11 Tips untuk Memulai Kebiasaan Menabung

parenting 29 Jun 2023

Mengajarkan anak-anak untuk menabung, sangatlah penting. Bagaimana tidak, menabung dapat membuat anak lebih berhemat sehingga tidak boros dalam membeli sesuatu. Selain itu, anak juga akan lebih berhati-hati dalam menggunakan uang. Sehingga, mereka tidak menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak berguna.

Jadi, mulailah melatih anak kita menabung sejak dini, karena itu juga tanggung jawab kita sebagai orang tua. Lalu, bagaimana cara memulai kebiasaan menabung pada anak? Simak tipsnya di bawah ini!

1. Pengenalan Uang Pada Anak

Kenapa anak harus mengenal uang? Karena uang adalah alat transaksi yang harus mereka ketahui. Mulai dari cara mendapatkannya hingga cara menggunakannya dengan baik. Sehingga, anak akan mulai mengerti bahwa mereka harus menghargai uang dan tidak boleh menghambur-hamburkan uang.

Cara yang mudah mengenalkan uang kepada anak adalah dengan cara berhitung dengan. Berhitung sangat dekat dengan dunia anak, sehingga kita dapat memasukkan masalah keuangan pada saat mengajarkan mereka tentang berhitung. Gunakan cara berhitung sederhana mengenai menabung uang sehingga mudah dimengerti anak.

2. Ceritakan Pada Anak Tentang Kegunaan Uang

Apa saja kegunaan uang yang harus anak-anak ketahui? Salah satunya adalah alat transaksi sehari-hari. Uang bisa digunakan untuk memperoleh atau membeli barang yang diinginkan, tentunya dengan usaha yang harus mereka lakukan terlebih dahulu. Dengan mengetahui kegunaan uang maka anak akan lebih bijaksana dalam menggunakannya. Anak juga akan lebih menghargai uang dan tidak sembarangan dalam membelanjakannya.

3.  Berikan Contoh pada Anak

Anak-anak adalah peniru ulung bukan? Peniru yang sangat andal. Apa ynng mereka lihat dan apa yang mereka dengar akan mereka tirukan sedemikian rupa. Jadi, hal yang harus kita lakukan pertama kali adalah memberi contoh pada anak-anak kita. Orang tualah yang menjadi role model untuk anak-anaknya.

Tunjukkan kebiasaan-kebiasaan menabung pada anak sejak dini. Anda dapat memulainya dari yang paling sederhana, yaitu menabung di celengan, di toples, atau di kardus yang dibuat semenarik mungkin. Berikan contoh menabung setiap hari di celengan, biarkan mereka melihatnya sehingga mereka jadi ingin tahu yang akhirnya membuat mereka menirukannya.

4.  Berikan Alat Menabung yang Menarik

Memberikan alat menabung seperti celengan yang menarik dan lucu akan membuat anak merasa tertarik dan senang. Celengan dengan bentuk atau model kesukaan, akan membantu melatih mereka dalam disiplin menabung. Biasanya di toko banyak sekali bentuk-bentuk celengan yang disukai oleh anak-anak. Biarkan mereka memilih yang mereka suka, agar menambah semangatnya dalam menabung.

5. Jelaskan Manfaat Menabung

Manfaat menabung bagi anak sangat banyak. Selain untuk berhemat, menabung juga bermanfaat untuk masa depan anak atau untuk kebutuhan yang mendesak nantinya. Ceritakan bahwa menabung juga bisa digunakan untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan dengan usaha sendiri.

Cara ini juga melatih anak agar berusaha untuk mendapatkan sesuatu dan membuat mereka belajar bahwa semua yang kita inginkan harus melalui proses secara bertahap. Bicarakan dengan anak tujuan mereka menabung. Jangan lupa berikan batas waktu mereka boleh mengambil tabungannya, agar mereka tetap semangat menunggu barang yang mereka inginkan.

6. Beri Jatah Uang Mingguan atau Bulanan pada Anak

Dengan memberikan mereka jatah uang sendiri maka anak akan berlatih mengatur pengeluaran mereka. Belajar memperhitungkan uang yang mereka miliki dengan kebutuhan yang mereka inginkan. Berikan mereka pengertian bahwa mereka harus menyisihkan uangnya untuk ditabung. Tujuannya agar anak-anak dapat menggunakannya ketika membutuhkan sesuatu, tanpa harus minta pada orang tua.

7. Mengajak Anak ke Bank

Mengajak anak ke bank juga salah satu bentuk pengenalan pada anak tentang menabung sejak dini. Saat kita menabung di bank, anak juga bisa melakukan hal yang sama. Kita juga bisa membuatkan buku rekening untuk anak kita, mengajari cara mereka menabung di bank, dan juga berinteraksi dengan orang lain secara baik. Ceritakan manfaat apa saja yang kita peroleh saat kita menabung di bank. Hal ini akan membuat anak lebih disiplin lagi dalam menggunakan uang.

8. Ajarkan Anak untuk Memilih Apa yang Mereka butuhkan

Ajarkan anak untuk memilih apa yang mereka butuhkan. Jangan sampai mereka berbelanja semua yang mereka inginkan, tanpa memperhitungkan kemampuannya terlebih dahulu. Berikan kesempatan anak kita untuk memilih dengan baik dan tepat. Hal ini mengajarkan anak bahwa kita tidak boleh sembarangan berbelanja, terlebih untuk hal-hal yang kurang bermanfaat nantinya. Berbelanja juga harus mengetahui batas kemampuan uang masing-masing agar tidak menganggu kebutuhan lainnya.

9. Berikan Hadiah

Anak mana yang tidak suka diberikan hadiah? Pasti semua anak akan sangat bahagia jika mendapatkan hadiah. Ya, berikan hadiah pada anak jika ia rutin dan disiplin dalam menabung. Hadiah-hadiah kecil dan sederhana tidak jadi masalah, karena itu adalah bentuk apresiasi untuk usahanya yang sudah mau menabung, menyisihkan sebagian dari uang jajan mereka.

Kita juga bisa membelikan jajanan kesukaan mereka. Memberikan hadiah atas apa yang mereka lakukan akan membuat anak merasa senang dan bersemangat. Sehingga mereka akan makin tertib dan termovitasi dalam menabung. Harapannya, hal ini akan menjadi kebiasaan baik yang mereka lakukan hingga dewasa.

10. Ajarkan Anak Mencatat Setiap Pengeluaran dan Pemasukan Mereka

Mengajari anak untuk mencatat setiap pengeluarannya bisa dikenalkan sedini mungkin. Anak akan terbiasa menuliskan setiap uang yang mereka belanjakan, dan memperhitungkan sisa uang mereka. Mereka akan mengetahui apa yang harus dibeli, dan berapa yang harus ditabung (skala prioritas). Hal ini membuat anak lebih berhemat dan berhati-hati dalam menggunakan uang, saat dewasa kelak. Mengelola keuangan pribadi sangat penting untuk mendapatkan kehidupan yang layak, sehingga tidak terjadi pengeluaran yang melebihi pemasukan (besar pasak daripada tiang).

20 Kanal Youtube yang Aman dan Edukatif Bagi Anak
Ada banyak konten edukatif di Youtube yang bisa ditonton anak untuk belajar dan mengisi waktu luang mereka.

11. Biasakan Anak untuk Memilih

Berikan pilihan pada anak saat mereka menginginkan sesuatu. Jangan sampai anak membeli semua yang mereka inginkan tanpa melihat kebutuhannya. Oleh karena hal ini akan membuat anak bersikap semaunya pada uang yang dimiliki. Menghambur-hamburkannya untuk hal yang kurang berguna. Berikan kesempatan dan waktu untuk anak-anak kita memilih yang betul-betul dibutuhkannya. Dengan memilih sesuatu yang betul-betul dibutuhkannya, sama dengan mengajarkan anak untuk tidak boros dengan uang.

5 Alasan Penting Ujian Nasional Perlu diganti dengan Assesmen Nasional
Ujian nasional bukan dihapuskan namun diganti formatnya melalui assesmen nasional. Format yang diganti yakni ujian per mata pelajaran sesuai kelengkapan silabus dari kurikulum.

Nah, itulah beberapa tips untuk membiasakan anak dalam menabung. Tidak sulit bukan? Kita hanya perlu untuk konsisten dalam melakukannya. Sehingga apa yang anak lihat dan dengar akan selalu mereka ingat. Ajarkan anak kita menabung sejak dini. Disiplin dalam menabung akan sangat penting untuk mereka saat sudah dewasa nanti. Memilih dan memilah kebutuhan yang sangat mereka perlukan.

Melakukan penghematan dan berhati-hati dalam menggunakan uang merupakan tindakan yang bijaksana. Lebih menghargai uang dan tidak menghambur-hamburkannya adalah gaya hidup positif. Semua kita lakukan sejak dini, dengan menanamkan kebiasaan-kebiasaan baik untuk masa depan anak-anak kita. Harapannya agar mereka menjadi generasi penerus yang luar biasa. Mari membiasakan diri kita dan anak kita agar lebih bijak dalam menggunakan uang.

Enni Kurniasih

"Penulis, blogger, pemerhati pendidikan dan parenting"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.