16 Alasan Pentingnya Guru Bisa Bahasa Inggris di Era 4.0

edukasi 14 Nov 2021

Era 4.0 adalah era digitalisasi. Pada era ini, penggunaan teknologi digital sangat masif digunakan. Pada era ini, banyak pekerjaan-pekerjaan manusia yang digantikan oleh teknologi. Tak heran banyak juga pekerjaan lama yang hilang, lalu muncul juga pekerjaan baru yang muncul.

Bagaimana dengan pekerjaan sebagai guru? Meskipun sekarang informasi sangat mudah di dapatkan termasuk informasi seputar pelajaran, peran guru masih belum tergantikan. Guru masih dibutuhkan di era 4.0 ini.

Nyatanya, peran guru di era 4.0 ini semakin besar. Peran guru tidak hanya menyampaikan isi materi pelajaran saja. Tetapi juga mempersiapkan peserta didik untuk siap menghadapi era 4.0 ini.

Siap menghadapi era 4.0 ini dilihat dari beragam kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Mulai dari soft skill maupun hard skill. Tak hanya berperan mengasah kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan di era 4.0, guru juga berperan mendidik karakteristik peserta didik.

Sehubungan dengan pendidikan karakter peserta didik, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat program yang bernama Profil Pelajar Pancasila (PPK). Profil Pelajar Pancasila inilah yang nantinya bisa membantu peserta didik untuk siap menghadapi era 4.0.

Tentunya agar bisa mendidik sesuai era 4.0, guru harus memiliki kemampuan yang mendukung. Salah satunya adalah kemampuan berbahasa Inggris. Di era digital ini, guru harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Mengapa? Berikut adalah 16 alasan pentingnya guru bisa bahasa Inggris di era 4.0.

1. Syarat kelulusan pendidikan

Kemampuan bahasa Inggris menjadi penting jauh sebelum guru menjalankan perannya. Calon guru harus bisa berbahasa Inggris jika ingin lulus kuliah. Saat ini setiap kampus mewajibkan semua lulusannya untuk bisa mencapai skor TOEFL tertentu. Tentunya kemampuan bahasa Inggris sangat penting agar bisa mengerjakan soal-soal TOEFL sebagai syarat kelulusan pendidikan.

2. Meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan

Dengan kemampuan bahasa Inggris, guru juga bisa mendapatkan peluang pekerjaan. Entah mau menjadi guru di sekolah negeri ataupun menjadi guru di sekolah swasta. Keduanya menuntut guru untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris.

Menjadi PNS, salah satu syaratnya juga harus melampirkan skor TOEFL tertentu. Menjadi guru di sekolah swasta juga demikian. Bahkan, jika guru benar-benar fasih berbahasa Inggris, guru akan memiliki peluang bekerja di sekolah swasta internasional, di mana fasilitas dan gaji yang didapatkan tinggi.

3. Kesempatan memperoleh beasiswa

Dengan memiliki kemampuan bahasa Inggris, guru bisa memiliki peluang mendapat beasiswa. Beasiswa baik dalam negeri maupun luar negeri, salah satu syaratnya adalah kemampuan berbahasa Inggris. Jika guru bisa memiliki kemampuan bahasa Inggris yang tinggi, maka kesempatan memperoleh beasiswa, terutama beasiswa ke luar negeri tentu semakin terbuka lebar.

Luar negeri bisa menjadi tempat belajar yang baik bagi guru untuk melanjutkan pendidikannya. Khususnya jika belajar di negara-negara yang memiliki tingkat pendidikan yang baik, misalnya negara-negara Skandinavia.

4. Meningkatkan jenjang karir

Memiliki kemampuan bahasa Inggris juga bisa membantu guru dalam meningkatkan jenjang karirnya. Guru yang fasih berbahasa Inggris tentu akan memiliki nilai lebih. Karirnya akan lebih cepat meningkat.

Pentingnya Menumbuhkan Karakter Pancasila, Ini Ciri-ciri Pelajar Pancasila
enam karakteristik pelajar Pancasila yang harus ditanamkan yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang maha Esa dan berakhlak mulia, kreatif, bernalar kritis, Mandiri, bergotong-royong dan kebhinekaan global.

5. Menambah pengetahuan

Dengan kemampuan berbahasa Inggris, guru bisa menambah pengetahuan. Banyak sekali literatur bidang pendidikan yang menggunakan bahasa Inggris. Bila guru bisa bahasa Inggris, maka peluang guru dalam mendapatkan referensi akan semakin besar. Pengetahuan guru akan bertambah.

6. Bahasa global

Bahasa Inggris adalah bahasa global. Bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan di era global seperti era 4.0 ini. Jadi sudah seharusnya guru memiliki kemampuan berbahasa Inggris.

7. Sesuai zaman

Era 4.0 ini merupakan zaman globalisasi. Dimana pada zaman ini, bahasa Inggris sangat penting. Begitu juga bagi guru. Kemampuan bahasa Inggris membantu guru untuk bisa mengajar sesuai zamannya.

8. Memahami teknologi

Era 4.0 adalah era dimana banyak aktivitas manusia dibantu dengan teknologi. Termasuk dalam bidang pendidikan, saat ini banyak teknologi pendidikan yang memudahkan guru dalam melakukan tugasnya.

Dengan kemampuan bahasa Inggris, guru akan semakin memahami teknologi. Teknologi dioperasikan menggunakan bahasa Inggris.

9. Bahasa ilmiah

Bahasa Inggris juga berfungsi sebagai bahasa ilmiah. Jurnal-jurnal pendidikan ditulis dalam bahasa Inggris. Bila guru bisa berbahasa Inggris, maka guru akan mudah dalam mengakses jurnal sebagai referensi pembelajaran ataupun menulis jurnal sendiri.

10. Mengasah kreativitas

Bahasa Inggris juga bisa mengasah kreativitas guru. Guru yang kreatif tentu akan bisa mendorong setiap peserta didiknya untuk ikut kreatif.

11. Syarat interaksi global

Bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan untuk melakukan interaksi secara global. Bila guru memiliki kemampuan berbahasa Inggris, tentunya guru akan mudah melakukan interaksi secara global. Guru bisa berperan menjadi masyarakat global, kondisi yang sesuai dengan era 4.0 ini.

12. Mempermudah literasi digital

Era 4.0 mensyaratkan setiap individu memiliki kemampuan literasi digital. Sebab, di era 4.0, teknologi digital lah yang paling berperan penting. Bila guru bisa berbahasa Inggris, maka guru akan bisa memanfaatkan teknologi digital dengan baik. Bahasa Inggris mempermudah guru memiliki kecakapan literasi digital.

13. Meningkatkan kemampuan literasi

Bahasa Inggris membantu guru meningkatkan kemampuan literasi. Di era 4.0 ini, banyak unsur-unsur literasi yang menggunakan bahasa Inggris. Sehingga, bila guru bisa bahasa Inggris, maka kesempatan mengakses unsur-unsur literasi di era 4.0 semakin terbuka lebar. Dengan begitu, kemampuan literasi digital semakin meningkat.

14. Memperluas relasi

Dengan fasih berbahasa Inggris, maka guru bisa memperluas relasinya. Tak hanya bisa menjalin relasi dengan stakeholder pendidikan dalam negeri saja, tetapi juga bisa menjalin relasi dengan para stakeholder pendidikan mancanegara. Relasi yang luas ini tentu akan membantu guru dalam mengembangkan potensinya.

Kisah Inspiratif Peraih Global Teacher Prize 2020: Ranjitsinh Disale
Ranjitsinh Disale, seorang guru yang inspiratif dari India yang mendapatkan penghargaan sebagai guru terbaik oleh Global Teacher Prize 2020

15. Melatih kemampuan peserta didik

Guru yang bisa bahasa Inggris akan mudah melatih peserta didiknya untuk siap menghadapi era global yang merupakan konsekuensi dari era 4.0 ini.

Sebagaimana yang diketahui, di era global bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Bila guru bisa melatih kemampuan bahasa Inggris peserta didiknya, itu artinya guru bisa membantu setiap peserta didiknya untuk menjadi individu-individu yang siap berperan secara global.

16. Mengembangkan potensi peserta didik

Banyak sekali potensi peserta didik yang bisa dikembangkan jika guru bisa bahasa Inggris. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki, guru bisa mengembangkan beberapa potensi peserta didiknya.

Mulai dari potensi debat bahasa Inggris, robotik hingga sains yang semuanya itu sangat membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris.

Demikian adalah 16 alasan pentingnya guru bisa bahasa Inggris di era 4.0. Jadi, tunggu apalagi. Sudah selayaknya setiap guru bisa bahasa Inggris. Bahasa Inggris tak hanya penting dalam meningkatkan potensi pribadi setiap guru, tetapi juga bisa membantu guru dalam menjalankan tugasnya dalam mengajar para peserta didiknya. Tetap semangat untuk terus belajar bahasa Inggris wahai para guru.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.