5 Rekomendasi Aplikasi yang Membantu untuk Fokus Belajar

edukasi 13 Okt 2023

Kemajuan teknologi seharusnya dimanfaatkan untuk proses belajar. Saat ini, beragam aplikasi dengan mudah diakses termasuk aplikasi yang dapat membantu meningkatkan fokus belajar atau justru untuk menganggu konsentrasi belajar. Aplikasi untuk membantu fokus belajar menjadi sangat penting guna mengoptimalkan pemahaman materi dan mempermudah dalam menyelesaikan tugas.

Kendati begitu, kemajuan teknologi juga menghadirkan beragam aplikasi yang dapat mengalihkan fokus belajar seseorang. Oleh karena itu, mudahnya mengakses berbagai aplikasi melalui smartphone menjadi tantangan tersendiri bagi para pengguna agar mampu memilih aplikasi yang tepat.

Dengan kata lain, pengguna perlu cerdas dalam memilih aplikasi guna meningkatkan fokus belajar dan agar perhatian tidak mudah terganggu. Bagi seseorang yang mudah teralihkan, mencoba salah satu aplikasi fokus belajar yang direkomendasikan berikut dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan begitu, kamu bisa menjadi lebih fokus dan tidak melulu mengecek smartphone untuk sekadar membalas chat atau membuka sosial media ketika sedang belajar.

Rekomendasi Aplikasi yang Membantu Siswa untuk Fokus Belajar

Berikut ini 5 rekomendasi aplikasi yang membantu untuk fokus belajar dan bisa diinstal melalui smartphone atau laptop.

1. Forest: Stay Focused

Dalam aplikasi ini, terdapat berbagai jenis tanaman yang nantinya akan hidup. Kamu akan diberikan lahan kosong secara virtual untuk menaman tanaman yang hidup dari fokusmu. Jadi, jika fokus yang kamu miliki bisa bertahan lama, tanaman tersebut akan semakin besar. Sementara itu, jika kita tidak fokus, tanaman akan mati.

7 Contoh Media Pembelajaran Audiovisual
Media Pembelajaran Audiovisual menggabungkan elemen audio (suara) dan visual (gambar atau video) untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan efektif

Aplikasi Forest ini didukung fitur gamification berupa pohon yang nantinya akan terus mengalami pertumbuhan jika penggunanya fokus mengerjakan semua tugas. Akhirnya, pengguna aplikasi ini akan termotivasi untuk menyelesaikan tugas. Dengan konsep menarik yang ditawarkan dalam aplikasi ini maka penggunanya harus bisa fokus sesuai target yang ditentukan. Jika tidak, pohon yang ditanam mati dan hutan virtual pengguna tidak akan terwujud. Oleh karena itu, pengguna harus mampu menahan godaan agar tetap bisa fokus.

Selain itu, dalam aplikasi Forest, pengguna juga dapat memanfaatkan koin virtual agar bisa fokus dan memakainya untuk menanam pohon melalui “Pohon untuk Masa Depan”. Dalam aplikasi Forest, pengguna juga akan dilatih untuk fokus dalam memilih opsi yang akan digunakan atau diabaikan atau keluar dari aplikasi.

2. Fokus@will

Aplikasi fokus belajar ini merupakan aplikasi musik yang dipercaya bisa meningkatkan fokus penggunanya hingga mencapai 400%. Hal ini diklaim karena musik yang diputar dapat merangsang neuroscience yang terdapat di dalam otak.

Cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan memutarkan lagu yang bisa menambah fokus. Dengan begitu, para penggunanya akan merasa lebih tenang dan enggan untuk beranjak dari kegiatan belajar. Melansir pendapat dari seorang profesor psikologi dari UCLA, beberapa musik memang bisa membuat otak menjadi lebih tenang dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Dengan demikian, seseorang akan menjadi lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu dan tidak mudah mengalami gangguan apa pun.

Pengguna aplikasi focus@Will bisa dengan fokus belajar sambil mendengar musik yang tersedia di dalamnya. Kendati begitu, tidak semua orang bisa fokus ketika mendengarkan musik, melainkan fokus mereka akan teralihkan untuk menikmati alunan musik. Apabila kamu termasuk tipe yang kedua, pilihlah aplikasi lain yang lebih cocok untuk meningkatkan fokus belajar.

3. Focus To-Do

Aplikasi fokus belajar selanjutnya adalah Focus To-Do. Aplikasi ini menggabungkan teknik podomoro dan aplikasi to-do list di dalamnya. Oleh karena itu, para pengguna aplikasi ini bisa membuat daftar tugas serta mengerjakan tugas mereka dengan metode podomoro.

Teknik podomoro ialah menajemen waktu yang mengharuskan kita untuk fokus secara maksimal dalam kurun waktu tertentu. Teknik pomodoro diperkenalkan oleh Francesco Cirillo karena saat menjadi mahasiswa, ia sering kesulitan untuk fokus dalam belajar. Akhirnya, Francesco Cirillo menyadari bahwa interval waktu tertentu yang diselingi waktu istirahat diperlukan dalam belajar agar fisik dan psikis bisa tetap fresh.

Pomodoro merupakan kata yang berasal dari bahasa Italia, memiliki arti tomat. Nama ini dipilih Francesco Cirillo karena terinspirasi dari cara memotong tomat. Aplikasi Focus To-Do bisa diakses oleh seluruh pengguna Android, iOS bahkan dapat diakses melalui web browser.

4. Freedom- Reduce Distraction

Aplikasi fokus belajar selanjutnya adalah Freedom- Reduce Distraction. Aplikasi ini akan menghentikan gangguan digital yang terhubung dengan internet sehingga penggunanya bisa fokus belajar. Ketika memulai sesi freedom, akses terhadap jaringan internet akan ditutup sementara waktu.

Para pengguna aplikasi ini dapat mengatur durasi waktu yang dibutuhkan untuk fokus belajar. Kendati begitu, pengguna bisa tetap menerima panggilan telepon, SMS yang akan masuk. Freedom- Reduce Distraction menggunakan VPN sehingga lebih aman. Ketika pengaturan waktu telah habis, HP dapat berfungsi seperti semula.

Aplikasi ini juga dapat menghemat daya baterai sehingga penggunanya tidak harus mematikan HP dan ketika terdapat panggilan darurat masih bisa masuk. Dengan begitu, penggunanya tidak akan terus-menerus memeriksa HP saat belajar atau mengerjakan tugas. Tidak akan ada godaan untuk menelusuri sosial media teman yang muncul di pemberitahuan sehingga waktu yang digunakan untuk belajar menjadi efisien.

Aplikasi Freedom- Reduce Distraction sangat cocok digunakan apabila seseorang menginginkan fokus secara total dalam belajar ataupun bekerja. Melalui aplikasi Freedom- Reduce Distraction, para pengguna bisa memilih dan menjadwalkan apa aplikasi yang menggangu fokus belajar. Selain itu, para pengguna aplikasi ini juga bisa memblokir sosial media seperti e-mail dan browser dalam durasi tertentu sesuai dengan yang telah ditentukan.

5. Brain.fm

Aplikasi fokus belajar Brain.fm dapat berkontibusi untuk meningkatkan fokus melalui suara musik. Dalam Brain.fm, pengguna bisa memilih aplikasi untuk mendengar musik dan instrumen yang diinginkan agar pikiran menjadi lebih tenang dan bisa fokus dalam belajar maupun bekerja.

Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam meningkatkan fokus belajar serta produktivitas misalnya dengan mendengarkan lagu. Prinsip itulah yang mendorong terciptanya aplikasi Brain.fm karena beralasan bahwa suara dapat mempengaruhi kondisi mental seseorang.

Cara Mengatasi Rasa Mager
Langkah pertama untuk mengatasi rasa mager adalah dengan merefleksikan dan mengidentifikasi penyebabnya. Ada faktor tertentu yang membuatmu merasa kurang termotivasi

Aplikasi Brain.fm juga menyusun musik fungsional yang diklaim oleh penciptanya bisa sebagai penguncian fase saraf yang kuat. Artinya, otak para penggunanya untuk membuat koneksi baru yang bervariasi sesuai dengan jenis musik yang didengarnya. Manfaat dari aplikasi Brain.fm ini adalah untuk meningkatkan fokus meski belajar dilakukan dari rumah atau tempat mana pun.

Demikian penjelasan 5 rekomendasi aplikasi yang membantu untuk meningkatkan fokus belajar. Jika kamu memiliki banyak tugas yang dikejar deadline, tidak salah untuk mencoba salah satu aplikasi tersebut. Kendati begitu, sebelum memilih aplikasi yang cocok, pastikan kamu telah menyesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki. Pemilihan aplikasi yang tepat bisa membantu meningkatkan fokus belajar. Selain itu, penggunaan waktu untuk belajar juga bisa menjadi lebih efektif dan efisien.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.