Sekolah Unggul: Ketahui Kriteria, Ciri-Ciri, dan Cara Meraihnya

edukasi 12 Okt 2023

Sekolah dikatakan unggul apabila memiliki siswa yang berprestasi di bidang akademik dan mampu menghasilkan lulusan yang unggul secara emosional dan spiritual. Selain itu, sekolah unggul juga didukung guru yang berkompetensi tinggi dan mampu mengimplementasikan peraturan yang berlaku.

Selolah unggul secara umum memiliki kurikulum yang terarah. Dengan demikian, siswa menjadi lebih fokus dan merasa nyaman ketika mengikuti proses belajar. Sekolah yang unggul juga mendukung siswa untuk mengembangkan bakat dan minat mereka dengan lebih baik melalui beragam kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti.

Lebih lanjut, sekolah unggul juga memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dalam menunjang proses pembelajaran. Sebagai contohnya, ada laboratorium yang memadai, koleksi buku di perpustakaan yang lengkap, kantin yang bersih, dan aneka fasilitas lainnya.

Siswa yang masuk ke sekolah unggulan biasanya melewati seleksi yang cukup ketat karena kursi yang tersedia terbatas. Seleksi dilakukan untuk memilih calon siswa yang berprestasi. Dengan begitu, sekolah berpotensi memiliki siswa yang berprestasi lebih banyak di kemudian hari. Siswa yang berprestasi juga bisa memberikan pengaruh positif bagi siswa lainnya untuk terus belajar lebih keras.

Kriteria Sekolah Unggul

Ada beberapa kriteria sekolah unggul menurut Kementrian Pendidikan dalam buku Pengelolaan Sekolah Unggul, yakni:

  • Melakukan seleksi ketat berdasarkan prestasi akademik, psikotes maupun tes fisik kepada siswa yang masuk;
  • Memiliki sarana dan prasarana yang lengkap;
  • Memiliki iklim dan suasana kondusif;
  • Guru dan tenaga kependidikan yang professional;
  • Kurikulum yang mampu memenuhi kebutuhan siswa;
  • Secara umum, memiliki jam belajar yang lebih lama karena menyesuaikan tuntutan kurikulum dan kebutuhan belajar siswa;
  • Memiliki proses pembelajaran berkualitas; serta
  • Memiliki manfaat bagi lingkungan.

Ciri- ciri Sekolah Unggul

Sementara itu, melansir dari tokoh pendidikan, Prof Arief Rachman, terdapat 10 ciri-ciri sekolah layak disebut sebagai sekolah unggulan.

1. Memiliki Pemimpin yang Profesional

Peran kepala sekolah dalam membentuk sekolah unggul sangatlah penting. Seorang kepala sekolah yang profesional akan memiliki kemampuan sebagai manajer yang baik dalam memimpin sekolah.

Cara Merancang Pemetaan Potensi yang Dimiliki Sekolah
karakteristik yang dimiliki oleh PKBA ini, yaitu : Fokus pada aset dan kekuatanMemikirkan masa depanBerpikir tentang kesuksesan yang telah diraih dan kekuatan untuk meraih kesuksesan tersebut

2. Memahami dan Melaksanakan Visi Misi Sekolah

Setiap warga sekolah perlu memahami, melaksanakan visi dan misi yang dibuat oleh sekolah. Dengan demikian, setiap orang dapat menjalankan peran dan tanggung jawab masing-masing secara sadar guna menjalankan visi misi sekolah.

3. Suasana Belajar yang Menyenangkan

Semangat belajar siswa dapat tumbuh dari lingkungan yang kondusif, ramah, tertib, dan bersih. Dengan begitu, siswa akan merasa nyaman dan senang dalam menjalankan kewajibannya sebagai pelajar.

4. Pembelajaran Bervariasi

Sekolah unggulan bukan hanya mampu mengakomodir pendidikan formal, tetapi juga memenuhi kebutuhan akan minat dan hobi siswa. Akhirnya, siswa menjadi nyaman berada di sekolah.

5. Memiliki Rencana Pembelajaran Terorganisir, Jelas, dan Sistematis

Perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru membantu proses belajar yang searah dengan visi misi sekolah karena berisi pemikiran sistematis dan pemberdayaan siswa.

6. Melibatkan Peran dan Dukungan Orang Tua serta Siswa

Sekolah yang unggul mampu menjawab kebutuhan siswa dan memacu mereka untuk terus berkembang. Dalam prosesnya, sekolah yang unggul akan melibatkan dukungan dan peran orang tua serta siswa dalam setiap program sekolah yang diusung.

7. Evaluasi untuk Perbaikan

Monitoring dan evaluasi untuk mengetahui apakah tujuan pembelajaran sesuai kurikulum sudah tercapai atau memerlukan perbaikan menjadi hal penting bagi sekolah unggulan.

8. Siswa Dituntut Melaksanakan Hak dan Kewajiban

Sekolah unggulan menanamkan etos siswa dalam belajar dan bersaing dengan lebih baik. Dengan begitu, proses belajar menjadi lebih mudah dilaksanakan karena siswa telah paham dan mampu menjalankan hak dan kewajibannya.

9. Menjalin Kemitraan dengan Orang Tua

Melibatkan orang tua dalam kegiatan pendidikan anak dapat memberi manfaat untuk perkembangan siswa. Apabila siswa memiliki dukungan dari orang tua, potensi untuk berprestasi menjadi lebih besar. Oleh karena itu, sekolah perlu menjalin hubungan kemitraan dengan orang tua. Selain untuk meningkatkan prestasi, orang tua juga menjadi mitra dalam mengatasi persoalan anak didik.

10. Mengembangkan Kreativitas Seluruh Warga Sekolah

Kreativitas warga sekolah yang terus dikembangkan dapat mendukung terciptanya pembelajaran efektif dan efisien. Pada akhirnya, hasil lulusan yang diperoleh sekolah juga lebih unggul dan berkualitas.

Cara menjadi Sekolah Unggul

Berikut ini cara yang dapat dilakukan oleh sekolah agar bisa mewujudkan sekolah unggul.

1. Memastikan Kualitas dan Profesionalisme Guru yang Dimiliki

Sekolah yang memiliki sumber daya manusia kurang mempuni akan sulit untuk menjadi sekolah unggul. Kurangnya kualitas ini bisa disebabkan berbagai faktor seperti: regulasi pemerintah, regenerasi, atau teknologi yang terus mengalami perubahan dan perkembangan. Meskipun sulit, bukan berarti faktor tersebut menjadi alasan sekolah tak layak menjadi sekolah unggul. Faktor penentu untuk menjadi sekolah unggul adalah hubungan yang terjalin antara guru, tenaga pendidik dengan siswa. Guru harus mampu memahami kebutuhan belajar siswa dan mengembangkan keterampilan mereka. Sementara itu, sekolah harus mampu menjadi lingkungan yang nyaman dan komunitas pembelajaran yang kritis bagi seluruh warganya.

2. Relevansi Kurikulum dengan Masa Mendatang

Kurikulum pembelajaran yang dirancang harus dapat menjawab kebutuhan di masa mendatang dan relevan di saat ini. Pembelajaran yang terdapat dalam kurikulum harus inovatif dan menjawab kebutuhan di masyarakat. Dengan demikian, proses pendidikan yang berlangsung menjadi lebih berguna ketika siswa telah lulus dan terjun dalam masyarakat.

3. Manajemen Keuangan Sekolah

Faktor keuangan tidak bisa dipisahkan dalam menentukan terciptanya sekolah unggulan. Proses pembelajaran yang berkualitas perlu didukung dana memadai untuk membiayai fasilitas, jaringan dan perangkat lainnya. Selain kecukupan dana, peran kepala sekolah dan administrasi juga sangat penting dalam mengatur perputaran uang sekolah agar tidak mengalami defisit. Oleh karena itu, diperlukan sumber daya manusia yang profesional dalam manajemen seperti tata usaha, keuangan, kepegawaian, serta hubungan masyarakat agar dapat mengkalkulasikan semua dengan tepat.

4. Memiliki Sistem serta Peralatan Mengajar Berkualitas

Untuk menciptakan sekolah unggul, diperlukan adopsi teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Pemanfaatan teknologi dapat membantu kelancaran proses belajar mengajar. Untuk menerapkan teknologi dalam pembelajaran, diperlukan perangkat yang bisa membantu guru dalam memanajemen kelas, mengorganisasi pembelajaran, serta melakukan penilaian.

5. Visi Misi Sekolah harus Jelas

Sekolah unggul bisa tercapai apabila memiliki visi misi yang jelas dan relevan untuk dilaksanakan serta memiliki langkah-langkah yang jelas untuk mewujudkan tujuan yang telah disusun. Selain itu, setiap warga sekolah juga harus memiliki pandangan yang sama sesuai dengan visi dan misi sekolah agar mewujudkan sekolah unggul bisa lebih mudah.

Inkuiri Apresiatif sebagai Pendekatan Manajemen Perubahan Bagi Guru
Inkuiri Apresiatif adalah pendekatan dalam manajemen perubahan yang berfokus pada pencarian nilai-nilai positif dalam organisasi atau individu untuk memunculkan perubahan yang berkelanjutan

6. Fasilitas Belajar yang Lengkap

Sekolah yang memiliki guru dan siswa berkualitas, tetapi tidak didukung fasilitas lengkap akan sulit untuk mencapai hasil maksimal. Oleh sebab itu, untuk menjadikan sekolah unggul, diperlukan pula dukungan fasilitas yang lengkap.

Demikianlah penjelasan mengenai kriteria, ciri-ciri dan cara untuk menjadi sekolah unggul. Semoga artikel ini bermanfaat!

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.