10 Ide Kegiatan Outing Class Pasca Pandemi

edukasi Agt 12, 2020


10 Ide untuk Kegiatan Outing Class Pasca Pandemi - Pandemi Corona COVID-19 yang berlangsung sejak Maret lalu, membuat perubahan yang besar dalam dunia pendidikan. Selama pandemi, kegiatan belajar mengajar secara tatap muka ditiadalan. Pembelajaran dilakukan dengan sistem jarak jauh, atau yang biasa disebut PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Tidak ada kegiatan belajar di kelas. Bahkan kegiatan outing class  yang biasanya rutin dilaksananakan, kini juga tidak ada.

Outing Class

Outing Class adalah salah satu metode pembelajaran yang biasa dilakukan oleh para guru. Outing adalah akronim dari outbond training. Outbond sendiri didefinisikan sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang baik di dalam (indoor) atau di luar (outdoor) dengan melakukan beberapa simulasi permainan (outbound games) yang dilakukan secara individu maupun berkelompok dengan tujuan mengisi waktu liburan atau refreshing. Selain itu outbound juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan kekompakan dalam team (team building) dan kebersamaan.

Outing class adalah salah satu metode pembelajaran dimana peserta didik belajar di luar kelas. Outing class ini biasanya rutin dilaksanakan. Misalnya saat materi pelajaran selesai dibahas, atau bisa juga setiap satu semester sekali. Outing class memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi para peserta didik.

Manfaat Outing Class

Kegiatan outing class ini mememiliki banyak manfaat bagi peserta didik. Manfaat outing class antara lain :
1. Dapat mengetahui seberapa kuat kemampuan peserta didik
2. Mengajarkan peserta didik untuk bisa  bersosialisasi
3. Mendorong peserta didik untuk aktif dalam kegiatan bermasyarakat
4. Memberikan pelajaran bagaimana menghargai pendapat dan perbedaan dari orang lain
5. Mebgaharkan cara memecahkan masalah secara berkelompok
6. Menumbuhkan kemampuan komunikasi yang baik dengan oranglain
7. Melatih kemandirian dan kepemimpinan dalam suatu kelompok
8. Melatih kreativitas peserta didik melalui permainan permainan yang ada saat outing
9. Mengembangkan karakter peserta didik
10. Memberdayakan kemampuan syaraf motorik peserta didik
11. Mengembangkan daya imajinasi peserta didik seperti saat game perang/paint ball karena mereka merasakan sensasi perang seperti video
12. Mengajarkan pada peserta didik utuk mencari jawaban atas masalah (problem solving) yang mereka hadapi saat bermain game-game outbound
13. Membuat peserta didik mampu lebih memahami materi yang sudah dipelajari di kelas.

Ide Outing Class
Setelah pandemi selesai, ada baiknya guru mengajak peserta didik utuk melaksanakan outing class. Tak perlu bingung memilih kegiatan untuk outing class. Berikut 10 ide outing class yang bisa dilakukan setelah pandemi selesai.

1. Mengunjungi Agro Wisata

Berkunjung ke agro wisata bisa menjadi pilihan outing class pasca pandemi. Udara yang sejuk di kawasan agro wisata bisa membuat pikiran rileks dan fresh.

Selain itu saat berkunjung ke agro wisata peserta didik bisa mempelajari jenis-jenis tumbuhan beserta anatominya. Materi pelajaran IPA ataupun biologi akan mudah dipahami dengan berkunjung ke agro wisata.

2. Jalan-Jalan ke Kebun Binatang

Siapa bilang jalan-jalan ke kebun binatang hanya cocok untuk anak usia dini saja? Berkunjung ke kebun binatang juga mengasyikkan bagi peserta didik dan guru.

Jalan-jalan ke kebun binatang bisa menumbuhkan kepedulian peserta didik terhadap binatang. Mereka juga bisa belajar tentang habitat binatang secara langsung. Tak hanya lewat buku saja.

3. Wahana Outbond

Melakukan outing class dengan mengunjungi wahana outbond juga bisa menjadi pilihan yang menarik. Biar lebih seru biasanya sekolah bisa mengganding event organizer (EO).
EO inilah yang nantinya akan membuat banyak permainan-permainan saat outbond. Selain menarik, biasanya permainan yang dilakukan juga bertujuan mengasah softskill peserta didik. Misalnya leadership, problem solving, team work dan lain sebagainya.

4. Berkunjung ke Museum

Peserta didik bisa diajak berkunjung ke museum. Museum menjadi tempat outing yang mengasyikkan. Misalnya, untuk lebih memahami kehidupan masa prasejarah, peserta didik diajakberkunjung ke Museum Purbakala di Sangiran.

Dengan melihat-lihat koleksi yang ada pada museum purbakala, peserta didik akan mendapatkan gambaran yang utuh tentang masa prasejarah. Mereka tidak lagi membayangkan materi yang ada pada buku pelajaran.

5. Berkemah

Berkemah bisa menjadi pilihan outing yang seru sekaligus bermanfaat. Peserta didik tentu akan antusias bila diajak berkemah.

Menyatu dengan alam akan memberikan banyak pengalaman yang bermafaat bagi mereka. Selain itu juga mampu memupuk kemandirian.

6. Mengunjungi Perpustakaan Kota

Berkunjung ke perpustakaan kota menjadi outing class yang mampu mengasah kemampuan literasi peseta didik. Koleksi perpustakaan kota yang banyak dan beragam, menambah referensi peserta didik.

Selain itu perpustakaan kota juga memiliki banyak kegiatan menarik yang berkaitan dengan literasi. Misalnya mendongeng dan workshop menulis yang tentu akan bermanfaat bagi peserta didik.

6 Target Merdeka Belajar untuk Pendidikan Dasar dan Menengah
Seperti yang sudah kita ketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (MENDIKBUD) Nadiem Makarim sedang melakukan upaya besar untuk memperbaiki kualitas pendidikan Indonesia. Salah satu terobosan baru bagi pendidikan Indonesia yang dicetus oleh Nadiem Makarim yaitu “merdeka belajar”.


7. Heritage Track

Melakukan heritage track saat outing class tentu menarik. Peserta didik bisa jalan-jalan sambil belajar sejarah. Salah satu heritage track yang bisa dikunjungi adalah kawasan kota tua.

Setiap kota tentu memiliki kawasan kota tua. Berkunjung ke kota tua akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan sekaligus belajar sejarah kota.

8. Mengunjungi Instansi Pemerintah

Outing class juga bisa dilakukan dengan mengunjunhi instansi pemerintah. Disini para peserta didik akan mengetahui tugas instansi pemerintah secara nyata. Tidak hanya membaca informasi dari buku saja. Selain itu juga bisa sebagai media pengenalan jenis profesi bagi peserta didik.

9. Bermain di Waterpark

Berenang bersama di waterpark tentu akan membahagiakan. Peserta didik bisa bermain air sekaligus olah raga. Ini akan membuat tubuh kuat dan jiwa menjadi sehat.

10. Kunjungan Pabrik

Beberapa sekolah melakukan outing class dengan kunjungan ke pabrik-pabrik tertentu. Biasanya pabrik-pabrik yang dikunjungi seputar dunia pendidikan, misalnya pabrik kertas.

Kunjungan pabrik akan menambah wawasan peserta didik akan proses produksi sebuah barang. Cocok untuk lebih memahami mata pelajaran ekonomi.

10 Manfaat Program Merdeka Belajar yang Didapat Oleh Guru
“Menurut Mendikbud, program merdeka belajar menjadi upaya pembelajaran untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia” Ia mengungkap bahwa keberhasilan pendidikan di Indonesia bergantung pada kemerdekaan belajar.

Nah bagaimana? Apakah anda sudah punya rencana outing class saat pandemi berakhir? Bila belum tidak ada salahnya untuk mulai merencanakan sekarang. Anda bisa memilih salah satu dari ide outing class yang sudah dijelaskan di atas.

Dian Kusumawardani

"Ibu rumah tangga yang suka menulis dan juga seorang konselor menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.