10 Formula Microsoft Excel yang Menarik Diajarkan ke Siswa

teknologi 1 Nov 2023

Mempelajari Excel adalah suatu keharusan yang harus dipelajari sejak dini oleh para pelajar. Ini disebabkan Microsoft Excel selalu dipakai oleh para pekerja, di bidang apapun pekerjaan itu. Dalam hal ini, bisa dikatakan Microsoft Excel sangat bermanfaat oleh para pekerja untuk meng-input data, membuat perencanaan budget, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dalam proses wawancara kerja akan ada pertanyaan mengenai kemampuan menggunakan Microsoft Excel yang pasti akan ditanyakan kepada peserta wawancara. Dengan demikian, sangat penting bagi para pendidik untuk mengajarkan Microsoft Excel kepada siswa sejak dini. Setidaknya, ada sepuluh formula Microsoft Excel yang menarik diajarkan kepada siswa.

Apa sih yang Dimaksud dengan Microsoft Excel?

Microsoft Excel merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengolah data numerik. Dalam hal ini, penyajian dan pengolahan data yang terdapat pada Microsoft Excel dilakukan secara cepat dan akurat.

Fungsi Microsoft Excel

sumber: https://www.pexels.com/

Setiap program aplikasi yang dibuat tentu saja memiliki fungsi. Fungsi utama Microsoft Excel yaitu digunakan untuk membuat, mengedit, menganalisis dan meringkas data yang bersifat numerik. Selain itu, program aplikasi Excel juga digunakan untuk menjalankan perhitungan aritmatika maupun statistika. Beberapa fungsi lain dari Microsoft Excel yang harus Anda ketahui, yaitu untuk:

  1. membuat laporan keuangan;
  2. membuat daftar nilai dan daftar hadir;
  3. melakukan analisis, riset harga, dan perhitungan statistika;
  4. membuat program Excel dengan menggunakan Visual Basic;
  5. membantu peneliti dengan berbagai macam metode penelitian;
  6. sarana pembelajaran komputer dan logika;
  7. operasi hitung, seperti perkalian, pembagian, dan mencari nilai rata-rata;
  8. perhitungan kurs mata uang;
  9. membuat grafik, tabel, diagram batang, garis dan juga diagram lingkaran;
  10. membuat penyajian data supaya lebih tepat, rapi, dan akurat;
  11. perhitungan secara otomatis dengan menggunakan rumus dan logika;
  12. melakukan perhitungan dan pengelolaan investasi, pinjaman, penjualan, dan lain-lain.

Kelebihan Microsoft Excel

Berdasarkan buku Pengantar Teknologi Informasi – Konsep dan Teori (2017) karya Muhammad Sobri, dikatakan bahwa Microsoft Excel memiliki beberapa kelebihan, yakni:

  1. bentuk tampilannya mudah dikenali dan dijalankan;
  2. memiliki fitur yang digunakan untuk membuat grafik data;
  3. penyimpanan datanya cukup besar; dan
  4. aplikasi cukup mudah dioperasikan dengan menggunakan rumus dan logika dalam Microsoft Excel.

Selain empat kelebihan di atas, ada beberapa kelebihan Microsoft Excel lain yang harus Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

  1. Terdapat fitur pivot yang dapat digunakan untuk mempermudah pengguna dalam manajemen data.
  2. Dapat digunakan oleh berbagai industri, instansi, dan bidang pekerjaan.
  3. Menyediakan fitur Research Pane yang berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mencari referensi analisis data dengan menggunakan Microsot Excel.

Selain memiliki kelebihan, Microsoft Excel juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah penjelasannya.

Kekurangan Microsoft Excel

Beberapa kekurangan yang dimiliki Microsoft Excel yang harus Anda ketahui, ialah sebagai berikut.

Siswa Tidak Suka Menghitung? Begini Tips Menumbuhkan Rasa Suka Siswa dengan Matematika
Matematika merupakan pelajaran yang wajib dipahami, banyak manfaat dari mempelajari matematika mulai dari mengasah kemampuan problem solving anak, mengasah otak dan dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Namun sayangnya tidak semua anak menyukai matematika.
  1. Pengguna yang belum terlalu memahami fungsi, rumus, dan logika pada Microsoft Excel akan mengalami kesulitan dalam menjalani, mengoperasikan, dan mengolah data. Dengan demikian, siswa perlu dikenalkan dengan beberapa formula Microsoft Excel yang menarik diajarkan dalam kegiatan pembelajaran, supaya mereka tidak mengalami kesulitan ketika menggunakan program aplikasi Excel.
  2. Diperlukan biaya yang cukup banyak jika kita ingin mengakses aplikasi Microsoft Excel yang asli.
  3. Apabila pengguna tidak tepat memasukkan rumus pada data yang akan diolah, data tersebut tidak dapat dibaca atau tidak dapat diproses. Oleh karena itu, pengguna harus memasukkan rumus yang tepat.
  4. Pengguna membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk memasukkan data ke Microsoft Excel secara manual.
  5. Jumlah sel pada Microsoft Excel terbatas.

10 Formula Microsoft Excel yang Menarik Diajarkan kepada Siswa

1. SUM

Syntax: =SUM(number1,[number2],...)

Fungsi SUM dalam Microsoft Excel digunakan untuk menjumlahkan data-data yang terdapat pada cell.

2. IF

Syntax: =IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])

Fungsi IF dalam program aplikasi Excel digunakan untuk menampilkan suatu nilai jika sebuah pernyataan bernilai BENAR dan akan menampilkan nilai lain jika pernyataan bernilai SALAH.

3. LOOKUP

Syntax: =LOOKUP(lookup_value,array)

Fungsi LOOKUP berguna untuk mencari nilai data yang terdapat pada suatu kolom maupun row.

4. VLOOKUP

Syntax: =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])

Fungsi VLOOKUP berfungsi untuk mencari nilai data pada suatu range atau tabel yang kemudian akan menampilkan nilai di kolom yang lain dari tabel tersebut berdasarkan index kolom yang diinginkan.

5. MATCH

Syntax: = MATCH(lookup_value, lookup_array, [match_type])

Fungsi MATCH dalam program aplikasi Excel digunakan untuk mencari nilai tertentu pada range, list atau suatu tabel yang kemudian akan menampilkan posisi relatif nilai tersebut di range, list atau tabel tersebut. Output dari fungsi ini yaitu berupa nomor urutan dari nilai yang sedang dicari.

6. CHOOSE

Syntax: =CHOOSE(index_num, value1, [value2], ...)

Fungsi CHOOSE berguna untuk memilih serta menampilkan satu nilai pada sekumpulan daftar nilai. Misalnya, jika nilai 1 sampai dengan nilai 30 adalah nama-nama siswa di dalam kelas, fungsi CHOOSE akan membantu Anda untuk menampilkan salah satu nama siswa dengan menggunakan nomor index 1—30.

7. DATE

Syntax: =DATE(year,month,date)

Fungsi DATE dalam program aplikasi Excel digunakan untuk menampilkan nomor seri sekuensial yang berfungsi untuk merepresentasikan tanggal tertentu. Selain itu, fungsi DATE juga berguna untuk menemukan kondisi tahun, bulan dan tanggal pada cell yang terpisah.

8. DAYS

Syntax: =DAYS(end_date, star_date)

Fungsi DAYS berguna untuk menghitung jumlah hari antara dua tanggal. Fungsi ini biasanya digunakan para pengguna untuk melakukan hitung mundur (count down) di event tertentu atau bisa digunakan untuk mengetahui masa kedaluwarsa suatu makanan.

9. FIND

Syntax: =FIND(find_text, within_text, [start_num])

Fungsi FIND berguna untuk menemukan potongan teks (string) tertentu pada sebuah cell yang berisi teks panjang. Misalnya, jika Anda ingin mencari string “gam” pada kata “aku menggambar”, maka fungsi FIND akan menghasilkan nilai 8, karena huruf g pada string “gam” pada posisi urutan karakter ke-8.

Mengenal Pembelajaran Berbasis Aktivitas Siswa (Activity Based Learning)
Activity based learning adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan aktivitas siswa secara optimal untuk mendapatkan hasil belajar yang seimbang antara aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.

10.  INDEX

Syntax: =INDEX(array, row_num, [column_num])

Fungsi INDEX berguna untuk mengambil atau menghasilkan nilai dari range atau tabel. Bisa dikatakan bahwa fungsi INDEX yaitu untuk mengambil nilai tertentu di range atau tabel yang kita inginkan. Sebagai contohnya, jika Anda ingin mengambil nilai “Merah” dari kolom warna {“Biru”,”Merah”,”Kuning”}, Anda bisa menggunakan fungsi INDEX dengan cara meng-index lokasi nilai yang diinginkan. Pada contoh yang dibuat, dapat dilihat bahwa nilai “Merah” terletak pada kolom ke-2.

Berdasarkan penjelasan mengenai Microsoft Excel di atas, dapat dilihat bahwa banyak sekali keunggulan yang akan didapatkan siswa jika mempelajari program aplikasi tersebut dengan baik. Hal ini disebabkan program aplikasi Excel diterapkan dan digunakan oleh berbagai jenis bidang pekerjaan. Dengan demikian, siswa perlu dikenalkan dengan beberapa formula Microsoft Excel yang menarik diajarkan dalam kegiatan pembelajaran supaya mereka tidak mengalami kesulitan ketika menggunakan program aplikasi Excel.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.