Rekomendasi Film yang Cocok Ditonton Keluarga Saat Quality Time

parenting Jan 14, 2021

Pernahkah kamu mendengar ungkapan “time is money”? Ya, tentu saja pernah. Bisa dikatakan time is money sudah menjadi sebuah slogan seseorang untuk bisa berkembang dengan baik, bergerak maju serta impian seseorang untuk menjadi orang yang sukses. Time is money juga berlaku untuk anak-anak, apalagi ketika mereka sedang sibuk sedang proses belajarnya. Memang benar, waktu sangat berharga, bahkan di setiap detik yang telah dilewati. Namun, ada satu hal yang jauh lebih berharga, yaitu menghabiskan waktu bersama keluarga atau quality time. Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, salah satunya yaitu menonton film. Ada banyak sekali rekomendasi film keluarga yang cocok untuk ditonton di akhir pekan. Namun, sebelum membahas tentang film terlebih dulu kita akan membahas tentang quality time.

Apa yang dimaksud dengan quality time? Quality time merupakan waktu yang dialokasikan untuk orang-orang yang disayangi, yaitu keluarga, teman dan pasangan.

Quality time ini sudah direncanakan sebelumnya yang mana akan menghasilkan kebahagiaan bersama. Biasanya quality time ini dilakukan di akhir pekan dan saat liburan. Adapun tujuan dari adanya quality time yaitu untuk mengeratkan tali persaudaraan, menghilangkan rasa jenuh dan penat dan juga hal yang paling utama yaitu untuk memberi kebahagiaan.

Sifat dari quality time ini tidak didasarkan oleh banyaknya biaya yang dikeluarkan, waktu yang akan dihabiskan dan di mana kita menghabiskannya. Biasanya quality time ini dilakukan dengan cara yang sederhana, misalnya seperti menghabiskan waktu di tempat makan sembari mendengar siaran live music, bermain di taman bermain, berenang, dan bahkan nonton film di bioskop maupun di rumah.

Selain itu quality time tidak hanya ditujukan oleh orang-orang tertentu saja, seperti orang dewasa. Dalam hal ini, anak-anak juga membutuhkan quality time dari jenuhnya kegiatan sekolah dan mengisi ulang semangat karena terlalu bosan dengan kegiatan yang monoton di setiap harinya.

Adapun beberapa manfaat yang didapat dari quality time bersama keluarga, yaitu sebagai berikut.

Manfaat Quality Time Bersama Keluarga

1. Ikatan Tali Persaudaraan Semakin Kuat

Aktivitas yang Anda jalani serta kegiatan sekolah anak-anak Anda, tanpa sadar dapat memicu pudarnya ikatan keluarga. Hal itu dapat terjadi karena ketika seseorang semakin sibuk, maka semakin minimnya rasa antusias seseorang dengan keadaan orang lain sebab dirinya sendiri pun sudah lelah dan membutuhkan istirahat dari segala kesibukan. Maka dari itu, waktu bersama keluarga sangat penting dilakukan supaya ikatan dan tali persaudaraan tetap terjalin dan semakin kuat.

2. Kemampuan Akademik Anak Menjadi Meningkat

Selain itu, keluarga memiliki andil yang penting dalam keberhasilan seorang anak. Misalnya, Anda bisa meluangkan waktu untuk membantu anak-anak ketika sedang kesulitan belajar.

3. Menstabilkan Emosi Anak

Biasanya anak-anak yang sudah mulai beranjak remaja memiliki emosi yang tidak stabil dan cenderung memiliki emosi yang negatif di setiap harinya. Hal ini dapat terjadi karena banyaknya tekanan yang mereka dapatkan, seperti tugas-tugas sekolah, kegiatan tambahan di sekolah maupun di luar sekolah, hubungan pertemanan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membantu mereka dalam mengontrol emosi dan memecahkan masalah dengan cara menghabiskan waktu bersama.

4. Terhindar dari Pergaulan Bebas

Beberapa survey telah membuktikan bahwa anak-anak yang terlibat dalam pergaulan bebas adalah anak-anak yang kurang akrab dengan keluarganya. Alih-alih meminta keluarganya untuk mengerti dirinya, mereka lari ke pergaulan bebas dengan alasan kurang perhatian, butuh pelampiasan dan ingin bebas karena lelah dikekang. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu dekat dan mengerti anak-anak Anda, yang mana salah satu caranya yaitu dengan quality time.

5. Keluarga Menjadi Lebih Harmonis

Apabila Anda berhasil melakukan quality time, keluarga Anda akan jauh lebih harmonis dan tentunya menjadi idaman serta impian setiap orang. Salah satu contoh yang dapat membangun chemistry yaitu dengan menonton film. Beberapa rekomendasi film keluarga yang cocok untuk ditonton akan dijelaskan di bawah nanti.

Mengapa Kesehatan Mental Penting bagi Murid?
Pikiran dan emosional anak-anak dinilai belum stabil, sehingga mereka rentan terkena gangguan mental. Lingkungan keluarga, sosial dan sekolahnya juga dapat mempengaruhi kesehatan mental.

6. IQ Anak Menjadi Berkembang

Seorang profesor Behavioral Science yang berasal dari New Castle University, Dr. Daniel Nettle menegaskan bahwa keterlibatan ayah saat masa tumbuh kembang anak memberikan manfaat ketika anak sudah tumbuh dewasa, khususnya dalam kemampuan bertahan hidup. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang terjadi pada tahun 2008 yang mengungkapkan bahwa 11 ribu orang dewasa dengan rata-rata usia 50 tahun memiliki skor IQ lebih tinggi karena adanya keterlibatan sosok ayah di masa kecilnya.

7. Dapat Membantu Anak Ketika Memiliki Masalah

Anda akan lebih mudah mengetahui permasalahan yang terjadi pada anak-anak Anda karena adanya kedekatan dan ikatan yang kuat di antara orang tua dan anak. Walaupun Anda tidak mampu untuk mengontrol mereka di setiap harinya, tetapi Anda mampu untuk menjadi sahabat, saudara dan penopang mereka ketika sedang ada masalah.

Setelah mengetahui beberapa manfaat yang didapatkan dari quality time, saat ini kita akan membahas tentang rekomendasi film yang cocok untuk ditonton keluarga saat quality time. Apa saja? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Rekomendasi Film yang Cocok Ditonton Keluarga Saat Quality Time

1. Keluarga Cemara

Keluarga cemara adalah film yang tayang pada tanggal 03 Januari 2019 lalu. Film ini disutradarai oleh Yandy Laurens. Film dari keluarga cemara ini dibintangi oleh Nirina Zubir, Ashisty Zara, Ringgo Agus Rahman dan Widuri Putri Sasono yang berperan sebagai pemeran utama dari film keluarga cemara ini. Dalam film ini, Widuri Putri Sasono berhasil membangkitkan dan membuat penonton menjadi lebih emosional.

2. Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini

Film nanti kita cerita tentang hari ini (NKCTI) diadaptasi dari kumpulan quotes yang ditulis oleh Marchella F.P yang juga membuat para pembaca baper dan tersentuh dengan untaian kalimat indah di dalamnya. Film NKCTI ini juga membuat penonton terpikat, apalagi dengan akting dari aktor serta aktrisnya yang begitu menghayati peran. Film ini tayang pada tanggal 02 Januari 2020 yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko.

3. Finding Neverland

Film finding nerveland ini merupakan drama fantasi sejarah yang telah dirilis pada 17 Oktober 2004 kemarin. Film ini merupakan salah satu film terbaik dan sangat direkomendasikan untuk ditonton bersama keluarga. Film ini disutradarai oleh Marc Forster. Film ini menceritakan tentang hubungan keluarga Sir James Matthew Barrie yang menjadi inspirasi dari terbentuknya karakter Peter Pan.

4. Coco

Film bergenre animasi ini sangat sukses ketika baru dirilis dan menuai banyak pujian dari berbagai kalangan penonton. Coco dirilis pada tahun 2017 lalu dan berhasil mencuri perhatian dan menggugah hati para penonton. Sutradara dari film ini yaitu Lee Unkrich dan Adrian Molina. Di dalam film ini, penonton akan dikenalkan dengan tradisi Day of the Dead yang mana masih berlaku di Meksiko.

10 Cara Menjaga Kesehatan Mental Murid di Kelas
Sekolah merupakan tempat atau pusat untuk mencari ilmu pengetahuan, wawasan, pergaulan, teknologi dan lainnya, serta menjadi sarana terbaik untuk melatih mental dan fisik peserta didik dengan tepat.

5. Inside Out

Film inside out adalah salah satu film animasi keluarga yang didistribusikan oleh Disney Picture. Film ini sudah dirilis sejak tahun 2015 dan disutradarai oleh Pete Docter menuai banyak pujian dan penghargaan dari para kritikus film serta para penonton. Film ini menceritakan tentang Rilley, seorang anak berusia 11 tahun yang pindah ke San Francisco dan meninggalkan kehidupannya yang ada di Minnesota. Semangat dan perjuangan hidup Rilley sangat menyentuh dan menggugah hati para penonton.

Manfaat waktu bersama keluarga Anda dengan sebaik mungkin. Karena selain dapat mengurangi rasa bosan, bersama keluarga Anda akan jauh lebih bahagia dan menumbuhkan rasa semangat dalam menjalani hari esok. Setelah melihat rekomendasi film keluarga yang cocok untuk ditonton, film apa yang menjadi pilihan pertamamu?

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.