5 Cara Menyiasati Kehabisan Kuota Internet di Rumah

parenting Jun 15, 2020

Di era modern ini sudah tidak asing lagi bila setiap orang cenderung bersifat individu dan asyik dengan dunianya sendiri. Bukan hanya untuk orang dewasa saja, bahkan anak-anak yang masih balita sudah asyik dengan game yang ada di ponsel. Untuk bermain game atau sosial media seperti itu membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit. Sehingga tidak jarang pengeluaran untuk membeli kuota lebih besar dibandingkan membeli cemilan yang bisa dimakan di akhir pekan.

Bagi kebanyakan anak-anak remaja, memiliki jaringan yang bagus dan kuota internet yang banyak sudah seperti tinggal di surga? Namun, saat mereka kehabisan kuota, mendadak hidupnya seperti zombie dan tidak berdaya sama sekali. Berdasarkan penjelasan tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa internet tidak dapat terlepas dari kehidupan Anda dan kita semua.

Walaupun saat ini internet sangat berpengaruh dalam keseharian kita, Anda tidak boleh ketergantungan dan bahkan menjadi candu. Gunakan seperlunya saja dan usahakan untuk menanamkannya ke dalam pikiran anak-anak di rumah.

Belakangan ini sudah ada beberapa kasus anak yang mengalami depresi ketika bermain game dan beberapa mengalami terserang penyakit karena terlalu sering menatap layar ponsel. Bukankah itu sangat mengiris hati para orang tua?

Lalu apa yang harus dilakukan? Anda bisa memulainya saat kuota internet Anda habis di rumah. Bagi kebanyakan orang, mereka akan langsung membeli kuota dan kembali berseluncur di sosial media. Beberapa orang yang lainnya akan kembali mengurus pekerjaannya yang memang membutuhkan internet. Namun, apabila sehari atau dua hari saja Anda tidak menggunakan internet, apa yang akan Anda lakukan?

Nah, untuk menyiasati kendala tidak adanya internet di rumah, Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang berguna untuk mengisi waktu luang Anda di rumah. Berikut 5 macam kegiatan yang bisa Anda lakukan sendiri atau bersama dengan anggota keluarga di rumah. Yuk, simak penjelasannya.

Dekorasi Kamar

Mendekor kamar merupakan salah satu kegiatan yang mengasyikkan di rumah. Hal itu dapat kita lihat dari beberapa Youtuber yang sering membuat konten saat mendekorasi kamarnya. Banyak dari mereka yang membuat kamarnya menjadi nuansa minimalis atau monokrom, vintage, dan floral. Semua orang bisa melakukannya, selain mengisi waktu luang, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk merilekskan pikiran yang sedang jenuh.

Kegiatan kita yang cenderung monoton dan selalu diperintah untuk melakukan sesuatu hal yang sama di setiap harinya tentu akan menimbulkan rasa jenuh dan bosan berlebihan. Anda bisa mengobatinya dengan menerima sesuatu yang baru, contoh kecilnya seperti nuansa kamar yang Anda tempati. Beberapa orang menyetujui bahwa mendekor ulang kamar dapat meringankan pikiran Anda ketika jenuh. Sekali dayung dua pulau terlampaui. Sama seperti pepatah, selain mengisi waktu ketika tidak internet di rumah, Anda juga dapat menghilangkan rasa stress yang bersarang di pikiran selama ini.

Senam Bersama Keluarga

Selain mendekorasi kamar, Anda dapat menghabiskan waktu dengan melakukan senam di rumah. Senam sangat bermanfaat bagi kesehatan di rumah. Dengan melakukan senam, Anda dapat membakar lemak jahat yang bersarang di dalam tubuh, selain itu dengan melakukan senam Anda dapat membantu memperlancar sirkulasi darah dan kerja otot jantung. Tidak jarang anak muda terserang penyakit berbahaya karena pola hidupnya yang tidak sehat. Anda dapat memulainya dengan senam sekali dalam seminggu.

Kegiatan yang padat sering kali membuat badan lelah dan hanya menginginkan tidur di atas kasur saat weekend. Hal ini tidak hanya terjadi pada anak muda saja, kebanyakan orang tua masih menginginkan tidur daripada berolahraga di akhir minggu. Nah, saat ini Anda dan keluarga bisa menerapkannya bersama-sama. Bukan hanya ketika internet di rumah tidak ada, Anda bisa melakukannya di setiap akhir pekan bersama keluarga. Selain membuat badan menjadi lebih bugar dan sehat, Anda juga dapat mempererat jalinan antar anggota keluarga di rumah.

Berkebun

Tidak banyak orang yang gemar bermain dengan tanah. Asumsi bahwa tanah itu kotor dan membuang-buang waktu banyak sekali diutarakan oleh anak-anak muda saat ini. Apabila disuruh untuk memilih antara bermain di kebun atau menonton Youtube, banyak dari mereka yang akan memilih pilihan kedua. Tentu saja itu bukan hal yang aneh, Anda harus memaklumi itu.

Namun saat ini Anda tidak memiliki internet di rumah. Bukankah mencoba sesuatu hal yang baru sangat menantang diri? Anda bisa memulainya dengan bermain di halaman rumah dan melakukan berbagai macam eksperimen bersama anggota keluarga yang lainnya. Berkebun tidak hanya tentang sayur-sayuran, Anda bisa menanam bunga atau melakukan cangkok pohon. Bila Anda ingin mencoba untuk menanam sayur, sebaiknya Anda memilih tanaman sayur yang bisa dipanen dalam waktu yang cepat dan tidak memerlukan perlakuan khusus, sehingga Anda tidak repot dan bisa dengan segera mencoba hasil panen Anda di rumah.

Membuat Resep Makanan Baru

Membuat sebuah eksperimen merupakan tantangan yang sangat mengasyikan dan cukup mendebarkan untuk kebanyakan orang. Sama seperti membuat resep makanan baru, hal ini bisa menyita pikiran Anda yang sudah jenuh dari segala macam tugas ataupun pekerjaan yang membuat Anda jenuh. Beberapa artikel juga sudah membuktikan bahwa makanan dapat berfungsi sebagai penghilang stress.

5 Resep Masakan Sehat dan Hemat
Asupan makanan yang baik bagi tubuh harus mengandung nutrisi seimbang untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Buatlah makanan sehat dan bergizi. Meskipun begitu, dalam membuat resep makanan sehat tentunya tidak selalu harus ribet dan mahal.

Membuat sebuah resep makanan baru memang tidaklah mudah, apabila cita rasa makanan yang Anda buat tidak sesuai dengan selera, pasti Anda akan merasa kesal akhirnya. Namun, itu bukan suatu hal yang besar dan dijadikan permasalahan. Anda bisa mencobanya lagi di lain waktu dengan lebih memperhatikan takaran dan campuran bahan yang ingin Anda buat. Apabila Anda melakukannya dengan serius dan memperhatikan pasar yang sedang tren, Anda dapat menjualnya dan mendapatkan penghasilan dari resep makanan yang sudah Anda buat di rumah.

Membaca Buku

Buku adalah jendela dunia. Begitulah kata guru-guru saat di sekolah dan itu adalah benar. Karena kecanggihan teknologi yang sudah merajai dunia, banyak dari kita yang mengabaikan buku dan lebih memilih untuk membaca e-book atau buku digital. Beberapa orang beranggapan bahwa lebih enak saat membaca e-book yang tidak berat dan bisa dibawa ke manapun.

10 Ide Aktivitas dengan Anak Selama Masa Karantina
Pandemi Covid 19 yang sudah melanda Indonesia selama hampir 3 bulan ini, membuat pemerintah menjalankan program karantina diri bagi setiap masyarakat. Ada cara untuk menghilangkan rasa bosan anak-anak saat masa karantina. Caranya, dengan melakukan beragam aktivitas bersama.

Namun saat ini Anda bisa menggantikannya dengan membaca buku fisik yang tidak kalah serunya. Apabila Anda hanya ingin meluangkan waktu yang kosong, Anda dapat membaca buku self improvement yang berguna untuk kepribadian Anda. Selain itu, Anda juga dapat membaca buku yang bertema romansa cinta atau percintaan anak muda yang sedang booming belakangan ini. Bacalah buku yang memang sesuai dengan genre Anda, apabila Anda membaca buku yang tidak sesuai dengan genre Anda dan mengalami badmood  karena tidak sesuai dengan ekspetasi Anda, itu akan menjadi kerugian bagi Anda sendiri.

Anda bisa mengikuti salah satu dari beberapa kegiatan di atas untuk menghabiskan waktu ketika tidak memiliki internet di rumah. Selamat mencoba.

Agnes Meilina

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang menyelesaikan kuliahnya di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Medan. Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.