Pentingnya Memahami Etika Profesi Guru

pendidikan 18 Nov 2023

Profesi guru merupakan salah satu profesi yang sangat mulia karena guru akan menjadi ujung tombak dari pendidikan di Indonesia. Saat ini, banyak sekali kasus yang menyangkut pautkan guru dan siswa. Selain kasus, ada pula guru yang suka mengikuti tren zaman sekarang. Ada banyak hal yang berhubungan erat dengan guru, mulai dari pendidikan moral hingga pendidikan karakter.

Guru selalu menjadi garda terdepan untuk mencerdaskan anak bangsa. Namun, jika seorang guru gagal mendidik anak, hal itu juga akan menjadi tombak penghancur masa depan bangsa. Maka dari itu, penting sekali memahami etika profesi guru.

Semua bidang pekerjaan selalu memiliki kode etik atau etika profesi sendiri-sendiri, seperti halnya etika profesi guru. Sebelum menjabarkan apa saja yang termasuk dalam etika profesi guru, lebih baik kita membahas apa itu etika profesi guru.

Apa Itu Etika Profesi Guru?

sumber: https://www.pexels.com/

Etika itu biasanya dikaitkan dengan norma dan aturan. Sama halnya dengan etika profesi guru atau kode etik guru yang memiliki makna sebuah norma atau asas yang mendasari perilaku guru dalam kegiatan profesionalnya. Kode etik atau etika profesi guru ini berisi tentang petunjuk bagaimana cara melaksanakan profesi guru dan bagaimana cara bersikap di masyarakat.

Kode etik guru Indonesia atau biasa disebut KEGI, ini dijadikan pedoman tentang hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh guru di Indonesia dalam menjalankan tugas pokok profesionalnya. Selain itu, kode etik ini juga harus ditaati oleh semua guru yang ada di Indonesia. Kode etik ini dibuat untuk memberikan guru batasan boleh dan tidak boleh agar tetap menjaga sikap baik di sekolah maupun saat di luar sekolah.

Fungsi Etika Profesi Guru

Setiap adanya kode etik guru pasti memiliki fungsinya masing-masing. Nah, fungsi dari etika profesi guru adalah seperti di bawah ini.

1. Pedoman Guru dalam Menjalankan Prinsip Profesional yang Ditentukan

Fungsi utama adanya etika profesi guru adalah sebagai pedoman yang memiliki prinsip profesional. Hal ini sangat penting untuk dipahami sehingga guru bisa melaksanakan tugasnya secara profesional dan tidak melanggar kode etik profesi. Hal ini membantu guru dalam melaksanakan pekerjaannya dengan baik, optimal, dan berdampak baik pada sesama.

2. Sarana Kontrol Masyarakat pada Profesi Guru di Luar Sekolah

Ada beberapa sekolah yang untuk menangani kasus perundungan dengan mata tertutup. Ada juga guru yang masih membiarkan dengan dalih tidak apa masih kecil. Selain itu, ada juga saat orang tua korban melapor hanya diberikan teguran biasa. Hal ini membuat kepercayaan masyarakat pada guru berkurang. Pada dasarnya, guru sebagai tenaga pendidik juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan lingkungan belajar berjalan dengan baik. Guru perlu peka jika terjadi sesuatu yang merugikan anak atau ketidakadilan.

3. Mencegah Adanya Masalah Pihak Luar Organisasi Profesi tentang Hubungan Etika

Kode etik guru juga dijadikan tameng saat ada orang lain dari organisasi di luar ingin ikut campur dengan kebijakan yang sudah disepakati. Dengan begitu, baik guru maupun pihak luar organisasi mengetahui batasan-batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

7 Permasalahan yang Dihadapi Guru di Indonesia Saat Ini
Kualitas guru dan profesionalnya dalam menjalankan tugas menjadi poros utama berlangsungnya pembelajaran dan mencetak generasi yang bermutu dan berdaya saing global.

Tujuan Etika Profesi Guru

sumber: https://www.pexels.com/

Selain memiliki fungsi, etika profesi guru juga memiliki tujuan yang spesifik. Berikut ini merupakan beberapa tujuan etika profesi guru.

1. Menjunjung Tinggi Martabat Profesi

Tujuan utama etika profesi guru ialah menjunjung tinggi martabat guru yang selalu dianggap mulia karena tugas dan profesinya. Dengan adanya kode etik yang berisi norma dan asas yang harus ditaati, guru akan membantu menjunjung tinggi martabat guru agar tidak dianggap remeh. Hal ini juga dapat menjaga dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap guru.

2. Menjaga dan Memelihara Kesejahteraan Anggota Sesama Guru

Sebagai rekan sejawat dan memiliki profesi yang sama, sesama guru diusahakan untuk saling menjaga komunikasi dengan baik. Para guru perlu saling membantu saat ada kesulitan dalam bidang pendidikan. Seperti halnya saat ini yang hampir semua akses menggunakan koneksi internet, guru yang lebih muda harus mau memberikan cara dan memberikan tutorial yang membangun untuk guru yang sudah lanjut usia. Dengan demikian, guru bisa bersama-sama mencapai tujuan pendidikan dan membantu tumbuh kembang anak dengan optimal.

3. Meningkatkan Pengabdian Anggota Seprofesi

Tujuan lain etika profesi guru adalah untuk meningkatkan pengabdian anggota se-profesi guru. Mengapa dikatakan sebagai meningkatkan pengabdian? Karena profesi guru merupakan salah satu profesi yang diawali dengan mengabdi. Berjanji akan memberikan pendidikan terbaik untuk siswanya, dengan tujuan membantu mencerdaskan anak bangsa agar di masa depan hidupnya lebih tertata.

Hal ini perlu sama-sama diingat agar bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dan tujuan yang mulia.

4. Meningkatkan Mutu Profesi dan Organisasi Profesi Guru

Seperti yang telah disinggung di atas, saat ini banyak isu guru yang menjadi perbincangan khalayak publik tentang kurangnya moral dan etika guru. Adanya etika profesi guru ini akan membantu meningkatkan mutu profesi dan organisasi profesi guru agar tidak lagi dipandang sebelah mata dan problematik di mata masyarakat.

9 Etika Profesi Guru

Etika profesi guru atau kode etik guru itu ada 9 poin, 9 poin ini berisi tentang norma yang harus guru taati dan laksanakan untuk menjaga martabat baik profesi guru. Adapun berikut ini merupakan 9 etika profesi guru yang perlu diketahui.

  1. Guru berbakti membimbing siswa untuk menjadi manusia seutuhnya.
  2. Guru mempunyai dan melaksanakan kejujuran profesional.
  3. Guru berusaha memperoleh info tentang siswa sebagai sarana bimbingan.
  4. Guru harus menciptakan suasana yang bisa diterima siswa untuk suksesnya proses belajar.
  5. Guru harus bisa memelihara hubungan baik dengan siswa, orang tua siswa, dan masyarakat.
  6. Guru secara individu maupun bersama-sama harus bisa mengembangkan, meningkatkan mutu dan martabat profesi guru.
  7. Guru harus bisa memelihara hubungan se-profesi dengan semangat kekeluargaan, dan kesetiakawanan.
  8. Guru bersama-sama meningkatkan mutu dari organisasi PGRI sebagai sarana perjuangan mencerdaskan bangsa.
  9. Guru harus bisa melaksanakan segala kebijaksanaan pemerintah dalam bidang pendidikan.
7 Tantangan Guru Masa Kini
Guru mendidik dan membimbing anak untuk menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas dan berkarakter.

Sebagai masyarakat, pemahaman tentang etika profesi guru sangatlah penting karena masih banyak orang yang melanggar norma hukum. Bukan hanya orang lain, tetapi ada banyak guru yang masih buta moral dan buta etika profesi guru. Perlunya edukasi tentang etika profesi guru yang harus diberikan sebelum calon guru resmi menjadi guru. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah penguatan bagi kita sebagai tenaga pendidik untuk mentaati etika profesi sebagai guru.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.