Program Sosial Kejarcita, Wujud Kontribusi Peningkatan Kualitas Pendidikan Indonesia

edukasi 20 Jul 2022

Kejarcita merupakan badan usaha sosial di bidang pendidikan yang didirikan oleh PT Nota Kejar Cita. Kami bisa disebut sebagai sociopreneur dengan upaya memberikan solusi terbaik untuk permasalahan dunia pendidikan di Indonesia, melibatkan pemanfaatan teknologi. Salah satunya ialah dengan membuat platform pembelajaran digital yang bisa diakses oleh sekolah, guru, dan siswa bernama kejarcita.id.

Sejak tahun 2017, kami bergerak dan fokus untuk mendukung pendidikan Indonesia. Hal tersebut seiring dengan visi kami, yaitu kesempatan pendidikan yang merata untuk semua anak Indonesia. Sementara itu, misi kami, yakni untuk memperluas akses pendidikan berkualitas bagi anak-anak Indonesia.

Kejarcita menyediakan layanan berupa sistem pembelajaran online untuk sekolah dan bimbingan belajar. Kami juga menyediakan pelatihan untuk guru, kepala sekolah, dan siswa, tryout literasi, numerasi dan mata pelajaran lainnya. Sebagian besar materi pembelajaran yang dikembangkan di kejarcita seperti bank soal latihan, video, lembar kerja bisa diakses secara gratis.

Mari kenal kami lebih lanjut, dengan mengetahui berbagai program sosial yang masih, akan, dan telah berjalan. Yuk, simak kabar dari kami!

A. Program-Program Sosial Kejarcita

Kejarcita bernama CubeNotes saat awal berdiri. Kegiatan sosial dari kejarcita telah berlangsung sebagai upaya kami mendukung kualitas pendidikan, melalui bimbingan belajar di daerah padat penduduk perkotaan hingga beberapa daerah di Indonesia. Sebagian besar kegiatan belajar dilaksanakan secara luring. Saat masa pandemi datang, kami tetap menjalankan kegiatan belajar bersama anak-anak secara daring.

Di masa pandemi, sebagai alternatif kegiatan belajar mengajar banyak memanfaatkan kejarcita.id. Dengan begitu, dapat mengatasi masalah di program bimbingan belajar karena keterbatasan pengajar, meningkatkan kapasitas fasilitator dan juga memperkenalkan anak pada teknologi pendidikan. Lebih lanjut, berikut ini beberapa kisah perjuangan kejarcita melalui program sosial, sebagai kontribusi mewujudkan kualitas pendidikan di Indonesia!

1. Panti Nugraha

Langkah awal kejarcita dimulai saat mendampingi anak-anak asuhan Panti Nugraha untuk belajar bersama. Pada saat itu, fasilitator kejarcita mengampu dua kelompok yang ada di daerah Lebak Bulus dan Cilandak. Kegiatan belajar meliputi menonton video IniBudi (video pengenalan berbagai macam profesi yang ada di dunia, untuk memberikan motivasi anak-anak mengenai cita-cita di masa depan), latihan kuis, menggunakan fitur tanya jawab melalui aplikasi dan belajar Bahasa Inggris bersama Miss Gina. Kegiatan belajar bersama ini berlangsung selama 3 semester, karena ada kendala seperti pendanaan operasional (kuota internet dan kebutuhan administrasi) dan aplikasi yang masih sangat terbatas berupa tanya jawab saja.

Menonton Video IniBudi 
Belajar Bahasa Inggris bersama Miss Gina

2. Yayasan Dharma Kasih

Kegiatan belajar bersama dengan anak-anak di bawah asuhan Yayasan Dharma Kasih dilaksanakan di daerah Jakarta Barat. Pelaksanaan pembelajaran berlangsung selama satu semester. Peserta yang mengikuti kebanyakan merupakan siswa kelas bawah. Hal ini yang juga menjadi kendala keberlangsungan program, karena anak-anak belum begitu memahami penggunaan aplikasi atau teknologi dalam pembelajaran.

Menonton Video bersama Sebelum Kegiatan Belajar

3. Mitra Anak Sejahtera

Tidak hanya di wilayah padat penduduk seperti Jakarta, kegiatan sosial dalam pendidikan juga berlangsung di daerah lain, seperti di Kulonprogo, Jawa Tengah. Bekerja sama dengan Yayasan Mitra Anak Sejahtera, fasilitator kejarcita mengampu 8 kelompok belajar. Kegiatan ini berlangsung kurang lebih selama 2 semester.

Aktivitas pembelajaran yang dilakukan bersama dengan anak-anak meliputi, menonton video IniBudi, latihan kuis, serta menggunakan fitur tanya jawab untuk materi atau soal yang kurang dipahami. Belajar dari pengalaman kegiatan sosial yang telah berlangsung di Panti Nugraha dan Yayasan Dharma Kasih, pada kesempatan bersama Mitra Anak Sejahtera ini, kejarcita juga semakin melengkapi dan memperbaiki aplikasi yang digunakan.

Kelompok Belajar di Kulonprogo, Jawa Tengah
Menonton Video IniBudi

4. Seluruh Mitra Child Fund Indonesia

Memasuki tahun 2020, Indonesia bahkan dunia dihadapkan dengan pandemi Covid-19. Akibatnya, pembatasan sosial perlu diterapkan, begitu pula kegiatan belajar. Agar kegiatan sosial di bidang pendidikan dapat terus berlangsung, maka kejarcita memulai aktivitas belajar secara daring.

Pada kesempatan ini, kejarcita bekerja sama dengan seluruh mitra Child Fund Indonesia. Kejarcita.id semakin lebih baik aplikasinya dilengkapi berbagai fitur yang mendukung pembelajaran daring. Fitur-fitur yang dapat diakses seperti tanya jawab, kuis, dan materi. Aktivitas yang berjalan berfungsi untuk mendukung anak belajar dari rumah. Tidak hanya itu, kejarcita juga melaksanakan tryout AKM dan live teaching.

Live Teaching Bahasa Inggris
Materi Live Teaching Bahasa Inggris bersama Tutor Kejarcita

5.  Bimbingan Belajar

Selain kegiatan sosial di bidang pendidikan bekerja sama dengan berbagai yayasan, kejarcita juga mengadakan bimbingan belajar gratis. Bimbingan belajar berlangsung secara luring maupun daring yang dilaksanakan di Tomang (RPTRA Mandala). Aktivitas dalam mendampingi anak agar mendapat tambahan belajar dilaksanakan di wilayah Lebak Bulus dan Cilandak, Jakarta Selatan. Bimbingan belajar dilaksanakan dari tahun 2018—2020. Peserta yang awalnya hanya beberapa anak, semakin hari semakin bertambah dan antusias, karena aktivitas belajar berlangsung menyenangkan. Kegiatan ini terlaksana cukup konsisten, meskipun harus terhenti karena kasus Covid-19 di Jakarta yang sangat tinggi pada saat itu.

Bimbingan Belajar Outdoor dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menyenangkan 
Menonton Video sebagai Variasi Pembelajaran
Bimbingan Belajar sesuai Kelompok

B. Mari Berkolaborasi!

Kejarcita berupaya untuk fokus dan terus berkembang lebih baik dalam mendukung kualitas pendidikan di  Indonesia. Masih banyak hal yang bisa dilakukan. Kami berharap kisah perjuangan ini akan terus berlanjut dan semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya. Oleh karena itu, kami senantiasa mencari cara dan melakukan inovasi sebagai komitmen akan visi kejarcita.

Upaya kami terus berlanjut melalui perencanaan, membuat kegiatan, maupun menjalankan program di bidang pendidikan. Salah satunya dengan agenda Corporate Social Responsibility (CSR). Dengan adanya CSR kejarcita, merupakan komitmen dalam berperan serta mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia secara berkelanjutan sehingga membantu meningkatkan kualitas pendidikan dalam berbagai aspek. Seperti pengembangan kompetensi guru dalam mengajar melalui pelatihan, memberikan fasilitas sarana dan prasarana belajar yang memadai di sekolah-sekolah, membantu siswa untuk mengakses teknologi pendidikan, membimbing siswa dalam menggali potensi, bakat, minat, dan sebagainya.

Pengembangan Kompetensi Mengajar Guru melalui Pelatihan

Tentunya untuk menjalankan agenda CSR tersebut kami tidak ingin bergerak sendiri. Kejarcita membutuhkan dukungan, aksi nyata, maupun bantuan dari berbagai kalangan. Kami juga mengajak khalayak umum dengan menggalang donasi untuk menjalankan berbagai program sosial pendidikan, kamu bisa ikut berpartisipasi di sini. Bukan hanya di situ saja, kami menyambut baik ajakan kolaborasi untuk menjalankan program yang sesuai dengan misi kami untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia. Hubungi kami untuk kesempatan berkolaborasi, ya! Jangan berhenti melakukan kebaikan karena apa yang kita tabur dan tanam, itu pula yang akan kita tuai. Mari bergabung dalam langkah kebaikan untuk pendidikan!

Insani Miftahul Janah

Trying. Learning. Then Doing.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.