Perbedaan Model dan Metode Pembelajaran

teaching 4 Okt 2023

Dalam dunia pendidikan, para guru tentu sering menemukan istilah model dan metode pembelajaran. Dua istilah tersebut terkadang sering dianggap sama, padahal keduanya memiliki makna berbeda. Lalu, apa sih perbedaan dari model dan metode pembelajaran itu?

Pengertian Model Pembelajaran

Model pembelajaran adalah kerangka kerja yang memberi gambaran sistematis untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mana dapat membantu proses kegiatan belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam penerapannya, model pembelajaran ini mengacu pada pendekatan pembelajaran yang akan digunakan guru, termasuk tujuan pembelajaran, tahap-tahap kegiatan pembelajaran, lingkungan belajar, dan pengelolaan kelas.

Ciri-Ciri Model Pembelajaran

Tiga ciri khusus dari model pembelajaran menurut Kardi & Nur dalam Ngalimun, meliputi:

  1. Model pembelajaran adalah rasional teoritik logis yang disusun oleh pengembangnya;
  2. Memiliki landasan pemikiran mengenai proses kegiatan belajar siswa. Tingkah laku kegiatan pembelajaran yang diperlukan agar model pembelajaran tersebut dapat dilaksanakan hingga berhasil; dan
  3. Lingkungan belajar dibutuhkan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Model pembelajaran harus dipengaruhi kondisi Kompetensi Dasar yang dipakai, tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, sifat materi pembelajaran yang akan diajarkan, tingkat kemampuan siswa, dan sintaks yang dapat dilakukan siswa dengan bimbingan guru.

Jenis-Jenis Model Pembelajaran

1. Model Pembelajaran Berbasis Langsung

Strategi untuk melatih siswa agar proses kegiatan belajar bisa sesuai dengan pengetahuan deklaratif dan procedural yang bersifat sistematis.

2. Pembelajaran Cooperative

Model pembelajaran ini mengacu pada beberapa macam metode pembelajaran yang mengharuskan sejumlah siswa saling membantu untuk memahami materi pembelajaran. Ciri-ciri dari model pembelajaran cooperative adalah sebagai berikut.

  • Siswa berperan dalam memberikan saran atau kritik. Selain itu, siswa juga dapat memberikan bantuan kepada temannya.
  • Guru mengembangkan keterampilan di setiap kelompok tersebut.

Manfaat dari model pembelajaran ini ialah untuk membuat siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan belajar. Guru juga bisa lebih menghargai kemampuan setiap siswa.

3. Model Pembelajaran Kontekstual

Model pembelajaran ini dikaitkan dengan suasana belajar. Beberapa manfaat model pembelajaran ini ialah membuat siswa idak bosan dalam belajar dan memberikan gambaran dunia kerja bagi siswa. Kelebihan dari model pembelajaran ini adalah menumbuhkan kemampuan kerja sama dengan teman dan menumbuhkan penguatan konsep belajar. Sementara itu, kelemahannya adalah siswa tidak mendapatkan pengalaman yang sama dengan temannya karena tidak mengikuti materi pembelajaran.

Pengertian Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran merupakan cara guru dalam mengimplementasikan rancangan kegiatan belajar siswa yang telah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan juga praktis. Tujuan dari digunakannya metode pembelajaran ini adalah untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli

1. Hasby Asydiqih

Metode pembelajaran adalah rangkaian cara untuk mencapai tujuan tertentu yang terdapat di dalam proses kegiatan belajar.

2. Ahmadi

Metode pembelajaran merupakan suatu pengetahuan tentangan cara mengajar yang digunakan guru.

3. Nana Sudjana

Metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa ketika proses kegiatan belajar sedang berlangsung.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran adalah strategi atau taktik yang digunakan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas yang diaplikasikan di dalam kelas. Dengan begitu, tujuan belajar yang ditetapkan dapat tercapai dengan baik.

Penerapan Disiplin Positif Melalui Segitiga Restitusi di Sekolah
Segitiga Restitusi adalah pendekatan dalam penerapan disiplin positif yang menekankan tanggung jawab, restorasi, dan pertumbuhan pribadi

Ciri-Ciri Metode Pembelajaran

Ciri-ciri metode pembelajaran ialah:

  • Bersifat luwes, fleksibel, dan memiliki daya yang sesuai dengan watak siswa dan materi pembelajaran.
  • Bersifat fungsional, yaitu menyatukan teori belajar dengan praktik, serta mengantarkan siswa pada kemampuan praktis.
  • Tidak mereduksi materi pembelajaran, tetapi mengembangkan materi pembelajaran.
  • Memberikan kebebasan dalam mengemukakan pendapat kepada siswa.
  • Menempatkan guru ke dalam posisi belajar yang tepat dan terhormat dalam keseluruhan proses kegiatan belajar.

Jenis Metode Pembelajaran

Jenis-jenis metode pembelajaran ialah sebagai berikut.

1. Metode Ceramah

Metode ceramah adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan menyampaikan informasi yang dilakukan secara lisan kepada siswa.

Kelebihan Metode Ceramah

  • Guru mengendalikan kelas sepenuhnya
  • Mendorong siswa agar lebih fokus
  • Proses kegiatan belajar menjadi lebih mudah dilaksanakan
  • Dapat diikuti oleh banyak siswa

Kekurangan Metode Ceramah

  • Siswa menjadi lebih pasif karena hanya mendengar penjelasan guru saja
  • Proses kegiatan mengajar cenderung lebih membosankan
  • Beberapa siswa yang menyukai belajar visual akan mengalami kesulitan dalam menerima pembelajaran
  • Proses kegiatan belajar menjadi lebih fokus pada penjelasan saja

2. Metode Diskusi

Metode diskusi adalah metode belajar yang mengedepankan aktivitas diskusi siswa ke dalam kegiatan belajar yang memecahkan masalah. Metode ini dilakukan dengan membentuk kelompok diskusi yang bertujuan untuk membahas suatu permasalahan.

Kelebihan Metode Diskusi

  • Mendorong kemampuan berpikir kritis siswa
  • Mendorong kemampuan siswa untuk menyampaikan pendapatnya
  • Melatih sikap toleransi siswa dan menghargai pendapat orang lain

Kekurangan Metode Diskusi

  • Didominasi siswa yang suka bicara
  • Memerlukan cara formal dalam menyampaikan pendapat
  • Tema diskusi terbatas
  • Cocok dilakukan untuk kelompok kecil

3. Metode Demonstrasi

Metode demonstrasi adalah metode belajar yang dilakukan dengan kegiatan praktikum. Dengan begitu, siswa dapat melihat langsung apa yang sedang dipelajari. Dalam penerapannya, metode pembelajaran ini terlihat lebih menarik dan bisa membuat siswa lebih fokus belajar.

Kelebihan Metode Demonstrasi

  • Materi lebih mudah dipahami karena melalui praktik secara langsung
  • Meminimalkan kesalahpahaman terhadap materi yang dipelajari
  • Memudahkan siswa untuk memahami informasi yang disampaikan guru

Kekurangan Metode Demonstrasi

  • Tidak semua materi dapat diperagakan
  • Guru harus benar-benar memahami materi yang sedang diajarkan
  • Metode ini hanya efektif jika diterapkan di kelas yang tidak terlalu banyak siswanya

4. Metode Ceramah Plus

Metode pembelajaran yang mirip dengan metode ceramah. Letak perbedaannya, metode ini disertai dengan metode lain dalam penyampaian materi belajar, seperti:

  • Metode ceramah plus tanya jawab;
  • Metode ceramah plus diskusi dan tugas; atau
  • Metode ceramah plus demonsrtrasi dan latihan.

5. Metode Pembelajaran Resitasi

Metode yang mengharuskan siswa untuk membuat resume tentang materi yang sudah diajarkan guru. Resume ini dibuat di dalam kertas dengan menggunakan kata-kata siswa itu sendiri.

Kelebihan Metode Pembelajaran Resitasi

  • Kemampuan menulis siswa akan semakin membaik
  • Melatih daya ingat siswa
  • Melatih tanggung jawab siswa dan mengambil inisiatif

Kekurangan Metode Pembelajaran Resitasi

  • Siswa memiliki peluang untuk mencontek resume miliki temannya
  • Sulit untuk mengevaluasi pemahaman siswa terhadap resume yang dibuatnya

6. Metode Eksperimen

Metode yang dilakukan dengan melakukan kegiatan praktikum.

Kelebihan Metode Eksperimen

  • Siswa dapat bereksplorasi dan mengembangkan dirinya melalui kegiatan percobaan
  • Melatih kemampuan berpikir kritis siswa
  • Meningkatkan rasa ingin tahu siswa untuk meneliti sesuatu dalam kegiatan pembelajaran

Kekurangan Metode Eksperimen

  • Siswa tidak dapat bereksperimen jika kekurangan alat
  • Tidak semua materi dapat dilakukan eksperimen
  • Tidak semua bidang studi dapat menggunakan metode eksperimen

7. Metode Karya Wisata

Metode pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sebagai sumber ilmu bagi siswa. Dalam penerapannya, metode ini harus mendapat pengawasan secara langsung oleh guru.

Kelebihan Metode Karya Wisata

  • Kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik
  • Merangsang siswa untuk bisa lebih kreatif dalam berpikir dan menyampaikan pendapat
  • Memanfaatkan interaksi langsung dengan lingkungan sekitarnya

Kekurangan Metode Karya Wisata

  • Memerlukan biaya yang cukup besar
  • Kegiatan belajar harus direncanakan dengan matang
  • Melalui persetujuan dari banyak pihak, seperti pihak sekolah, orangtua, dan pihak lainnya
  • Faktor keselamatan menjadi hal terpenting yang harus diperhatikan
  • Lebih mengutamakan tujuan rekreasi daripada tujuan pembelajaran

8. Metode Latihan

Metode pembelajaran yang dilakukan untuk melatih keterampilan para siswa dengan cara merancang, membuat, atau memanfaatkan sesuatu.

Kelebihan Metode Latihan

  • Melatih kecakapan motorik dan kognitif siswa
  • Melatih kreativitas siswa
  • Melatih fokus, kecepatan, dan ketelitian siswa

Kekurangan Metode Latihan

  • Beberapa siswa yang tidak berminat akan mengalami kesulitan dalam beradaptasi
  • Terhambatnya bakat lain yang ada di dalam siswa
  • Membuat siswa merasa bosan karena kegiatan belajar tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama

9. Metode Perancangan

Metode pembelajaran yang bertujuan untuk merangsang siswa agar dapat membuat suatu proyek.

Kelebihan Metode Perancangan

  • Mendorong kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah
  • Melatih keterampilan siswa agar dapat mengintegrasikan pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Kekurangan Metode Perancangan

  • Hanya dapat dilakukan saat ada event perlombaan
  • Membutuhkan tenaga pengajar yang khusus untuk merencanakan kegiatan pembelajaran
  • Membutuhkan sumber daya dan fasilitas belajar yang cukup besar

10.  Metode Debat

Metode pembelajaran yang mengajak siswa untuk beradu argumentasi, baik secara perorangan maupun berkelompok.

Kelebihan Metode Debat

  • Melatih kerja sama siswa
  • Melatih siswa dalam menyampaikan dan mempertahankan pendapatnya
  • Melatih siswa dalam mencari informasi untuk memperkuat argumentasinya
  • Melatih kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat dan rasa percaya diri siswa

Kekurangan Metode Debat

  • Sering menimbulkan argumentasi yang tidak ada penyelesaiannya
  • Hanya siswa tertenu yang dapat melakukan debat
  • Pendapat yang disampaikan siswa sering tidak memiliki intisari

11.  Metode Mind Maping

Metode pembelajaran yang menerapkan cara berpikir terhadap suatu permasalahan.

Kelebihan Metode Mind Mapping

  • Lebih efektif dan efisien
  • Dapat memunculkan ide baru yang digambarkan di dalam diagram
  • Alur berpikir siswa menjadi lebih efektif

Kekurangan Metode Mind Mapping

  • Membutuhkan pengetahuan yang banyak dalam membuat mapping
  • Tidak semua siswa dapat terlibat dalam proses belajar
  • Beberapa detail informasi kemungkinan akan hilang di dalam mapping
  • Beberapa orang kemungkinan besar kesulitan dalam memahami mind mapping yang dibuat orang lain

12.  Metode Skrip Kooperatif

Metode pembelajaran yang memasangkan siswa dan menuntut siswa untuk menyampaikan intisari dari materi secara lisan.

Kelebihan Metode Skrip Kooperatif

  • Melatih kemampuan siswa dalam mendengarkan, menyimpulkan, dan menyampaikan intisari materi pembelajaran
  • Melatih siswa untuk lebih berani dan percaya diri untuk tampil di dalam kelas
  • Melatih keaktifan siswa dalam kegiatan belajar

Kekurangan Metode Skrip Kooperatif

  • Metode ini hanya bisa diterapkan pada bidang studi tertentu saja
  • Hanya dapat dilakukan dengan dua orang yang berpasangan dan dua kelompok saja

13.  Metode Inquiry

Metode pembelajaran yang melatih pemahaman siswa dalam proses kegiatan belajar. Dalam penerapannya, metode ini melibatkan kemampuan intelektual siswa untuk memahami apa yang telah dipelajari.

14.  Metode Discovery

Metode pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan keaktifan siswa dalam belajar, sikap mandiri, dan memiliki pemahaman yang lebih baik.

Kelebihan Metode Discovery

  • Meningkatkan kemampuan kognitif siswa
  • Melatih kemampuan berpikir siswa agar lebih luas dan lebih mandiri
  • Meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri siswa
  • Meningkatkan hubungan antara siswa dan guru

Kekurangan Metode Discovery

  • Metode ini cocok dilakukan di kelas yang kecil
  • Siswa dituntut untuk memiliki persiapan yang bagus dalam proses kegiatan belajar
  • Siswa lebih memperdulikan penemuannya daripada memperhatikan keterampilan dan sikap
  • Tidak semua penemuan dapat memecahkan suatu permasalahan
Pentingnya Menciptakan Keyakinan Kelas
menciptakan keyakinan di kelas menjadi elemen penting dalam pembentukan lingkungan belajar yang positif dan produktif. Keyakinan juga tentang motivasi yang diperlukan untuk meraih keberhasilan.

15.  Metode Berbagi Peran

Metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara berbagi peran. Metode ini dapat melatih kemampuan komunikasi siswa karena siswa berkesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain.

Kelebihan Metode Berbagi Peran

  • Siswa dapat mempraktikan materi secara langsung
  • Melatih rasa percaya diri siswa
  • Siswa lebih memahami materi pelajaran

Kekurangan Metode Berbagi Peran

  • Sebagian siswa tidak menyukai metode ini
  • Siswa yang introvert akan mengalami kesulitan dalam mengikuti metode pembelajaran ini

Demikianlah penjelasan tentang perbedaan model dan metode pembelajaran. Semoga informasi ini dapat membantu Anda.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.