Tips Guru Berkarier Hingga Kancah Internasional

guru profesional 9 Feb 2023

Dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin canggih, membuat guru harus semakin cerdas dalam merancang kegiatan pembelajaran peserta didik supaya mereka tidak mengalami ketertinggalan. Dalam hal ini, guru profesionalisme harus mampu menyesuaikan diri secara responsive dan bijaksana terhadap tantangan global, supaya para pendidik dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter. Pada kesempatan ini, Anda akan menemukan beberapa tips guru berkarier hingga kancah Internasional yang bisa Anda gunakan dalam meningkatkan jenjang karir.

Salah satu syarat agar guru bisa berkarier hingga kancah internasional adalah menjadi seorang guru yang profesional. Adapun implementasi guru profesional yang berkarakter dapat dilihat dari pelaksanaan kompetensi yang dimiliki dalam kesehariannya, baik dari kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Pada umumnya, hanya guru profesional yang berkarakterlah yang dapat menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan berkarakter di masa yang akan datang.

Salah satu cara strategis yang dapat membentuk guru profesional yang berkarakter di era globalisasi yaitu melalui pembelajaran. Adapun kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu seperti perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang bertujuan sebagai bukti riil keprofesiannya dalam menerapkan kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi kepribadian.

Pada kegiatan pembelajaran inilah guru harus mengembangkan nilai-nilai karakter yang terdapat di dalam dirinya, supaya mereka dapat membentuk siswa yang berkarakter. Bisa dikatakan bahwa guru tidak hanya bertugas dalam mendidik dan mengajar peserta didiknya saja, tetapi guru juga harus bisa menajdi teladan bagi setiap peserta didiknya.

Dengan memasuki era industri 4.0, para pendidik harus bisa menyesuaikan diri dengan segala perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan. Bagi seorang pendidik, kondisi ini bisa menjadi tantangan karena perkembangan teknologi yang semakin canggih. Jika guru tidak bisa menghadapi tantangan ini dengan baik, fenomena ini bisa menjadi ancaman bagi eksistensi guru. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk peka terhadap perkembangan teknologi dan dunia pendidikan.

Selain harus sigap dalam menghadapi perubahan, guru juga harus memiliki semangat yang tinggi untuk beradaptasi dan meningkatkan kualitas dirinya dalam mengajar. Dengan adanya kesadaran tersebut, guru tidak hanya dapat menghadapi tantangan era globalisasi saja, tetapi guru juga dapat berkarier hingga kancah internasional. Untuk itu, sebagai seorang pendidik guru harus paham bagaimana cara menjadi guru profesional berkarakter yang dapat berkarier hingga kancah internasional.

Berikut beberapa tipsnya, yaitu sebagai berikut:

Tips Guru Berkarier Hingga Kancah Internasional

Seorang guru harus memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Dengan rasa percaya diri tersebut guru dapat meningkatkan kualitas dirinya, serta dapat menanamkan sifat percaya diri tersebut kepada siswa yang ditanganinya. Apabila guru memiliki cita-cita untuk bisa berkarier hingga kancah internasional, maka mereka tidak boleh ragu-ragu dalam meningkatkan kualitas dirinya.

Untuk menjadi seorang guru profesional yang berkarakter, seorang guru harus rajin berlatih dan belajar. Ketika seorang guru telah menjadi guru profesional yang berkarakter, mereka dapat meningkatkan kariernya hingga kancah internasional. Berikut adalah beberapa tipsnya:

1. Terbuka Akan Adanya Perkembangan Teknologi dan Informasi

Dengan terbuka dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi, guru dapat membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif, menyenangkan, dan up to date. Selain itu, kegunaan dari teknologi dalam proses kegiatan pembelajaran tidak hanya membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif saja, tetapi juga dapat memudahkan interaksi siswa dengan guru dalam hal komunikasi.

Jika dilihat dari situasi saat ini, generasi anak muda saat ini sangat cepat dalam mempelajari teknologi. Anak-anak zaman sekarang sudah mampu mengoperasikan berbagai macam perangkat teknologi yang dapat menunjang kegiatannya sehari-hari. Oleh karena itulah, penting bagi guru untuk mengikuti perkembangan teknologi, supaya guru dapat menyeimbangkan diri dengan perkembangan pola kegiatan yang aktif menggunakan teknologi.

Pemahaman terhadap perkembangan teknologi tidak hanya dapat meningkatkan kualitas diri saja, tetapi juga bisa menjadi modal guru untuk bisa berkarier hingga kancah internasional.

Hal yang Harus Diketahui Mengenai Pembelajaran Perubahan Konseptual
Konsep pembelajaran perubahan konseptual dibagi menjadi dua yaitu konsepsi yaitu konsepsi ilmiah dan alternatif (miskonsepsi).

2. Memiliki Kreativitas yang Tinggi

Adapun tips guru berkarier hingga kancah internasional yang kedua yaitu memiliki kreativitas yang tinggi. Di tengah perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih, para pendidik tidak boleh ketinggalan dalam memiliki ide-ide yang kreatif. Ide-ide kreatif yang muncul dari seorang guru dapat memberikan perubahan pada proses kegiatan belajar siswa, seperti membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik dan meningkatkan motivasi belajar siswa.

Selain itu, di era teknologi digital ini, ide-ide pembelajaran bisa dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada, karena pada umumnya generasi muda saat ini lebih suka dengan sesuatu hal yang up to date atau kekinian. Dengan situasi yang seperti ini, para pendidik harus memiliki banyak referensi metode belajar yang interaktif dan menyenangkan.

3. Menjadi Inovator Pembelajaran

Selain memiliki kreativitas, seorang guru juga harus bisa menjadi seorang inovator dalam pembelajaran. Sebagai seorang inovator dalam pembelajaran, guru harus senantiasa dalam meningkatkan kualitas dirinya, yaitu meliputi kemampuan teknologi yang dapat mendukung terbentuknya inovasi dan penyesuaian dan adanya kreativitas yang didapat dari gagasan-gagasan baru. Selain itu, seorang inovator juga harus dapat memanfaatkan peluang dan mampu merealisasikan gagasan yang sudah ada untuk dikembangkan.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa guru tidak hanya harus memiliki kreativitas dan pemikiran yang kritis saja, tetapi mereka juga harus bisa menjadi seorang inovator. Nah, kenapa sih seorang guru itu harus memiliki kreativitas yang tinggi?

Dalam proses kegiatan belajar, seorang guru harus bisa memastikan bahwa setiap siswanya tertarik dengan kegiatan pembelajaran yang ada di dalam kelas. Apabila guru bisa membuat suasana belajar yang menyenangkan, siswa akan lebih mudah memahami materi yang diajarkan guru. Selain itu, untuk memilih metode belajar yang tepat untuk siswa, guru tidak hanya harus memiliki kreativitas yang tinggi saja, tetapi mereka juga harus bisa berpikir kritis, apa kelebihan dan kelemahan dari metode belajar yang akan digunakan tersebut.

Dengan pemikirian yang kritis seperti itu, guru dapat membuat rancangan belajar yang dapat meningkatkan kompetensi dan kemampuan siswa.

Ini Dia Contoh Refleksi Pembelajaran Daring
Refleksi pembelajaran diartikan sebagai upaya untuk mengingat kembali materi belajar. Berikut contoh refleksi pembelajaran daring

Adapun hal lain yang harus dikuasai guru untuk bisa meningkatkan kualitas dirinya yaitu mampu memberikan contoh-contoh yang relevan dengan situasi siswa. Dalam penerapannya, siswa cenderung kesulitan dalam memahami materi yang dijelaskan guru karena contoh yang digunakan tidak relevan dengan situasi saat itu.

Untuk memberikan contoh-contoh yang relevan kepada siswa, Anda dapat melakukan riset sederhana terlebih dahulu sebelum materi disampaikan di dalam kelas. Jika materi pembelajaran yang Anda ajarkan bersifat interaktif, siswa akan lebih mudah memahami materi yang Anda sampaikan tersebut.

Apabila proses kegiatan pembelajaran guru dapat berjalan dengan baik, maka kualifikasi guru semakin meningkat. Dengan kualifikasi yang bagus tersebut guru sudah memiliki modal yang bagus untuk meningkatkan jenjang kariernya di dunia pendidikan. Itulah beberapa tips guru berkarier hingga kancah internasional yang dapat Anda jadikan referensi. Semoga bermanfaat!

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.