7 Film Indonesia Inspiratif yang Bertemakan Pendidikan

pendidikan 30 Apr 2024

Pendidikan menjadi fokus utama dalam pembangunan bangsa. Bangsa yang maju, tentu harus didikung oleh kualitas pendidikan yang tinggi. Permasalahan pendidikan di Indonesia masih sangat kompleks. Mulai dari tidak meratanya tingkat pendidikan, gaji guru yang kurang sejahtera hingga terbatasnya akses terhadap pendidikan.

Berbagai permasalahan seputar pendidikan ini banyak yang diangkat dalam layar lebar. Banyak film Indonesia yang bercerita tentang kondisi pendidikan di Indonesia. Tentunya kisahnya sangat inspiratif dan bisa membuat banyak orang termotivasi meningkatkan pendidikan di Indonesia.

Berikut 7 film Indonesia inspiratif yang bertemakan pendidikan.

1. Denias (2006)

sumber: https://en.wikipedia.org/

Denias merupakan seorang anak yang berasal dari pedalaman Papua yang rajin dan memiliki tekad yang kuat untuk menuntut ilmu. Namun, suatu ketika guru favorit yang mengajarinya harus pulang ke tanah Jawa. Untuk mendapatkan ilmu, Denias berjuang sekuat tenaga dan mencari sekolah lain yang ada di daerahnya.

Untuk mendapatkan pendidikan, Denias harus melewati berbagai rintangan yang sulit dilalui, seperti hutan, sungai, ngarai, gunung, dan lain sebagainya. Di sekolah yang baru pun juga terdapat berbagai konflik yang harus ia hadapi. Tapi hal itu tidak mematahkan semangat Denias untuk menuntut ilmu.

Menonton film Denias ini menunjukkan bagaimana potret pendidikan di tanah Papua. Bahwa masih jauh dibandingkan dengan yang ada di Jawa. Film yang menunjukkan bagaimana pendidikan di Indonesia yang masih belum merata.

2. Laskar Pelangi (2008)

Laskar Pelangi adalah sebuah film yang diangkat dari Novel Laskar Pelangi karya Andera Hirata yang memang sangat fenomenal.

Film ini menunjukkan betapa memprihatinkannya potret pendidikan Indonesia di daerah terpencil. Bagaimana siswa-siswa harus belajar dalam sekolah yang minim fasilitas bahkan nyaris roboh gedungnya.

Dari film ini ada hikmah belajar tentang seorang guru yang mau berkorban dan memberikan hidupnya untuk anak-anak yang ada di ujung Indonesia supaya memiliki masa depan yang gemilang.

Dari film ini juga bisa belajar tentang anak-anak di tempat terpencil yang penuh dengan semangat belajar dan tidak malas menuntut ilmu. Walau dengan segala kesederhanaannya, tapi mereka bisa memanfaatkan itu untuk mengejar prestasi.

3. Sang Pemimpi (2009)

sumber: https://en.wikipedia.org/

Sang Pemimpi merupakan film Indonesia yang diproduksi pada tahun 2009, adalah adaptasi dari tetralogi novel Laskar Pelangi kedua, Sang Pemimpi, karya Andrea Hirata. Film Sang Pemimpi ini disutradarai Riri Riza dengan produsernya yaitu Mira Lesmana. Film ini masih mengambil setting pendidikan anak-anak di daerah Belitung.

Sang Pemimpi merupakan kelanjutan dari Laskar Pelangi. Film Sang Pemimpi menceritakan tentang Ikal dan saudara sepupunya, Arai, dan sahabatnya, Jimbron. Mereka adalah anak remaja yang mencari identitas diri dan seksualitas di usia 17 tahun.

Film ini menceritakan tentang Ikal yang masih merindukan cinta pertamanya yang telah pergi dari Belitung. Kisah Ikal dengan kekasihnya menyisakan kenangan dan sebuah kotak kaleng yang bergambarkan menara Eiffel.

Arai, seorang playboy bergaya Melayu, jatuh cinta kepada teman sekelasnya Zakiah Nurmala yang tampaknya bertepuk sebelah tangan. Sedangkan Jimbron bermimpi untuk menyelamatkan Laksmi, seorang gadis yang bekerja di pabrik cincau. Mereka bersama-sama berusaha untuk mengatasi setiap permasalahan yang ada dan berjuang keras untuk yang menghadapinya dengan baik.

Bagian paling menarik dari film ini adalah sosok seorang guru bernama Balia yang sangat memotivasi dan menginspirasi murid-muridnya untuk mengejar pendidikan setinggi mungkin. Muridnya tidak hanya semangat mengejar pendidikan saja, tetapi mereka berhasil menempuh jalur pendidikan di luar negeri, yaitu Eropa.

Walaupun terdapat banyak konflik dan masalah hidup yang harus dihadapi setiap muridnya, Balia terus semangat dan tulus menyemangati murid-muridnya untuk menuntut ilmu sampai ke jenjang perguruan tinggi.

4. Negeri 5 Menara

Film Negeri 5 Menara menceritakan tentang sekelompok anak yang menempuh jenjang pendidikan di pesantren yang ada di Jawa Timur. Walaupun mereka mendapatkan pendidikan di pesantren, pelajaran yang mereka dapatkan tidak hanya mengenai ajaran agama Islam saja, tetapi mereka juga mendapatkan hampir semua bidang pelajaran, seperti olahraga, fotografi, dan lain sebagainya.

Pada film ini, sekelompok anak tersebut menimba ilmu di pesantren hingga selesai dan mewujudkan mimpinya untuk menaklukkan dunia, dari Indonesia, Amerika, Eropa, Asia hingga Afrika.

Film ini juga bercerita tentang seorang guru yang penuh dengan inspirasi. Pada film ini diceritakan bahwa sosok guru ini tidak hanya memotivasi murid-muridnya untuk menjadi seseorang yang sukses saja, tetapi beliau juga mendukung murid-muridnya untuk meningkatkan passion yang mereka miliki.

Film ini juga mengajarkan untuk menjadi guru yang inspiratif dan open-minded supaya anak-anak dapat belajar dengan giat dan percaya diri terhadap setiap mimpi yang mereka miliki.

5. Sokola Rimba (2013)

Film Sokola Rimba menceritakan tentang seorang guru yang bernama Butet Manurung yang berjuang untuk mengajar di pedalaman Indonesia. Terdapat banyak konflik yang harus dihadapinya, seperti orang tua anak yang menganggap kerja lebih penting daripada belajar di sekolah, kurangnya minat belajar anak-anak, dan fasilitas yang sangat kurang dan minim.

Dari film ini penonton bisa belajar, pengabdian seorang guru yang tak pernah menyerah mendedikasikan hidupnya untuk kemajuan masa depan bangsa. Rela mengajar di daerah pedalaman yang penuh tantangan.

6. Mimpi Ananda Raih Semesta (2016)

Semua orang tua yang peduli dengan pendidikan anaknya harus menonton film ini. Film ini menceritakan tentang seorang ibu yang buta huruf dan berusaha keras untuk membesarkan anaknya agar dapat meraih pendidikan setinggi mungkin.

Perjuangannya tidaklah mudah karena selain membutuhkan biaya yang sangat sulit didapat, sang ibu juga harus mengorbankan banyak tenaga dan pikiran demi anaknya.

Dengan segala perjuangannya, sang anak dapat meraih pendidikan tinggi di Eropa, dan berusaha untuk mewujudkan impiannya untuk menjelajahi alam semesta dengan berbekal ilmu pengetahuan.

7 Tips Membuat Media Pembelajaran Berbasis Augemented Reality
Augemented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi kemudian lalu memproyeksikan benda maya tersebut dalam waktu nyata

Film ini dibintangi oleh Acha Septirasa sebagai tokoh utamanya. Selain itu juga dibintangi oleh beberapa artis lainnya, seperti Kinaryosih, Teuku Rifnu Wikana, Cholidi Asadil Alam, dan Chelsea Riansy.

Film Mimpi Ananda Raih Semesta ini populer disebut dengan film M.A.R.S. Film yang sangat inspiratif. Begitu ibu punya peran besar terhadap kesuksesan pendidikan bagi anaknya.

7. Jembatan Pensil (2017)

Sutradara dari film Jembatan Pensil ini yaitu Hasto Broto. Film ini mengambil lokasi di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Film ini menceritakan tentang perjuangan sekelompok anak SD dalam menuntut ilmu pengetahuan.

Setiap hari mereka harus berjalan dan menempuh perjalanan yang jauh dan sulit untuk menuju sekolah. Beberapa dari mereka memiliki keterbatasan fisik, namun mereka tidak menyerah.

Setiap anak juga punya kelebihan atau bakat masing-masing. Film ini memberi inspirasi bagi para guru yang harus selalu bersemangat untuk mengajar murid-muridnya, apalagi saat mereka punya tekad kuat untuk belajar.

7 Tips Membuat Poster Pembelajaran Sesuai Prinsip Desain Pesan
Poster yang digunakan dalam pembelajaran pada prinsipnya merupakan gagasan yang diwujudkan dalam bentuk ilustrasi obyek gambar yang disederhanakan dan dibuat dengan ukuran besar.

Selain itu, film ini akan membuka pandangan bahwa setiap anak memiliki kelebihan masing-masing, yang bisa diarahkan dengan benar supaya punya masa depan yang cerah.

Menonton film ini juga membuat penonton menikmati keindahan Kabupaten Muna. Pantai yang bersih, lautan yang indah, hingga gua-gua dengan stalakmit yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu.

Demikian 7 film Indonesia inspiratif yang bertemakan pendidikan. Dari 7 film ini, banyak hikmah yang bisa dipetik. Juga semakin memberikan pemahaman tentang kondisi pendidikan di Indonesia.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.