Tips Membangun Support System yang Baik di Sekolah

pendidikan 19 Mar 2024

Pernahkah Anda mendengar istilah support system? Support system adalah istilah yang merujuk pada sebuah dukungan sosial, di mana menjadi tempat yang dipercaya untuk berkeluh kesah dan juga mendapatkan bimbingan. Kehadiran support system ini hampir dibutuhkan pada semua bidang kehidupan. Tak terkecuali dalam bidang pendidikan.

Keberadaan support system dalam dunia pendidikan juga diperlukan. Support system yang baik di sekolah bisa menjadi kunci sukses keberhasilan proses pendidikan. Oleh karena itu, sangat penting bagi sekolah untuk membangun support system yang baik. Artikel ini selanjutnya akan membahas tentang tips membangung support system yang baik di sekolah.

Apa Saja Support System di Sekolah?

sumber: https://www.pexels.com/

Sebelum membahas tentang tips membangun support system yang baik di sekolah, ada baiknya perlu dibahas tentang apa saja support system di sekolah. Sebagaimana yang sudah sedikit dibahas di atas. Support system adalah dukungan sosial yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

Support system di sekolah antara lain adalah semua stakeholder yang terkait dengan bidang pendidikan. Mulai dari guru, kepala sekolah, orang tua dan beberapa pihak lain yang terkait dengan pendidikan.

Pentingnya Support System di Sekolah

Mengapa support system sangat dibutuhkan di sekolah? Berikut adalah beberapa alasan penting mengapa support system di sekolah itu dibutuhkan :

1. Membantu Mencapai Tujuan

Alasan pertama mengapa support system di sekolah itu penting adalah untuk membantu mencapai tujuan. Sebagaimana kita ketahui, tujuan dari pendidikan di sekolah adalah menghasilkan generasi yang mandiri dengan ilmu pengetahuan dan keterampilannya.

Support system inilah yang akan membantu sekolah mencapai tujuan tersebut. Misalnya, saat pandemi seperti beberapa waktu lalu di mana proses kegiatan pembelajaran dilangsungkan secara online, di mana orang tua menjadi support system terbaik sekolah. Orang tua lah yang membantu guru untuk mendampingi anak-anak belajar di rumah.

2. Membuat Pembelajaran Berjalan Menyenangkan

Support system di sekolah  juga bisa membantu pembelajaran berjalan menyenangkan. Mengapa? Karena guru tidak sendirian. Ada pihak-pihak yang membantu. Guru memiliki dukungan untuk mendukung proses pembelajaran yang dilakukan.

Tips dan Trik Menjadi Guru yang Menyenangkan
Guru yang mengajar dengan cara yang menyenangkan akan lebih disukai muridnya, sehingga pelajaran apapun yang diberikan mudah diserap oleh murid.

Tentunya ini akan membuat guru bisa mengajar dengan baik. Pembelajaran pun bisa berjalan dengan menyenangkan.

3. Memberikan Bimbingan

Support system juga menjadi tempat untuk mendapatkan bimbingan. Terkadang, proses pembelajaran di sekolah mengalami kendala. Di sinilah support system berperan. Support system inilah yang akan memberikan bimbingan untuk mengatasi kendala tersebut.

Misalnya, saat mengalami kendala dalam melaksanakan pembelajaran daring. Sekolah bisa meminta bimbingan kepada pihak-pihak yang sudah penah melakukan pembelajaran daring. Misalnya ke kampus yang menggelar pendidikan jarak jauh taupun ke lembaga kursus online.

Pengalaman dari support system inilah yang menjadi acuan untuk sekolah dalam mengatasi kendala tersebut.

Tips Membangun Support System yang Baik di Sekolah

sumber: https://www.pexels.com/

Setelah tahu betapa pentingnya support system di sekolah, sudah sewajarnya sekolah membangunnya. Berikut adalah beberapa tips membangun support system yang baik di sekolah.

1. Social Mapping

Social mapping atau pemetaan sosial menjadi tips pertama yang harus dilakukan untuk membangun support system yang baik di sekolah. Pemetaan sosial ini bertujuan untuk memetakan siapa saja support system yang dimiliki oleh sekolah.

Misalnya, jika ingin menjadikan orang tua sebagai support system, maka sekolah bisa mencari tahu dulu bagaimana karakteristik orang tua, seperti mencari tahu apa pekerjaan orang tua, yang mana nantinya pekerjaan orang tua ini bisa menjadi support system sekolah.

Misalnya, saat sekolah membutuhkan narasumber untuk sosialisasi bahaya narkoba, sekolah bisa meminta bantua orang tua yang bergelut di bidang tersebut, contohnya dokter, konselor atau kepolisian.

2. Public Consultation

Setelah melakukan pemetaan sosial, langkah selanjutnya adalah public consultation. Public consultation adalah konsultasi publik di mana di sinilah hasil pemetaan sosial dibahas.

Pada tahap ini, sekolah bisa mulai menjalin komunikasi kepada semua support system yang dimilikinya. Agar support system ini bisa memberikan dukungannya untuk proses pembelajaran di sekolah.

3. Komunikasi yang Baik

Tips ketiga untuk membangun support system yang baik di sekolah adalah menjalin komunikasi yang baik. Sekolah perlu memiliki komunikasi yang baik dengan semua support system-nya.

Komunikasi yang baik ini menjadi kunci untuk kesuksesan kerja sama selanjutnya. Dengan begitu sekolah dan semua support system-nya bisa saling bersinergi untuk menyukseskan proses pembelajaran.

4. Manfaatkan Edutech

Tips terakhir yang bisa dicoba untuk membangun support system yang baik di sekolah adalah dengan memanfaatkan edutech. Harus diakui, hidup di era digital ini, membuat kita lebih mudah menjalani aktivitas. Termasuk dalam bidang pendidikan.

Edutech adalah bentuk dari teknologi pendidikan yang bisa dimanfaatkan sekolah. Edutech bisa menjadi support system support system yang baik di sekolah. Dengan memanfaatkan edutech ini, bisa dibilang membantu sekolah dalam membangun support system yang baik tanpa repot-repot lagi.

Apa sebenarnya edutech itu? Edutech adalah platform penyelenggaran pendidikan yang berbasis teknologi. Perkembangan edutech di Indonesi semakin masif sejak pandemi mulai meluas beberapa waktu lalu. Edutech yang siap secara teknologi menjadi sangat mampu menyelenggarakan pembelajaran secara online. Oleh karena itu, sangat penting bagi sekolah untuk memiliki support system berupa edutech ini.

Dari banyaknya edutech yang ada di Indonesia, Kejarcita adalah pilihan yang pas untuk menjadi support system sekolah. Kejarcita memiliki banyak kelebihan dibandingkan edutech lainnya. Dengan kelebihannya inilah, Kejarcita bisa menjadi support system yang baik untuk sekolah.

Kejarcita sebagai Support System Sekolah

Kejarcita adalah edutech yang dikembangkan oleh PT. Nota Kejar Cita. Kejarcita memberikan pengalaman belajar yang luas sekaligus mengikuti zaman. Kejarcita didirikan sejak tahun 2017.

Bentuk Pembelajaran yang Kreatif Untuk Siswa Zaman Now
Guru perlu meningkatkan keterampilan memanfaatkan teknologi dan kreatif untuk mendidik siswa zaman now.

Kejarcita memiliki banyak kelebihan dibandingan edutech lainnya. Berikut adalah beberapa kelebihan dari Kejarcita.

  1. Bisa diakses secara gratis maupun berbayar.
  2. Memiliki bahan ajar berkualitas yang terdiri dari bank soal maupun video pembelajaran.
  3. Memiliki ribuan soal yang terdiri dari soal-soal LOTS dan HOTS.
  4. Memberikan pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan melalui video pebelajaran yang menarik dan interaktif.
  5. Memiliki fitur rangkuman materi. Fitur ini bisa membantu guru dalam menyusun materi pembelajaran.
  6. Ada tutor yang siap membantu siswa untuk lebih memahami materi pelajaran.
  7. Memiliki fitur kuis online yang bisa membantu guru melakukan evaluasi belajarnya.
  8. Mudah diakses baik oleh guru, siswa maupun orang tua.
  9. Tersedia untuk berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP hingga SMA.
  10. Memiliki grup telegram yang bisa menjadi wadah komunikasi bersama.
  11. Memberikan pelatihan maupun talkshow yang membahas beragam persoalan pendidikan.

Dengan banyaknya keunggulan di atas, tentu Kejarcita bisa menjadi support system yang baik di sekolah. Sekolah tidak perlu lagi repot membangun supprt system untuk proses pembelajaran. Cukup mengakses Kejarcita dan semua dukungan sosial tentang pembelajaran bisa didapatkan.

Demikian artikel tentang tips membangun support system yang baik di sekolah. Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk membangun support system yang baik di sekolah.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.