Pentingnya Menguasai Pedagogi Anak untuk Guru SD

pendidikan 19 Feb 2024

Menjadi guru SD tidak hanya membutuhkan kompetensi keilmuan saja. Selain ilmu yang didapat dari pendidikan tinggi guru SD, guru juga perlu mengusasi ilmu pedagogi. Apa itu pedagogi? Mengapa guru perlu menguasai pedagogi ini? Artikel ini selanjutnya akan membahas tentang pentingnya menguasai pedagogi anak untuk guru SD.

Pengertian Pedagogi

sumber: https://www.pexels.com/

Pedagogi ini bisa dibilang sebagai sebuah kompetensi dasar yang harus dikuasasi oleh setiap guru, tidak hanya untuk guru SD saja. Betapa pentingnya kompetensi ini, membuat pedagogi memiliki landasan yuridis dalam sistem pendidikan di Indonesia.

Pengertian pedagogi ini dijelaskan dalam Undang-Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dalam Undang-Undang tersebut dijelaskan bahwa pedagogi adalah sebuah kemampuan dalam mengelola pembelajaran. Pengertian yuridus pedagogi ini sangat singkat dan jelas.

Selain pengertian secara yuridis tersebut, pedagogi juga memiliki pengertian lainnya. Pedagogi diartikan sebagai sebuah ilmu pengetahuan. Sebagai sebuah ilmu pengetahuan, pedagogi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana membuat siswa bisa mencapai tujuan pendidikannya.

Tujuan pendidikan adalah menyiapkan siswa untuk bisa menjadi insan yang mandiri. Insan yang mampu mengatasi beragam permasalahan yang dihadapinya dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan selama proses pendidikan.

Guru adalah orang tua siswa saat di sekolah. Oleh karena itu, guru punya kewajiban membimbing siswa-siswanya dengan baik. Sebagaimana orang tua membimbing anaknya. Hal inilah yang membuat guru sangat penting untuk menguasai kompetensi pedagogi ini.

Kompetensi pedagogi ini sudah menjadi kompetensi dasar yang wajib dimiliki oleh seorang guru dari masa ke masa. Meski fokus tujuannya sama, metode pedagogi ini bisa berubah sesuai dengan perkembangan zaman.

Contohnya, di masa saat ini pedagogi yang dimiliki oleh guru hendaknya lebih bersifat variatif dan inovatif. Pedagogi tak hanya disampaikan dengan metode ceramah saja. Namun dengan beragam metode-metode baru yang lebih memberikan bimbingan yang efektif dan efisien melalui beragam aktivitas.

Kompetensi Pedagogi

Kompetensi pedagogi guru ini banyak jenisnya. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Pasal 3 Ayat 4 dalam Aqib (2009, hlm. 60) kompetensi pedagogi yang  dimaksud pada ayat 2 adalah kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran siswa, meliputi hal-hal berikut ini :

  • Pemahaman wawasan atau landasan kependidikan,
  • Pemahaman terhadap peserta didik,
  • Pengembangan kurikulum atau silabus,
  • Perancangan pembelajaran,
  • Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis,
  • Pemanfaatan teknologi pembelajaran,
  • Evaluasi hasil belajar,
  • Pengembangan kemampuan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi-potensi yang mereka miliki.
Kompetensi Pedagogi dan Kompetensi Profesional dalam UKG
Kompetensi pedagogi adalah kemampuan yang dimiliki guru untuk mengelola proses pembelajaran maupun interaksi dalam kegiatan belajar mengajar bersama peserta didik.

Kompetensi pedagogi guru ini juga dibahas dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 16 tahun 2007. Menurut Permendiknas tersebut, ada sepuluh kompetensi pedagogi yang wajib dikuasai oleh guru. Sepuluh kompetensi pedagogi tersebut adalah :

  1. Menguasai karakteristik siswanya dalam berbagai aspek, mulai dari  aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
  2. Menguasai berbagai teori belajar beserta prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
  3. Memiliki kemampuan mengembangkan kurikulum yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diajar.
  4. Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik.
  5. Memakai teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran di kelas.
  6. Membantu mengembangan potensi siswa agar bisa diaktualisasikan.
  7. Melakukan komunikasi yang efektif, empatik juga santun kepada siswa-siswanya.
  8. Melakukan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
  9. Hasil penilaian dan evluasi yang telah dilakukan bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran.
  10. Melakukan refleksi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Tujuan Pedagogi

Setelah mengetahui apa saja kompetensi pedagogi yang harus dimiliki oleh setiap guru, kini saatnya membahas tujuan pedagogi. Sebenarnya, apa tujuan dari pedagogi ini? Mengapa sangat penting bagi guru untuk memiliki kemampuan pedagogi ini?

Adapun tujuan dari pedagogi adalah menyelenggarakan pembelajaran yang manusiawi. Artinya, pedagogi akan membantu guru dalam membimbing siswa-siswanya untuk menjadi manusia yang mandiri dan bahagia di masa depannya nanti. Siswa tak hanya menguasai beragam ilmu pengetahuan dan keterampilan saja, tetapi juga mampu mengenali potensi dirinya.

Mengetahui potensi diri ini sangat penting. Sebab, siswa bisa mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya untuk menebarkan banyak manfaat bagi lingkungan disekitarnya. Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah yang bermafaat bagi sekitarnya?

Pentingnya Menguasai Pedagogi

sumber: https://www.pexels.com/

Pedagogi adalah kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh guru untuk mendukung perannya dalam proses pembelajaran di kelas. Dengan pedagogi yang baik, maka guru akan berhasil dalam mencapai tujuan pembelajarannya.

Sangat penting bagi seorang guru untuk menguasai pedagogi ini, karena :

  1. Pedagogi membantu guru untuk bisa memahami beragam situasi pendidikan secara sistematis dan terstruktur.
  2. Pedagogi menjadi pedoman bagi seorang guru untuk melaksanakan pembelajarannya di kelas. Memberikan pedoman apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan guru saat melakukan pembelajaran di kelas.
  3. Pedagogi akan mencegah guru melakukan kesalahan dalam proses pembelajaran. Kesalahan ini bisa berupa kesalahan konseptual, teknis ataupun kekeliruan yang berasal dari kepribadian guru itu sendiri.
  4. Pedagogi membantu guru untuk lebih mengenali dirinya sendiri sekaligus menjadi bahan reflektif untuk bisa memberikan yang terbaik dalam proses pembelajaran.
  5. Pedagogi akan membantu guru dalam melakukan pembelajaran yang manusiawi. Memanusiakan semua siswanya agar tumbuh menjadi insan yang mandiri dan bahagia.
  6. Pedagogi membuat guru mampu melakukan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Agar siswa bisa mengingat dan mengaplikasikan hasil pembelajarannya dalam kehidupan sehari-hari.
  7. Pedagogi membantu guru dalam memahami siswanya. Dengan begitu guru bisa memberikan kebebasan bagi siswanya untuk memilih gaya belajarnya masing-masing.
  8. Pedagogi membantu guru melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien.
  9. Pedagogi akan membantu guru dalam mentransformasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada siswa-siswanya dengan baik.
  10. Pedagogi akan memacu guru untuk terus mengasah kemampuan dan keterampilannya agar menjadi fasilitator terbaik bagi siswa-siswanya.
  11. Pedagogi membantu guru dalam melakukan semua tugas keguruannya dengan baik.
  12. Pedagogi membantu guru dalam menjalankan perannya sebagai orang tua siswa saat di sekolah. Tentunya, sebagai orang tua guru, guru akan membimbing siswa-siswanya dengan baik.
  13. Pedagogi akan membuat proses belajar tak hanya untuk aspek kognitif saja, melainkan juga aspek afektif. Guru akan mengajar dengan kasih sayang melalui kompetensi pedagogi ini.
  14. Pedagogi akan menciptakan bonding atau kedekatan antara guru dengan siswa.
  15. Pedagogi akan membantu guru untuk mendidik siswa-siswanya sesuai dengan zamannya.

Begitu banyak manfaat kompetensi pedagogi ini dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk menguasai kompetensi pedagogi ini. Kompetensi pedagogi membantu guru menjalankan perannya dalam membimbing dan mendidik siswanya.

Penerapan Facts or Fiction untuk Melatih Rutinitas Berpikir Siswa
Kemampuan berpikir sangat dibutuhkan siswa untuk memecahkan masalah, baik untuk mengerjakan latihan soal maupun masalah yang mereka hadapi.

Semikian artikel tentang pentingnya menguasai pedagogi anak untuk guru SD. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam menerapkan proses pembelajaran di kelas masing-masing.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.