3 Rekomendasi Film yang Memotivasi Diri

edukasi 28 Feb 2023

Motivasi diri adalah hal yang penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Motivasi diri adalah pendorong untuk menjalani kehidupan dengan baik. Sayangnya, banyak juga orang yang merasa kehilangan motivasi diri karena kegagalan atau permasalahan hidup lainnya. Banyak orang seolah tak termotivasi untuk menjalani kehidupan dengan baik.

Mengapa ada banyak orang yang kehilangan motivasi diri? Penyebabnya mungkin beragam. Tapi biasanya, banyak orang kehilangan motivasi diri saat berhadapan dengan hal yang sulit. Ketika ada suatu permasalahan dan tidak bisa mengatasi dengan baik, maka banyak orang yang cenderung putus asa hingga berakibat kehilangan motivasi diri.

Tentunya, hal ini harus segera diatasi. Sebab, bagaimanapun motivasi diri adalah hal yang penting bagi seseorang dalam menjalani kehidupan. Sebenarnya, ada banyak cara untuk meningkatkan motivasi diri. Namun, ada satu cara yang menyenangkan untuk membangun motivasi diri ini. Apa itu? Menonton film! Film adalah hiburan yang menyenangkan bagi banyak orang. Film tak hanya menghibur, tapi juga menjadi cara untuk memotivasi diri seseorang.

Ada banyak film yang bisa memotivasi diri. Namun, artikel ini akan membahas tentang 3 rekomendasi film yang memotivasi diri.

Rekomendasi Film yang Memotivasi Diri

1. Slumdog Millionaire

Rekomendasi film pertama yang memotivasi diri adalah Slumdog Millionaire. Film tersebut dirilis pada tahun 2008. Film ini bercerita tentang seorang anak laki-laki yang bernama Jamal Malik. Ia hidup di sebuah daerah kumuh yang ada di Mumbai, India.

Kehidupan Jamal berubah drastis saat berhasil memenangkan kuis “Who Wants to Be A Millionaire India”. Jamal berhasil memenangkan kuis tersebut, sehingga berhak memperoleh hadiah sebesar 20 juta Rupee. Jamal pun menjelma menjadi jutawan baru di daerahnya.

Namun, kemenangan Jamal ini dicurigai. Jamal dituduh melakukan kecurangan. Banyak orang meragukannya, bagaimana bisa Jamal yang berasal dari permukiman kumuh dan tidak berpendidikan bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar.

Jamal pun menceritakan bagaimana kehidupan yang dijalaninya selama ini. Mulai dari kehilangan orangtua karena konflik agama di India, bertemu orang jahat yang berpura-pura baik dan menjadikannya pengemis. Lalu hidup menggelandang di kereta, berjualan apa saja di kereta sampai menjadi seorang tour guide ilegal di Taj Mahal.

Pengalaman hiduplah yang membuat Jamal mampu menjawab semua pertanyaan. Semua penderitaan yang dialami Jamal terbayar lunas dengan memenangkan kuis ini sehingga bisa mengubah hidupnya secara drastis. Meski awalnya dia ikut kuis hanya untuk bisa menemukan Latika, perempuan yang sangat disukainya. Mereka berpisah sejak Jamal berhasil melarikan diri dari penjahat yang menjadikannya pengemis.

Menonton film ini bisa memberikan kita motivasi, bahwa apapun kesulitan hidup yang kita alami pasti ada jalan keluarnya. Segala bentuk kesulitan jangan membuat kita menyerah, justru harus lebih semangat berusaha lagi.

Selain itu, dari kisah Jamal ini kita bisa belajar bahwa pengalaman juga merupakan guru berharga bagi tiap orang. Pengalaman bisa membantu kita mengatasi kesulitan hidup dan mencari solusi dari permasalahan yang kita hadapi.

2. 3 Idiots

Satu lagi film India yang bisa memotivasi diri. 3 Idiots adalah sebuah film yang diangkat dari novel Five Point Someone karya Chetan Bhagat. Kisah dari film ini berdasarkan kisah nyata seorang insinyur jenius bernama Sonam Wangchuk yang tinggal di Pegunungan Himalaya. Ia membangun sekolah dan memiliki ide unik berupa Stupa Es untuk mengatasi masalah kekeringan di wilayah tersebut.

Film yang rilis pada tahun 2009 ini bercerita tentang persahabatan tiga orang mahasiswa yang berkuliah di Imperial College of Engineering (ICE). Adapun nama dari tiga orang sahabat ini yaitu Farhan Qureshi (Madhavan), Raju Rastogi (Sharman Joshi) dan 'Rancho' Shamaldas Chanchad (Aamir Khan).

Peran Guru dalam Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Siswa
Keterampilan memimpin perlu diajarkan kepada anak, seperti melatih rasa tanggung jawab anak terhadap pekerjaannya, ketekunan, disiplin dan lainnya.

Dalam film ini diceritakan bagaimana ketiganya berjibaku dalam menjalani kuliahnya. Tak hanya stres dengan tugas-tugas sekolah, tetapi juga tertekan oleh rektor kejam bernama Dr. Viru Sahastrabuddhe. Kekejaman Dr. Viru membuatnya dijuluki sebagai Virus, sebagaimana penyebutan oleh para mahasiswanya sebagai "virus komputer".

Aturan kampus yang ditetapkan oleh Dr. Viru sangat ketat, membuat para mahasiswa stres. Bahkan ada yang sampai bunuh diri. Tidak ada mahasiswa yang berani melawan, kecuali Rancho.

Dibalik kisah seru 3 sahabat ini, banyak sekali kata-kata motivasi dalam film ini. Kata-kata ini mampu membuat kita memotivasi diri sendiri. Misalnya, kata-kata “Aal izz wel, aal izz wel”, yang selalu diucapkan Rancho kepada teman-temannya saat merasa takut dan gelisah.

Melalui kata-kata tersebut, Rancho ingin selalu menyemangati teman-temannya, bahwa semua akan baik-baik saja. Apapun kesulitan yang datang, katakan bahwa semua akan baik-baik saja. Dengan begitu, saat ada masalah kita tidak akan mudah menyerah.

Ada satu hal lagi dalam film ini yang bisa membuat kita termotivasi. Kesuksesan Rancho saat kuliah tidak terlepas dari tindakannya yang selalu mencintai hal yang dilakukannya. Kuliah contohnya, Rancho suka belajar di kuliah. Dia tidak mempedulikan pujian, tuntutan bahkan materi untuk belajar. dia hanya mencintai kegiatan belajar itu. Melakukan hal yang kita cintai, akan membuat kita berusaha dengan sungguh-sungguh, sehingga bisa memperoleh hasil terbaik.

3. Laskar Pelangi

Terakhir, ada rekomendasi film yang memotivasi diri dari dalam negeri. Film Indonesia juga tak kalah dengan film Bollywood yang dibahas sebelumnya. Laskar Pelangi adalah film Indonesia yang mampu memotivasi diri, khususnya dalam bersungguh-sungguh menuntut ilmu hingga keluar negeri.

Film Laskar Pelangi diangkat dari novel karya Andrea Hirata dengan judul yang sama. Film garapan Mira Lesmana dan Riri Reza ini menunjukkan kepada kita bahwa akses pendidikan di Indonesia belum merata bagi sebagian masyarakat.

Di sebuah sekolah di Bangka Belitung, ada sekelompok anak-anak yang sangat bersemangat sekolah meski gedung sekolahnya hampir roboh dan minim fasilitas. Belum lagi saat siswa-siswanya harus menempuh perjalanan jauh hanya untuk sampai di sekolah.

Meski begitu, anak-anak dalam film Laskar Pelangi ini tetap semangat belajar. Mereka juga punya cita-cita yang tinggi. Semua ini tidak terlepas dari sosok guru yang hebat, yaitu ibu guru Muslimah yang diperankan oleh Cut Mini.

7 Kanal Youtube yang Menawarkan Tutoring Gratis untuk Siswa
Setiap orang yang membutuhkan ilmu pengetahuan, bisa mencarinya di laman youtube. Berbagai tutorial tersedia di sana.

Bu Mus, begitu panggilannya, tak lelah mengajar siswa-siswanya dengan sepenuh hati. Bu Mus ingin, siswa-siswanya juga bisa pandai dan meraih cita-cita di tengah keterbatasan yang ada.

Di film ini, SD Muhammadiyah Belitong tetap bisa menghasilkan siswa-siswa yang berkualitas di tengah minimnya fasilitas. Buktinya saat siswa-siswa SD Muhammadiyah dengan segala keterbatasan yang ada bisa memenangkan lomba cerdas cermat dengan SD Negeri.

Dari film tersebut, kita bisa banyak mengambil pelajaran. Bahwa, keterbatasan tak menghalangi kesuksesan. Siapa yang bersungguh-sunggu pasti akan berhasil.

Menuntut ilmu adalah hal yang penting. Oleh karena itu, wajar jika diusahakan dengan sebaik-baiknya. Saat mulai kehilangan motivasi menggapai cita-cita, ingatlah anak-anak SD Muhammadiyah Bangka Belitung ini. Keterbatasan tidak menghalangi mereka bermimpi setinggi mungkin dan meraih impiannya masing-masing.

Film Laskar Pelangi ini sukses besar baik di tingkat nasional maupun internasional. Tak hanya ditonton oleh banyak penonton, tetapi juga memperoleh banyak penghargaan. Laskar Pelangi menjadi salah satu film yang sangat cocok ditonton ketika merasa kehilangan motivasi diri.

Demikian 3 rekomendasi film yang memotivasi diri. Semoga dengan artikel ini Anda bisa memilih film yang tepat untuk memotivasi diri. Punya motivasi diri itu penting. Jadi jangan lupa untuk terus termotivasi, ya!

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.