6 Kerja Online dari Rumah yang Dapat Kamu Lakukan Selama Pandemi COVID-19

ekonomi Jun 05, 2020

Kerja online dari rumah merupakan solusi terbaik ketika pandemi COVID-19 melanda negeri ini. Tak dapat dipungkiri, banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya semenjak pemerintah mengeluarkan anjuran #dirumahaja dan social distancing. Masyarakat pun, mau tidak mau, harus memutar otak agar tetap mendapatkan penghasilan di tengah krisis yang terjadi.

Kerja online dari rumah dapat menjadi pilihan bagi kamu yang kehilangan pekerjaan atau perlu menambah pemasukan selama pandemi COVID-19. Selain karena kerja online dibayar, hal tersebut juga tidak melanggar anjuran pemerintah.

Banyak kerja online terpercaya yang dapat kamu sesuaikan dengan keahlian yang kamu miliki.

Beragam jenis pekerjaan online telah tersedia untuk beragam lapisan masyarakat, mulai dari kerja online dari rumah untuk pelajar hingga kerja sampingan online lewat HP. Berikut 6 kerja online dari rumah yang dapat kamu lakukan selama pandemi COVID-19 yang telah kami rangkum untuk Anda.

Jenis-jenis Kerja Online dari Rumah
Berikut ini adalah 6 jenis kerja online terpercaya untuk menambah pemasukan selama pandemi COVID-19:

1.Kerja Online Input Data / Data Entry

Data entry merupakan salah satu kerja online dibayar yang cukup diminati masyarakat. Tugas data entry yaitu memasukkan data yang dipesan pelanggan ke sebuah media, seperti spreadsheet, website, hingga blog pribadi. Freelance data entry tidak memerlukan skill yang sangat tinggi sehingga pekerjaan online ini dapat dilakukan oleh seluruh kalangan. Pekerjaan ini minim risiko, sehingga upah yang didapat pun tergolong rendah. Biasanya, perhitungan pendapatan data entry berdasarkan per data yang ditangani. Satu data umumnya dihargai sebesar 200-500 rupiah, namun biasanya seorang data entry harus menangani 100 data atau lebih dengan tenggat waktu sehari.

Kerja online input data memang terlihat mudah, namun kamu juga membutuhkan beberapa keahlian agar menjadi seorang data entry profesional. Setidaknya, ada 5 kompetensi yang harus dilatih untuk meyakinkan pelanggan bahwa kamu lebih unggul dibanding freelancer yang lain. 5 kompetensi tersebut yaitu: 1) Memahami dasar komputer dengan baik, 2) Menguasai pengetikan dengan baik, 3) Mengetahui jenis-jenis data entry, 4) Terbiasa dengan bahasa Inggris, 5) Mengikuti training dasar data entry.

2. Penulis / Content Writer

Bagi kamu yang gemar merangkai kata, kerja online dari rumah yang satu ini sangat cocok untuk dilakukan. Seorang penulis / content writer biasanya membuat tulisan sesuai pesanan dan mengikuti ketentuan yang ditetapkan pelanggan. Kategori tulisan yang dibutuhkan berupa artikel dan karya sastra seperti cerita pendek, puisi, dan sebagainya. Penulis artikel yang diminati saat ini yaitu mereka yang dapat menunjukkan estetika tulisan dan tentunya artikel SEO friendly. Sedangkan penulis sastra yang diminati saat ini cenderung mengedepankan orisinalitas dan kesegaran alur cerita yang dibuat.

Sekarang ini, banyak website-website yang selalu memperbaharui artikel mereka setiap hari. Kesempatanmu untuk melakukan kerja online ini pun terbuka lebar. Kamu dapat memilih menjadi penulis lepas atau penulis tetap di sebuah media. Umumnya, pendapatan yang dikantongi itu berupa upah per bulan atau per artikel sesuai kesepakatan kedua belah pihak. Hanya perlu laptop dan jaringan internet, kamu pun sudah bisa menghasilkan uang dari rumah.

3.Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis tentu menjadi salah satu kerja online terpercaya yang sekarang banyak dicari dan disediakan oleh pemuda-pemudi. Era digital membuat semua orang berlomba untuk menghias halaman mereka semenarik mungkin. Permintaan yang tinggi akan konten estetis membuat desain grafis kini menjelma menjadi keahlian wajib yang selaras dengan modernisasi.

Tak perlu bekerja di kantor, kamu dapat melakukan desain grafis online dari rumah. Harga jasa desain grafis berbeda-beda menyesuaikan tingkat kesulitan pengerjaannya. Selain dituntut memiliki ide cemerlang, seorang desainer grafis juga harus mampu menggunakan berbagai software desain untuk proses eksekusi karya. Beberapa software yang biasa digunakan antara lain Adobe Photoshop, Illustrator, dan Corel Draw. Kamu dapat memulai pekerjaan ini dengan membuat beragam portofolio penunjang lalu diunggah ke media sosial. Mudah, bukan?

4.Translator / Penerjemah

Translator atau penerjemah menjadi salah satu pilihan kerja online dari rumah untuk kamu yang menguasai bahasa asing. Globalisasi yang terjadi membuat kita, mau tidak mau, berdampingan dengan beragam jenis manusia dari berbagai penjuru negeri. Beberapa negara memiliki bahasa yang menjadi bahasa universal untuk kebutuhan sektor perdagangan, industri, dan jasa. Bahasa-bahasa tersebut diantaranya yaitu bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Jerman, dan bahasa Jepang. Sudah banyak lembaga pendidikan bahasa dan media pembelajaran online yang dapat kamu pilih untuk mempelajari salah satu bahasa di atas.

Hal yang perlu diperhatikan ketika kamu ingin menggeluti dunia penerjemah yaitu bukti kemampuan bahasa asing yang dikuasai dan sejauh mana tingkatannya. Sebagai contoh, sertifikat ujian TOEFL atau IELTS dibutuhkan untuk menjadi translator Inggris agar pengguna jasa percaya dengan keahlianmu. Tak hanya bahasa asingnya saja, kamu juga harus memperdalam pengetahuan mengenai bahasa Indonesia. Besaran kerapian, akurasi, dan kecepatan pekerjaan terjemahan akan sebanding dengan penghasilan yang akan kamu terima.

Membangun Portofolio Digital Untuk Masa Depan Anak
Jenis penilaian di K13 dibagi menjadi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian keterampilan selain berdasarkan praktik dan proyek juga didasarkan atas portofolio siswa. Lantas bagaimana menyiapkan portofolio digital untuk masa depan anak?

5.Social Media Officer (SMO)

Social media officer adalah jenis kerja online dibayar yang mulai menjamur di masa sekarang. Mengapa demikian? Seperti yang penulis sudah katakan, era digital telah membuat paradigma baru mengenai pembentukan identitas yang dapat dilakukan hanya melalui laman media sosial. Oleh karena itu, dibutuhkan orang-orang dengan kreativitas tinggi dibalik konten-konten yang berkualitas baik. Konten tersebut nantinya akan memberi gambaran mengenai hal yang akan diunggulkan pengguna jasa SMO kepada masyarakat. Target utama audience biasanya adalah anak muda yang sudah paham penggunaan media sosial.

Layaknya content creator, social media officer dituntut untuk menjalankan akun media sosial milik client dengan membuat Editorial Plan atau EP. EP berisikan ide konten sekaligus timeline konten tersebut akan naik di media sosial suatu brand. Jenis konten pun berbeda-beda tergantung kebutuhan dan konsep, sehingga untuk menjadi social media officer harus selalu penuh inovasi. Sekilas terlihat mudah, namun sesungguhnya cukup menantang, lho! Kamu harus telaten dalam mematangkan konsep, membuat scheduling konten, hingga meningkatkan engagement akun dengan menjaga interaksi audience melalui fitur like dan comment.

6.Bisnis Online

Kerja online dari rumah yang satu ini adalah kecintaan sejuta umat pelaku shopping, yaitu bisnis online. Mulai dari remaja hingga orang dewasa dapat menggeluti pekerjaan online ini selama memiliki jiwa berdagang dan daya saing tinggi. Perlu diingat, selama pandemi COVID-19 ini kamu memiliki waktu luang yang sangat banyak. Tanpa sadar kamu sudah melakukan berbagai macam hobi yang sebenarnya berpotensi untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Beberapa di antaranya yaitu memasak, berkebun, membuat kerajinan tangan, dan sebagainya. Melalui hobi tersebut, kamu dapat menjalankan berbagai bisnis online terbaik seperti bisnis makanan, pakaian, hingga aksesoris. Berbisnis online dapat menjadi pekerjaan pokok maupun menjadi kerja sampingan online lewat hp.

Hal yang harus kamu gali sebelum memulai bisnis online yaitu menemukan masalah yang dihadapi pasar untuk memikirkan solusi yang nanti kamu tawarkan dalam bisnismu. Jangan meremehkan berbagai jenis perhitungan seperti riset pasar, analisis kompetitor, model bisnis, target pasar, serta strategi pemasaran. Modal untuk bisnis online memang tidak banyak, tetapi setiap langkahnya perlu dipikirkan matang-matang agar dapat menjadi sumber penghasilan utama.

Pandemi Bukanlah Akhir

10 Hikmah Pandemi Virus Corona
Saat ini, Pandemi Virus Corona telah menyebar ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Banyak orang yang merasa stress, rugi, takut dan frustasi akibat adanya virus ini. Namun di balik itu semua terdapat hikmah yang bisa diambil dari situasi seperti ini.

Seperti pepatah lama yang mengatakan “Banyak jalan menuju Roma”, banyak pula kerja online dari rumah yang dapat dilakukan untuk menghasilkan uang. Ingat, keberadaan pandemi COVID-19 bukanlah akhir segalanya. Hal yang perlu kita lakukan yaitu berusaha, ikhtiar, dan berserah diri kepada Yang Maha Esa.

Demikian artikel mengenai 6 kerja online dari rumah yang dapat kamu lakukan selama pandemi COVID-19. Ikuti blog.kejarcita.id untuk mendapatkan kumpulan artikel seputar pendidikan jarak jauh, usaha sosial dan inovasi teknologi.

Anisa Cahyani

"Perempuan yang gemar merangkai kata menjadi tulisan dan juga pemburu matahari terbenam."

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.