Tips Mengajar Menggunakan Media Digital

edukasi 21 Feb 2023

Perkembangan teknologi digital begitu cepat. Digitalisasi telah mempengaruhi sebagian besar kehidupan masyarakat. Begitu juga dalam bidang pendidikan. Digitalisasi bahkan dianggap mengancam eksistensi guru.

Kemajuan teknologi digital dianggap bisa menggantikan peran guru. Pernyataan ini didukung oleh penelitian yang dilakukan Hole in the Wall oleh Sugata Mitra di India. Penelitian tersebut menyatakan bahwa anak muda zaman sekarang sudah bisa belajar sendiri dengan menggunakan komputer dan internet.

OECD juga menyatakan bahwa siswa yang sudah memahami bagaimana cara mengoperasikan komputer dan internet untuk belajar ternyata memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak-anak lainnya. Tentunya hal ini tidak boleh dibiarkan. Secanggih apapun teknologinya, tidak akan bisa menggantikan peran guru dalam mendidik dan membangun karakter para siswanya. Kemajuan teknologi digital hendaknya bisa dijadikan peluang dalam dunia pendidikan.

Teknologi digital bisa dimanfaatkan oleh guru untuk mendukung proses pembelajaran di dalam kelas. Saat mengajar, guru bisa memanfaatkan media digital. Artikel ini selanjutnya akan membahas tentang tips mengajar menggunakan media digital.

Pengertian Media Digital

Sebelum membahas bagaimana tips mengajar menggunakan media digital, kita cari tahu terlebih dahulu apa sih yang dimaksud dengan media digital. Apa pengertian dari media digital yang bisa digunakan guru untuk mengajar di kelas.

Media digital didefinisikan sebagai semua informasi yang dibagikan melalui perangkat digital. Pada umumnya, media digital bisa diartikan sebagai bentuk media yang bergantung pada perangkat elektronik yang digunakan untuk pembuatan, distribusi, tampilan dan penyimpanan.

Jenis-Jenis Media Digital

Media digital ini memiliki banyak jenis. Berikut adalah jenis-jenis media digital.

1. Audio

Jenis media digital yang pertama adalah audio. Media digital audio ini berupa suara. Contoh media digital audio adalah podcast, stasiun radio digital, dan buku audio.

2. Visual

Media digital visual menyajikan gambar sebagai informasi yang dibagikan. Jenis media digital visual ini misalnya layanan streaming video.

3. Media Sosial

Tak bisa dipungkiri, saat ini media digital yang paling banyak diakses adalah media sosial. Saat ini, sebagian besar orang bahkan tidak bisa hidup tanpa mengakses media sosial.

Saat ini ada banyak media sosial yang biasa diakses masyrakat sehari-hari. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok. Media sosial tak hanya menjadi sumber hiburan, namun banyak orang menjadikan media sosial untuk mencari informasi.

4. Periklanan

Era digitalisasi seperti ini, periklanan juga menjadi salah satu jenis media digital. Perkembangan teknologi membuat internet semakin mudah untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Dengan begitu, internet dapat membuat periklanan beralih menjadi pengguna iklan pop-up dan autoplay yang setia membanjiri berbagai macam situs web.

5. Berita dan Sastra

Perkembangan teknologi digital membuat perusahaan berita dan sastra beradaptasi. Berita dan sastra menjadi hal yang bisa diakses melalui media digital. Banyak orang masih membaca berita di koran digital. Mereka bahkan berlangganan setiap bulannya, layaknya saat berlangganan koran versi cetak.

Lalu, apakah semua jenis media digital ini bisa dimanfaatkan guru untuk proses pembelajaran? Bisa. Bahkan jenis media digital ini bisa divariasikan sesuai kebutuhan pembelajaran.

Jenis Media Digital untuk Proses Kegiatan Belajar

Berikut adalah jenis media digital yang biasa digunakan untuk proses pembelajaran.

1.  Multimedia Interaktif

Multimedia interaktif adalah jenis media digital pertama yang bisa dimanfaatkan guru dalam proses pembelajaran. Multimedia interaktif ini didefinisikan sebagai kombinasi berbagai media seperti teks, gambar, suara, animasi, video dan lain-lain secara terpadu dan sinergis dengan menggunakan alat seperti komputer maupun peralatan elektronik lainnya guna mencapai tujuan tertentu yang bersifat timbal balik.

2. Digital Video dan Animasi

Digital video dan animasi membuat materi pelajaran lebih menarik untuk disimak, dibandingkan membaca teks. Penggunaan digital video dan animasi bisa membuat siswa lebih mudah memahami pelajarn.

Menurut penelitian, kegiatan pembelajaran yang berbasis video dapat memfasilitasi siswa agar dapat menyerap informasi lebih cepat, serta dapat mempertahankan pengetahuan dan mengingat pengetahuan tersebut dengan akurat. Sekitar 90% dari informasi yang diterima siswa dari dunia luar untuk bertahan dan berkembang dalam bentuk visual.

Hal ini dikarenakan manusia memiliki kemampuan untuk memproses gambar 60 ribu kali lebih cepat daripada teks biasa. Ini bisa menjadi bukti bahwa kegiatan pembelajaran berbasis video akan jauh lebih efektif daripada pembelajaran yang dilakukan secara tradisional.

3. Podcast

Podcast adalah media pembelajaran digital yang berbasis audio (suara). Podcast berisikan rekaman asli audio atau video, dan ada juga yang merupakan rekaman siaran TV atau program radio, kuliah, pertunjukan, ataupun acara lainnya.

Biasanya podcast sering menawarkan episode-episode dalam bentuk format file yang sama, misalnya seperti audio atau video. Kesempatan ini dapat membuat para pelanggan dapat menikmati program podcast tersebut dengan cara yang sama.

4. Augemented Reality (AR)

Augmented Reality (AR) adalah sebuah teknologi yang dapat menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam suatu lingkungan yang nyata kemudian akan memproyeksikannya secara real time. AR berguna untuk membantu memvisualisasikan suatu konsep yang abstrak. AR ini sangat bermanfaat untuk memberikan pemahaman dan struktur dari suatu model objek. Adapun beberapa aplikasi AR yang dirancang untuk memberikan informasi yang lebih detail pada pengguna dari objek nyata (Mustaqim, 2016).

Pembelajaran geografi, sejarah, ataupun ilmu alam tentu akan lebih menarik juka disajikan dalam bentu AR. Siswa bisa menangkap secara nyata materi pelajaran yang diberikan.

5.  Game Based Learning

Game adalah kesukaan anak-anak. Tentu siswa akan tertarik dan senang jika belajar menggunakan metode game based learning ini. Sekarang ada banyak game interaktif yang menyajikan pemecahan masalah yang bisa disesuaikan dengan materi pelajaran.

Aktivitas Seru di Kelas Online untuk Perkembangan Otak Murid
Guru perlu menyusun strategi agar siswa tidak jenuh menjalani kelas online. Guru dapat menyusun aktivitas seru untuk kelas online. Tidak hanya seru, aktivitas yang akan dilakukan diharapkan juga baik untuk perkembangan otak murid.

Manfaat Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran

Ada banyak manfaat yang didapat jika menggunakan media digital dalam pembelajaran, yaitu :

1.  Pembelajaran lebih efektif dan efisien

2.  Pembelajaran berlangsung dengan cara yang menyenangkan

3.  Guru bisa melakukan pembelajaran yang bermakna

4.  Kekinian

5.  Siswa bisa lebih mudah memahami materi pelajaran

Pentingnya Peningkatan Pembelajaran Literasi dan Numerasi dengan Pendidikan Digital
Kemampuan literasi dimaknai bila seseorang mampu mengolah dan memahami suatu informasi saat membaca maupun menulis. Kemampuan numerasi dimaknai dengan memahami aplikasi operasi hitung maupun pola bilangan dalam kehidupan sehari-hari.

Tips Mengajar Menggunakan Media Digital

Berikut adalah tips mengajar menggunakan media digital :

1. Pilih media digital yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran

2. Pastikan memiliki perangkat yang mendukung untuk melakukan pembelajaran menggunakan media digital

3. Kuasai media digital yang akan digunakan dalam proses pembelajaran

4. Tetap gunakan metode pembalajaran diskusi interaktif meskipun menggunakan media digital

5. Libatkan siswa dalam proses pembeajaran

6. Setting kelas yang bisa mendukung pembelajaran menggunakan media digital yang telah dipilih

7. Sadari bahwa media digital adalah alat bantu. Guru tetap punya peran penting dalam proses pembelajaran

8.  Selalu update skill untuk bisa menguasai media digital yang digunakan dalam proses pembelajaran

Di era digitalisasi seperti ini, penggunaan media digital dalam proses pembelajaran adalah sebuah keniscayaan. Tak bisa dihindari, namun bisa dimanfaatkan dengan baik. Media digital bisa membantu guru dalam melakukan proses pembelajaran di dalam kelas.

Demikian artikel tentang tips mengajar menggunakan media digital. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam menggunakan media digital.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.