Tips Membuat Pameran Karya di Kelas dengan Optimal

teaching 31 Jul 2022

Pameran karya adalah hal yang lazim dilakukan di sekolah pada setiap akhir proses pembelajaran. Kegiatan tersebut juga umum dilakukan pada Kurikulum Merdeka yang banyak menggunakan pembelajaran berbasis proyek. Pada pembelajaran tersebut, siswa akan membuat proyek. Akan sangat disayangkan jika proyek-proyek tersebut tidak dipamerkan.

Pameran karya sejatinya juga merupakan tahapan proses belajar. Biasanya, pameran dilakukan secara serentak di sekolah. Kelas-kelas memamerkan beragam karya siswa-siswanya. Meski begitu, pameran karya tak harus dilakukan di tingkat sekolah saja. Pameran karya juga bisa dilakukan di kelas, lho. Tiap kelas bisa membuat pameran karya masing-masing.

Artikel ini akan membahas seputar pameran karya. Mulai dari apa itu pameran karya, apa manfaat pameran karya bagi proses belajar siswa, serta tips membuat pameran karya di kelas dengan optimal.

Apa Itu Pameran Karya?

Sebenarnya apa itu pameran karya? Mengapa saat ini sekolah sering menggelar pameran karya? Pameran karya adalah menyajikan karya sebagai media untuk mengomunikasikan ide atau gagasan kepada orang lain.

Dulu, lazimnya pameran karya ditujukan untuk memamerkan karya-karya yang dibuat siswa pada pelajaran seni. Dulunya, pameran karya digelar untuk memamerkan hasil karya seni rupa. Hasil karya itu misalnya lukisan, patung, atau kerajinan lainnya.

Namun, kini pameran karya ditujukan untuk semua pelajaran. Pameran tidak hanya untuk pelajaran seni saja. Pada era pembelajaran berbasis proyek ini, maka pameran karya sering diadakan.

Pameran karya dilakukan untuk memamerkan karya-karya yang dibuat siswa selama proses pembelajaran. Karya-karya tersebut berwujud hasil pembelajaran berbasis proyek. Beberapa contohnya adalah poster dan maket.

Mengapa Perlu Membuat Pameran Karya?

Mengapa perlu membuat pameran karya? Pameran karya tidak hanya bertujuan untuk memamerkan hasil karya yang sudah dibuat, tetapi juga menjadi proses pembelajaran bagi siswa. Banyak hal yang bisa dipelajari siswa saat mengikuti pameran karya.

Melalui pameran karya, siswa bisa belajar berbagi. Siswa dapat berbagi ide yang dimiliki kepada orang lain. Berbagi ini juga jadi pembelajaran tersendiri bagi siswa. Siswa belajar dari respons yang diberikan oleh orang yang melihat pameran karya tersebut.

Selain itu, pameran karya juga bisa menjadi refleksi belajar siswa. Apa yang sudah dicapai dan apa yang belum dicapai. Semuanya bisa dilihat dari penyelenggaraan pameran karya ini.

Manfaat Pemeran Karya

Lalu, apa saja manfaat dari penyelenggaraan pameran karya ini? Banyak! Berikut adalah beberapa manfaat dari pameran karya.

1.  Meningkatkan Kemampuan Siswa Membuat Proyek

Sebagaimana tujuan dari pameran karya, yaitu untuk media pameran proyek yang telah dibuat oleh siswa. Pameran karya akan membuat siswa meningkatkan kemampuannya dalam membuat proyek. Alasannya, tentu setiap siswa ingin menampilkan karya terbaiknya saat pameran karya.

2. Sarana Apresiasi

Pameran karya juga menjadi sarana apresiasi. Pameran karya yang memamerkan karya-karya siswa adalah wujud kebanggaan sekolah akan karya yang sudah dihasilkan. Orang-orang yang melihat tentu juga akan memberikan apresiasi atas karya yang dipamerkan.

3. Evaluasi Pembelajaran

Pameran karya juga menjadi sarana evaluasi pembelajaran siswa. Dari karya yang telah dibuat, bisa dilihat sejauh mana capaian belajar siswa. Inilah mengapa pameran karya biasanya dibuat di akhir pembelajaran, biasanya digelar setiap triwulan sekali. Dari karya-karya yang dipamerkan di pameran karya inilah, siswa menampilkan semua yang telah ia kuasai selama proses pembelajaran.

4. Meningkatkan Kompetensi Siswa

Pameran karya ini menjadi cara untuk meningkatkan kompetensi siswa. Mereka akan melihat kembali karya atau proyek yang telah dikerjakan. Mengasah siswa untuk menunjukkan karya yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Dengan demikian, siswa pun bisa meningkatkan kompetensinya.

8 Cara Brainstorming yang Tepat Dalam Belajar
Brainstorming adalah kegiatan pembelajaran di kelas untuk mendorong terjadinya penyampaian ide atau pengalaman mengenai permasalahan yang dibahas.

5. Melatih Rasa Percaya Diri

Pameran karya juga bisa melatih rasa percaya diri siswa. Siswa akan percaya diri saaat menujukkan hasil karyanya. Berani menampilkan karya pada saat pameran menjadi bukti bahwa siswa sudah memiliki rasa percaya diri. Semakin sering mengadakan pameran karya, maka rasa percaya diri akan semakin terlatih.

6. Melatih Siswa Bersosialisasi

Pameran karya adalah sarana siswa menunjukkan hasil karyanya kepada orang lain. Ini artinya, saat pameran karya siswa bersosialisasi dengan orang lain. Dengan begitu, pameran karya menjadi sarana untuk melatih siswa bersosialisasi.

7. Meningkatkan Motivasi Siswa

Pameran karya juga bisa meningkatkan motivasi siswa. Siswa akan lebih termotivasi untuk belajar dan menghasilkan karya yang lebih baik lagi.

8. Sarana Edukasi

Pameran karya juga menjadi sarana edukasi. Siswa bisa belajar dari proses mengikuti pameran ataupun belajar dari pameran karya yang dikunjungi. Hasil-hasil proyek yang ditampilkan di pameran karya menjadi sarana edukasi yang menyenangkan bagi siswa.

9. Sarana Rekreasi

Pameran karya bisa menjadi sarana rekresasi. Bisa dibilang, pameran karya ini adalah penyegaran setelah proses pembelajaran berlangsung. Siswa bisa rileks sejenak menikmati pameran karya.

10. Melatih Kemampuan Siswa dalam Mengorganisasi

Pameran karya bisa melatih kemampuan siswa dalam megorganisasi kegiatan. Saat pameran karya, siswa mulai mengatur mulai dari perencanaan hingga kegiatan pasca berlangsungnya pameran karya.

11. Portofolio Belajar Siswa

Pameran karya adalah media dalam menampilkan portofolio belajar siswa. Apa yang sudah dicapai oleh siswa bisa dilihat dari pameran karya. Proyek-proyek yang ditampilkan di pameran karya pada dasarnya adalah hasil dari proses pembelajaran yang telah berlangsung.

Tips Membuat Pameran Karya di Kelas

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat pameran karya di kelas dengan optimal.

8 Tips Melatih Otak Kanan Anak Agar Lebih Kreatif
Otak kanan berperan dalam proses pembentukan kreativitas, imajinasi, musik, warna, bentuk, emosi, dan untuk mengelola ingatan jangka panjang.

1. Menentukan Tema

Tips pertama agar pameran karya di kelas bisa berjalan optimal adalah dengan menentukan tema pameran terlebih dahulu. Tema ini yang nantinya menjadi panduan, proyek apa yang bisa dihadirkan oleh siswa. Sebagai contoh, jika menentukan tema perubahan iklim, karya-karya yang ditampilkan tentunya harus mengandung perubahan iklim. Karya-karya tersebut dapat berupa poster, hasil kerajinan tangan, foto, dan lain-lain.

2. Memilih Mentor

Setelah tahu tema apa yang akan diambil, langkah selanjutnya adalah memilih mentor. Pastikan memilih mentor orang yang benar-benar punya kapasitas membimbing atas tema yang diambil. Mentor di sini tidak harus guru, tetapi bisa pihak luar yang memang punya kapasitas. Sebagai contoh, kita bisa memilih mentor aktivis lingkungan untuk mendampingi pameran karya bertema perubahan iklim.

3. Sinergitas

Nantinya, semua pihak akan bersinergi untuk mengorganisasi pameran karya. Mulai dari siswa, guru kelas, mentor, hingga orang tua bisa ikut bersinergi membantu pelaksanaan pameran karya ini.

4. Optimasi

Tip terakhir agar pameran karya di kelas bisa berjalan optimal adalah melakukan optimasi. Lakukan optimasi agar pameran karya bisa berlangsung secara lancar. Optimasi juga membuat pameran karya berjalan dengan optimal.

Demikian artikel tentang tips membuat pameran karya di kelas dengan optimal. Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk membuat pameran karya di kelas dengan optimal.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.