Perbedaan Prestasi Akademik dan Non Akademik

edukasi 10 Mei 2023

Istilah prestasi akademik dan non akademik sudah tidak asing lagi oleh para pelajar dan pendidik. Namun, bukan berarti semua orang benar-benar memahami apa sih yang dimaksud dengan prestasi akademik dan non akademik ini. Apa saja contoh prestasinya? Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kedua prestasi tersebut? Dan apa perbedaan prestasi akademik dan non akademik? Nah, artikel ini akan membahas ketiga hal penting tersebut. Jadi simak sampai bawah, ya!

Apa yang Dimaksud dengan Prestasi?

Prestasi dapat diperoleh seseorang dari upaya yang telah mereka lakukan. Adapun upaya yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan prestasi seperti mengandalkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual. Selain itu, prestasi juga dapat dicapai oleh seseorang yang memiliki ketahanan dalam menghadapi aspek-aspek situasi kehidupan.

Prestasi belajar merupakan keberhasilan usaha yang dicapai siswa setelah memperoleh pengalaman belajar atau setelah mempelajari sesatu. Umumnya, prestasi belajar ini ditunjukkan dengan nilai tes atau nilai yang diberikan guru.

Arti Penting Prestasi

Prestasi dapat digunakan seseorang untuk meningkatkan potensi yang dimilikinya. Berikut ini merupakan beberapa arti dari prestasi, yaitu meliputi:

  1. Prestasi merupakan wujud nyata dari kualitas dan kuantitas yang diperoleh seseorang di bisnis atau bidang yang ditekuni
  2. Prestasi adalah pengalaman yang dapat dijadikan sebagai pelajaran berharga bagi seseorang untuk di masa depan.
  3. Prestasi merupakaan kebanggaan diri sendiri, keluarga, kelompok, masyarakat, bangsa, dan negara.
  4. Prestasi digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan seseorang, kecerdasaran dan keterampilan seseorang, kelompok, masyarakat, bangsa, dan negara.

Sikap dalam Berprestasi

Adapun sikap yang mendukung seseorang dalam berprestasi, yaitu diantaranya:

1. Berorientasi pada masa depan dan cita-cita

2. Berhasil dalam berorientasi

3. Berani mengambil risiko

4. Sebuah rasa tanggung jawab yang besar

5. Menerima dan menggunakan kritik dan saran sebagai umpan balik

6. Memiliki sikap kreatif dan inovatif

7. Mampu mengatur waktu dengan baik

Tantangan yang Dihadapi dalam Mencapai Prestasi Akademik dan Non Akademik

Dalam mencapai sebuah prestasi, seseorang pastinya akan menghadapi beberapa tantangan. Berikut adalah bentuk tantangan yang akan ditemui siswa untuk mendapatkan prestasi akademik maupun non akademik, yaitu:

- Berasal dari Diri Sendiri

Tantangan yang kerap dialami setiap pelajar yaitu tantangan yang berasal dari diri sendiri. Adapun beberapa tantangan yang sering menjadi kendala seseorang yaitu seperti bakat, potensi, kecerdasan, minat, motivasi, emosi, kesehatan, dan pengalaman pribadi.

- Berasal dari Lingkungan Sekitar

Tantangan yang kerap diabaikan tetapi terkadang memiliki dampak besar dalam menghambat seseorang untuk mencapai prestasinya, yaitu seperti tantangan yang berasal dari keluarga, sekolah, masyarakat, infrastruktur, fasilitas, gizi dan tempat tinggal.

Pengertian Prestasi Akademik dan Non Akademik

Prestasi Akademik

Kemampuan akademik merupakan kecakapan yang berhubungan dengan materi ilmiah. Maka dari itu, kemampuan akademik bisa disebut sebagai kemampuan berpikir secara ilmiah.

Prestasi akademik adalah potensi yang dihasilkan siswa saat mengikuti lomba atau kompetisi yang dilakukan siswa ataupun mahasiswa yang berkaitan erat dengan pendidikan formal di sekolah ataupun di perguruan tinggi. Pada umumnya, prestasi akademik ini dapat membantu siswa untuk menentukan jenjang pendidikan yang selanjutnya. Oleh karena itu, tidak jarang siswa mengikuti mata pelajaran tambahan atau mengikuti bimbingan belajar untuk memperdalam pengetahuannya.

Dengan memiliki prestasi akademik, siswa akan memiliki nilai tambahan yang dapat dipertimbangkan kelulusannya di perguruan tinggi kelak.

10 Tips Mendapatkan Prestasi Akademik di Sekolah
Prestasi akademik adalah kecakapan atau hasil dari upaya siswa setalah melalui proses kegiatan pembelajaran

Prestasi Non Akademik

Prestasi non akademik merupakan prestasi yang didapatkan siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler atau organisasi yang diikutinya di sekolah. Prestasi non akademik ini bukanlah prestasi yang didapatkan siswa melalui kompetisi akademik. Adapun cakupan dari prestasi non akademik ini jauh lebih luas jika dibandingkan dengan prestasi akademik. Hal ini dikarenakan kegiatan non akademik yang dapat diikuti siswa jauh lebih beragam.

Pada umumnya, prestasi non akademik yang dimiliki siswa akan sangat bermanfaat untuk menentukan janjing karirnya di masa depan. Misalnya, jika seorang siswa memiliki bakat dalam bidang olahraga seperti bulu tangkis, maka jika bakat dan potensinya diasah terus menerus, kemungkinan besar siswa tersebut akan tumbuh menjadi seorang atlet nasional di Indonesia.

Prestasi non akademik juga dapat membantu jenjang pendidikan yang dimiliki siswa di kemudian hari, tetapi peluangnya tidak terlalu banyak. Namun, bukan berarti tidak akan bermanfaat di masa depan, ya!

Perbedaan Prestasi Akademik dan Non Akademik

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa, prestasi akademik adalah upaya yang dicapai siswa melalui usahanya dalam belajar. Sedangkan untuk prestasi non akademik, prestasi yang didapatkan siswa adalah upaya yang dicapai siswa karena mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Kegiatan yang dilakukan siswa untuk mendapatkan prestasi akademik dan non akademik sudah berbeda, dan tentu saja hasilnya turut berbeda. Walaupun berbeda, usaha yang diberikan siswa sama-sama penuh perjuangan dan keseriusan untuk bisa meraih prestasi.

Contoh Prestasi Akademik dan Non Akademik

Contoh Prestasi Akademik

Berikut ini adalah beberapa contoh dari prestasi akademik, yaitu seperti:

1. Juara Kelas

2. Juara Paralel Sekolah

3. Olimpiade Sains Nasional (OSN)

4. Juara Debat

5. Juara Cerdas Cermat

6. Lomba Esai

7. Lomba LKTI

8. IPK Cumlaude

9. Peken Kreativitas Mahasiswa (PKM)

10.  ON MIPA, dan lain sebagainya.

Contoh Prestasi Non Akademik

Prestasi non akademik memiliki jangkauan yang luas dan beragam jenisnya. Peserta yang dapat mengikuti kompetisi non akademik ini juga bisa diikuti oleh jenjang pendidikan yang berbeda-beda. Adapun contoh dari prestasi non akademik yaitu seperti:

1. Ketua Organisasi (OSIS, MPK, BEM, Ekstrakurikuler, dan lain sebagainya)(

2. Lomba Keolahragaan (O2SN, PON, Sea Games, dan lain sebagainya)

3. Lomba Seni (Drama, Pertujunkan, dan lain sebagainya)

4. Lomba Catur

5. Menghapal Kitab Suci

6. Pidato Bahasa Inggris

7. Magang atau PKL, dan lain sebagainya.

Faktor yang Dapat Mempengaruhi Siswa Memperoleh Prestasi Akademik atau Non Akademik

Faktor Prestasi Akademik

  • Memiliki kemampuan intelektual yang dapat menentukan hasil belajar siswa.
  • Memiliki minat yang besar terhadap bidang studi yang diminati.
  • Memiliki bakat khusus terhadap bidang pelajaran.
  • Memiliki motivasi tinggi untuk menjadi seseorang yang berprestasi.
  • Kondisi fisik dan mental yang dimiliki siswa sehat.
  • Lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif.
  • Lingkungan keluarga yang sehat dan mendukung siswa untuk mengembangkan prestasinya.
  • Bersifat mandiri dan tekun dalam belajar.
Apa yang Dimaksud dengan Prestasi Non Akademik?
Prestasi non akademik dapat dicapai siswa dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler atau dengan mengikuti sebuah organisasi

Faktor Prestasi Non Akademik

  • Minat dan bakat yang dimiliki siswa untuk mengikuti kegiatan.
  • Harapan siswa untuk mendapatkan prestasi di bidang yang diminatinya.
  • Lingkungan keluarga yang mampu mendukung potensi dan bakat yang dimiliki siswa.
  • Sarana dan prasarana yang lengkap dapat membantu siswa dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya.
  • Pelatih atau mentor yang dapat membantu siswa untuk mempelajari berbagai macam kemampuan professional dalam bidang tertentu.
  • Keadaan ekonomi yang stabil dan mampu dapaat membantu siswa dalam mengembangkan bakat dan potensi yang dimilikinya.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan prestasi akademik dan non akademik beserta beberapa penjelasan mengenai faktor yang dapat mempengaruhi prestasi akademik dan non akademik seseorang, serta penjelasan lebih dalam mengenai prestasi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, ya.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.