5 Materi Psikologi Dasar yang Perlu Dikuasai Guru

guru profesional 16 Apr 2024

Menjadi seorang guru tidak hanya perlu belajar materi pelajaran sesuai disiplin ilmu saja. Guru juga perlu belajar ilmu lain yang diperlukan untuk menunjang pekerjaannya sebagai seorang guru. Selain pedagogi, guru juga perlu belajar ilmu psikologi dasar.

Proses pendidikan tidak bisa dilepaskan dari psikologi para peserta didik. Sangat penting bagi guru untuk mengetahui dan memahami psikologi peserta didiknya. Dengan ilmu psikologi dasar inilah, guru bisa menentukan strategi belajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didiknya.

Tujuan Guru Mempelajari Materi Psikologi Dasar

sumber: https://www.pexels.com/

Pendidikan dan psikologi tak bisa dipisahkan. Inilah sebab materi psikologi dasar juga termasuk materi yang dipelajari di sekolah keguruan. Calon guru didik untuk bisa memahami psikologi peserta didiknya.

Adapun tujuan mempelajari materi psikologi dasar adalah :

  1. Menentukan metode pembelajaran mana yang sesuai dengan karakteristik peserta didiknya
  2. Memilih bahasa yang tepat sesuai dengan karakter peserta didik, agar pembelajaran menjadi lebih mudah dimengerti
  3. Memilih materi pembelajaran yang sesuai dengan tingkat karakteristik peserta didik
  4. Mengerti bentuk-bentuk psikologis setiap peserta didiknya dalam setiap sikap dan perilaku yang nampak selama proses pembelajaran
  5. Menentukan bagaimana proses pebelajaran dilakukan agar semua tujuan pembelajaran bisa tercapai
  6. Membantu memahami karakter setiap peserta didiknya dalam mengembangkan kemampuan dan potensi yang dimiliki dalam bentuk proses-proses pembelajaran yang berbasis pada psikologi peserta didik
  7. Membantu peserta didik menyelesaikan program pembelajaran sampai tuntas.
  8. Menentukan sistem penilaian (asesmen) yang sesuai dengan karakteristik umum peserta didiknya
  9. Membantu guru agar mampu mengajar dengan sabar dan tidak mudah tersulut emosi dengan setiap tingkah laku para peserta didiknya
  10. Membantu guru menjalankan proses belajar yang bermakna dan menyenangkan

Dari uraian diatas, kita bisa tahu jika banyak sekali tujuan yang hendak dicapai saat guru belajar materi psikologi dasar. Materi psikologi dasar yang dipelajari oleh guru nantinya bisa membantu guru menjalankan perannya dengan baik.

Manfaat Mempelajari Materi Psikologi Dasar

Selain punya banyak tujuan yang hendak dicapai saat guru mempelajari materi psikologi dasar, manfaatnya juga banyak. Berikut manfaat guru mempelajari materi psikologi dasar.

1. Mampu menghadapi setiap peserta didiknya dengan cara yang tapat dan sesuai dengan sifat-sifat khas yang ditampilkan peserta didik

Misalnya, saat mengajar peserta didik di tingkat sekolah dasar, guru tahu jika anak sekolah dasar (anak berumur 6-12 tahun) yang perkembangannya normal menunjukkan tingkah laku produktif tinggi.

Pada usia yang produktif ini, anak cenderung memiliki banyak ide kreatif yang ingin direalisasikan. Oleh karena itu, guru dapat memberi kesempatan dan rangsangan yang tepat kepada peserta didik agar mereka dapat mengembangkan ide-ide dan keterampilan yang mereka miliki secara maksimal.

Dengan begitu guru mampu membantu setiap peserta didiknya untuk tumbuh menjadi individu-individu yang kreatif dan percaya diri. Dua kemampuan yang sangat dibutuhkan bagi masa depan peserta didiknya.

2. Bisa memilih dan menetukan tujuan, materi, alat, dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan intelektual peserta didiknya

Misalnya, pada peserta didik sekolah dasar, khususnya kelas rendah (1-3 SD), sedang dalam tahap berfikir konkrit permulaan.

Maka dari itu tujuan belajar hendaknya dibuat secara lebih sederhana dan dalam bentuk tingkah laku yang jelas. Hal ini bisa diterapkan pada materi pembelajaran peserta didik, yang mana hendaknya dikaitkan dengan pengalaman peserta didik atau berkaitan dengan lingkungan sekitarnya.

Contoh: Dalam mempelajari Matematika hendaknya guru menjelaskan materi tersebut ke dalam bentuk yang konkrit. Misalnya, saat belajar tentang bangun ruang, ajak anak melihat benda-benda yang ada di sekitarnya. Minta anak menyebutkan jenis bagun ruang dari bentuk benda-benda yang ada di sekitarnya.

Penyebab dan Tips Menghindari Learning Loss di Masa Pandemi
Learning loss adalah kondisi hilangnya sebagian kecil atau sebagian besar pengetahuan serta keterampilan dalam perkembangan akademis.

3. Menciptakan situasi belajar yang menyenangkan

Dengan pengetahuan akan materi psikologi dasar, guru bisa menciptakan iklim sosio-emosional yang kondusif di dalam kelas. Dengan iklim sosio-emosional yang kondusif ini, peserta didik akan bisa dapat belajar dengan nyaman dan menyenangkan.

Pemahaman guru tentang materi  psikologi dasar menciptakan terwujudnya interaksi antara guru dan peserta didik secara lebih bijak, penuh empati dan menjadi guru yang menyenangkan di hadapan siswanya. Bonding antara guru dan peserta didik akan kuat.

4. Memberikan konseling dan pendampingan bagi peserta didiknya

Guru tidak hanya bertugas mengajarkan materi pelajaran saja. Sebagai pengganti orangtua saat di sekolah, sudah selayaknya guru juga memberikan konseling dan pendampingan bagi peserta didiknya.

Dengan memahami materi psikologi dasar, guru bisa memberikan pengarahan atau bimbingan kepada peserta didik yang membutuhkan konseling dan bimbingan terkait masalah akademik. Selain itu, guru juga  bisa memberikan solusi terhadap masalah akademik yang dihadapi peserta didiknya.

Materi Psikologi Dasar yang Perlu Dikuasai Guru

sumber: https://www.pexels.com/

Setelah tahu banyaknya manfaat dan tujuan yang diperoleh guru dengan memperlajari materi psikologi dasar, maka tentunya guru harus semakin semangat memperljaarinya. Lalu sebenarnya, apa saja materi psikologi dasar yang perlu dikuasai oleh guru?

Berikut adalah lima materi psikologi dasar yang perlu dikuasai oleh guru.

1. Mengenai kegiatan belajar peserta didik meliputi teori-teori, prinsip-prinsip, dan ciri-ciri khas perilaku belajar peserta didik

Dengan memahai perilaku belajar peserta didik, maka guru bisa menentukan bagaimana cara belajar yang sesuai. Cara belajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, tentu materi pelajaran akan mudah dipahami.

2. Mengenai proses kegiatan belajar yaitu tahapan perbuatan dan peristiwa yang terjadi dalam kegiatan belajar peserta didik

Proses belajar tidak bisa dilakukan secara instan. Ada tahapan yang harus dilalui. Dengan mengetahui tahapan perbuatan dan peristiwa yang terjadi dalam kegiatan belajar peserta didik, maka guru bisa mengambil sikap yang tepat saat mengajar di kelas. Mengajar sesuai dengan tahapan belajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.

3. Mengenai situasi kegiatan belajar peserta didik seperti suasana dan keadaan lingkungan belajar, baik bersifat fisik maupun nonfisik yang berhubungan dengan kegiatan belajar peserta didik

Materi psikologi dasar tentang mengenali situasi belajar membantu guru menciptakan situasi belajar yang tepat sesuai karakteristik peserta didiknya. Situasi belajar yang bermakna dan menyenangkan.

4. Potensi dan karakteristik tingkah laku

Pemahaman guru akan potensi dan karakteristik tingkah laku peserta didiknya, akan membantu guru mengembangkan setiap potensi yang dimiliki oleh peserta didiknya. Pemahaman karakteristik tingkah laku juga bisa membantu guru mengajar dengan baik peserta didiknya.

Langkah-Langkah Penilaian Portofolio Siswa
Portofolio siswa adalah hal penting dalam sebuah proses pembelajaran untuk mengetahui perkembangan proses pembelajaran siswa.

5. Evaluasi Hasil Pendidikan

Evaluasi adalah bagian akhir dari proses pendidikan di kelas. Materi psikologi dasar yang mempelajari bagaimana evaluasi hasil pendidikan yang tepat. Guru akan merancang evaluasi hasil pendidikan yang sesuai dengan karakteristik peserta didiknya. Evaluasi yang tepat ini bisa memberikan hasil yang nantinya bisa membantu peserta didik untuk lebih baik lagi dalam proses pendidikannya.

Demikianlah penjelasan mengenai 5 materi psikologi dasar yang perlu dikuasai guru. Semoga bermanfaat!

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.