Tempat Wisata Edukasi di Jakarta yang Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga

Tips and Tricks 11 Des 2023

Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar kata “Jakarta”? Macet? Banjir? Padat? Di tengah ingar bingar Jakarta sebagai ibu kota, sebenarnya kota ini banyak memiliki tempat wisata edukasi yang menarik. Jakarta bisa menjadi salah satu destinasi liburan keluarga.

Manfaat Liburan Keluarga

sumber: https://www.pexels.com/

Liburan keluarga menjadi salah satu agenda rutin bagi setiap keluarga. Ada yang menjadwalkan liburan keluarga setiap bulan sekali, ada juga yang setahun sekali. Tentu semuanya bergantung pada kondisi keuangan masing-masing keluarga.

Tahukah Anda, liburan keluarga itu punya banyak manfaat. Berikut adalah manfaat yang akan Anda dapatkan dari liburan keluarga.

1. Menghilangkan Stres

Liburan keluarga adalah sarana santai sejenak dari penatnya aktivitas sehari-hari. Liburan keluarga bisa menghilangkan stres.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Selain bisa menghilangkan stres, liburan keluarga juga baik untuk kesehatan jantung. Berdasarkan riset dari Framingham Heart Study, perempuan yang setidaknya delapan kali bepergian saat liburan dalam dua tahun terakhir dapat menurunkan risiko jantung koroner.

3. Meningkatkan Bonding

Saat kita berlibur bersama keluarga ini bisa membuat hubungan keluarga menjadi lebih harmonis. Bonding atau kedekatan antaranggota keluarga dapat terjalin lebih baik sepulang dari berpergian saat liburan.

4. Sarana Belajar

Bagi anak-anak, liburan keluarga menjadi salah satu sarana belajar. Mengunjungi tempat-tempat baru akan menambah pengetahuan anak-anak. Kegiatan ini tak sekadar menghibur, tetapi juga bisa menjadi sarana belajar.

Persiapan Liburan Keluarga

sumber: https://www.pexels.com/

Liburan keluarga itu harus dipersiapkan secara matang. Rencana liburan biasanya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum liburan antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Tiket. Pemesanan tiket harus dilakukan jauh-jauh hari, apalagi saat high season. Jangan sampai batal liburan karena tidak dapat tiket.
  2. Berikutnya, mencari tempat menginap. Tentunya Anda pasti memilih menginap di tempat yang strategis dan nyaman untuk anak-anak.
  3. Selanjutnya, menentukan destinasi wisata. Ini penting agar perjalanan liburan menjadi lebih terarah. Tak perlu bingung kemana harus menuju.
  4. Daftar barang yang harus dibawa, termasuk baju juga obat-obatan. Jangan lupakan bekal makanan serta minuman saat perjalanan.

Tempat Wisata Edukasi di Jakarta

sumber: https://www.pexels.com/

Bicara tentang tempat wisata edukasi di Jakarta, Anda bisa menemukan banyak pilihan. Sebagai salah satu kota besar di dunia. Tentunya Jakarta punya banyak tempat wisata edukasi yang bisa menarik para wisatawan. Berikut beberapa tempat wisata edukasi di Jakarta yang bisa anda kunjungi bersama keluarga.

1. Kota Tua Jakarta

Kawasan Kota Tua Jakarta ini terdapat di wilayah Jakarta Pusat. Di sini terdapat berbagai landmark historis, antara lain Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Toko Merah. Selain itu, di sini juga terdapat cafe yang sangat terkenal, namanya Batavia Cafe. Setelah puas berkelililing kawasan Kota Tua, saatnya mencicipi kuliner khas Betawi di Batavia Cafe.

2. Sea World Ancol

Di Sea World, anak-anak bisa belajar tentang biota laut. Oh ya, Sea World ini tak hanya sebagai tempat wisata saja, tetapi juga sebagai sarana edukasi dan konservasi biota laut.

Sea World Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan, 1 jenis reptil, sampai biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata juga 3 jenis reptil.

Selain bisa melihat bermacam-macam biota laut, pengunjung di sini juga bisa menyentuh biota laut secara langsung, melalui wahana kolam sentuh. Selain itu, bagi yang sudah memiliki sertifikat menyelam, bisa merasakan serunya berenang bareng hiu. Di Sea World terdapat 19 wahana yang akan memuaskan pengetahuan pengunjung tentang biota laut.

3. Taman Mini Indonesia Indah

Siapa yang tak tahu TMII, tempat wisata sejak zaman order baru ini masih menjadi destinasi wisata favorit di Jakarta. Berkunjung ke TMII tak sekadar wisata, melainkan juga sarana belajar. Banyak hal yang bisa dipelajari dengan mengunjungi TMII.

Di sini anak-anak bisa belajar tentang budaya Indonesia dengan melihat anjungan daerah. Berbagai rumah adat suku-suku di Indonesia ada di sini. Di dalamnya berfungsi sebagai tempat pameran dan peragaan berbagai benda sejarah, pakaian adat, peralatan kesenian, hasil kerajinan, dan benda-benda kebudayaan lainnya.

Di TMII terdapat 19 museum yang bisa kita sarana mempelajari sejarah bangsa di masa lalu.

4. Setu Babakan

Ke Jakarta tanpa merasakan suasana khas Betawi tentu tidaklah lengkap. Betawi adalah penduduk asli kota Jakarta. Datang ke Setu Babakan akan membuat kita bisa merasakan suasana perkampungan khas Betawi.

Setu Babakan sejatinya adalah danau buatan yang berlokasi di wilayah Jagakarsa Jakarta Selatan. Namun sejak 2004, kawasan ini diresmikan sebagai kampung Betawi. Pengunjung di sini bisa belajar budaya Betawi, seperti seni pertujukan Lenong, Ondel-Ondel, dan Tanjidor. Para pengunjung juga bisa mencicipi lezatnya kuliner khas Betawi, seperrti karedok, kerak telor, laksa, toge goreng, dan lain sebagainya.

5. Planetarium

Tempat wisata yang satu ini menjadi spot yang wajib dikunjungi oleh anak-anak ketika berkunjung ke Jakarta. Di Planetarium, anak bisa belajar mengenai tata surya dan bumi yang ditinggali saat ini. Anak juga bisa mengembangkan eksplorasinya ketika berpetualang menjelajah bintang, melihat rasi bintang, menyaksikan meteor jatuh, dan susunan planet-planet.

Pada jam pertunjukan, anak dapat menyaksikan teater bintang. Planetarium telah berdiri sejak tahun 1969 yang berlokasi di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Tempat ini bisa diakses oleh masyarakat umum sehingga tidak hanya anak-anak saja yang dapat mempelajari tata surya, tetapi orang dewasa juga berkesempatan untuk mempelajarinya.

6. Faunaland Ancol

Faunaland adalah kebun binatang yang ada di Ancol. Kebun binatang ini cukup luas dan memiliki koleksi satwa langka dan unik. Di sini, tim aktif mengonservasi para binatang untuk menjamin kelestariannya. Faunaland Ancol juga aktif memberikan edukasi bagi pengunjung tentang satwa-satwa yang unik dan langka ini agar lebih banyak masyarakat yang peduli pada fauna-fauna yang terancam punah.

Di Faunaland, anak-anak bisa menemukan satwa-satwa lucu seperti Singa Putih Afrika, Kanguru Pohon Papua, Tarsius, hingga Kucing Emas Sumatera.

10 Tugas Rumah yang Dapat Mengasah Keterampilan Problem-Solving Anak
Di samping untuk menyelesaikan masalah sehari-hari, problem solving pada anak juga berguna untuk mengeksplorasi dunianya atau mengerjakan tugas sekolah.Jika keterampilan pemecahan masalah ini sering dilatih pada anak, maka ia mampu berpikir jernih,

7. Monas (Monumen Nasional)

Siapa yang tidak tahu Monas? Monas adalah ikon dari kota Jakarta. Bisa dikatakan, tidak sah ke Jakarta tanpa ke Monas. Monas berada di Jakarta Pusat dan sudah dibangun pada era Presiden Soekarno. Monas dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan dan perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah. Di tempat ini, Anda bisa mengunjungi Museum Sejarah Nasional Indonesia dan berwisata sambil belajar sejarah perjuangan rakyat Indonesia.

10 Strategi Mengajarkan Disiplin Pada Anak
Ada banyak strategi yang bisa dilakukan agar anak bisa disiplin tanpa perlu dihukum secara fisik, tetapi ada rasa tanggung jawab yang tumbuh dari dalam dirinya.

8. Kampung Main Cipulir

Kampung Main Cipulir ini terletak di daerah Cipulir, Jakarta Selatan. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati berbagai petualangan berkonsep desa. Taman ini dipenuhi oleh petualangan yang dapat mengedukasi para pengunjung, baik anak-anak maupun orang dewasa. Kampung Main Cipulir ini juga memiliki ragam jenis permainan yang mengasyikkan, seperti kolam renang, paint ball, flying fox, berkuda, kolam lumpur, dan masih banyak lagi.

Jadi, manakah tempat yang Anda ingin kunjungi weekend nanti?

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.