7 Ide Mata Pelajaran Olahraga yang Bisa Dilakukan saat Mengajar Kelas Online

kesehatan 29 Okt 2021

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020, membawa perubahan besar dalam segala bidang kehidupan. Masyrakat pun harus beradaptasi dengan kebiasaan baru 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun, dan Menjaga Jarak). Pemerintah pun mengeluarkan kebijakan untuk diam di rumah demi menekan penyebaran virus yang masih belum ada obatnya ini.

Kebijakan diam di rumah, membuat masyarakat harus melakukan aktivitas dari dalam rumah. Mulai dari berbelanja dari rumah, bekerja dari rumah hingga sekolah dari rumah. Semua aktivitas-aktivitas tersebut dilakukan secara online. Gawai dan internet adalah alat pendukung utama dalam semua aktivitas online tersebut.

Ketika sekolah dari rumah, pembelajaran dilakukan secar online. murid-murid belajar dengan masuk kelas online. Kelas online ini dilakukan dengan bantuan aplikasi video konferensi seperti Zoom maupun Google Meet. Dengan aplikasi video koonferensi ini, guru dan murid tetap bisa saling berinteraksi meski sebatas layar.

Semua pelajaran disampaikan oleh guru melalui kelas online ini. Termasuk pelajaran olahraga. Memang ada tantangan tersendiri bagi guru olahraga untuk mengajar di kelas online.

Hal ini adalah wajar, sebab biasanya pelajaran olahraga identik dengan kegiatan bergerak di luar ruangan. Lalu kini saat kelas online, pelajaran olahraga dilakukan melalui video konferensi dan dari rumah masing-masing.

Hal yang Perlu disiapkan untuk Pelaksanaan Olahraga

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan agar pelaksanaan pelajaran olahraga berjalan lancar meski disampaikan melalui kelas online. Beberapa hal yang perlu disiapkan adalah :

· Keterlibatan orangtua

Sebagaimana dengan pembelajaran mata pelajaran lainnya, saat belajar online seperti ini diperlukan keterlibatan orangtua. Termasuk saat belajar pelajaran olahraga.

Saat kelas online, orangtua menjadi patner guru dalam memfasilitasi proses belajar anak-anaknya. tak terkecuali saat belajar mata pelajaran olahraga.

Keterlibatan orangtua saat belajar mata pelajaran olahraga di kelas online dapat dilakukan dengan cara mendampingi dan memberi contoh.

Berolahraga di rumah tentu berbeda dengan olahraga saat di sekolah. Orangtua bisa menggantikan guru untuk memberikan contoh gerakan olahraga yang sebelumnya sudah dicontohkan oleh guru.

Atau bisa juga dengan mendampingi saat kelas online mata pelajaran olahraga berlangsung. Didampingi untuk memantau apakah gerakan olahraga yang dilakukan anak sudah benar atau belum.

· Manfaatkan teknologi

Kelas online pelajaran olahraga bisa berjalan baik dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Agar bisa berinteraksi seperti saat olahraga di sekolah, gunakan aplikasi video konferensi untuk kelas online olahraga. Pilih aplikasi yang mudah digunakan, seperti Zoom atau Google Meet.

Pastikan juga saat kelas online berlangsung, sinyal internet aman terkendali. Hal ini untuk mencegah terjadinya buffering saat kelas online berlangsung.

· Ajarkan pola hidup sehat

Pelajaran olahraga tidak hanya seputar gerakan saja. Pelajaran olahraga juga bertujuan menanmkan pola hidup sehat. Saat kelas online mata pelajaran olahraga berlangsung, selalu ingatkan murid-murid untuk melakukan pola hidup sehat. Mulai dari disiplin melakukan protokol kesehatan, istirahat yang cukup hingga makan makanan dengan gizi seimbang setiap hari. Menjaga pola hidup sehat itu penting. Apalagi di tengah pandemi seperti ini.

· Sediakan perlengkapan olahraga

Namanya juga pelajaran olahraga, pasti membutuhkan perlengkapan olahraga. Minta murid menyediakan alat olahraga saat berolahraga di rumah. perlengkapan sederhana saja, agar tidak merepotkan murid dan orangtua murid.

7 Cara Guru Manajamen Kelas
Manajemen kelas harus dilakukan dengan baik, untuk menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan lancar.

Beberapa alat olahraga yang harus disiapkan saat pelajaran olahraga adalah baju olahraga, sepatu olahraga, matras, bola, barbel dan tali skipping.

· Berolahraga dengan menyenangkan

Jangan lupa untuk selalu berolahraga dengan menyenangkan. Ini semua agar murid-murid tetap semangat dan bahagia saat olahraga dari rumah. Agar suasana olahraga menyenangkan, guru bisa memutar lagu-lagu hits yang riang. Dengan begitu, murid-murid akan bersemangat saat berolahraga. Mereka pun bisa berolahraga dengan menyenangkan.

· Tetap lakukan pemanasan dan pendinginan

Meski kelas mata pelajaran olahraga dilakukan secara online, jangan lupa untuk tetap melakukan pemanasan dan pendinginan saat berolahraga. Lakukan pemanasan sebelum berolahraga. Kemudian akhiri pelajaran olahraga dengan melakukan pendinginan. Pemanasan dan pendinginan ini berfungsi untuk mencegah cidera saat berolahraga.

7 Ide Mata Pelajaran Olahraga Kelas Online

Lalu bagaimana cara berolahraga secara online? Olahraga apa yang bisa dilakukan guru saat mengajar di kelas online? Berikut adalah 7 ide mata pelajaran olahraga yang bisa dilakukan saat mengajar kelas online.

1. Jogging

Guru bisa mengajak murid-murid jogging di rumah. Bisa di halaman atau di salah satu ruangan di rumah. Jogging adalah olahraga yang mudah dilakukan. Jogging memiliki manfaat besar dalam menjaga bentuk tubuh. Dengan melakukan jogging maka lemak dan kalori pada tubuh bisa terbakar.

2. Senam lantai

Ajak murid-murid melakukan senam lantai di rumah. Lakukan gerakan senam lantai yang sederhana saja, tanpa menggunakan alat. Cukup menyediakan matras saja.

Beberapa gerakan senam lantai tanpa alat yang bisa dilakukan di rumah adalah push up, sit up, plank, brige, jumping jack, guling ke depan, guling ke belakang dan lain sebagainya.

Senam lantai ini tidak hanya baik untuk menjaga kebugaran tubuh, tetapi juga bisa melatih fokus dan didiplin murid-murid.

3. Senam aerobik

Selain senam lantai, pelajaran olahhraga secara online bisa dilakukan dengan senam aerobik. Senam aerobik adalah jenis olahraga yang mengharuskan semua tubuh bergerak. Dampaknya, setiap sendi dan bagian tubuh akan mengalami peremajaan. Tubuh pun menjadi bugar.

Ajak murid-murid melakukan senam aerobik saat kelas online pelajaran olahraga. Jangan lupa putar lagu-lagu hits dengan tempo yang cepat dan irama yang gembira.

4. Angkat beban

Angkat beban adalah salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan saat kelas online mata pelajaran olahraga. Minta murid menyediakan barbel dengan beban yang sesuai. Melakukan olahraga angkat beban ini membuat tubuh sehat sekaligus membentuk otot.

5. Yoga

Yoga bisa menjadi pilihan olahraga yang dilakukan saat kelas online. Minta murid menyiapkan matras. Saat mengajak murid-murid berolahraga yoga, pilihlah gerakan yang sederhana.

Lakukan gerakan yoga untuk pemula. Contohnya dengan fokus pada pelatihan postur dan teknik bernafas, sehingga tidak perlu mencoba gerakan yang terlalu rumit dahulu. Supaya aman melakukan yoga di rumah.

6. Lompat tali (skipping)

Lompat tali adalah olahraga yang cukup mudah untuk dilakukan di rumah. Murid cukup menyediakan tali untuk melakukan skipping. Lompat tali bisa menjadi olahraga yang menyenangkan bagi murid-murid. Mereka sudah biasa memainkan permainan lompat tali. Sehingga saat harus skipping mereka pun senang, seperti sedang bermain.

Indikator Keberhasilan Guru dalam Mengajar
Indikator keberhasilan dalam mengajar cukup beragam mulai dari bagaimana guru merancang kegiatan pembelajaran, berinteraksi dengan siswa dan analisis tingkah laku.

7. Lempar bola

Lempar bola adalah olahraga yang cukup sederhana untuk dilakukan di rumah. Murid cukup menyediakan bola untuk dilempar. Melakukan olahraga lempar bola ini bermanfaat untuk melatih kekuatan otot tangan. Selain itu, saat melakukan olahraga lempar bola, murid juga terlatih untuk selalu fokus dan tangkas.

Jangan jadikan pandemi sebagai penghalang untuk tetap berolahraga. Olahraga sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bisa membantu guru untuk melakukan berbagai gerakan olahraga saat mengajar kelas online pelajaran olahraga.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.