Pentingnya Pembelajaran Antropologi Bagi Siswa

pendidikan 21 Nov 2023

Secara umum, pembelajaran antropologi biasanya akan dipakai ketika sedang penelitian atau ingin mengkaji suatu budaya yang terdapat di suatu daerah. Daerah yang diteliti pun biasanya terletak di pedalaman atau di desa-desa yang budayanya masih kental. Budaya yang akan diteliti dimulai dari penduduk yang ada di daerah sana beserta kegiatan sosialnya, adat-istiadat, kebiasaan, dan lain sebagainya. Apabila ditelaah lebih dalam lagi, akan didapatkan bahwa cabang ilmu sosial memiliki manfaat yang lebih luas dibandingkan yang kita ketahui. Hal ini juga akan sangat penting bagi seluruh siswa Anda kelak. Memang apa sih pentingnya pembelajaran antropologi bagi siswa?

Sebelumnya, apakah kamu tahu yang dimaksud dengan antropologi? Antropolgi berasal dari bahasa Yunani yaitu anthropos yang berarti manusia dan logos yang berarti wacana, bernalar, berakal, atau bisa juga disebut dengan ilmu. Apabila dipandang secara etimologis, antropologi bisa didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari manusia. Di sisi lain, menurut kamus Oxford, antropologi merupakan studi yang menyangkut masyarakat dan budaya manusia dan perkembangannya. Antropologi juga dapat diartikan sebagai studi yang membahas karakteristik biologis dan juga fisiologis manusia beserta evolusinya.

Beriku adalah pengertian tentang antropologi menurut para ahli dan berdasarkan dari beberapa sumber.

Pengertian Antropologi Menurut Para Ahli dan Beberapa Sumber

1. Encyclopedia Britannica

Berdasarkan Encyclopedia Britannica, antropologi merupakan ilmu kemanusiaan yang mempelajari manusia dalam berbagai aspek yang dimulai dari biologi dan sejarah evolusi homo sapiens. Selain itu, antropologi juga membahas tentang ciri-ciri masyarakat dan budaya yang mana dikatakan secara tegas bahwa manusia berbeda dengan spesies hewan lain.

2. David E. Hunter

Dalam The Study of Anthropology (1975), David E. Hunter menjelaskan bahwa antropologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang lahir karena adanya keingintahuan yang tidak terbatas tentang manusia.

3. William A. Haviland

Dalam Cultural Anthropology (1075), William A. Haviland menjelaskan bahwa antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia secara umum mulai dari warna fisik, bentuk fisik, dan kebudayaan yang dihasilkan oleh setiap masyarakat.

4. Conrad Phillip Kottak

Dalam Anthropology, the Exploration of Human Diversity (1974), Conrad Philip Kottak menjelaskan bahwa antropologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari berbagai macam jenis keragaman umat manusia secara holistik.

5. Frank Robert Vivelo

Dalam Cultural Anthropology Handbook: a Basic Introduction (1978) menjelaskan bahwa antropolgi merupakan ilmu pengetahuan mengenai manusia, menelaah manusia secara budaya dan biologi.

Pembelajaran antropologi memiliki tujuan. Tujuan dari adanya pembelajaran antropologi yaitu sebagai berikut.

Tujuan Pembelajaran Antropologi

sumber: https://www.pexels.com/

Berdasarkan buku Pengantar Antropologi (2002), Koentjaraningrat menjelaskan bahwa tujuan dari pembelajaran antropologi dibedakan menjadi dua.

1. Tujuan Akademis

Pembelajaran antropologi diterapkan untuk mencapai pengertian mengenai makhluk manusia pada umumnya dengan mempelajari berbagai macam bentuk fisiknya, masyarakat, dan juga kebudayaannya.

5 Cara Toleransi Keberagaman Dapat Dimasukkan dalam Kurikulum Sekolah
Dalam menghadapi keberagaman yang ada, diperlukan paradigma baru yang yang lebih toleran, yaitu paradigma pendidikan multikultural. Hal ini penting karena akan mengarahkan anak didik untuk bersikap dan berpandangan toleran

2. Tujuan Praktis

Pembelajaran antropologi diterapkan untuk mempelajari manusia dari berbagai jenis masyarakat dan berbagai macam suku bangsa yang ada di dunia yang berguna untuk membangun masyarakat itu sendiri.

Bisa dikatakan bahwa dengan mempelajari antropologi, Anda akan mendapatkan pengetahuan baru seperti di bawah ini.

  1. Anda jadi lebih mengetahui pola perilaku manusia dalam kehidupan masyarakat secara umum maupun pola perilaku manusia pada setiap suku bangsa.
  2. Anda jadi lebih mengetahui kedudukan dan peran yang harus Anda lakukan sesuai dengan harapan dari setiap warga masyarakat yang sedang Anda kunjungi.
  3. Anda dapat memperluas wawasan mengenai pergaulan umat manusia yang ada di seluruh dunia.
  4. Anda dapat mengetahui berbagai macam masalah yang terdapat dalam masyarakat dan meningkatkan kepekaan terhadap kondisi yang ada di dalam masyarakat.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa betapa pentingnya pembelajaran antropologi bagi siswa. Selain itu, manfaat yang akan didapatkan siswa ketika mempelajari ilmu antropologi ialah sebagai berikut.

Manfaat Belajar Antropologi bagi Siswa

sumber: https://www.pexels.com/

1. Menemukan Wawasan Menarik tentang Kemanusiaan

Dengan belajar antropologi tentu saja wawasan Anda tentang kemanusiaan akan semakin berkembang pesat. Selain mempelajari budaya, Anda juga akan mempelajari berbagai macam sejarah-sejarah yang terdapat di dalam suatu daerah.

2. Mengembangkan Keterampilan Komunikasi

Bahasa sudah seperti makanan pokok setiap manusia. Dengan pembelajaran antropologi, Anda akan dibawa ke dalam berbagai macam bahasa yang akan Anda temui di setiap daerahnya. Anda juga akan mendapatkan pemahaman lebih luas mengenai perkembangan bahasa dari waktu ke waktu yang akan membantu Anda untuk bisa berkomunikasi dengan baik.

3. Mempelajari Gaya Hidup Masyarakat

Satu hal yang paling menarik dari pembelajaran antropologi, yaitu Anda akan dihadapkan dengan disiplin ilmu psikologi. Anda akan mengetahui bahwa perilaku setiap manusia tidak hanya tergantung oleh kepribadian seseorang, gen, atau hal lainnya, tetapi juga disebabkan oleh lingkungan dari mana mereka berasal.

4. Mengungkap Berbagai Macam Misteri di Sebuah Daerah

Dengan pembelajaran antropologi, Anda juga akan ditemukan dengan berbagai macam sejarah dan misteri yang tersimpan pada masa lalu. Tentu saja pembelajaran ini akan disambut hangat oleh siswa-siswa yang menyukai pembelajaran sejarah dan memiliki jiwa detektif. Dalam antropologi, Anda akan mempelajari tentang bagaimana cara orang hidup pada ribuan tahun lalu serta bagaimana evolusi manusia tersebut.

5. Menemukan Berbagai Macam Keunikan Setiap Manusia

Dengan pembelajaran antropologi, Anda juga dapat mempalajari berbagai macam jenis manusia yang ada di dunia ini. Anda akan mengetahui bagaimana uniknya setiap manusia, seperti ukuran setiap manusia, warna kulit, dan ciri-ciri fisik yang lainnya. Selain itu, Anda juga dapat mempelajari bagaimana tulang, otot, serta organ nenek moyang Anda berfungsi saat itu supaya dapat beradaptasi, bertahan, dan berkembang biak pada zaman dulu.

6. Lebih Mudah Membaca Perilaku Seseorang

Dari pembelajaran antropologi, siswa Anda akan diajari bagaimana caranya berperilaku kepada orang lain. Kita ketahui bahwa perilaku setiap orang itu berbeda dan sebagai pembelajar ada baiknya kita mempelajari perilaku setiap manusia tersebut. Akibat adanya pengalaman dan pemahaman yang telah dipelajari setelah belajar antropologi tersebutlah, kelak siswa Anda akan menjadi lebih peka dalam membaca perilaku setiap orang.

7. Meningkatkan Rasa Toleransi

Dengan antropologi, siswa-siswa Anda akan memiliki rasa toleransi yang tinggi terhadap sesama karena telah mempelajari banyak sekali kebudayaan dan gaya hidup masyarakat. Mereka tidak akan membenci dan menghakimi sebuah perbedaan, mereka akan lebih memaklumi dan saling memahami satu sama lain. Sikap ini akan sangat baik apabila bertahan sampai dewasa dan masuk ke dalam ruang lingkup pekerjaan sehingga siswa Anda nantinya akan terbiasa dengan perbedaan yang muncul.

7 Cara Menanamkan Nilai Toleransi dalam Kelas
Toleransi merupakan cara menghargai dan menerima perbedaan atas berbagai perilaku, budaya, agama, dan ras yang ada di dunia. Bagi bangsa dengan dengan berbagai latar belakang suku, agama, dan ras seperti Indonesia, maka toleransi merupakan hal yang patut ditanamkan sejak dini.

8. Mudah Beradaptasi

Mudah beradaptasi adalah efek utama yang dirasakan dari belajar antropologi, apalagi bagi mereka yang sudah terjun ke lapangan. Mungkin pada awalnya akan kelihatan sulit dan tertekan dengan ada lingkungan baru, tetapi akan menjadi terbiasa jika dilakukan dengan sering dan tulus.

Itulah beberapa penjelasan tentang bagaimana pentingnya pembelajaran antropologi bagi siswa yang harus Anda ketahui. Berdasarkan pemaparan di atas, Anda pun bisa mengetahui bahwa ilmu sosial ini akan sangat bermanfaat dan bagus untuk diterapkan di setiap waktu dan setiap kondisi di mana pun kita berada.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.