10 Mata Pelajaran Unik yang Tidak Ada di Sekolah Indonesia

edukasi 22 Jun 2021

Pengetahuan merupakan hal terpenting yang harus diberikan dan diajarkan kepada setiap manusia sejak dini. Oleh karena itu, tidak jarang kita menemukan sebagian orangtua yang mulai mengajarkan pengetahuan dan wawasan kepada anak-anaknya sejak dini. Pengetahuan yang diberikan orangtua tidak harus bersifat formal, misalnya seperti mengenalkan nama-nama hewan, buah, dan warna. Begitu juga dengan yang dilakukan oleh setiap guru yang ada di dunia, mereka memiliki berbagai macam metode pengajaran yang digunakan untuk menyampaikan ilmu pengetahuan kepada siswa di kelas. Ada beberapa mata pelajaran unik dari berbagai negara yang ada di negara lain tetapi tidak ada di Indonesia.

Sebelum membahas mata pelajaran unik tersebut, terlebih dulu Anda harus tahu tentang metode pembelajaran yang diterapkan guru di dalam kelas. Apa yang dimaksud dengan metode mengajar? Metode mengajar merupakan suatu strategi yang digunakan guru sebagai alat untuk mencapai tujuan belajar mengajar yang dilaksanakan di dalam kelas. Dalam memilih dan menentukan metode mengajar tersebut guru harus mempertimbangkan materi yang akan diajarkan saat itu beserta kemampuan siswa. Dengan begitu, guru bisa menentukan metode mengajar apa yang cocok untuk siswa supaya kegiatan belajar bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

Macam-Macam Metode Pembelajaran yang Digunakan Guru

Apabila guru berhasil menentukan metode mengajar yang cocok untuk siswa, tujuan pembelajaran dapat dipastikan bisa terpenuhi dengan baik. Selain itu, bukan hanya tujuan pembelajaran saja yang tercapai, tetapi kemampuan akademik dan keterampilan siswa juga akan semakin meningkat. Adapun beberapa jenis metode mengajar yang kerap kali digunakan guru di dalam kelas antara lain:

1. Metode Pembelajaran Ceramah

Metode mengajar yang sering digunakan guru di dalam kelas yaitu metode ceramah. Metode ceramah merupakan situasi di mana guru menyampaikan informasi kepada siswa secara lisan atau dengan berceramah. Metode ini bisa dikatakan metode yang paling praktis, ekonomis, tetapi sudah ketinggalan zaman. Saat ini, pihak sekolah dan pemerintah sudah menekankan kepada setiap guru untuk tidak menerapkan metode mengajar ceramah ini lagi, karena tidak efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Keadaan kelas cenderung menjadi lebih pasif karena pada metode pembelajaran ini, guru yang berperan penting dalam kegiatan belajar, sementara siswa bertugas dalam menerima apa yang dijelaskan guru.

2. Metode Pembelajaran Diskusi

Metode diskusi adalah metode mengajar dengan sistem bertukar informasi dan pendapat untuk menemukan keputusan bersama. Metode pembelajaran diskusi sama saja seperti kegiatan diskusi yang sering kita lakukan, bedanya dalam kondisi ini setiap siswa akan mendiskusikan materi pelajaran yang telah diajarkan guru. Sebelum diskusi itu dimulai, guru akan membagi setiap siswa menjadi beberapa kelompok yang diisi 4-5 orang, supaya kegiatan diskusi lebih kondusif.

3. Metode Pembelajaran Tanya Jawab

Metode pembelajaran tanya jawab merupakan metode mengajar yang membutuhkan komunikasi langsung yang bersifat dua arah, di mana guru dan siswa akan melakukan komunikasi timbal balik. Biasanya metode ini akan dilakukan setelah guru selesai mengajar.

4. Metode Pembelajaran Demonstrasi

Metode pembelajaran demonstrasi merupakan metode mengajar yang sangat efektif untuk diterapkan di kelas. Hal ini dikarenakan metode ini dapat membantu siswa untuk mencari jawaban dengan usahanya sendiri berdasarkan fakta yang sebenarnya. Demonstrasi yang dimaksud dalam metode ini yaitu metode mengajar yang memperlihatkan tentang bagaimana proses terjadinya sesuatu, seperti proses pemecahan masalah pada soal matematika.

5. Metode Pembelajaran Eksperimen

Metode pembelajaran eksperimen merupakan metode mengajar yang kegiatan pembelajarannya membutuhkan suatu percobaan untuk membuktikan sesuatu yang telah dipelajari. Biasanya metode ini digunakan dengan bantuan media, seperti alat peraga. Pada umumnya metode eksperimen ini dapat membantu guru untuk melatih kreativitas siswa dan keaktifan siswa di kelas serta dalam berkelompok.

7 Tugas Prakarya Kreatif yang Bisa Dicoba Guru
Prakarya adalah hasil karya atau kerja tangan. Pembelajaran ini sebenarnya tidak melihat hasil akhir

10 Mata Pelajaran Unik di Negara Lain yang Tidak Ada di Sekolah Indonesia

Sebelumnya kita tahu bahwa banyak sekali mata pelajaran yang dipelajari oleh setiap siswa hingga mahasiswa di bangku pendidikan. Mata pelajaran yang mereka pelajari dimulai dari mata pelajaran yang membutuhkan kemampuan berhitung, literasi, dan lain sebagainya. Namun, apakah Anda pernah menyadari bahwa ada beberapa mata pelajaran unik dari berbagai negara yang ada di negara lain tetapi tidak ada di Indonesia? Nah, untuk itu mari kita lihat apa saja mata pelajaran unik tersebut. Berikut penjelasannya.

1. Kebahagiaan (Jerman)

Sudah lebih dari 100 sekolah yang memiliki pelajaran kebahagiaan, salah satunya yaitu di sekolah Heidelberg. Pelajaran ini tidak memiliki tes ataupun ujian, tetapi selama tahun ajaran siswa akan membuat proyek kebaikan yang mereka jadikan kenyataan. Proyek kebaikan yang bisa siswa lakukan yaitu seperti menjadi sukarelawan atau menyelenggarakan acara amal.

2. Eksplorasi (AS)

Pelajaran yang mengajak siswa untuk melakukan praktik. Pelajaran ini akan dilaksanakan seminggu sekali selama 5 jam. Setelah pelajaran selesai, guru akan mendiskusikan bagian teoritis dari pelajaran yang dipelajari. Siswa akan terjun langsung dalam kegiatan tersebut, misalnya dalam pembuatan makanan, berarti mereka membeli bahan dan membuatnya langsung, menjual makanan tersebut, serta menyediakan makanan tersebut dalam bentuk yang menarik.

3. Komunikasi (Spanyol)

Kelas komunikasi merupakan mata pelajaran wajib yang ada di Spanyol. Seluruh siswa Spanyol yang berusia 3 sampai 11 tahun akan mengikuti kelas wajib ini. Alih-alih membosankan, pelajaran ini begitu menyenangkan karena siswa akan diajak menonton suatu film dan mendiskusikan topik yang bersangkutan dengan film tersebut.

4. Mengerjakan Tugas Rumah Tangga dan Menjadi Klien (Swedia)

Mata pelajaran ini tidak hanya berlaku pada anak perempuan saja, tetapi anak lelaki juga turut mengikuti pelajaran ini. Mereka akan belajar memasak, nutrisi makanan, dan mereka juga akan diajarkan untuk berhemat dan mandiri, seperti orang dewasa pada umumnya.

5. Sekolah Hutan (Inggris)

Pelajaran ini akan mengajak siswa untuk belajar tentang bagaimana mengarahkan diri ketika sedang di hutan dan belajar tentang bagaimana cara membedakan tanaman yang dapat dimakan maupun yang tidak dapat dimakan. Beberapa sekolah menerapkan pelajaran sekolah hutan ini hampir setiap hari.

6. Kelas Debat (Belanda)

Di Belanda, kelas debat dijadikan sebagai kelas bahasa. Saat pembelajaran sedang berlangsung, setiap siswa akan dibagi menjadi dua tim yang harus berjuang dalam mempertahankan opini mereka. Guru akan bertugas sebagai pengawas dan penengah ketika kelas debat semakin memanas. Pada kelas ini, siswa tidak hanya diajarkan untuk menyampaikan pendapatnya saja, tetapi mereka juga akan diajarkan untuk bersikap toleransi kepada orang lain.

7. Kecerdasan Buatan (China)

Pelajaran ini baru ada di China pada tahun 2019. Pada pembelajaran ini siswa tidak hanya diajarkan tentang sejarah perkembangan kecerdasan buatan saja, tetapi mereka juga akan diajarkan tentang bagaimana menggunakan kecerdasan buatan tersebut. Siswa tidak hanya belajar teori saja, tetapi mereka juga akan melakukannya secara praktik, seperti membuat robot.

8. Yoga (Inggris, AS, Australia)

Siswa akan diajarkan tentang cara bermeditasi yang baik. Kegiatan ini akan diadakan selama 2 kali dalam seminggu dalam jangka waktu 40 menit terakhir di sekolah. Biasanya pelajaran ini akan diajarkan pada siswa yang sedang duduk di bangku sekolah menengah.

9. Berselancar (Australia, Selandia Baru, Hawaii)

Pelajaran ini akan mengajarkan anak-anak untuk hidup dengan alam dan bagaimana cara mereka mengendalikannya. Tidak semua anak bisa mengikuti kelas ini, hanya mereka yang hidup dekat dengan laut saja yang bisa mengikuti kelas berselancar. Sedangkan anak-anak lain bisa mengikuti kelas berenang.

Agar Semangat Belajar, Begini 10 Cara Guru Memotivasi Belajar Siswa!
Motivasi belajar siswa sangat diperlukan untuk meningkatkan motivasi belajar, Guru berperan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

10.  Kekaguman Alam (Jepang)

Saat ini, banyak sekolah Jepang yang menawarkan pelajaran kekaguman alam sebagai pelajaran wajib untuk diikuti. Pelajaran ini tentunya tidak membosankan, karena siswa tidak hanya melihat tempat-tempat indah lewat gambar saja, tetapi mereka bisa menikmatinya dengan nyata. Dalam hal ini guru akan mengajarkan siswa untuk mencintai dunia sekitar mereka.

Demikianlah penjelasan mengenai metode mengajar yang sering digunakan guru di kelas beserta penjelasan mengenai beberapa mata pelajaran unik dari berbagai negara yang ada di negara lain tetapi tidak ada di Indonesia. Untuk menciptakan kelas yang menarik, tentu saja guru memiliki peran besar dalam merancang kegiatan belajar yang penuh motivasi.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.