Peran Kepala Sekolah dalam Keberlangsungan Kurikulum Merdeka

kurikulum merdeka 27 Apr 2023

Perubahan kurikulum merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan zaman, dan dunia pendidikan di Indonesia juga sedang mempersiapkan dan menyambut kurikulum baru, yakni Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum baru yang dicanangkan oleh Kemendikbud Nadiem Makarim yang akan diterapkan pada tahun ajaran 2024. Ada beberapa perubahan penting dalam kurikulum ini, mulai dari struktur kurikulum yang lebih fleksibel, fokus terhadap  materi essensial, penggunaan perangkat ajar yang lebih beragam dan pemanfaatan teknologi digital.

Untuk menghadapi perubahan kurilum ini,dan bisa beradaptasi dengan baik, maka peran kepala sekolah sangat penting. Kepala sekolah merupakan seseorang yang memimpin suatu lembaga pendidikan formal. Seorang pemimpin menentukan keberhasilan orang-orang yang dipimpinnya.

Menurut Soebagio dalam Suwar, 2000:2, kepemimpinan pendidikan membutuhkan perhatian yang baik dan utama, karena dengan kepemimpinan yang baik maka akan lahir tenaga kependidikan yang berkualitas dalam berbagai bidang sebagai pemikir, pekerja yang mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Dalam hal ini, kepala sekolah harus bisa memobilisasi sumber daya sekolah mulai dari perencanaan sampai evaluasi program sekolah, pengelolaan ketenagaan dengan baik, pelayanan siswa, memperhatikan sarana dan sumber belajar, melakukan pengembangan kurikulum hingga memastikan terciptanya hubungan sekolah dengan masyarakat dan penciptaan iklim sekolah yang baik.

Mengembangkan Potensi Guru Melalui Komunitas Praktisi
komunitas praktisi adalah sekelompok orang yang menyukai dan senang dengan apa yang mereka praktikkan dan ingin mengulang hingga menjadi lebih baik

Peran Kepala Sekolah

Sebagai pemimpin, kepala sekolah memiliki tanggung jawab untuk memastikan keberhasilan institusinya (sekolah). Oleh sebab itu, diharapkan kepala sekolah memiliki kemampuan baik dari segi kepribadian, pengetahuan luas terhadap tenaga kependidikan, menciptakan visi dan misi sekolah, manajemen yang baik,  kemampuan komunikasi dan mampu mengambil keputusan dengan tepat.

Menurut Wijono, secara garis besar tugas kepala sekolah dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu

  1. Administrasi material; Administrasi yang mencakup bidang material seperti pergedungan, keuangan, perlengkapan dan ketatausahaan sekolah.
  2. Administrasi personel; Administrasi yang merangkum peran sebagai warga sekolah seperti keguruan, kemuridan, dan pegawai sekolah lainnya.
  3. Administrasi kurikulum; Administrasi untuk mengatur pelaksanaan kegiatan di sekolah, seperti penyusunan kurikulum, pembinaan serta pelaksanaan kurikulum.

Menurut Depdiknas (2006), perspektif kebijakan pendidikan nasional memiliki 7 peran utama sebagai kepala sekolah, yaitu diantaranya:

  1. Edukator atau pendidik
  2. Manajer
  3. Administrator
  4. Supervisor
  5. Leader atau pemimpin
  6. Menciptakan iklim kerja yang baik
  7. Wirausahaan

Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka

Merujuk pada peran dan tugas kepala sekolah secara umum dari Wijono dan Depdiknas, 2006, yang sudah dituliskan di atas, maka kepala sekolah sangat menentukan keberhasilan pengimplementasian kurikulum baru, Kurikulum Merdeka. Pasalnya kepala sekolah yang baik akan membantu peningkatan kualitas mengajar dan kompetensi guru, sehingga gurunya pun siap untuk beradaptasi dengan perubahan kurikulum. Adapun berikut ini merupakan uraian 7 peran kepala sekolah dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, yaitu:

1. Mendidik Guru terkait Kurikulum Merdeka

Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa kepala sekolah memiliki peran sebagai educator atau pendidik, dalam hal ini, kepala sekolah harus mendidik dan membina guru-guru berkaitan dengan kurikulum merdeka. Pasalnya, guru memiliki tugas utama untuk melaksanakan dan mengembangkan kurikulum yang ada di sekolah.

Kepala sekolah yang baik tidak membiarkan gurunya kehilangan arah, sehingga hal yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan tingkat kompetensi yang dimiliki gurunya, memberikan arahan, memfasilitasi kebutuhan guru dan mendorong guru agar bisa meningkatkan kompetensinya dengan baik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan kepala sekolah dalam hal ini yaitu dengan memberikan pelatihan guru berkaitan dengan kurikulum merdeka. Kejarcita.id memiliki program pelatihan kurikulum merdeka untuk membantu guru dan sekolah beradaptasi dengan perubahan kurikulum dengan baik dan cepat.

2. Memanajemen Kegiatan Sekolah

Kepala sekolah juga memiliki peran sebagai manajer. Dalam hal ini, maka kepala sekolah harus turut memanajemen kegiatan sekolah dan memastikan bahwa kegiatan berlangsung dengan baik. Kepala sekolah juga perlu melaksanakan kegiatan pemeliharaan serta pengembangan profesi guru.

3. Sebagai Administrator

Sebagai administrator maksudnya kepala sekolah harus turut dalam pengelolaan keuangan dan bisa mengalokasikan anggaran dengan tepat sesuai kebutuhan guru dan sekolah. Mengingat untuk peningkatan kompetensi guru membutuhkan biaya.

4. Supervisi secara Berkala

Kepala sekolah juga memiliki peran sebagai supervisor, sehingga peru supervisi guru secara berkala, misalnya dengan mengikuti dan mengamati proses pembelajaran di kelas secara langsung, terutama dalam hal memilih dan penggunaan media pembelajaran, metode ajar dan keterlibatan siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

Dalam hal ini, kepala sekolah perlu memastikan bahwa guru sudah mulai belajar mengimplementasikan gaya mengajar yang sesuai dengan kurikulum merdeka, misalnya mulai menerapkan metode pembelajaran berdiferensiasi, memanfaatkan digital dalam proses KBM dan memasukkan profil pelajar pancasila di intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

Dari hasil supervisi ini maka akan ditemukan kelemahan dan kelebihan guru dalam pengimplementasian kurikulum merdeka, sehingga kepala sekolah bisa mencari solusi dan mengambil keputusan yang tepat untuk menciptakan program yang membangun.

5. Pemimpin

Kepala sekolah memiliki peran sebagai pemimpin. Berdasarkan teori kepemimpinan, ada 2 gaya kepemimpinan, yaitu berorientasi pada tugas dan berorientasi pada manusia. Untuk meningkatkan kompetensi guru, khususnya berkaitan dengan kurikulum merdeka, maka kepala sekolah harus menerapkan kedua gaya kepemimpinan tersebut dengan tepat dan fleksibel.

Kepribadian yang diperlukan sebagai seorang pemimpin yang baik yaitu percaya diri, jujur, bertanggung jawab, emosi yang stabil, berjiwa besar, berani mengambil resiko, mampu mengambil keputusan dan teladan.

6. Menciptakan Iklim Kerja yang Baik

Agar guru bisa memberikan kinerjanya yang unggul, maka perlu menciptakan iklim kerja yang baik dan nyaman. Untuk menciptakan iklim kerja yang baik, kepala sekolah perlu memperhatikan prinsip berikut, yaitu:

  • Guru akan bekerja dengan baik apabila pekerjaanya menarik dan menyenangkan.
  • Menyusun tujuan kegiatan sekolah dengan jelas dan diinformasikan kepada guru agar mereka tahu maksud dan tujuan dia bekerja, serta melibatkan guru dalam pembuatan atau penyusunan kegiatan sekolah.
  • Memberitahu guru makna atau arti dari setiap pekerjaannya.
  • Menerapkan sistem gift and punishment. Namun memberikan hadiah sebagai apresiasi dari kerjaan guru lebih baik dibandingkan dengan hukuman.
  • Dapat memenuhi kebutuhan sosiologi, psikologi dan fisik guru agar mencapai kepuasan.
Apa Sikap yang Harus Dimiliki Guru sebagai Fasiliator?
Guru fasiliator bisa diartikan sebagai guru yang mampu memfasilitasi peserta didiknya mulai dari memfasilitasi pembelajaran dan lain sebagainya.

7. Kepala Sekolah sebagai Wirausahawan

Berperan sebagai kewirausahaan artinya kepala sekolah mampu menerapkan prinsip kewirausahaan dalam peningkatan kompetensi guru, misalnya dengan menciptakan pembaharuan, memanfaatkan berbagi peluang serta keunggulan komperatif.

Kepala sekolah yang memiliki sikap kewirausahaan yang berani mampu melakukan perubahan yang inovatif di sekolahnya, termasuk perubahan dalam hal yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai peran kepala sekolah untuk keberlangsungan kurikulum merdeka yang akan diterapkan di sekolah. Sebagai kepala sekolah, Anda perlu melaksanakan peran dan tugas dengan baik untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar di sekolah lebih baik dan berjalan lancar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.