungan sosial bisa diartikan sebagai disiplin dalam memahami karakter orang yang berbeda-beda. Karena lingkup lingkungan sosial tidak hanya sekolah saja, akan tetapi ada lingkungan sosial lain seperti rumah, dan masih banyak lagi.

Dengan menanamkan perilaku disiplin akan membuat siswa lebih aktif di lingkungan sosialnya, karena disiplin harus menjadi adat istiadat yang tertanam dalam diri siswa.

7. Menjadi Siswa Berprestasi dan Teladan

Bagi siswa yang berperilaku disiplin kebanyakan akan menjadi siswa teladan dalam lingkungan sekolah, karena bukan hanya teladan. Banyak siswa yang menerapkan perilaku disiplin biasanya pandai dalam mata pelajaran.

Hal ini termasuk dalam salah satu manfaat disiplin dalam kegiatan pembelajaran. Siswa yang disiplin akan menghargai waktu, selain itu juga akan lebih aktif dalam kelas.

Karena mereka merasa bahwa kedisiplinan itu perlu, untuk menggapai apa yang mereka impikan. Siswa yang disiplin banyak sekali yang menjadi teladan bagi teman-temannya.

Bukan Hal Tabu, Ini Implementasi Sex Education untuk Siswa SMP-SMA
Melalui sex education, para siswa bisa mengetahui anatomi tubuhnya. Mereka bisa paham bagaimana tubuh mereka berubah ketika masa pubertas

Begitu pula dengan guru yang disiplin akan menjadi teladan dan contoh yang baik untuk siswa-siswinya sehingga mereka mengikuti perilaku disiplin yang ditunjukkan oleh gurunya. Bahkan tak menutup kemungkinan kedisiplinan tersebut menjadi contoh untuk guru yang lain. Ini bisa menjadi awal untuk menumbuhkan sikap disiplin kepada warga sekolah.

Itulah 7 manfaat sikap disiplin dalam kegiatan pembelajaran yang bisa anda ketahui. Dengan membiasakan diri untuk lebih disiplin juga akan membantu Anda dalam menjalankan pekerjaan dan diterima di kehidupan bermasyarakat. Anda akan lebih bertanggung jawab dan menaati tata tertib yang berlaku.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.