10 Hikmah Pandemi Virus Corona

kesehatan Jun 03, 2020

Corona atau Covid-19 yang berasal dari Kota Wuhan, China ditemukan pertama kali pada tanggal 31 Desember 2019. Saat ini, Pandemi Virus Corona telah menyebar ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Banyak orang yang merasa stress, rugi, takut dan frustasi akibat adanya virus ini.

Di seluruh dunia, jumlah pasien serta kematian yang diakibatkan dari virus ini terus meningkat. Bahkan, negara Indonesia sendiri menjadikan virus ini sebagai bencana nasional. Selain itu, di berbagai negara pun telah menerapkan lockdown untuk mencegah atau mengurangi penularan virus COVID-19.

Namun di balik itu semua terdapat hikmah yang bisa diambil dari situasi seperti ini. Berikut ini merupakan 10 hikmah wabah virus Corona bagi kehidupan yang perlu diketahui, di antaranya adalah:

1. Rajin Mencuci Tangan dengan Benar

Jika dulu masih banyak orang yang menyepelekan cuci tangan, maka saat ini banyak orang yang sudah sadar pentingnya rajin mencuci tangan dengan benar. Pasalnya sebelum pandemi ini muncul banyak orang yang mencuci tangan dengan asal-asalan, dan tidak menggunakan sabun. Hal tersebut tentu tidak akan menghilangkan bakteri yang menempel di tangan

Saat ini anjuran mencuci tangan pun wajib dilakukan sebagai salah satu bentuk cara menghindari penularan virus Corona. Hal tersebut membuat masyarakat semakin sadar akan pentingnya mencuci tangan dengan benar untuk membunuh virus, bakteri serta kuman yang menempel.

2. Menjaga Kebersihan Tempat dan Fasilitas Umum

Sejak adanya masa pandemi ini, banyak tempat serta fasilitas umum yang sering dibersihkan guna mencegah penyebaran virus Corona. Bahkan sejak Corona terdeteksi di Indonesia, fasilitas umum seperti terminal, tempat wisata, tempat ibadah dan lainnya mulai dibersihkan oleh masyarakat setempat.

Selain dibersihkan, disinfektan juga disemprotkan ke berbagai tempat untuk menghilangkan bakteri serta virus yang menjadi penyebab penyakit. Hal tersebut sangat baik dilakukan serta dibiasakan untuk membuat kenyamanan serta keamanan bagi orang lain yang menggunakan fasilitas umum.

3. Pola Hidup Sehat

Salah satu cara mencegah virus corona yaitu dengan memperkuat imunitas tubuh. Sehingga banyak orang yang mulai melakukan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga, mengatur pola makan, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan lainnya.

Anjuran social distancing yang membuat masyarakat untuk tetap berada di rumah aja, membuat banyak orang menjadi bosan dan mulai melakukan hal-hal menarik serta kegiatan positif. Hal bermanfaat yang bisa dilakukan dirumah aja selama masa pandemi virus Corona ini yaitu berolahraga secara rutin, memasak makanan sehat dan lainnya.

4. Emisi Karbon Berkurang

Cina merupakan negara dengan jejak karbon paling besar di dunia. Dengan adanya virus Corona mampu menurunkan emisi karbon seperempatnya, sehingga udara kembali bersih. Di Indonesia sendiri, menurut data DLH DKI Jakarta merupakan penyebab polusi semakin buruk. Hal tersebut dikarenakan pencemaran industri, limbah, serta emisi kendaraan bermotor hingga 75%. Pada tahun 2020, emisi karbon turun hingga 8% akibat guncangan terbesar sistem energi global di masa pandemi ini.

5. Istirahat Lebih Nyenyak

Menurut data dari pengguna Fitbit di 6 kota Amerika Serikat membuktikan bahwa saat ini banyak orang yang mendapatkan sekitar 17 menit waktu lebih banyak untuk beristirahat di setiap malamnya selama masa penguncian coronavirus. Bahkan sebuah perusahaan teknologi pelacakan kesehatan membuktikan jika pengguna mendapatkan banyak tidur REM atau rapid eye movement yang membuat kualitas tidur meningkat serta istirahat lebih nyenyak.

6. Mengakses Apapun di Rumah Saja

Saat ini banyak orang yang bisa mengakses apapun di rumah saja dengan mudah. Bahkan berkat tour virtual online gratis, Anda bisa pergi ke Met di New York tanpa membayar hotel serta penerbangan. Bukan hanya itu, setiap orang juga didorong untuk mengakses pekerjaan, pembelajaran, pengajaran hanya dengan di rumah saja.

Ada banyak akses pembelajaran di internet yang memudahkan murid dalam belajar, misalnya web kejarcita.id. Selain itu, ada banyak soal untuk melatih kemampuan murid, seperti soal latihan SD, soal HOTS SD, dan lainnya.

7. Mempererat Hubungan Keluarga

Akibat virus Corona bagi masyarakat Indonesia banyak sekolah yang diliburkan serta banyak pekerja yang dirumahkan. Peraturan untuk tetap berada di rumah saja membuat hubungan keluarga semakin erat dan semakin dekat. Sehingga banyak orang yang menghabiskan masa pandemi coronavirus dengan keluarga. Hikmahnya yaitu banyak istri yang lebih dekat dengan suaminya, banyak anak yang dekat dengan orang tuanya, serta banyak melakukan hal bersama keluarga.

Namun tidak sedikit pula orang yang menghabiskan masa ini sendirian, tanpa bisa berhubungan dengan keluarga. Untungnya, kecanggihan teknologi saat ini bisa menghubungkan kembali keluarga yang dicintai meskipun secara online. Misalnya dengan platform online Zoom, yang dapat mengumpulkan orang dalam jumlah yang cukup banyak.

8. Air Lebih Bersih

Selain membuat udara lebih bersih, hikmah virus Corona yaitu membuat perairan di berbagai lokasi di dunia terlihat lebih jernih. Hal ini juga sudah dibuktikan pada saluran air Venesia yang menjadi bersih setelah bertahun-tahun akibat penguncian virus. Karena penguncian tersebut memberhentikan lalu lintas di kanal  yang selalu ramai. Para ahli menyatakan jika hal tersebut bukanlah indikasi air yang kurang polusi  melainkan sedimen yang biasa diaduk oleh kapal mengendap ke dasar sungai.

9. Sikap Peduli Tinggi

Yang kita tahu selama ini globalisasi telah membawa dampak kepada manusia menjadi seorang individualis dan sibuk terhadap urusan yang masing-masing, tanpa mempedulikan orang lain. Selain itu banyak manusia dibutakan oleh pangkat, harta benda, jabatan, status sosial yang tinggi, yang membuatnya lupa diri sebagai manusia biasa. Namun hikmah pandemi virus Corona, membuat hati kita semua kembali ke fitrah manusia sebagai makhluk sosial yang saling tolong menolong.

10. Menambah Pemahaman Cara Penyebaran Virus

Saat ini banyak informasi yang tersebar di berbagai media mengenai virus, mulai dari cara penyebaran, pencegahan, serta pengobatannya. Hal tersebut tentu menambah wawasan masyarakat terhadap kesehatan. Sehingga masyarakat lebih memahami cara penyebaran virus dan penyakit lainnya.

7 Strategi Belanja Bahan Makanan Yang Aman Saat Pandemi Covid-19
Perlunya Tetap Aman Saat Berbelanja Ke Luar Rumah. Tentu akan menjadi dilema tersendiri. Mau berbelanja kok ya takut virus Corona. Tidak semua bahan makanan bisa dibeli online. Berikut tips supaya belanja sehat dan aman.

Sebelum adanya wabah ini masih banyak masyarakat yang kurang mengetahui penyebaran virus dan bakteri. Padahal hal tersebut dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya seperti influenza, demam berdarah, TBC, bahkan pneumonia yang dapat memakan korban jiwa.

Dengan adanya virus ini, maka masyarakat akan lebih teredukasi serta berhati-hati untuk menghadapi berbagai penyakit lainnya yang mungkin muncul di masa yang akan datang. Masyarakat juga akan lebih sering mencuci tangan dengan benar, menjaga kebersihan, menggunakan masker untuk menghindari debu, bakteri, dan virus di udara.

10 Ide Penghematan Biaya Rumah Tangga Selama Wabah Corona
Semua sektor terkena dampak dari social distancing, mulai dari sektor pendidikan hingga sektor perdagangan. Hal ini membuat para Ibu kebingungan bagaimana melakukan penghematan biaya rumah tangga selama wabah Corona?

Itulah 10 hikmah pandemi virus Corona yang bisa kita rasakan selama menjalankan aktivitas di masa ini. Sehingga kemunculan wabah ini tidak menghilangkan rasa syukur kita kepada Sang Pencipta. Semoga virus ini cepat menghilang dan segera berakhir, namun kebiasaan baik ini harus tetap dilakukan oleh masyarakat.

Epin Supini

Writerpreuner.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.