Jelang Pembukaan Seleksi CASN, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

pendidikan 26 Okt 2023

Seperti yang sudah beredar informasi tentang pendaftaran seleksi CASN yang akan dilakukan pada bulan September 2023. Pada tahun ini pemerintah memberikan kuota sebanyak 572.299 formasi, terbagi 28.903 formasi untuk CPNS dan 543.396 formasi untuk PPPK. Dalam hal ini pelamar harus aktif dalam mencari informasi terkait seleksi CASN. Pemerintah sudah memberikan pengumuman terkait pendaftaran seleksi CASN itu mulai tanggal 16–30 September 2023, dan tahap pendaftaran seleksi CASN dilaksanakan pada tanggal 17 September–6 Oktober 2023. Untuk tahap lanjutan, akan diberikan pada pelamar yang lulus pada tahap pendaftaran seleksi CASN.

Selain itu, pelamar juga harus pandai-pandai mencari informasi terkait seleksi CASN, karena ada beberapa penyebar hoaks yang mengatasnamakan instansi terkait. Hal ini sangat meresahkan panitia dan pelamar karena tidak sesuai dengan ketentuan seleksi.

Nah, untuk mencegah adanya modus penipuan tentang seleksi CASN, ada baiknya pelamar aktif mengunjungi situs resmi panitia seleksi CASN di https://sscasn.bkn.go.id . Dalam situs itu terdapat semua informasi seputar seleksi CASN. Mulai dari syarat pendaftaran, pertanyaan apa saja yang sering ditanyakan oleh pelamar terkait kendala yang sering terjadi, serta informasi-informasi penting tentang seleksi CASN.

Untuk kalian yang ingin tahu apa saja dokumen yang harus dipersiapkan untuk mendaftar seleksi CASN, berikut adalah syarat dokumen pendaftaran seleksinya:

  1. Syarat dokumen pendaftaran seleksi CASN berupa surat lamaran;
  2. Kartu tanda penduduk (KTP);
  3. Kartu keluarga (KK);
  4. Ijazah, Serdik atau STR;
  5. Transkip nilai;
  6. Pas foto terbaru dengan background merah; dan
  7. Dokumen lain yang menjadi ketentuan sesuai jenis seleksi dan dari instansi yang akan dilamar.

Tujuh dokumen di atas merupakan dokumen yang wajib ada pada saat pendaftaran seleksi CASN. Hal lain yang harus diperhatikan dalam kelengkapan dokumen adalah pelamar wajib memperhatikan hal-hal kecil seperti batas usia pelamar apakah sudah sesuai dengan syarat dan lain-lain. Setelah mempersiapkan dokumen pribadi untuk pendaftaran seleksi CASN. Tahap selanjutnya adalah mengikuti prosedur pendaftaran seleksi CASN.

Peluang Guru Honorer dalam Seleksi CASN 2023
3 keuntungan guru honorer dengan kebijakan Kemenpan RB:1. Kemenpan RB Mempertimbangkan Adanya Guru Prioritas pada Seleksi CASN 2023 2. Kemenpan RB Mempertimbangkan Guru dengan Status Eks-THK II3. Guru Honorer yang Memiliki Sertifikat Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Urutan Pendaftaran Seleksi CASN

Dalam proses pendaftaran seleksi CASN, hal yang harus diperhatikan pelamar adalah sudah mempersiapkan semua kebutuhan dan syarat pendaftaran, mulai dari dokumen dan kebutuhan lainnya. Simak di bawah ini untuk urutan pendaftaran seleksi CASN.

  1. Pelamar masuk ke situs resmi untuk pendaftaran seleksi CASN ke https://sscasn.bkn.go.id
  2. Pelamar harus mengisi semua kolom yang bertuliskan nomor induk kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga, nama lengkap pelamar, tempat tanggal lahir pelamar, nomor hp pelamar yang aktif dan email pelamar yang aktif. Isi kolom dengan benar dan teliti. Pasalnya, salah satu data salah saja sudah gagal.
  3. Setelah terisi semuanya, ketik kode captcha yang muncul di halaman tersebut.
  4. Klik lanjutkan untuk urutan selanjutnya.
  5. Lengkapi data tambahan yang diperlukan. Lalu, unggah foto KTP yang sudah discan dan swafoto yang sesuai dengan ketentuan seleksi. Berikutnya, klik "lanjutkan".
  6. Klik proses pendaftaran akun untuk mendaftar akun.
  7. Sebelum mengakhiri proses pendaftaran akun, akan muncul tampilan konfirmasi dan klik bagian "iya".
  8. Setelah itu akan muncul tampilan bahwa pendaftaran Anda sudah selesai. Akan keluar dua pilihan yakni cetak (mencetak informasi pendaftaran) atau login (untuk melanjutkan proses pendaftaran selanjutnya).

Seleksi Administrasi

Proses seleksi CASN belum selesai setelah mendaftar akun dan mendaftar. Akan ada tahap yang namanya seleksi administrasi. Pada tahap seleksi administrasi ini, pelamar harus melakukan verifikasi data. Pelamar harus mengecek kelengkapan data dan dokumen pendaftaran seleksi CASN. Dalam tahap ini pelamar harus benar-benar teliti, pelamar bisa mengecek data dan dokumen yang sudah di unggah melalui situs resmi https://sscasn.bkn.go.id

Dalam tahap seleksi ini kelulusan pelamar ditentukan dari kelengkapan verifikasi data. Pelamar yang dinyatakan lulus akan bisa mencetak karti peserta seleksi CASN melalui web.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Menggunakan Computer Assisted Test (CAT)

Setelah pelamar melakukan pendaftaran dan lulus tahap seleksi administrasi, peserta seleksi CASN akan melakukan test lanjutan, yakni seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan computer assisted test (CAT). Dalam tahap ini pelamar akan mendapatkan beberapa test, seperti di bawah ini.

  1. SKD diperuntukkan untuk peserta seleksi CASN yang fokus pada pelamar formasi CPNS.
  2. SKD ini memiliki bobot penilaian 40% dari total nilai keseluruhan peserta seleksi CASN.
  3. SKD dengan computer assisted test (CAT) berisi beberapa cabang test seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
  4. Pada tahap ini kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilihat dari nilai passing grade yang diatur lebih lanjut pada peraturan kementrian PANRB.
  5. Untuk pelamar yang lulus dalam ges ini akan dipanggil untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang dilakukan sebanyak tiga kali alokasi formasi dan urut sesuai peringkat kelulusan.

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Pada tahap ini, peserta seleksi akan melakukan beberapa tes seperti substansi bidang, psikotes, tes wawancara, tes keterampilan. Akan tetapi, sejumlah tes tersebut hanya dilakukan untuk beberapa jabatan saja. SKB ini memiliki bobot penilaian yang sangat besar, yakni 60% dari total keseluruhan nilai.

Ada sedikit perbedaan dalam SKB untuk CPNS. Tahapan SKB CPNS akan terdiri dari bebepa tes yang terdiri dari tes kompetensi jabatan dengan computer assisted test (CAT) dengan bobot 50%, test psikologi dengan bobot 20%, dan tes wawancara sekaligus presentasi HKM sebesar 30%.

Pada tahap ini, peserta seleksi CASN akan melaksanakan tes sesuai dengan jabatan yang diinginkan. Selain itu, SKB ini juga penentu kelulusan peserta seleksi CASN.

Tindak Lanjut Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran merupakan hasil akhir yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran. Tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur penting untuk memandu guru dan siswa dalam mencapai hasil belajar yang diharapkan

Maka dari itu, sebelum melaksanakan pendaftaran seleksi CASN, ada baiknya kita mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tes. Kita perlu mencari sumber yang terpercaya untuk membantu proses pendaftaran seleksi CASN. Selain itu, kita harus memiliki tekad yang kuat dan berdoa untuk kelulusan seleksi CASN.

Dalam setiap tahap seleksi, wajar jika ada yang membuat peserta gugur, seperti merasa tidak sesuai ekspektasi awal mengikuti seleksi. Oleh karena itu, mematangkan niat dan tekad sebelum mengikuti seleksi CASN sangatlah penting. Demikianlah beberapa hal yang harus disiapkan untuk mengikuti seleksi CASN. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.