Pentingnya Visi Bagi Guru Profesional

guru profesional 14 Feb 2023

Setiap orang memiliki visi dan misi untuk menjalani hidupnya. Hal ini sama seperti anak kecil yang ditanya mengenai apa cita-citanya kelak. Cita-cita tersebut akan meningkatkan motivasi mereka dalam belajar dan meraih impiannya. Namun, seiring berjalannya waktu, terkadang cita-cita bisa berubah, sesuai dengan motivasinya. Berbicara tentang cita-cita, hal ini sama seperti membahas tentang harapan atau impian yang ingin dicapai. Harapan, impian, dan cita-cita tersebut bisa disebut dengan visi.

Sebagai seorang guru, terlebih lagi untuk guru profesional, tentu penting untuk memiliki visi. Adapun visi guru profesional, yaitu untuk mewujudkan anak-anak di Indonesia untuk memiliki profil pelajar Pancasila, yaitu pelajar yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga memiliki karakter yang mandiri, inovatif, berkebhinekaan global, mampu hidup bergotong royong, serta memiliki kemampuan untuk berpikir kritis.

Untuk mencapai visi tersebut, guru harus memiliki nilai yang melekat di dalam dirinya. Adapun nilai-nilai yang dimaksud di sini, yaitu seperti sikap yang mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan juga berpihak kepada siswa.

Di samping nilai-nilai yang dimiliki guru tersebut, seorang guru yang profesional juga harus bisa memainkan perannya dalam dunia pendidikan, yaitu menjadi seorang pemimpin dalam kegiatan belajar, mampu menggerakkan kelompok-kelompok praktisi, mampu menjadi coach atau pelatih untuk guru-guru lain, mampu membangun kerja sama antar guru, serta juga mampu mendorong kepemimpinan yang berorientasi kepada siswa.

Definisi Visi

Visi merupakan rangkaian kata yang berisikan cita-cita, impian, harapan ataupun nilai inti dari suatu organisasi. Dapat dikatakan bahwa visi merupakan tujuan masa depan suatu organisasi. Selain itu, ada juga yang beranggapan bahwa visi merupakan suatu pandangan tertentu mengenai arah manajemen suatu lembaga.

Berdasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan adanya visi tersebut, suatu organisasi atau lembaga memiliki gagasan atau tujuan yang ingin mereka capai di masa yang akan datang. Di dalam visi tersebut terdapat sekumpulan pemikiran yang akan menjadi gambaran dari masa depan yang ingin dicapai oleh suatu organisasi atau sebuah lembaga.

Visi dapat didefinisikan sebagai arah dari suatu organisasi. Jika dikaitkan terhadap guru profesional, visi bisa didefinisikan sebagai impian, harapan, dan cita-cita guru terhadap kegiatan pembelajaran siswa.

Syarat-Syarat Visi

Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah visi, yaitu sebagai berikut:

- Berorientasi terhadap masa depan

- Sebagai wujud dari ekspresi kreativitas

- Tidak berdasarkan kepada kondisi yang terjadi saat ini

- Berdasarkan kepada prinsip dan nilai yang mengandung penghargaan kepada masyarakat

Fungsi Visi Bagi Guru Profesional

Visi tentu saja dibuat dengan ada tujuan yang jelas. Berikut adalah fungsi visi bagi guru profesional, yaitu:

1. Memberikan Standar dalam Mengajar

Dengan adanya visi, guru bisa memberikan standar dalam mengajar. Standar tersebut dapat digunakan untuk menentukan tugas dan tanggung jawab para guru dalam mengajar di sekolah. Adanya standar mengajar ini juga dapat membuat para guru memiliki target dalam mengajar, sehingga kegiatan belajar di kelas bisa jauh lebih efektif dan efisien. Hal ini akan memengaruhi prestasi belajar seorang siswa.

2. Meningkatkan Motivasi dalam Mengajar

Visi juga dapat meningkatkan motivasi guru dalam mengajar. Dengan adanya visi, guru dapat memahami dengan jelas apa yang akan menjadi tujuan dari kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Oleh karena itu, visi guru profesional akan sangat berpengaruh untuk meningkatkan motivasi dan semangat guru dalam mengajar, serta mewujudkan tujuan pembelajaran di kelas dengan optimal.

3. Meningkatkan Produktivitas

Selain itu, visi juga dapat merangsang motivasi dan semangat guru dalam mengajar. Secara signifikan, para guru akan menjadi lebih produktif dalam mengajar. Produktivitas guru menjadi lebih terdorong karena adanya semangat atau motivasi yang dimilikinya.

Berdasarkan pernyataan tersebut dapat dilihat bahwa visi memiliki potensi untuk menggerakkan perasaan para guru untuk menjadi lebih semangat dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif,  efisien, dan terbaik untuk siswa.

4. Menjadi Acuan Pembelajaran

Visi yang dimiliki guru juga dapat berfungsi sebagai acuan sekolah di masa mendatang. Selain visi yang dimiliki guru, visi yang dimiliki sekolah juga dapat menjadi landasan atau tonggak untuk menjadi sebuah acuan dalam membuat inovasi untuk perkembangan dunia pendidikan.

Secara umum, visi berfungsi sebagai acuan dalam membuat langkah-langkah suatu perubahan dalam menentukan perkembangan. Tidak hanya itu saja, dengan adanya visi sekolah juga dapat menghindari dari sesuatu yang melenceng dari arah tujuannya di kemudian hari.

Hal ini tentu saja berlaku untuk visi yang dimiliki guru. Jika ada sesuatu hal yang melenceng dari visi, guru dapat menelaah dan memperbaiki apa yang kurang maupun salah pada progres kegiatan pembelajaran yang telah dirancang guru tersebut.

5. Menjadi Sebuah Pedoman Guru

Tidak hanya bisa bertugas sebagai acuan, visi juga bisa menjadi sebuah pedoman. Adapun pengertian dari pedoman ini, yaitu menjadi sebuah dasar untuk guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Dengan adanya pedoman ini, guru dapat lebih memantapkan dirinya untuk meningkatkan mutu pendidikan siswa.

6. Memastikan Tujuan Awal

Selain itu, visi juga bisa dijadikan sebagai tujuan awal guru untuk melaksanakan kegiatan belajar di kelas. Visi yang memiliki tujuan awal yang jelas dan juga inspiratif akan makin memudahkan guru dalam merancang kegiatan belajar. Hal ini dikarenakan kegiatan belajar yang dilaksanakan guru di dalam kelas sudah benar-benar dipahami dengan baik.

Dengan adanya gambaran dasar terkait proses kegiatan belajar, guru sudah bisa menentukan langkah-langkah apa saja yang harus mereka lakukan di kemudian hari. Tentunya ini akan mempermudah guru dalam membuat rancangan belajar dan membuat latihan soal.

7. Memengaruhi Pengambilan Keputusan

Adapun fungsi dari visi guru lainnya, yaitu untuk memengaruhi guru dalam mengambil suatu keputusan. Pengambilan keputusan berdasarkan visi dapat mencegah adanya langkah-langkah yang melenceng atau menyimpang dari tujuan yang sudah dibuat. Dengan lebih teliti dalam mengambil keputusan, guru dapat memberikan pembelajaran yang terbaik untuk setiap siswanya.

Manfaat Visi Bagi Guru Profesional

Dengan adanya visi, proses kegiatan belajar yang dibuat guru akan menjadi lebih terarah dan jelas. Berikut adalah beberapa manfaat visi bagi guru profesional, yaitu:

- Dapat menjadi sesuatu yang membangun imajinasi guru dalam meraih pendidikan yang terbaik untuk siswa pada masa mendatang

- Dapat meningkatkan standar mengajar yang lebih baik

- Dapat menumbuhkan maupun meningkatkan rasa tanggung jawab dan kinerja guru dalam mengajar di kelas

- Dapat menumbuhkan dan meningkatkan solidaritas guru dengan siswa.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat dilihat bahwa visi guru profesional ini sangat penting untuk menunjang kredibilitas dan kualitas pembelajaran siswa di kelas. Tidak hanya dapat meningkatkan kualitas guru dalam mengajar saja, visi tersebut juga dapat membantu siswa dalam mendapatkan pendidikan yang terbaik dari sekolah. Oleh karena itu, sangat diharapkan para guru dapat membuat visi yang bagus serta mampu mewujudkan harapan siswa dalam meraih cita-citanya di masa yang akan datang.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.