7 Cara Guru Manajemen Kelas

teaching 13 Okt 2021

Sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, alangkah baiknya jika semua persiapan telah disiapkan dengan matang dan baik, mulai dari materi pembelajaran, model pembelajaran dan kondisi atau lingkungan belajar. Manajemen kelas harus dilakukan dengan baik, untuk menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan lancar. Dengan begitu, siswa akan fokus menerima materi pelajaran dari guru sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan efektif dan efisien.

Pengelolaan kelas yang baik sangat menentukan keberhasilan dan kualitas proses belajar mengajar yang sedang berlangsung. Kualitas belajar yang baik membantu siswa mendapatkan tingkat pemahaman yang baik pula. Hasil belajar siswa bisa dirasakan secara langsung dan terwujudnya pembelajaran bermakna di kelas.

Manfaat Manajemen Kelas yang Baik

Ada banyak manfaat manajemen kelas yang baik yang bisa dirasakan oleh siswa ataupun guru, beberapa di antaranya sebagai berikut:

1. Siswa dan guru jadi lebih nyaman dan aman dalam belajar dan mengajar. Sehingga terciptalah kegiatan pembelajaran yang interaktif.

2. Siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai yang diharapkan, karena mereka bisa menerima informasi atau materi dengan baik. Hal ini juga menjadi keberhasilan guru dalam mengajar.

3. Siswa dan guru jadi lebih fokus dalam belajar dan mengajar karena suasana kelas yang kondusif dan nyaman.

4. Pembelajaran jadi lebih menyenangkan, siswa tidak cepat bosan, dan bisa mengikuti pembelajaran sampai akhir dengan baik.

7 Tips Menciptakan Kelas yang Merdeka
Kelas merdeka membuat siswa dan guru untuk memiliki kebebasan dalam melakukan inovasi dan bertindak selama proses pembelajaran berlangsung.

7 Cara Guru Manajemen Kelas

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan guru dalam memanajemen kelas, mulai dari lingkungan atau kelas yang kondusif, nyaman dan aman, suasana pembelajaran yang menyenangkan, kesiapan siswa dan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, hingga membentuk kelas yang interaktif. Dalam praktiknya, mungkin manajemen kelas bukanlah hal yang mudah, namun hal tersebut bukan berarti tidak bisa diwujudkan. Berikut ini merupakan 7 cara guru memanajemen kelas, yaitu:

1. Kelas yang Bersih dan Nyaman

Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam manajemen kelas yaitu menciptakan kelas yang bersih dan nyaman agar proses pembelajaran berjalan lancar dan kondusif. Guru dan siswa bisa bekerjasama untuk menciptakan kelas yang lebih rapi, misalnya kerja bakti untuk membersihkan kelas, menata kelas lebih rapi, mengatur pencahayaan dan sirkulasi udara yang lebih baik di kelas, serta menerapkan aturan untuk tidak membuang sampah atau makan di dalam kelas.

Kelas yang bersih dan nyaman tentunya akan dinikmati oleh setiap warga kelas, sehinggah belajar jadi lebih fokus, nyaman menyenangkan.

2. Menguasai Materi Pembelajaran

Sebagai tenaga pengajar, guru pastinya harus menguasai dan memahami betul teori atau materi yang akan diajarkan kepada di kelas. Guru yang paham materi dengan baik akan membuat siswa juga menjadi paham. Materi yang disampaikan akan tersampaikan dengan optimal kepada siswa.

Guru yang menguasai materi pelajaran yang akan diajarkan akan tampil mengajar dengan percaya diri di depan kelas. Artinya juga guru tidak akan banyak melihat buku sumber.

Teori mengenai materi harus dikuasai tetapi tidak diberikan mentah-mentah pada siswa. Bisa gunakan referensi dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan siswa saat belajar. Karakter setiap siswa juga pastinya berbeda-beda, kemampuan guru meng-handle setiap anak juga penting supaya siswa paham akan materi yang diajarkan. Dengan menguasai materi pembelajaran guru akan lebih mudah memanajemen kelas dan lebih percaya diri dalam mengajar.

3. Metode Mengajar yang Pas

Untuk guru agar bisa me-manage kelas dengan baik, guru harus punya metode/gaya mengajar yang pas dan khas. Metode mengajar harus disesuaikan dengan materi pelajaran yang diajarkan. Bukan hanya itu, diesuaikan juga dengan bagaimana kemampuan peserta didik itu sendiri.

Gaya mengajar berbicara tentang apa yang guru tunjukkan saat menghadapi siswa di dalam kelas. Penampilan, gaya dan cara berbahasa, dan sikap guru sangatlah berpengaruh terhadap karakter siswa. Guru harus bisa membuat suasana kelas menjadi kondusif dengan gaya mengajarnya.

Kalau gaya mengajar guru tidak halus dan tidak membuat siswa nyaman, siswa tidak akan belajar dengan maksimal. Sebaliknya, guru yang memilih metode mengajar yang pas akan bisa membawa siswa belajar lebih baik di kelas.  Oleh sebab itu, guru juga perlu memahami karakteristik dan gaya belajar siswa di kelas agar bisa disesuaikan dengan gaya mengajar Anda.

4. Mempersiapkan Siswa dengan Baik untuk Belajar

Sebelum kelas dimulai, sangatlah penting untuk mempersiapkan situasi dan kondisi kelas dengan baik sebelum guru mulai mengajar. Siswa harus siap secara fisik dan mental, juga dengan kondisi suasana ruang belajar.

Pastikan apakah kelas sudah tertata rapi dengan meja dan kursi yang sesuai atau belum. Pastikan juga kelas bersih dan siswa telah melaksanakan piket di hari sebelumnya. Suasana kelas yang tidak kondusif akan membuat kelas susah di-handle dan guru pun akan lelah.

Siswa juga baiknya diabsen terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. Siswa yang tidak masuk harus diketahui jelas alasannya tidak masuk kenapa, jangan sampai bolos atau terlambat ke sekolah dan jangan sampai jadi menimbulkan masalah. Menyiapkan dan membuka pelajaran menjadi langkah awal untuk menciptakan pembelajaran yang efektif.

Panduan Lengkap Guru untuk Mengatur Kelas Virtual
Kelas virtual juga bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran secara langsung atau dengan tatap muka, serta dapat digunakan untuk membantu pembelajaran jarak jauh murid dengan guru.

5. Aturan yang Tegas namun Tetap Santai bagi Siswa

Sebagai guru memang jangan keras terhadap murid, tetapi bukan berarti bisa sesantai mungkin. Siswa harus diberikan peraturan yang tegas, tujuannya supaya saling menghormati antara guru dan para siswa.

Selain peraturan, guru juga harus tegas dengan konsekuensi yang diberikan kalau siswa melanggar aturan. Akan lebih baik bila aturan dibuat dan disepakati bersama dengan siswa. Hal ini akan membuat guru me-manage kelas dengan lebih mudah.

Kalau ada yang terlambat, berhenti mengajar sebentar dan perhatikan siswa yang terlambat. Ajak siswa untuk mengikuti pelajaran dengan baik dan jangan sampai mengganggu pembelajaran lanjutan.

6. Bangkitkan Semangat Sejak Awal Pembelajaran

Sejak awal pembelajaran, guru bisa bangkitkan semangat siswa dengan guru yang bersemangat juga. Guru jangan sampai kita terlihat lelah, mengantuk, atau ada dalam keadaan tidak baik. Hal ini bisa mempengaruhi cara mengajar dan berdampak pada siswa juga.

Sebagai tenaga pengajar, guru perlu belajar untuk mengelola emosi. Mood guru bisa mempengaruhi bagaimana siswa dalam belajar. Maka dari itu, sangatlah penting untuk membangkitkan semangat siswa supaya belajar akan optimal dan maksimal.

7. Fasilitas Belajar

Untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran, maka sekolah harus memberikan fasilitas belajar yang lengkap untuk siswa dan guru. Guru juga bisa membantu menyiapkan fasilitas belajar siswa seperti buku, papan informasi kelas, meja, kursi, dan papan tulis dalam kondisi baik dan lainnya. Jika ada beberapa fasilitas yang belum terpenuhi, tak ada salahnya jika guru mengajukan ke sekolah untuk dilengkapi.

Itulah manfaat manajemen kelas dan 7 cara guru untuk memanajemen kelas lebih baik yang bisa dilakukan. Dengan begini, kegiatan pembelajaran akan berjalan dan efektif dan sesuai yang diharapkan.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.